Home » Petroleum Engineering » Mau Tahu Gaji Karyawan Perminyakan Indonesia?

Mau Tahu Gaji Karyawan Perminyakan Indonesia?

Indonesia punya banyak ladang minyak dan gas, baik yang sudah, sedang, maupun yang belum tereksplorasi dan tereksploitasi. Walau penemuan cadangan minyak di dunia menurun secara signifikan, konon, cadangan minyak di Indonesia masih cukup besar dan belum terjamah.

Tak pelak, potensi ini mengundang banyak perusahaan minyak dan gas (migas) asing untuk berbondong-bondong berinvestasi di Indonesia. Ujung-ujungnya, lapangan pekerjaan buat sektor ini juga menjadi terbuka. Tapi sebenarnya, bagaimana sebetulnya salary dan benefit yang diperoleh untuk pekerjaan di sektor migas ini? ( yang kerja di indonesia lo ya…. )

Ini data 2 – 3 tahun yang lalu ya juragan,, ya kira2 naik 1- 3 juta lah dari yang dicantum dibawah. Tulisan ini saya buat pada tahun 2009 dan mungkin saat Anda membacanya setiap perusahaan migas telah melakukan perubahan gaji sesuai dengan keadaan produksi perusahaan tersebut dan kenaikan gaji setiap tahunnya.

Jika ingin mengetahui besaran gaji yang relevan sesuai dengan tahun Anda membaca, Anda bisa menghitung secara konservatif setiap tahun gaji yang tertulis dibawah akan naik 6-8% (asumsi dasar saya berdasarkan tingkat inflasi negara kita).

Chevron
Fresh graduate umumnya masuk di tingkat 18A

chevron

China National Offshore Oil Corporation (CNOOC)
Fresh graduate masuk ke CNOOC pada level 19

CNOOC

ConocoPhillips
Fresh graduate biasanya masuk di level 12.

copy

ENI
Fresh graduate biasanya masuk pada tingkat ke 8

ENI

Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company (KUFPEC)
Fresh graduate masuk di level 9.

KUFPEC

Pertamina
Fresh graduate ada di level 8

Pertamina

Star Energy
Fresh graduate biasanya masuk pada entry level ke 8

star energy

Tately N.V.
Fresh graduate masuk di level 7

tately

Total S.A.
Fresh graduate masuk di level 10

TOTAL SA

Sumber : Kaskus

Bagi kawan-kawan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang serba-serbi di dunia Migas, bisa dilihat pada tulisan berikut:

***

bagi kawan-kawan yang ingin request artikel atau bertanya lebih dalam tentang dunia perminyakan, bisa juga follow saya di twitter: @ryanalfiannoor

About these ads

494 Comments

  1. Utari says:

    Kerjanya berat, 24 jam, offshore, dan perlu kemampuan teknik pula. Mungkin perlu reward yg tinggi u bertahan. Kalo berkenan mampir ke http://varajauza.wordpress. Com, kalo berkenan tukaran link.

  2. ryanalfiannoor says:

    Ya, Anda Benar..Ditambah lagi pekerjaan yang penuh dengan resiko, membuat setiap orang mungkin harus berpikir lebih dari sekali untuk berkiprah di belantara dunia perminyakan ini..

    Terima Kasih atas link-nya.

    • imron says:

      pagi mas ryan,,,

      saya imron,, saya baru masuk diperguruan tinggi swasta dengan prodi T. perminyakan, saya pengen tanya, dimana ya beli buku-buku bekas untuk T.perminyakan .

      thanks

      • bankirraya says:

        saya seorang mahasiswa T.Sipil dan perencanaan,,
        kira2 klo masuk didunia perminyakan apakah salary nya sama dengan anak2 t.perminyakan ?

      • ryanalfiannoor says:

        Kalau kerja di perusahaan minyak tentu akan disesuaikan dengan perusahaan tersebut. Tapi kalau ditanya apakah sama gajinya sama dengan anak teknik perminyakan, ya itu relatif…

        Gaji seseorang itu ditentukan dari posisi dan pengalaman. Semakin pekerjaan itu mengandung resiko tinggi dan membutuhkan experience maka semakin besar gajinya. Sekian.

      • Grace says:

        mas, saya sekarang kelas 2 SMA. saya mau nanya, perbedaan Geologi dan Geofisika itu apa yah ? dan saya lebih interest untuk kerja di lapangan nya. apakah itu pengaruh kalo saya perempuan ? tengkiu

      • ryanalfiannoor says:

        Beda detilnya bisa dilihat disini ya:
        http://apandin.wordpress.com/2008/06/27/beda-geodesigeologi-dan-geofisika/

        Kalau berdasarkan pengalaman saya, tidak berpengaruh kok gender itu. Ditempat saya, ada banyak perempuan yang bekerja disini mulai dari pekerjaan ringan hingga pekerjaan berat. :)

    • meci says:

      slm knal mas ryan,
      sy mo tanya ne
      1. kl utk teknik geologi posisiny di bag apa aj di struktur organisasi prusshaan migas
      2.apakah smua org geologi kerjany di lapangan atau ada juga yg d officeny sprti reservoir engineer?
      3. biasany kl di lapangan org geologi tu rotasi schedulenya brp?

      • ryanalfiannoor says:

        1. Yang pasti biasanya sebagai geologist untuk first positionnya. Tapi jika telah experience, bisa nyerempet harus belajar tentang petroleum jg jika menjadi senior geologist atau section head/superintendent.
        2. Bisa di office atau di kantor (bergantung pada job description yang diberikan oleh perusahaan)
        3. Kalau diawal2 (masa eksplorasi), seorang geologist biasanya mungkin bisa lama dilapangan. Antara 2 minggu sampai 1 bulan mungkin rotasinya.

      • patur says:

        bang ryan .. bagian kerja di pertambangan minyak.. yg gak sering ninggalin keluarga dan gajinya gede.. di bagian apa yaa??

      • ryanalfiannoor says:

        Wah apa ya… Susah jawabnya..hehe.. Maksud kamu gaji gede itu brp? Apakah 10 juta? Apakah 20 juta? Atw 50 juta? Hehe.. Saya harus jujur g ada gaji yg besar bs kt dapat tanpa keras. Ya sebagai trade off nya kamu pasti bekerja dibawah tekanan, jauh dr keluarga, dan bekerja ditempat yang beresiko.

        Nah, ada cara lain sebenarnya. Mungkin kamu bs kerja di jazirah arab (qatar, uae, arab saudi) dan bawa keluarga. Kalau kamu kerja disana, gajimu bisa sampai 60 sampai 100 juta rupiah.

        Cara lain lagi, mungkin kamu bs jd seorang pengusaha. Uangnya g terbatas loh..hehe..

      • patur says:

        hmmm.. wahhh klo kerja di jazirah arab harus pinter bahasa inggris dong ??
        ada gak bagian kerja di pertambangan minyak yang gak bnyak ninggalin keluarga.. mungkin kerja 5 hari libur 5 hari .. ??

      • ryanalfiannoor says:

        iya mbak..bahasa disana yang dipakai adalah bahasa inggris.. di Indonesia pun rasanya juga harus belajar bahasa inggris juga karna banyak ekspatnya juga.

        kalau gak salah, di Qatar (Qatar Petroleum) bisa bekerja 4 hari on dan 4 hari off mas..untuk liat lowongannya bisa disini:
        http://www.megarainfield.com/

      • patur says:

        wahh saya masih SMA kelas..
        bagian yang gak terlalu beresiko di bagian apa ya.. bang ryan ?

      • ryanalfiannoor says:

        resiko apa maksudnya mas patur? setiap perusahaan punya resiko..resiko keselamatan, resiko jauh keluarga, resiko gaji, atau resiko apa saja. Yang anda maksud resiko yang mana dulu? hehe..

      • paturahmansah says:

        wahh bang ryan bsa ajh.. !! ya resiko jauh keluarga, resiko keselamatan, resiko ninggalin ibadah yang gak tepat waktu..
        emang bang ryan lulusan apa ?

    • panjie wiranegara says:

      santai kali perminyakan. kerja kantoran di jakarta.. kerja d lepas pantai jga msh santai,, ga berat secara fisik, cma press scara fikiran sh iya. medan lapangan perminyakan ga berat ko. Klo gw yg rasain lebih jauh 4 x lipat berat di lapangan eksplorasi mineral, batubara, air dan geotermal. salam geologist

  3. han says:

    salah kalo dibilang kerjanya seorang karyawan migas 24 jam, kerjanya memang 24 jam tapi bagi yang di lokasi kan dibagi 2 shift, shift siang 12 jam shift malam 12 jam. salah juga kalo dibilang resiko besar, orang oil company kan untuk tugas supervisi, yang execute job tu orang orang service company. jadi untuk karyawan oil company lebih ke tanggung jawab dan supervisi job, untuk service company ke executor job. untuk yang ke lokasi beratnya waktu ibadah yang tidak bisa tepat waktu dan ninggalin keluarga. untuk karyawan oil company yang ke lokasi pun selalu diberikan hak untuk libur, ada yang bekerja 2minggu libur 2 minggu, ada yang 2minggu kerja 1 minggu libur tergantung kebijaksanaan perusahaan,kemudian untuk karyawan kantorannya , bekerja seprti orang kebanyakan dari senin sampai jumat, sabtu minggu juga libur, jadi apa bedanya dengan kerja kantoran lainnya?

  4. ije says:

    tolong dong di lampirkan yang dari perusahaan PETRO CHINA,,

    • ryanalfiannoor says:

      gak ada datanya bro. Tapi mungkin hampir sama dengan CNOOC karena sama2 perusahaan dari Cina.

      • Eko Arif H says:

        Nggak juga, karena gaji karyawan Oil CPY sudah dipatok oleh BPMigas, sesuai dengan produksinya. Karena salah satu cost recovery itu ya gaji Oil CPY. Masa’ produksinya kecil tapi gajinya gede, jebol nanti keuangan negara bro..

  5. R Julius eri Ratmanto says:

    Hallo, aku mau kerja di perminyakan, apa ada yang menerimaku? 08995000475

  6. andy says:

    hmm , aq masih awam yg bginian , masi kelas 2 xma , tp rencanaku juga mw msuk perminyakan ..
    kalo msalah resiko sih semua job juga ada resikonya ..

    skalian tanya nih , un yg perminyakannya bgus dimana ya ?

    • anyun says:

      ITB pastinya nak

      FTTM (fakultas teknik pertamnbangan dan perminyakan)
      kalo mw kerja di perminyakan masuk nya tk. perminyakan, tapi ga salah juga kalo masuk tk. pertambangan, ancang2 kalo ga di terima di perusahaan tambang minyak, ya.. tambang yg lain aja, g kalah gede ko kalo masalah gaji, tambang batubara, emas, etc lah

      kalo bener2 mau perminyakan nih, SNMPTN nya pilih FTTM #1 trus FITB #2, ancang2 ga masuk FTTM, FITB aja, karna dari FITB, bisa lebih gampang masuk FTTM, di taun ke 2, kan ITB tuh taun pertamanya TPB ama ilmu dasar fakultas.. jadi sebenernya FITB ama FTTM tuh g jauh2 ilmu dasarnya, setau saya dafi FITB ke FTTM cuman ngandalin IP doang, jadi harus cumlaude deh hoho

      karna jumlah peminat FTTM tuh lebih banyak dari FITB, jadi kalo kita ngandalin FITB juga ga salah.. *saran aja*

      • gemilang says:

        jadi bisa pindah fakultas ka di itb itu? dari fitb ke fttm misalya setelah tahun pertama??

      • ryanalfiannoor says:

        Hmmm…tampaknya sulit walau ada kemungkinan bergantung kebijakan prodi antar jurusan yg bersangkutan.

      • Eko Arif H says:

        Kalo mau bekerja di perminyakan nggak harus dari Teknik Perminyakan. Emang dengan anak lulusan T. Perminyakan saja sebuah CPY bisa jalan? T. Kimia, T. Elektro, T. Mesin, T. Fisika dan keteknikan lainnya juga bisa. Gimana kalo Akuntansi?? Ya bisa juga, ntar yang ngitung keuangannya siapa?? Be open minded man..

    • xbal says:

      upn “veteran” Yogyakarta aja, lansung daftar, ngisi formulir, langsung tes, lansung pengumuman di tempat.
      di UPN ada yg namanya FTM (fakultas teknologi mineral, ada 5 jurusan (Pertambangan, perminyakan, geologi, lingkungan, geofisika)
      silahkan pilih sesuai minat anda. jurusan yg paling diminati di upn antara lain pertambangan, perminyakan, dan geologi.
      Web: http://www.upnyk.ac.id (web UPN “V” YK)
      web: http://www.ftm.upnyk.ac.id (web FTM)

  7. andy says:

    yang d butuhin d perusahaan minyak apa aja sih , selain dari tk.prminyakan ?

    denger2 geologi juga bisa y ?

    • ryanalfiannoor says:

      Perusahaan minyak butuh apa? ya banyak… Yang engineering ada yang sosial ada.
      departemen eksternal ==> sospol, hukum
      departemen finance ==> akuntansi, finance
      departemen HR ==> manajemen
      departemen HSE (health, safety, environment) ==> biologi, teknik lingkungan
      departemen konstruksi ==> sipil, geodesi
      departemen maintenance ==> mesin, instrumentasi, teknik fisika
      departemen surface operation ==> teknik kimia, geodesi, geologi, teknik perminyakan, teknik fisika
      departemen subsurface engineering (core business) ==> teknik perminyakan,geologi,geofisika

      dan lain-lainnya. Jadi kalau mau KERJA di teknik perminyakan gak harus masuk perminyakan kok. :)

      • Fakhri says:

        untuk all over yang dibutuhkan di perusahaan minyak itu apa sama rata ya gajinya dari engineer dll ?

      • ryanalfiannoor says:

        ya sepertinya salary perusahaan itu pada dasarnya bergantung pada seberapa bonafit perusahaan tersebut. Dan kebetulan minyak dan gas itu mahal dan butuh teknologi yang tinggi, makanya salary-nya sesuai dengan profit yang didapat perusahaan tersebut.

        Silakan cari diinternet bro.. Ada banyak..

      • Chandra Barus says:

        Room Management Officer itu masuk ke level apa ya di perminyakan? Dan off on mereka berapa lama? Thanks

      • ryanalfiannoor says:

        bergantung perusahaan, pasti berbeda2. silakan reference pada tulisan saya diatas dan dinegoisasikan dengan pihak interviewer saat wawancara. semoga sukses.

  8. Aditya says:

    asw.sy mw tanya apakah sistem pindah jurusan masih berlaku di ITB ?
    setahu sy,dulu dari jurusan x bisa pindah ke jurusan y,tapi ada beberapa pertimbangan lain seperti IP ?
    itu dilakukan katanya dengan alasan :karena pada pengumuman snmptn bilang bahwa kalo pernah atw sedang kuliah di ITB,TIDAK AKAN DITERIMA ATAU DIPROSSES KEMBALI DI ITB ATAU TIDAK TERDAFTAR

    • ryanalfiannoor says:

      setahu saya jarang sekali kasus pindah jurusan dengan alasan tidak cocok.. pernah saya dengar malah kasus pindah jurusan seseorang terjadi karena potensi besar anak tersebut lebih cocok dijurusan di ITB.

      Betul mbak. Kalau sudah masuk ITB, terus mau daftar lagi…kemungkinan bakal di black list. Jadi geluti benar2 jurusan yang kita pilih sebaiknya..

  9. Wiransyah says:

    MUMPUNG MASIH MUDA CARI DUIT BANYAK BUAT MODAL KONTRAKAN DAN USAHA SENDIRI, HIDUP DAH SUSUAH TAMBAH SATU KESUSAHAN TAK MASALAH, SAYA BERNIAT UNTUK IKUT SERTA DALAM PERMINYKAN WALAU NYAWA TARUHAN, KARENA SESEORANG HIDUP HARUS BERANI AMBIL RESIKO …

    • andi rahmatullah says:

      i like this

    • ryanalfiannoor says:

      gak sampai taruhan nyawa juga kok mas (walau kematian Allah yang ngatur). dalam perusahaan minyak ada standar HSE (Health, Safety, Environment) yang harus dipenuhi dengan standar internasional ISO 14001 dan OHSAS 18001. Dengan demikian, standar kerjanya dijaga untuk memperkecil resiko kecelakaan.

    • kisthea says:

      bagi saya kerja di perminyakan jauh lebih safe daripada kerja di pabrik…hehe

  10. chela says:

    kira2 kalau perempuan berat ga ya? saya teryarik nih soalnya.. hehehehehe

    • ryanalfiannoor says:

      enggak mbak. Dirut Pertamina kita sekarang (2012) adalah Ibu Karen Agustyawan. Beliau punya karir cemerlang di dunia migas.

  11. tsabat at says:

    oh y
    gw mau tanya gan.
    unviersitas2 yg ada FTTM yg bgus2 di indo selain UPN ma ITb dmn y.?
    gw msh sms kls 3,
    trus gw mau ambil pweminyakan nih,.
    tlong ksh tau donk gan

  12. pusing says:

    kk,sy mau tny nih,kalo mau masuk T.Prminyakan, wajib menguasai pelajaran apa di SMA???
    sya pusing banget,takutnya ga mampu…..
    emang betul kta kk wiransyah,sya lbih suka kerja yang resiko tinggi,seru banget…

    • ryanalfiannoor says:

      serius suka kerja resiko tinggi? jadi stuntman aja bro… #bercanda.
      Silakan dibaca komen2 disini ya. rasanya sudah pernah saya jawab.

  13. galapagos says:

    mantab gan

  14. beliverd says:

    emank bener ya klo d perminyakan tu b.ingris ny hrs kuat, gue klas 3 sma ni… jwb donk

  15. Wuuuaaahhh..

    Kang Ryan emang jago nya niihh kalo Teknik Perminyakan

    Numpang lewat Kanngg…

    hehehehehheeee…

  16. ryanalfiannoor says:

    apalah awak ini. Hei, gimana kabarmu Franky di balikpapan? sudah kerja?

  17. Wuuuuuaaahhh….Puji Tuhan Baek” dan Sehat”…
    Belum kerja Kang…
    Lagi menuju TA tapi bngung eeehh ngangkat bahan apaan???
    Pasti gara” liat aku pake Baju merah yg di photo…

    hahahahahhaaa…
    Dmana skrg Kang Ryan???denger” abis lulus lgsg melancong ke luar cari nafkah yaaakkk??
    hehehehhehehehee…

  18. ryanalfiannoor says:

    Aku sekarang masih di Bandung kok. Yang di SIngapura kemarin itu ada acara konferensi, jadi harus kesana..hehe

  19. Riki San Iki says:

    Hm…..LeMaYan KalaU DaPat KeRjaaN Di PeRUsaHaaN PerMINyakan……

  20. darwin laulang says:

    Dilematik profesi.:
    Ya sebuah fenomena yg sangat baik dan harapan semua orang, cuma masalahnya bgm dengan gaji pegawai di institusi /lembaga pemerintah yg mengakomodir operasi kontraktor perminyakan halnya spt, Ditjen Migas yg nota bene meraka adalah orang se-profesi. Kalaupun ada kompensasi lain ok lah, tetapi disini perlu adanya “kepedulian” yg lebih konfrehensif dr Kontraktor Perminyakan untuk memahami ketertinggalan rekan se-profesinya yg bekerja dilembaga2 pemerintah seperti itu. Masa seorang Direktur di Ditjen Migas yg duduk memberikan ; “Guidence” dan “role of policy” dlm industri tersebut hrs naik Bus Kota sementara mitra usahanya memakai BMW, mungkin sekilas ilustrasi bgm perlunya “Sharing interested” (kepedulian profesi). Ok. Terima kasih selamat bekerja dan berkarya bagi rekan2 di Oil Companies.

  21. darwin laulang says:

    Menyusuli commentar 1 :
    Ya..disini bukan saya meng-kritic. tapi kita suruh “lihat” Pemerintah bahwa “kepedulian profesi” apapun sangat penting. Lho saya masuk Ditjen Migas thn 199..lalu gaji pokok Rp. 165,000,/month. Pencapaian kesejahteraan setelah 10 taHN, KEMANA WAKTU 6 ATAU 7 TAHUN..?, wHAT HAPPENED”. mAKANYA PENCAPAIAN KESEJATERAHAN ITU DI LEMBAGA pEMERINTAH SANGAT LAMBAN. oK SEKALI LAGI “SELAMAT BEKERJA DAN BERKARYA ” REKAN 2 DI OIL COMPANIES.

  22. jayjay says:

    klau dari teknik kimia bisa ngak nyak ???

  23. eki says:

    klo mw msuk st migas it perlu nilai raport brapa yah ??

  24. JhonTravoltaBangun says:

    Just for info bagi adik-adik yang ingin kuliah ngmabil tek.perminyakan
    http://www.akamigas-balongan.ac.id

  25. Aji Wirawan says:

    Disiplin Ilmu yang berperan di dunia Peminyakan

    A. Eksplorasi Migas
    Utama : Geologi, Geofisika
    Pendukung : Perminyakan (bor), Geodesi, Electro/Informatika (IT), Fisika, Matematika

    B. Produksi Migas
    Utama : Perminyakan (Bor dan Reservoir)
    Pendukung : Geologi, Geofisika (Reservoir), Electro/Informatika (IT), Fisika/Teknik Fisika, Kimia, Matematika, Mesin, Sipil, Geodesi, Teknik Tambang.

    C. Pengembangan Lapangan Migas
    Utama : Geologi, Geofisika Reservoir, Perminyakan, Teknik Kimia, Mesin, Sipil

    D. Transportasi Migas (Crude Oil)
    Utama : Mesin, Sipil, Electro/Informatika (IT), Fisika/Teknik Fisika

    E. Umum/HRD : Ekonomi Akutansi/Managemen, Hukum, Psikologi, Kedokteran/Kedokteran Gigi, Aktuaria/Matematika

    F. Pengolahan Migas
    Utama : Teknik Kimia, Mesin, Electro, Petrokimia
    Pendukung : Informatika (IT), Fisika/Teknik Fisika, Kimia, Matematika

    G. Transportasi BBM
    Utama : Perkapalan, Electro, Mesin
    Pendukung : Informatika (IT), Fisika/Teknik Fisika, Kimia, Matematika

    • Zacky aulia says:

      Kalau dri teknik metalurgi bisa gak kerja di perminyakan? Kalau bisa, kerjanya di bagian mana?

    • Kangguru says:

      Ngawur banget nih!! hahahhahaha..

      Sy udh 8 tahun bekerja di kontraktor EPC & EPCI migas Indonesia, perusahaan asing maupun lokal, dan sy sangat2 jarang ketemu alumni teknik tambang, fisika, matematika & teknik informatika di dunia explorasi, produksi & transportasi oil & gas! Ini fakta lho.. Sy rasa di perusahaan minyaknya pun alumni jurusan2 ini ngga banyak kok. apalagi teknik tambang, hahaha… ngawur banget!

      Mungkin ada ya alumni2 dari jurusan2 teknik tambang, fisika, matematika & teknik informatika di perusahaan2 oil & gas, tapi kynya mereka sedikit aja, dan yg jelas alumni tambang, fisika, & matematika belum pernah sy temui di perusahaan2 EPC & EPCI. Kl teknik informatika, mrk selalu dibutuhkan sebagai support, tp jumlahnya pun ngga banyak, dan salarynya pun lbh kecil karena mereka bukan core engineer.

      Jurusan fisika msh bs ngambil spesifikasi ke fisika bumi, nyambung ke geofisika, sehingga bs terlibat di explorasi migas, ini lebih logis sy rasa. Dan emang banyak alumni fisika yg ngambil spesifikasi ini utk bs terlibat di explorasi migas.

      Sekedar info aja, ada jurusan yg justru alumninya sangat banyak terlibat di konstruksi fasilitas migas di kawasan pantai (onshore) dan lepas pantai (offshore), yaitu jurusan teknik kelautan (bukan ilmu kelautan ya) dan jurusan teknik perkapalan. Ukt teknik kelautan, keahlian mereka dibidang fisika laut (gelombang, arus, dll), geoteknik laut, bahan bangunan & metode kontruksi utk struktur/bangunan di pantai & lepas pantai, sangat dibutuhkan untuk pembangunan fasilitas transportasi, explorasi & pengolahan minyak & gas di kawasan ini.

  26. faifairil says:

    Saya kuliah di T.Perminyakan Trisakti bukannya saya mau sok tau nih tp setau saya kalau mau kerja di perusahaan minyak apa lagi di bagian drilling (pengeboran) harus melakukan sertifikasi di BP Migas sebagai syarat utama. Ga segampang apa yg agan – agan pikirkan, ini cuma sekedar sharing aja ya gaji senior sy sekarang udah mencapai 4000USD/day.

  27. andika says:

    Kalo untuk waktu ini Teknik permnyakan mana ajha yg masih membuka SNMPTN ?

  28. himpassalo says:

    kalo untuk yang teknik sipil yang kerja di oil dan gas sih berapa kisaran gajinya ?

    • Marsekal says:

      Gaji tergantung level/grade atau masuk departemen apa, nggak melulu tergantung sama jurusan.

      Contohnya, kalo entry level departemen yg fungsinya core seperti Eksplorasi, Drilling, Reservoir atau Operation bisa dipastikan entry levelnya masuk ke grade yang lebih tinggi dibanding entry level di departemen lain seperti HR, Finance, Communication yang fungsinya lebih ke support.

      Sebagi ilustrasi, range salary untuk entry level/fresh graduate di salah satu KKKS/PSC yang mengoperasikan kilang LNG di Papua Barat.

      I : Rp. 16,654,000 – 26,646,000
      J : Rp. 10,790,000 – 17,263,000

      Kalau anda termasuk fresh graduate dan masuk ke departemen support, anda akan masuk ke level J, tapi kalau anda masuk ke departemen core, anda akan masuk ke level I.

      Gaji tersebut masih merupakan basic salary, belum ditambah dengan tunjangan lainnya (utilities allowance, transport, dll).

      Apabila anda ditempatkan di site dengan rota schedulle 3 minggu on-duty dan 3 minggu off-duty, anda akan mendapatkan site allowance yang besarnya 60% dari basic salary plus tunjangan harian sebesar Rp. 150,000/hari.

      Silahkan hitung sendiri berapa take home pay yang bisa anda dapatkan dan saya yakin masih banyak oil & gas company yang standar salary-nya lebih besar dari yang saya infokan ini.

  29. metroxilon says:

    hello bung, saya abe… mau nanya ne klw kerja di pertambangan/ minyak u/bagian lingkungannya dari lulusan pertanian (imu tanah ) bisa g??? mohon infox…thankz

  30. Kalvin says:

    Mau tanya kalau teknik industri di perminyakan, biasanya di bagian/departemen apa?
    Salam,
    Kalvin

  31. heni says:

    nice info… tapi maksudnya grade itu apa yah? apa berdasarkan lama kerjanya gitu? jadi kalo udah lama kerja, maka gradenya juga semakin bertambah, begitukah?

    • ryanalfiannoor says:

      sebenarnya grade ini didasarkan pada kinerja dan lama kerja. Semakin bagus kinerja dan experience juga lama, maka semakin besar grade-nya. Standar mirip2 perusahaan lain kok.

  32. andi says:

    tri sakti juga gak kalah bagusnya fasilitas lengkap dan alat alat canggih tri sakti nomer 2 SETELAH ITB

  33. armedi says:

    salam,, mau nanya kalau misalnya saya ambil D3 teknik instrumentasi elektronika migas, kerjanya nanti dibagian apa??

    • ryanalfiannoor says:

      bagian maintenance biasanya bro. Bagian ini adalah yang mengurusi kompresor, kilang, dan alat-alat instrumentasi di sekitar wellhead.

      Semoga membantu.

  34. Anto says:

    Maaf ya,, ,,minta tolong info lowongan Perusahaan Oil & Minyak
    atau Pertambangan Dong… …
    Syukur2 Klo ada yang menawarkan,,, ,,,tolong di infokan ke : 085645411222

  35. fadli says:

    bang, ane mau nanya dong.
    kalo dari jurusan Matematika, bisa terjun ke ranah Perminyakan ga sih ?

    Kalo iya, biasanya di bagian apa ya ?
    Apakah Jurusan Matematika bisa diperhitungkan buat masuk perminyakan atau permigas-an ?

    • ryanalfiannoor says:

      Bisa Fadli. Kalau pertanyaannya mau “terjun ke ranah perminyakan” itu bisa. Perusahaan service company seperti Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes, Weatherford, dll biasanya melakukan perekrutan multidisiplin ilmu jurusan termasuk jurusan matematika. Tetapi pastikan paling tidak kamu memiliki pemahaman tentang dunia perminyakan. Biasanya menjadi engineer lapangan.

      Kalau di ITB, dikenal sks minor, jadi jurusan tertentu bisa ambil mata kuliah jurusan lain. Kalau kamu di ITB silakan pilih beberapa mata kuliah perminyakan yang dibuka. Untuk kamu yang mungkin ada dikampus luar, kamu bisa baca-baca referensi di berbagai blog engineer minyak yang ada.

      Semoga membantu.

  36. fadli says:

    maaf mau nanya

    Kalo dari jurusan Matematika, itu nanti bisa masuk ranah perminyakan ga ya ?
    kalo iya, masuknya ke bagian apa aja ya ?

  37. Khoirul Anam says:

    mau nanya kalau dari lulusan ilmu hukum gimana ya peluangnya????

    • ryanalfiannoor says:

      Bisa. Biasanya perusahaan migas memiliki departemen legality atau eksternal. Departemen ini biasanya bertugas untuk mengatur regulasi perusahaan kepada masyarakat (lahan biasanya) dan pemerintah.

  38. Iant says:

    Assalamualaikum,
    kaka mau nanya, saya kuliah di jurusan Teknik Perminyakan Trisakti, baru masuk tahun ini, nah yg saya tanyakan : bagaimana prospek pekerjaan bagi para mahasiswa di jurusan T.Perminyakan ?

  39. angga says:

    ka bagaimana prospek lulusan teknik geologi itb di perusahaan perminyakan?
    terima kasih

    • ryanalfiannoor says:

      Jurusan geologi itu sangat penting dalam dunia perminyakan dan juga pertambangan. Core competency yang harus dimiliki dalam bisnis perminyakan adalah GGP: Geology, Geophysic, Petroleum.

      Jadi kalau mau kerja diperminyakan (dibagian intinya) bisa masuk petroleum engineering, geologi, atau teknik geofisika. Semuanya punya peran penting.

  40. angga says:

    ka kalo prospek lulusan teknik geologi di bidang perminyakan bagaimana?
    terima kasih

  41. hyunsoo28 says:

    permisi saya mau tanya, biasanya di teknik perminyakan (baik dalam fakultas nya atau di lapangn pekerjaan) laki-laki atau perempuan yang lbh mendominasi?

  42. imanurung says:

    nama sya Imanurung kls 2 sma . biasanya pelajaran apa hrs dikuatkan agar bisa masuk TK. perminyakan.
    cthnya. kimia peljaran yng mana apa di redoks dan oksidasi
    thnks mohon konfirmasinya

    • ryanalfiannoor says:

      Halo Iman,
      Masuk perminyakan ya…Hmm…rasanya sih fisika dan kalkulus (matematika yang fokus membahas tentang limit, integral, dan diferensial). Porsi kimianya gak terlalu banyak.

      Semoga sukses.

      • imanurung says:

        di ITB ada beasiswa bang ?. saya ingin msk ksitu tetapi ortu saya tidak ada biaya.
        bagaimana solusinya ?

      • ryanalfiannoor says:

        Kalau sudah masuk ITB, ada berlimpah beasiswa. Saya pun pernah jadi peserta beasiswa Alumni Gamais, PPSDMS (Nurul Fikri Foundation), dan Tanoto foundation waktu kuliah disana.
        Untuk informasi mengenai masuk itb, saya sarankan kamu buka dan baca2 link berikut:
        http://masukitb.com/

        disana ada banyak informasi strategi untuk masuk itb.
        Semoga membantu.

  43. fidya says:

    Kang, saya dari jurusan teknik kimia swasta yang biasa2 aja. Kira2 kalo melamar kerja d chevron peluangnya besar ga? Universitas asal diliat ga kang? Haruslah saya S2 dlu d negeri? Mohon jawabannya kang. Hopeless banget. Terimakasih

  44. fidya says:

    Kang, IPK saya 3,8 saya dari jurusan teknik kimia universitas swasta yang biasa2 aja. . Kira2 kalo melamar kerja d chevron peluang keterimanya besar ga? Universitas asal diliat ga kang? Haruskah saya S2 dlu d universitas negeri? Mohon jawabannya kang. Hopeless banget. Terimakasih. Ditunggu banget jawabannya kang

    • ryanalfiannoor says:

      Pasti ada peluang untuk diterima. Dicoba aja. Teknik kimia itu pasti dibutuhkan oil company untuk keperluan operation surface facility di lapangan. Ada banyak kok lulusan swasta yang juga bisa masuk perusahaan. Coba kamu buat ID di linkedin. disana ada banyak orang-orang sukses yang bisa masuk dunia perminyakan dari kampus swasta.

      semoga sukses.

  45. hardi says:

    permisi kang,
    saya hardi, s1 sipil, baru masuk s2 sipil itb dan rencan pindah ke tm
    minta bantuan infonya kang:
    1 proses pindah ke prodi lain
    2 prospek s2 tm freshgraduate?

    tq,,

    • ryanalfiannoor says:

      Wah kang saya kurang tahu bagaimana untuk S2. Untuk S2 TM ITB sendiri punya ujian masuknya sendiri. Jadi kalau mau pindah, saya rasa akang harus ikut tes S2 TM ITB lagi.

      Untuk prospek S2, beberapa perusahaan seperti TOTAL dan Pertamina memberikan beasiswa kepada mahasiswa S2 TM ITB dan setelah lulus langsung di rekrut.

      Ada yang lebih “wow” lagi. kalau masuk exxonmobil, akang bisa disekolahkan ke Colorado School of Mines atau TAMU.

      Semoga membantu

  46. man says:

    misi kak, saya mau nanya apa lulusan teknik pertambangan bisa kerja di perusahaan minyak?

    • ryanalfiannoor says:

      wah saya gak tau kalau yang ini. Bukannya lulusan jurusan ini juga punya banyak pekerjaan dibidang tambang sendiri ya. Hehe..

      Setau saya sampai saat ini belum pernah dengar orang pertambangan masuk perminyakan.

  47. man says:

    kak, apa teknik pertambangan bs kerja di perusahaan minyak?

  48. faizal says:

    mau tanya..
    saya baru kelas 3 sma.. kalau mau masuk tk. perminyakan itb.. langkah2 yang harus dilakukan apa yach?

  49. apria says:

    saya baru masuk tek. geologi trisakti nih kak kira kira peluang kedepannya gimana? masih cukup bersaingkah dengan itb unpad undip dll?

  50. apria says:

    saya mau tanya kak, saya baru masuk tek. geologi trisakti nih kak kira kira peluang kedepannya gimana? masih cukup bersaingkah dengan itb unpad undip dll?

  51. Fakhri says:

    bang,ane mau nanya nih. mohon di jawab ya…
    kalo akuntan dalam dunia perminyakan berpeluang gak ?
    kalo iya, apa sih yang dilakuin akuntan di perminyakan ?
    kalo akuntan yang kerja di oil kira2 gajinya kisaran berapa ?

  52. Dori says:

    Bang Ryan, punya informasi gaji BP Migas ? share dunk….makasih

  53. yupi luthfi syahid says:

    saya mau tanya bang….saya mau interview di weatherford tgl 27/8/2012 sebagai seorang mechanic.saya sekarang experience dibidang otomotif selama 17 thn.gaji sya sekarang kisaran 6jt/bln.apa job desc mechanic di weatherford?berapa kira2 selary saya yg pantas dapatkan di weatherford? mohon dijawab…termakasih

    • ryanalfiannoor says:

      Mas Lutfhy,
      Mechanic itu pasti dibutuhkan untuk maintenance peralatan dari perusahaan tersebut. Nah sekarang tinggal bergantung di bagian mana Anda ditempatkan.

      Dengan pengalaman mas yang lebih dari 17 tahun (lebih senior dari saya..hehehe), saya rasa Anda bisa menawarkan salary 2 – 2.5 lipat dari gaji Anda yang sekarang mas. Semoga sukses ya Mas.

      • papa azzam says:

        First thank for this blog. Mas Ryan saya mau interview dgn Chevron. Aviation expert. Previous experience 18th with local airline. Untuk salary apakah saya bisa minta 2x salary sekarang? Apakah chevron ada bonus selain THR? Thank you.

      • ryanalfiannoor says:

        dicoba saja mas. Karena masalah salary itu adalah masalah negosiasi perusahaan dengan mas sendiri. Kalau sudah pengalaman 18 tahun mungkin bisa saja meminta 2x gaji dari mas sekarang asalkan masih dalam taraf yang wajar. Seorang profesional yang sudah bekerja selama 18 tahun di perminyakan mungkin bisa dapat gaji 40-60 juta untuk seorang engineer specialist/ setaraf manager. Mas sesuaikan saja dengan posisi yang ditawarkan perusahaan.

      • papa azzam says:

        Terima kasih atas jawabannya. Semoga saja saya bisa lolos interview :) . Sukses buat mas Ryan.

      • ryanalfiannoor says:

        amin..sukses mas..

  54. roy says:

    Saya Paham Matematika (Limit, Integral, Differensial) walaupun masih pengen perdalam lagi :-).. tapi Kalo fisika gak semua bab.. kira” Dalam fisika tu bab ap aj yang perlu dipelajari mas??

    • ryanalfiannoor says:

      hmm..tentang hukum2 dasar fluida itu penting karena itu bakal menjadi pondasi dalam ilmu perminyakan..

      • roy says:

        Yeah,, saya cukup mengerti tuh mas.. saya baru kelas 3, kemaren knaikan kelas dpet rata” 79,80.. apakah itu bisa jaminan buat jalur undangan?? soalnya kn nilai semester 3,4,5 yang akan dikirim :-)

  55. juna says:

    saya mahasiswa petrolium engineering di Universitaslam Riau.. dari kecil saya memang sudah tertark dengan dunia perminyakan.. saya membutuhkan nformasi yang banyak tentang perminyakan sebagai bahan dan wawasan saya d dunia perminyakan .. buat agan2 and sist yang mempunyai nformasi apa saja tentang dunia perminyakan mohon di shere ke saya yaa. bisa lewat email / twitter saya @MyNameIs_JUNA . terimakasih :)

  56. farid says:

    gan, gw mau tax nih… yg tlong jlasin yang paparan grade di atas donk.. gw gk tau nih!!!!

    • ryanalfiannoor says:

      grade itu ada untuk membedakan status kepegawaian seseorang dalam sebuah perusahaan. Setiap performa seseorang meningkat, maka meningkat pula grade orang tersebut (sekaligus juga gaji dan jabatan struktural dia).

      untuk posisi grade freshgraduate/lulusan S1 adalah seperti yang disebutkan diatas.

  57. Saipul Jamil says:

    Kuliah mah apa ajah.. rejeki udah ada yang ngatur.. Saya Lulusan Teknik Mesin, sekarang kerja sbg Oil&Gas Production Operation Supv. back to back dan pimpinan saya dari teknik elektro dan teknik mesin. Saya juga pernah jadi petroleum engineer di perusahaan yang sama. Yang diambil itu hanya logika engineer nya saja. jadi kawan2 yang mau masuk ke Oil & gas, ga perlu pusing berebut masuk kuliah di Terknik Perminyakan. Yang penting kuliah aja yang bener, dan luluslah di saat yang tepat (pas harga Minyak Lagi Tinggi brod). Saran ambil lah jurusan2 yang tidak terlalu spesifik : Mesin, Elektro, Sipil, Kimia, jadi seandainya ga tertampung di Oil&Gas, bisa ngelamar di otomotif, petrochemical, juragan kapal, Batubara, juragan henpon, bahkan juragan beras..

    • umesha says:

      Rejeki udah ada yg ngatur? Ya udah aja ga usah pusing2 cari kerja entar juga udh ada yg ngatur. Nganggur aja deh ane dirumah bro^^peace

  58. icha says:

    mau nanya nih ka, saya sekarang kelas 3 smk , rencana nya saya mau mendaftar di stt migas, nah menurut kakak di stt migas tuh jurusan apa sih yang cocok buat cwek, kan disana dominannya cowok semua . thnks

    • ryanalfiannoor says:

      Saat ini sebenarnya tidak ada permasalahan gender di dalam dunia perminyakan. Asalkan punya fisik yang kuat dan kompetensi yang mumpuni semua bisa icha masuki kok. Jadi pilihlah yang sesuai dengan minat icha. Saya sarankan bisa masuk teknik perminyakan aja sekalian karena saya salah satu dosen disana juga. Hehe..

  59. Saya Anton Kurniawan, pelajar kelas XII SMA Kanisius Jakarta yang berminat masuk Teknik Perminyakan.

    Saya ingin mengajukan 3 buah pertanyaan.
    1. Berapa kuota untuk setiap universitas yang menyelenggarakan pendidikan Teknik Perminyakan?
    2. Setahu saya dalam sistem SNMPTN Undangan tahun ini ada kesempatan memilih 2 universitas masing-masing 3 fakultas. Kira-kira strategi apa yang dapat saya lakukan agar impian saya masuk Teknik Perminyakan dapat tercapai?
    3. Berapa biaya pendidikan Teknik Perminyakan PTN?

    Terima kasih atas perhatiannya.

  60. ferry says:

    om nanya dong . kalo di trisakti biaya tk.prmnyakan sekitar brp ? mohon pencerahan

  61. Umar says:

    Wah, mantap bang blog nya. Saya sekarang kelas 3 SMA, inginnya masuk ke Jurusan Tk. Perminyakan. Info info juga sudah sering brwosing ( termasuk ini ), tapi yang jadi masalah, orangtua kurang setuju dengan jurusan ini. Alasannya karena orangtua saya ingin saya memiliki profesi ( seperti: Dokter). Kalo Tk. Perminyakan pasti kan kerja ke orang / perusahaan. Dan kerja nya-pun jarang dirumah kan pastinya ? Bagaimana pandangan Bang Ryan ? Terimakasih sebelumnya.

    • ryanalfiannoor says:

      coba diskusikan secara baik-baik dengan ortu Umar. Barangkali Umar belum dapat celah aja untuk menjelaskan pada ortunya supaya bisa disetujui untuk masuk TM :). Supaya bisa membuat ortu Umar setuju, Umar harus tunjukan bukti bahwa Umar itu memang punya niat masuk TM. Misalnya, Umar komitmen pada ortu bahwa jika diberikan kesempatan untuk kuliah di TM selama setahun, Umar akan tunjukan bahwa Umar akan bisa memiliki IP yang baik atau prestasi akademik yang lainnya. Mungkin ortu Umar akan mendukung sampai Umar lulus.

      Coba Umar juga berpikir lebih mendalam dan beristikharah (kalau Umar seorang muslim) supaya nanti bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kompetensi Umar.

      Yang pasti hidup Umar akan dijalani oleh diri Umar sendiri. Orang lain (even your parents) hanya bisa mengarahkan dan mendukung. Kerja di perminyakan itu bisa dilapangan dan bisa juga dikantor kok, bergantung posisi dan perusahaan apa yang nanti Umar pilih. Semoga sukses ya….

  62. ryanalfiannoor says:

    Sahabat DIARYan, berikut Vacancy BPS dan BPA untuk lulusan baru s/d usia 27 tahun per 2012 ini untuk berbagai disiplin ilmu. Deadline Selasa 11 Sept 2012. Silakan dicoba ya..

    BPS (S1) MANAJEMEN PEMASARAN
    BPS (S1) HUKUM
    BPS (S1) AKUNTANSI
    BPS (S1) TEKNIK INDUSTRI
    BPS (S1) TEKNIK MESIN
    BPS (S1) TEKNIK SIPIL (KONSTRUKSI)
    BPA (D3) MANAJEMEN PEMASARAN
    BPA (D3) AKUNTANSI
    BPA (D3) TEKNIK MESIN
    BPA (D3) TEKNIK INDUSTRI
    BPA (D3) TEKNIK SIPIL (KONSTRUKSI)
    BPS (S1) STATISTIK
    BPA (D3) TEKNIK SIPIL (STRUKTUR)
    BPA (D3) TEKNIK ELEKTRO (ARUS KUAT/LISTRIK)
    BPA (D3) TEKNIK ELEKTRO (ARUS LEMAH/INSTRUMEN)
    BPA (D3) TEKNIK FISIKA
    BPA (D3) TEKNIK KIMIA
    BPA (D3) STATISTIK
    BPA (D3) HUKUM
    BPS (S1) TEKNIK KIMIA
    BPS (S1) TEKNIK GEOLOGI
    BPS (S1) TEKNIK PERMINYAKAN
    BPS (S1) TEKNIK LINGKUNGAN
    BPS (S1) TEKNIK METALURGI
    BPS (S1) MANAJEMEN KEUANGAN

    http://recruitment.pertamina.com/PHEUI/Pages/jobs/vacancy.aspx

    • Putra says:

      Klo S1 tknik Geologi pertambangan itu prospek kerja ny kmana gan ? Gak bisa masuk ke company oil ya ?
      Gaji ny kecil dong

      Mohon bantuan ny (y)

      • ryanalfiannoor says:

        wah besar dong mas..karena ilmu Anda memiliki andil besar dalam industri migas. geologist bisa masuk ke sektor tambang atau migas..

  63. ferry says:

    om kalo teknik industri prospek kerjanya bgus ga sih ?

  64. fajri says:

    kalo gaji untuk production operator experience 7+ years di Total e&p Balikpapan tau gak pak ??

  65. Keren juga bisa bekerja di perusahaan minyak, apalagi bisa karyawan permanent-nya. Ngomong-ngomonga kenapa Oil company menjadi begitu menarik perhatian bagi para pencari kerja ya?.

    • ryanalfiannoor says:

      wah macem2 mas..bisa karena passion, salary, hobbies,parent’s influence, dll. Yang pasti dunia migas memang menarik. :)

  66. vita yuliarin says:

    assalamualaikum …kalo kuliah sambil krj,bs g sih d STT Migas bpp?

  67. imron says:

    O ya mas,,,

    Sebenernya saya kepengen banyak tau tentang T.perminyakan,, karena diperguruan tinggi saya untuk T.perminyakan baru ada thn ajaran ini, makanya saya kepengen banyak tau tentang T.perminyakan .
    gimana ya mas sarannya, supaya bisa mengerti & bisa mempelajari ilmu-ilmu tentang perminyakan, tolong mas sarannya & masukannya???

    trus saya juga agak telat nimbrung diperminyakan,, soalnya saya dari kluarga yang kurang mampu, bahkan sekarang umur saya aja udah 26 th .
    apa masih ada harapan mas buat saya, untuk menjadi seorang sarjana T.perminyakan, dan bekerja diperusahaan oil & gas..!

  68. daud says:

    mas ryana
    Apa punya standar gaji di daerah papua sebagai hse officer?

  69. acacia says:

    mas ryanalfiannoor, ^_^….
    saya seorang lulusan kimia, dan sekarang karyawan sebuah Perusahaan Pulp dan Kertas, pengalaman 2 tahun di bidang lab kimia, saya mengerti masalah kimia dengan baik. saya sudah pernah ditempatkan di bagian chlor-alkali product, environmental, waste water, making pulp riset, dan instrument ICP, AOX, dan GC. Saya pengen bekerja di perusahaan minyak,, bisa bantu ga mas, berdasarkan pengalaman ini ??

    • ryanalfiannoor says:

      Bisa mas.. Mas bisa coba untuk menjadi laboratory team atau HSE team. Mereka pasti butuh seorang ahli kimia..

  70. Nhud says:

    D3 Teknik Industri Bisa masuk di perminyakan gak ???

  71. haniifah says:

    kak ak skrg masih kelas 2 sma . trtarik sm perminyakan dn pertambangan , tp bingung fakultas apa ? pengen coba geologi . kalo menurut kakak msuk fkultas apa ya yg punya andil besar ? trus tes ny gmana ?
    makasih kak :)

  72. adri says:

    Pekerjaan dalam bidang minyak/gas tidak harus didapatkan di perusahaan minyak.. Bidang migas itu luas mata rantainya, meskipun ujungnya ada di oil company, dibawahnya ada kontraktor epc yang bangun kilang. Menurut sy justru kontraktor epc membutuhkan resources dengan skill yang lebih tinggi dari pada oil company, dengan imbalan hampir setara. Yang lain ?? Ada konsultan-2 project manajemen, surveyor, amdal, inspector, drilling, dll. Belum lagi vendor-2 yang menyuplai pompa, turbin, kompresor, pressure vesel, tank, valve, pipa-2, boiler,…dan masih buanyaaak lagi. Jika boiler atau kompresor laku, mungkin bonusnya membuat kywn oil company tercengang.
    Buat fresh grad, lebih baik bekerja dari bawah (kontraktor/sub-kontraktor), dimana akan mendapat experience yg sangat berharga dan menantang untuk meniti karir selanjutnya, apalagi yang IPK pas-pasan akan sangat sulit langsung masuk ke oil company.
    Jurusan-2 yang berpotensi masuk dunia migas selain tambang & perminyakan adalah : mesin, civil/struktur, elektro, teknik fisika, teknik kimia, metalurgi, instrumentasi, kelautan.

  73. surabaya says:

    teknik kelautan juga bisa masuk ke migas kok,,
    karena disana ada keahlian mngenai bangunan kilang minyak,,

    • ryanalfiannoor says:

      berikut ini jawaban dan komentar dari Kang Guru:
      kebetulan sy alumni teknik kelautan itb, jd bs bantu jawab, sekalian berbagi pengalaman pribadi..

      alumni teknik kelautan itb, terutama rekan seangkatan sy, sebagian besar juga bekerja di sektor migas. ada yg bekerja di kontraktor EPCI migas asing (saipem, technip, mcdermott, nisconi, dll), engineering konsultan / EPC utk offshore migas (wood group, kbr, worleyparsons / intecsea, amec, tripatra, ikpt, singgar mulia, dll), ada jg yg bekerja di perusahaan minyaknya langsung (chevron, PHE, total, eni, cnooc, dll), bahkan ada jg yg bekerja di schlumberger, transocean & halliburton sbg drilling engineer.

      utk yg bekerja di bidang migas, alumni teknik kelautan lebih banyak yg bekerja di kontraktor EPC & EPCI utk offshore construction drpd di perusahaan minyak atau di service company. kebanyakan yg bekerja di kontraktor berprofesi sebagai offshore structure engineer, offshore pipeline engineer, atau naval architect. lainnya, ada yg berprofesi sebagai facilities engineer, marine surveyor, well service supervisor, integrity engineer, drilling engineer, dll.

      selain di bidang migas di indonesia, alumni teknik kelautan itb jg banyak yg berkarir di kontraktor2 migas di eropa (norway), timur tengah, singapore, malaysia, & afrika (nigeria) dengan salary sekitar 8000 – 10000 usd per bulan utk engineer dg pengalaman 6 – 8 tahun saja.

      dari sharing yg sy dapat dg teman2 sy, utk engineer yg bekerja di kontraktor EPC/EPCI di jakarta, gaji basic yg didapat berkisar antara:

      5 jt – 7 jt (gross) utk freshgraduate,
      10 – 20 jt (gross) utk pengalaman 3 – 5 tahun,
      20 jt – 30 jt utk pengalaman 5 – 7 tahun,
      30 jt – 45 jt utk pengalaman 7 – 10 tahun,
      dst… sangat bervariasi tergantung hasil nego

      kalo ditugaskan di luar jakarta biasanya dapat allowance tambahan diluar gaji pokok.

      ketika bekerja di kontraktor biasanya dapat tambahan lain ketika ditugaskan di lapangan/offshore. pendapatannya bs mencapai 2x lipat gaji di kantor ketika ditugaskan di offshore/lapangan.

      posisi sy sendiri skrg senior engineer dg pengalaman sekitar 8 tahun. sy msh bekerja di sebuah kontraktor EPC di jakarta dg basic salary 40 jt (gross) per bulan. setahun sy dapat sekitar 14 – 15 kali gaji + tunjangan kesehatan yg sangat baik utk sy & keluarga.

      beberapa rekan kuliah dari teknik kelautan itb skrg ada yg bekerja di norwegia, singapura, timur tengah, & nigeria dengan gaji sekitar 8000 – 10000 USD (nett) per bulan.

      jd, saya rasa, utk mendapatkan tingkat kehidupan yg nyaman & gaji yg besar, tidak selalu harus bekerja di perusahaan minyaknya langsung, tp bs juga dengan bekerja di kontraktor EPC/EPCI atau di service company.

      EPC = Engineering Procurement & Construction
      EPCI = Engineering Procurement Construction & Istallation

      pernah jg sy bernegosiasi dg bbrp perusahaan minyak di jakarta, tp krn tidak ada kecocokan gaji akhirnya tidak jadi sy ambil.

  74. tahir says:

    alangkah lebih baiknya menjadi owner di perusahaan minyak,,

    • sis says:

      mas saya mau tanya, saya lagi bingung mau ambil s2. rencananya mau ambil tm tapi s1 saya elektro, Dan sekarang bekerja Di bidang control Dan instrument Untuk dcs. kira2 prospeknya seperti apa? apakah baik Kalo saya ambil tm atau lebih baik ambil jurusan yg lain seperti kontrol atau instrumentasi? thanks…

  75. vey says:

    itu daftar gaji di bagian apa mas? beda posisi kan beda2, kira2 staff biasa kayak communications specialist bisa sebesar itu gak?

  76. buddy says:

    numpang nanya mas, kalo ilmu politik ada gk sih di oil company? sejauh ini baru nemu chevron aja yg nyedian.
    *mudah-mudahan keterima
    amin…..

  77. suyitno says:

    ka’ mau nanya ne.em kira kira. biaya yg di butuh kan untuk mendaftar atau masuk kuliah ke jurusan perminyakan t brapa yha, soalnya rencana tahun dpan saya mau kuliah ke balongan.

  78. suyetno says:

    k’ kira2 brapa biaya yg di butuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi jurusan perminyakan.

  79. _ayho kita gali sumber daya indonesia semaksimal mungkin. Khususnya minyak dan gas alamnya.

  80. _Aku pengen kerja di dunia perminyakan. Chemical Petroleum Oil and Gas Processing Department.

  81. bio says:

    mas, gmn caranya masuk jalur undangan perguruan tinggi perminyakan, sama kalo perguruan tinggi perminyakan yang terbaik di indonesia apa?

  82. Ranea Naim says:

    Kak kalo mau punya suami orang perminyakan gimana caranya? hahaha

    • ryanalfiannoor says:

      Wah..ini pertanyaan sulit mbak..
      Kalau mau cari orang perminyakan, mbak bisa berdoa pada Tuhan, kemudian bisa mencari kenalan lewat kawan sekitar atau jejaring sosial. :-p

      • dewo says:

        Mas Ryan..
        Kalo gaji bersih para manager hingga direksi perusahaan migas asing yg ada di Indonesia kira2 berapa? dengan catatan jabatan tsb dipegang orang Indonesia..

        Salam

      • ryanalfiannoor says:

        gak ada jawaban yang pasti mas.. Yang pasti lebih besar dari 50 juta untuk perusahaan minyak mas..kalau Board of Director mungkin sudah menyentuh angka ratusan juta rupiah..

  83. blouph says:

    bisa gak lulusan teknik informatika dg IPK 3,35 dari PTS masuk perminyakan n jd bagian apa? n daftarnya di perusahaan apa ya?

    • ryanalfiannoor says:

      bisa. Jadi di bagian ICT (information and Communication Technology) dan pengelolaan database.
      Biasanya semua perusahaan butuh kok. Coba cari aja lowongan di situs pencarian kerja di internet.

  84. Grace says:

    mas, saya sekarang kelas 2 SMA. saya mau nanya, perbedaan Geologi dan Geofisika itu apa yah ? dan saya lebih interest untuk kerja di lapangan nya. apakah itu pengaruh kalo saya perempuan ? tengkiu

  85. istri TNI says:

    mas mau tanya kalo pengen liat daftar nama2 karyawan pertamina gimana caranya ya? aku uda buka website nya pertamina tp gag bisa,, kategori tidak tersedia gitu katanaaa,, bingung… :(

    • ryanalfiannoor says:

      biasanya data internal perusahaan memang bersifat confidential Bu. Kalau mau tau datanya mungkin bisa langsung ke kantor Pertamina yang bersangkutan.

  86. Hallo ka, aku chia, kelas 3 SMA dan ada niat masuk T.perminyakan. Kira2 nih menurut pengalaman kakak, gimana tingkat kesulitan pelajaran di semester2 awal FTTM ITB? Lamanya study berapa tahun? Paling cepat lulus brp tahun? Apa saja yg dipelajari di semester2 awal selain kalkulus dan fisika? Saya mendengar, katanya banyak anak ITB yg di-DO per tahunnya. Kira2 apa penyebabnya? Apa krn IP yg tdk memenuhi standart? Bukannya anak ITB terkenal pandai? I’m sorry if I have asked too many queries. I’m just so curious. Thanks in advance btw! :)

    • ryanalfiannoor says:

      kesulitan semester2 awal FTTM ITB?
      - adaptasi cara belajar dari sma ke kuliah.
      - matkul nya jadi lebih detil
      - kawan2 yg lbh divergen jadi jgn sampai kt gak nambah teman.

      Lamanya study berapa tahun?
      klo tepat waktu itu 4 tahun, paling lambat 6 tahun. setelah itu kt bisa di DO.

      Apa aja yg dipelajari di semester2 awal selain kalkulus dan fisika?
      - pengantar teknik perminyakan, geologi dasar, kimia, konsep teknologi, elektronika dasar, dll. menarik loh… :)

      Penyebab DO?
      ada banyak faktornya. Biasanya karna dia gak cocok dengan jurusannya sehingga gairah semangat belajarnya kurang. Pada akhirnya IP nya gak memuaskan. Jadi pastikan kamu benar2 memilih jurusan yang tepat.

  87. Hallo ka, aku chia, kelas 3 SMA dan ada niat masuk T.perminyakan. Kira2 nih menurut pengalaman kakak, gimana tingkat kesulitan pelajaran di semester2 awal FTTM ITB? Lamanya study berapa tahun? Paling cepat lulus brp tahun? Apa saja yg dipelajari di semester2 awal selain kalkulus dan fisika? Saya mendengar, katanya banyak anak ITB yg di-DO per tahunnya. Kira2 apa penyebabnya? Apa krn IP yg tdk memenuhi standart? Bukannya anak ITB terkenal pandai? I’m sorry if I have asked too many queries. I’m just so curious. Thanks in advance btw ! :)

  88. nisa says:

    Pak,,kl gaji S1 non pengalaman di halliburton brp y? Kok kata teman sy gaji pokok dia lbh kecil dr 2 juta?

    • ryanalfiannoor says:

      wah itu bergantung departement dan lamanya dia dilapangan.
      Kawan saya ada yang 10 juta, 20 juta, bahkan 30 juta.

  89. zacky says:

    kira-kira kalau dari teknik metalurgi bisa gak kerja di perusahaan minyak? kalau bisa, kerjanya di bagian mana ya? makasih

    • andes says:

      Tinggin IPK, diatas 3.2
      Perkuat bahasa inggris, conversation, bukan sekedar test di kertas (TOFL))
      Tingkatkan percaya diri..
      lulus cepatt..
      ikut recruitment schlumberger..
      Teman gw cewek alumni 04 metalurgi UI, kerja di Sclumberger as Measurement While Drilling Engineer, gajinya 100 USD/day

      • ryanalfiannoor says:

        Kalau mau ke dunia perusahaan migas, mungkin bisa ke service company (schlumberger, weatherford, halliburton, baker hughes, BJ Service, dll). Ada benefit dan disadvantage kerja disini. Seperti mas Andes sebutkan diatas, gajinya memang besar kalau di service company.

  90. CV ane dimasukin ke exxon sebagai pegawai kontrak btw sudah masuk lingkup exxon belum ? BTW proses wawancara kaitannya dengan pekerjaan lama experience atau ilmu sich gan.. kalo CV ane tembus ane langsung wawancara

    • ryanalfiannoor says:

      Persiapkan saja keduanya. Tapi biasanya kalau experience bakal ditanya pekerjaan lamanya apa, kenapa mau pindah kerja, apa yang kamu ingin capai diperusahaan baru, dan training apa saja yang sudah didapat diperusahaan lama. Semoga sukses.

  91. giffari almuzani says:

    kak, saya siswa kelas 2 sma, saya sedikit unggul di kimia. apakah itu bisa membantu saya masuk ke teknik perminyakan?

    • ryanalfiannoor says:

      Bisa. Tapi kamu haruis mempersiapkan matematika dan fisika lebih dalam, karena di teknik perminyakan akan lebih banyak membahas tentang itu. :)

      Belajar aja dulu sungguh2 sekarang. Saya nanti coba tuliskan detil tips sukses kuliah di teknik perminyakan ya..

  92. Oki Petrus says:

    Saya mahasiswa Fisika USU Medan, semester akhir & sdg tugas akhir. Saya mengambil bidang Fisika Instrumentasi & Elektronika dgn topik tugas akhir saya mengenai Sel Surya. Nanti saya ada rencan ke Chevron Pekanbaru, sbelum nya saya sdh pernah apply online ke situs resmi Chevron itu sendiri. Kira2x apa aja yaa, yg penting klo seandainya memang hrs ada Test Terbuka utk Fresh Graduate spt saya..? Mksdnya apa2x aja topik test nya di Chevron bagi lulusan baru S1..? Manatau bisa kmu berikan saya salah satu soal / mungkin berupa kumpulan naskah soal2x test terbuka masuk Chevron dari calon pegawai di tahun2x sebelumnya..?

    “Trimakasih Saudara Ryan”

    • ryanalfiannoor says:

      Biasanya urutan penerimaan employee baru itu adalah sbb:
      1. aptitude test (bisa cek di http://www.shldirect.com/in/example_questions.html)
      2. Wawancara Kerja (bergantung kebijakan perusahaan bisa langsung dengan user atau dengan HR terlebih dahulu)
      3. Tes Kesehatan (MCU)
      4. Offering Job (kesepakatan kerja dan gaji)
      5. Golden Shake Hand (selamat anda telah diterima)

  93. Basyarul Hanifan says:

    Assalamua’alaikum kang Ryan :)
    Kang, izin bertanya, setelah baca baca komentar diatas akang mencantumkan vacancy di pertamina. Disana ada tulisan BPA dan BPS. BPA dan BPS itu sendiri apa kang? Mohon dijawab ya kang.
    Jazakumullahu khairon katsiiron atas segala infonya :’D

    • ryanalfiannoor says:

      Dua program ini merupakan program rekrutmen Pertamina yang dikhususkan bagi fresh graduates. BPA sendiri diperuntukkan bagi lulusan D3 maupun D4. Sedangkan BPS ditujukan bagi para lulusan S1 dan S2.

  94. Basyarul Hanifan says:

    Afwan jadi bertanya lagi kang ._.v
    Saat ini saya duduk di bangku kelas 3 sma, kebetulan minat sama ilmu statistik. Di job vacancy Pertamina yang akang cantumkan diatas dibutuhkan lulusan S1 Statistik. Saya baru tahu kali ini kalau lulusan Statistik bisa kerja di Perusahaan Oil&Gas semacam Pertamina. Posisi lulusan statistik di Perusahaan Oil&Gas biasanya di departemen apa kang? Kalau akang tahu profit lulusan statistik di perusahaan Oil&Gas kisaran berapa? Afwan kang kalau pertanyaan yg terakhir kurang sopan ._.v

    • ryanalfiannoor says:

      Kalau posisi statistik mungkin biasanya ditaruh di financial department/ marketing department, bergantung dari kebutuhan perusahaan.

      Nah, kalau masalah gaji, saya sebenarnya tidak terlalu tahu. Tapi gaji gross diperminyakan untuk fresh graduate di perminyakan sekurang-kurangnya bisa dari 4-8 juta rupiah. Bisa jadi disekitaran itu bro, tapi saya gak tau angka pastinya. :)
      Nanti saya beritahu jika ada info2 ya…

  95. dien says:

    assalamualaikum saya mau tanya nih kalau kuliah perminyakan yang ikatan dinas apa ya ? gak perlu melamar2 ke perusahaan2 lagi please jawab ya thanks

    • ryanalfiannoor says:

      Waalaykumsalam..
      Setau saya, belum pernah ada perusahaan yang ada ikatan dinasnya. Saat ini mahasiswa perminyakan Indonesia sudah lumayan banyak (lbh dr 500 org tiap tahunnya), jd perusahaan cenderung mencari calon profesional yg benar2 bisa diandalkan.

      Tapi sebenarnya ada jalur yg bisa membuat peluang besar kita diterima sebuah perusahaan migas lewat program training dan kerja prakteknya. Misalnya:
      Schlumberger — vacation training
      Halliburton — vacation internship
      Chevron — university partnership program
      Conoco Philips — internship program
      CNOOC — tugas akhir lapangan
      Kondur — tugas akhir lapangan
      Pertamina — tugas akhir lapangan

      Jadi jgn anggap remeh kerja praktek perminyakan. Sekian infonya..

  96. indrasmanzabpp07 says:

    Kang punten mau tanya… klo mau buka bisnis ‘oil company’ butuh dana berapa ? Knowledge apa yg dibutuhkan ? Orang2 seperti apa yg harus diajak kerjasama ? Teknologi seperti apa yang harus digunakan ?

    Saya pengen buka perusahaan minyak 20 tahun lagi sama2 temen saya dari kaltim,..

    • ryanalfiannoor says:

      Dear indra,
      Saya tergugah atas semangatnya. Saya pun jg punya cita2 memiliki satu service company yang bergerak didunia perminyakan.

      Kalau pertanyaannya dana, tentu butuh dana yg sangat besar. Sebagai gambaran besar aja, mengebor sumur saja bisa mencapai 5,000,000 juta dollar (sekitar 50 miliar). Biaya ini blm termasuk biaya service setelah sumur selesai di komplesi (perforasi, artificial lift, dll).

      Oil company itu banyak bidang2nya. Ada owner oil company dan ada service company. Owner itu yang punya block lapangannya, service itu yang sediakan alat2nya. Saran saya, kamu bisa baca buku biografi berikut:

      Arifin Panigoro (founder Medco)
      Ermin Nasution (founder welltekindo)
      Rockefeller (founder standard oil)
      Conrad dan marcell schlumberger (founder schlemberger)
      Erle palmer halliburton (founder halliburton)

      Coba kamu baca info2 tentang mereka, dan pasti akan mulai membentuk frame berpikirmu untuk membuat sebuah rencana oil company. Kalau mau mendirikan bisnis ya ada dua kuncinya: pandai melihat peluang dan punya kompetensi. Itu sih kata mentor saya. :)

  97. hari winanto says:

    salam kenal bang Ryan, saya hari dari UNY jgjakarta
    mohon ijin sedikit bertanya dan berharap dapat saran dan masukan dari bang ryan
    saya lulusan sarjana teknik otomotif skrng saya menjadi trainer di PT NISSAN sblum kerja di NISSAN saya pengalamn dibidang sales tpi non formal.. lambat laun sya merasa tertarik dan ingin kembali di bidang sales kebetulan ada kenalan dan kakak juga bekerja di bidang sales engineering di salah satu service company oil n gas, dengan sering shering dan cerita tentang sales di oil n gas sya bermaksud ingin masuk sebagai sales engineering menurut bang ryan apa sya ada harapan dan bisa masuk dibidang oil n gas dengan latar belakang saya dan seorang sarjana teknik otomotif
    trimaksih.

    • ryanalfiannoor says:

      Menurut saya yg msh baru didunia migas ini, BISA mas. Inti dr ilmu sales adlh marketing dlm penjualan kan? Jika anda masuk kedunia migas maka yg anda jual adalah produk engineering dr service company (bisa berupa jasa pekerjaan, tools, software, konsultan, dll).

      Tapi supaya mas bs masuk ke dunia migas, mas hrs tahu juga sedikit “produk” apa yg dijual kan? Mungkin mas bs baca2 atau ikut training Petroleum Engineering for Non Petroleum Engineer. Ada bnyk lembaga yg mengadakannya. Coba cek disini:
      http://www.informasi-training.com/petroleum-engineering-for-non-petroleum-engineers

      Tentu sertifikat yg mas dapatkan akan menjadi nilai lebih buat mas untuk dilirik perusahaan migas. Semoga sukse..

  98. defi says:

    Selamat sore …
    Saya intan masih kelas 3 sma ipa
    Saya berniat akan melanjutkan perguruan tinggi teknik perminyakan
    Saya sudah mendaftar di akamigas balongan, tetapi saya masih bimbang kalau saya sudah selesai kuliah, untuk mendapatkan pekerjaan apa pihak2 perusahaan melihat dari lulusan universitas mana ?
    Akamigas balongan sudah terakreditasi b, itu bagus gk mas ?
    Apa bedanya dgn itb
    Mohon bantuannya mas …
    Terimakasih

    • ryanalfiannoor says:

      untuk mendapatkan pekerjaan apa pihak2 perusahaan melihat dari lulusan universitas mana ?
      Jawab: Sejujurnya perusahaan biasanya melihat kompetensi seseorang dulu (dari pengalaman, IPK, training yg berkaitan dgn pekerjaan, dan kemampuan bekerja dalam tim). Itu yg utama. Asal lulusan univ itu jd faktor pendukung.

      Akamigas balongan sudah terakreditasi b, itu bagus gk mas ?
      Jawab: Bagus kok. Saya rasa semua kampus itu punya + dan – nya. Lagi2? kesungguhan kt dlm memperdalam kompetensilah yang jadi faktor kesuksesan karir kita dimasa depan. Perbanyak belajar, belajar, dan belajar. Just my opinion. Hehe… Saya punya beberapa kenalan senior yg berasal dr suatu kampus yg mungkin tidak populer, tapi bs sukses di dunia perminyakan dengan salary US$ 450 perharinya loh.. (ini saya cantumkan sebagai penyemangat aja..)

      Apa bedanya dgn itb?
      Jawab: kalau dr segi apa yang diajar saya rasa agak sama kok. Hanya saja, mungkin ITB kini sdh lebih didepan karna jurusan TM disana udah lama dibentuk. Tapi sy yakin aka migas jg semakin berkembang dan para alumninya tersebar diseantero industri migas Indonesia kok.

  99. defi says:

    Makasih untuk informasinya mas … :)

  100. Rudy says:

    Numpang nanya mas..
    Saya msih kelas 3 sma, minatny sih ambil t.sipil
    Apakah llusan t.sipil bisa bekerja di bidang minyak? Apa g kalah saing sm llusan t.minyak?
    Trus besar gajinya kira2 brpaan?
    Mohon saran2 ny mas…
    Thankss

    • ryanalfiannoor says:

      Rudy, kalau mau kerja di perusahaan minyak sebaiknya masuk teknik perminyakan saja. Saya sarankan begitu. ilmu perminyakan sangat menarik sekali. Kalau dibilang kalah atw menang pasti akan menang karna jelas2 mereka punya basic ilmu perminyakan lebih dulu. Dan karirnya sudah jelas dan gaji jg jelas beda.

      Sebenarnya anak sipil bisa masuk ke perusahaan migas di departemen site rehabilitation, sebagai ahli tanah. Tapi kalau misal mau masuk ke core bussiness dr perusahaan migas mungkin bisa start dr kerja di service company cari pengalaman dan baru masuk ke perusahaan migas.

      • Rudy says:

        thanks mas atas replynya..
        pelajaran apa yg mesti kuat kalo mau ambil perminyakan? soalnya saya g gt suka kimia. hehe

      • ryanalfiannoor says:

        Kimia yg dipelajari hanya kimia dasar saja, selanjutnya adalah matematika, fisika, geologi dasar dan kemampuan komputerisasi.. Trust me.. :)

  101. hari winanto says:

    nyambung coment yang diatas mas ryan…
    untuk mengikuti training byaya cukup tinggi jg ya mas hehe
    klo untuk program BPS dan BPM apa ada bedanya ya mas di pertamina.. apa dari lulusan non petroleum bisa ikut
    dan mohon shering info untuk loker sales engineering klo berkenan..
    trimakasih banyak mas…

    • ryanalfiannoor says:

      Mas, silakan lihat komentar saya dibawah ini untuk rekrutmen Pertamina. Barangkali ada yang cocok di BPA posisi Manajemen Pemasaran.

  102. ryanalfiannoor says:

    Peluang Karir

    Pertamina membuka kesempatan kepada putra dan putri terbaik Indonesia untuk menjadi Energi Terbarukan Pertamina yang Clean, Competitive, Confident, Customer Focused, Capable dan Commercial melalui Program BPS & BPA tahun 2013.

    BIMBINGAN PROFESI SARJANA (BPS)
    S1 Manajemen Pemasaran
    S1 Manajemen Keuangan
    S1 Manajemen SDM
    S1 Hukum
    S1 Akuntansi
    S1 Psikologi
    S1 Teknik Industri
    S1 Teknik Mesin
    S1 Teknik Sipil (Konstruksi)
    S1 Teknik Elektro (Arus Kuat/Listrik)
    S1 Teknik Elektro (Arus Lemah/Instrumen)
    S1 Teknik Fisika,
    S1 Teknik Kimia
    S1 Teknik Geologi
    S1 Teknik Geofisika
    S1 Teknik Perminyakan
    S1 Teknik Lingkungan
    S1 Teknik Material

    Persyaratan BPS (Bimbingan Profesi Sarjana):
    1. IPK Min 3,00.
    2. Berijazah S1 dari perguruan tinggi berakreditasi (min B).
    3. Usia Max. 27 tahun pada tahun 2013.
    4. Sehat Jasmani & Rohani.
    5. English Score dari Lembaga Terpercaya TOEFL: PBT (450)/ IBT (45) /IELTS 5.5 /TOEIC 500.
    6. Salinan Surat bebas NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif).
    7. Salinan SKCK (Surat Keterangan Cakap Kelakuan).
    8. Aktif berorganisasi dan bersedia ditempatkan diseluruh wilayah operasi PT Pertamina (Persero)

    BIMBINGAN PRAKTISI AHLI (BPA)
    D3 Akuntansi
    D3 Hukum
    D3 Kimia Analis
    D3 Manajemen Pemasaran
    D3 Sekretaris
    D3 Statistik
    D3 Teknik Elektro
    D3 Teknik Kimia
    D3 Teknik Lingkungan
    D3 Teknik Mesin
    D3 Teknik Sipil

    Persyaratan BPA (Bimbingan Praktisi Ahli):
    1. IPK min. 2,75.
    2. Berijazah D3 dari perguruan tinggi berakreditasi (min. B).
    3. Usia Max. 25 tahun pada tahun 2013.
    4. Sehat Jasmani & Rohani.
    5. Min. English Score: TOEFL: PBT (350)/ IBT (30) /IELTS 4.5/TOEIC (350).
    6. Salinan Surat bebas NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif).
    7. Salinan SKCK (Surat Keterangan Cakap Kelakuan).
    8. Aktif berorganisasi dan bersedia ditempatkan diseluruh wilayah operasi PT Pertamina (Persero).

    Info lebih lanjut:
    http://www.pertamina.com.

    Atau langsung klik di:
    http://www.pertamina.com/JobOpportunities.aspx

  103. Linda says:

    kalo prospek lulusan untuk teknik kelautan bisa ga ktrima di perusahaan minyak kea gtu?

    • ryanalfiannoor says:

      Bisa mbak Linda. Perusahaan minyak yang mengeksplorasi minyak/gas di offshore selalu membutuhkan seorang marine engineer yg notabene pasti orang ocean engineering. Tugas marine engineer adalah mengatur konstruksi platform untuk kegiatan drilling dan produksi.

      perusahaan migas indonesia yg daerah pengembangannya si offshore: chevron kalimantan, CNOOC, Petro China, Conoco Philips, ExxonMobil, Pertamina WMO, Pertamina ONWJ, dll..

    • Kang Guru says:

      kebetulan sy alumni teknik kelautan itb, jd bs bantu jawab, sekalian berbagi pengalaman pribadi..

      alumni teknik kelautan itb, terutama rekan seangkatan sy, sebagian besar juga bekerja di sektor migas. ada yg bekerja di kontraktor EPCI migas asing (saipem, technip, mcdermott, nisconi, dll), engineering konsultan / EPC utk offshore migas (wood group, kbr, worleyparsons / intecsea, amec, tripatra, ikpt, singgar mulia, dll), ada jg yg bekerja di perusahaan minyaknya langsung (chevron, PHE, total, eni, cnooc, dll), bahkan ada jg yg bekerja di schlumberger, transocean & halliburton sbg drilling engineer.

      utk yg bekerja di bidang migas, alumni teknik kelautan lebih banyak yg bekerja di kontraktor EPC & EPCI utk offshore construction drpd di perusahaan minyak atau di service company. kebanyakan yg bekerja di kontraktor berprofesi sebagai offshore structure engineer, offshore pipeline engineer, atau naval architect. lainnya, ada yg berprofesi sebagai facilities engineer, marine surveyor, well service supervisor, integrity engineer, drilling engineer, dll.

      selain di bidang migas di indonesia, alumni teknik kelautan itb jg banyak yg berkarir di kontraktor2 migas di eropa (norway), timur tengah, singapore, malaysia, & afrika (nigeria) dengan salary sekitar 8000 – 10000 usd per bulan utk engineer dg pengalaman 6 – 8 tahun saja.

      dari sharing yg sy dapat dg teman2 sy, utk engineer yg bekerja di kontraktor EPC/EPCI di jakarta, gaji basic yg didapat berkisar antara:

      5 jt – 7 jt (gross) utk freshgraduate,
      10 – 20 jt (gross) utk pengalaman 3 – 5 tahun,
      20 jt – 30 jt utk pengalaman 5 – 7 tahun,
      30 jt – 45 jt utk pengalaman 7 – 10 tahun,
      dst… sangat bervariasi tergantung hasil nego :)

      kalo ditugaskan di luar jakarta biasanya dapat allowance tambahan diluar gaji pokok.

      ketika bekerja di kontraktor biasanya dapat tambahan lain ketika ditugaskan di lapangan/offshore. pendapatannya bs mencapai 2x lipat gaji di kantor ketika ditugaskan di offshore/lapangan.

      posisi sy sendiri skrg senior engineer dg pengalaman sekitar 8 tahun. sy msh bekerja di sebuah kontraktor EPC di jakarta dg basic salary 40 jt (gross) per bulan. setahun sy dapat sekitar 14 – 15 kali gaji + tunjangan kesehatan yg sangat baik utk sy & keluarga.

      beberapa rekan kuliah dari teknik kelautan itb skrg ada yg bekerja di norwegia, singapura, timur tengah, & nigeria dengan gaji sekitar 8000 – 10000 USD (nett) per bulan.

      jd, saya rasa, utk mendapatkan tingkat kehidupan yg nyaman & gaji yg besar, tidak selalu harus bekerja di perusahaan minyaknya langsung, tp bs juga dengan bekerja di kontraktor EPC/EPCI atau di service company.

      EPC = Engineering Procurement & Construction
      EPCI = Engineering Procurement Construction & Istallation

      pernah jg sy bernegosiasi dg bbrp perusahaan minyak di jakarta, tp krn tidak ada kecocokan gaji akhirnya tidak jadi sy ambil.

      • ryanalfiannoor says:

        terima kasih banyak kang guru atas informasi tambahannya. Hal ini jg menambah pengetahuan saya sebagai engineer muda. Sukses selalu buat kang guru. :)

      • kangguru says:

        oh iya lupa.. alumni teknik kelautan (dari itb & its) jg banyak yg bekerja di perusahaan2 migas sebagai project engineer, installation engineer, subsea engineer, & method engineer di project2 onshore and offshore.

        sebetulnya.. utk engineer2 dg experience > 8 tahun di project2 offshore & onshore, sulit sekali menentukan rate salarynya karena benar2 tergantung dari negosiasi dan ikatannya dg perusahaan kontrak/permanen). ada rekan senior dg pengalaman > 8 tahun mendapatkan salary sampai 10rb USD per bulan di jakarta, ada jg yg dapat segitu di singapore & vietnam, banyak jg yg dapat lbh rendah tapi posisinya permanen, dll..

      • Kangguru says:

        Sama2 mas Ryan, sekedar berbagi pengalaman pribadi aja..

        Kerja di VICO ya? Kawan sy dr teknik kelautah itb ada jg ada yg kerja di VICO, bang Hendri Nasution (KL’98) & mas Himawan (Iwan, KL’98). Tp denger2 mas Iwan skrg sdg cuti dulu & mengambil kuliah S2 di TU Delft (Belanda).

        Thanks & sukses selalu utk mas Ryan :)

  104. Ferdian Kurnianto says:

    Assalamualaikum
    kak riyan, saya alumni Smanza, alumni FKPM juga, satu tahun junior dibawah kak riyan
    saya lulus dari jurusan Teknik Geodesi UGM,
    merasa nyasar juga pas masuk kuliah, karena saya satu2nya mahasiswa yg masuk di geodesi UGM dari seantero kalimantan kala itu
    mgnkn karena jurusan ini kurang populer di mata anak2 Smanza
    setelah lulus, maw kerja di perminyakan itu koq sulit sekali, jarang ada yg menawarkan fresh graduate jurusan teknik geodesi
    masuk ke official website dari berbagai perusahaan perminyakan seperti Total, Chevron, Medco, dll, mengisi form lalu search vacancy, tak ada lowongan satu pun untuk geodesi
    saya merasa bingung kak, padahal kerja di perminyakan cita2 saya dulu

    kak riyan, apakah mengetahui informasi peluang lowongan kerja perminyakan untuk geodesi, di mana saya harus mengirimkan CV, alamat email HR, atau perusahaan perminyakan yg membutuhkan lulusan fresh graduate teknik geodesi
    mohon pencerahannya kak dan balasan segera
    (saya sedang dilanda kebingungan)
    Syukron

    • ryanalfiannoor says:

      Wa’alaykumsalam wr.wb..
      Ferdian, apakah harus benar2 masuk teknik perminyakan. Kalau memang blm ada lowongan, mungkin kamu bs carinpengalaman dulu dibidang lainnya.

      Sedikit cerita, ada kawan teknik geodesi yang bekerja di perusahaan minyak sebagai hydrographic surveyor di FUGRO. mungkin kalau ada lowongan kamu bs coba disana. Itu service company yg ada sub bagian teknik perminyakan jg kok.

      Kalau mau diskusi lbh dalam email aja ya entar fer. Semoga sukses..

  105. salam kak ryan, dengan Mirna kak, saya pelajar kelas 3 SMA IPA .saya mau tanyak prospek kerja yang bagus itu T.kimia atau T.industri,? kemudian yang banyak mempelajari kimianya itu di T.kim atau industri soalnya saya pernah dengar kalau t.kim kebanyakan mempelajari fisika.

    • ryanalfiannoor says:

      Dua2nya bagus mirna, jurusan teknik industri atw teknik kimia bagus prospek kerjanya.

      Tapi ada baiknya, sebelum memilih jurusan sebaiknya Mirna coba sesuaikan dengan minat/bakat serta passion hidupnya mau menjadi sebagai apa dimasa depan.

      Sedikit cerita, teman saya masuk jurusann yg prospek jurusannya bagus, tp sayang dia tidak punya passion pd jurusannya sendiri. Akhirnya hasil yg dia dapat jd g maksimal.

      Selamat mencari passion dan jurusan yg tepat ya. Semoga sukses.. :)

  106. aida says:

    Siang mas Ryan..lam kenal…

    Begini mas..Kmrn aq smpet kja di oil n gas..tp cm temporary sj di Sw*b*r.. Trus smpet intvw dibbrp prshn kyk w*at*rf*rd, japan Dr*ll*ng ind.jg..yg aq mau tanya sekarang brp yah untuk basic salary di prshn service oil n gas?trus biasanya dpt tunjangan apa aja?pglamanku dah 4thn kja,cm di oil n gas ya br cm bbrp bln kmrn aja. Pglamanku kja di bag finance&accounting mas. Aq tkt kl salah nego salary mas. ‡ђάñk¥oµ wat infonya mas Ryan

    • ryanalfiannoor says:

      Kalau diliat dr pengalamannya, mas msh baru didunia migas ya? Ya kalau berdasarkan info dr kawan2, gajinya bisa dr 18 sampai 30an juta. Belum ditambah tunjangan lapangan dan tunjangan lainnya.

  107. tegar satria says:

    mas, kalo untuk lulusan teknik geologi susah gag cari kerjaan?
    terus saya mohon saran dari mas, baiknya saya masuk teknik geologi atau geofisika atau geodesi yang mendukung saya untuk cepat mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan mas..makasih banyak mas..

    • ryanalfiannoor says:

      Ya kalau dibilang gampang-gampang susah mas cari kerja saat ini. Sebenarnya ini kembali diri mas apakah mas mau bersungguh2 dalam berusaha dan belajar saat kuliah. Tentu saat kita menanam benih kesungguhan kita pasti akan menuai hasil dengan dicari oleh perusahaan (jika mas memilih bekerja).

      Kalau mengenai gaji, lumayan itu nilainya berapa ya mas? harus dikuantifikasi dulu nilainya..apakah 6 juta, 10 juta, 30 juta, atau yang lainnya..baru bisa dijawab..hehe.

  108. unee says:

    Kak Ryan, gimana carannya melamar kerja ke perusahaan Chevron??
    klo tau kasih info ke emailqu y: aminwahyuni86@gmail.com

  109. Yaya Sunarya says:

    Kak, mau tanya, kalau prospek teknik kelautan masih bisa kerja di industri peminyakan tidak? Ketika saya cari informasi lowongan pekerjaan migas sudah jarang perusahaan yang buka vacancy alumni teknik kelautan..

    • ryanalfiannoor says:

      seperti yang saya sebutkan dikomen atas:

      Bisa Yaya. Perusahaan minyak yang mengeksplorasi minyak/gas di offshore selalu membutuhkan seorang marine engineer yg notabene pasti orang ocean engineering. Tugas marine engineer adalah mengatur konstruksi platform untuk kegiatan drilling dan produksi.

      perusahaan migas indonesia yg daerah pengembangannya si offshore: chevron kalimantan, CNOOC, Petro China, Conoco Philips, ExxonMobil, Pertamina WMO, Pertamina ONWJ, dll..

  110. putri says:

    misi mas Ryan.. mau nanya nih, saya mahasiswi tingkat akhir teknik perminyakan, mau nanya nih rencana mau lanjutin s2. tapi masi bingung mau ambil magister teknik perminyakan lagi di dlm negeri atau coba ambil master business di luar. kebetulan jg klo diluar bisa mengasah kemampuan bhs inggris saya. apa ada saran utk nanti di dunia kerja baiknya lanjutin yg mana? lg butuh referensi sebanyak2nya. terima kasih

    • putri says:

      mas ternyata saya nemuin master yg lebih spesifik lagi utk diluar seperti master engineering management dan master project management. kira2 yg mana ya yg lebih cocok utk saya ambil?

      • ryanalfiannoor says:

        biasanya sih orang ngambil S2 itu tujuannya kalau enggak dapat karir yang meningkat (go international) maka akan jadi seorang researcher. Jadi kembali pada tujuan akhir dari mbak putri sendiri. Setelah mbak tahu mau menjadi apa dibeberapa tahun yang akan datang, maka mbak baru bisa memutuskan mau mengambil gelar master apa saat ini. Itu saran dari saya: Start from the end.

  111. ade says:

    halo kak. nama saya ade saya kelas 1 sma. kakak saya sekarang kerja di pertamina yaa teknik perminyakan gitulah. saya pengen banget kaya dia. saya bingung mau ambil teknik geologi atau perminyakkan. klo teknik geologi itu kerja nya jadi apa ya ka? terus gajihnya berapaa? thankssss

  112. izza says:

    kak aku mau tanya, aku masih kelas 2 SMA di jogja. aku asli balikpapan dengan c1 balikpapan. apa kalo mau masuk stt migas bpp mempertimbangkan putra daerah juga? nilai minimal dari rapot/ nilai nem nya berapa? dipertimbangkan dan berpengaruh kah jika saya lulusan jawa dan ingin masuk di stt migas bpp dengan c1 saya tersebut? makasih:)

  113. kak, saya sudah kelas 3 SMA dan saya berniat mengambil jurusan teknik kimia supaya bisa bekerja di perminyakan. Kira-kira pelajaran apa yang harus kita unggulkan untuk persiapan menjalani teknik kimia dan bekerja di perusahaan minyak.

  114. dimas zapar says:

    Untuk teknik fisika masuknya gampang engga ?

  115. nabila citra says:

    yang kerja di perminyakkan itu harus lulusan dari fttm? kalo lulusan tekkim bisa gak kerja di perminyakkan?

  116. Dyan says:

    Koreksi untuk tabel gaji Pertamina terendah di gol 16 dan tertinggi 1. Untuk fresh graduate BPS (S1) di gol 9 dan untuk fresh graduate BPA (D3) di gol 12.

  117. anto says:

    yg kasian sub kontraktor mas,, udah 20 tahun kerja di pertamina baru ini terima gaji 3 jt./ bln

    • ryanalfiannoor says:

      Mungkin saran saya, mas Anto bisa pindah pekerjaan di perusahaan yang lebih baik jika merasa diperusahaan yang lama sudah tidak cocok. Saya doakan mas Anto bisa sukses ya..

  118. michael says:

    Salam kenal kak ryan.
    Sy sekarang kan kelas 3 SMA tapi jurusan IPS,kira” bisa gak ya kuliah ambil jurusan teknik perminyakan..???

  119. sun says:

    misi mas , minta link nya dong buat download buku2 teknik perminyakan
    saya mahasiswa teknik perminyakan semester 4

    • ryanalfiannoor says:

      dulu saya punya bro.. tapi entah mengapa akun orang itu sudah suspended. Saat ini saya sedang mengumpulkannya dan akan saya share ketika sudah lengkap ya…

  120. Dwi says:

    salam kenal mas ryan, saya kelas 3 sma di sulawesi tengah, sudah 2 tahun ini punya passion yang sangat besar jadi engineer, khususnya petroleum engineer, kalau masuk trisakti (masuk itb kayaknya mission impossible) apakah prospek nya sama dengan anak itb? apakah bisa langsung kerja di perusahaan besar setelah lulus? terus terang bisa bekerja jadi insinyur perminyakan di chevron itu impian saya :) terima kasih

    • Dwi says:

      tambahan mas, kuliah di trisakti kan kita tau sendiri biayanya bgmna (ehem, swasta coy). Yang saya takuti, orang tua sudah menggelontorkan dana sebanyak itu untuk menyekolahkan sy, apakah ketika bekerja nanti uang itu bisa dengan cepat kembali? hal itu yang jadi beban pikiran saya mas, takutnya mengecewakan orangtua, trims

      • Dwi says:

        sangat butuh rekomendasi mas

      • ryanalfiannoor says:

        Iya mas.. Tentu saja peluangnya sama. Darimana pun kampus asal kita, pasti punya kesempatan yang sama masuk kedalam industri migas. Bisa masuk perusahaan besar atau tidak, semua bergantung dari usaha kita sendiri (pengalaman bekerja, pengalaman organisasi, training, dan IPK).

        Saya percaya usaha terbaik seseorang pasti akan membuahkan sebuah hasil yang terbaik juga. Kalau mas bisa bersungguh2 saat kuliah maka mas punya peluang besar untuk bisa bekerja diperusahaan impian mas dan g menutup kemungkinan juga bisa membalas jasa orang tua mas dalam bentuk yang lebih dari sekedar mengembalikan uang. Misal: ajak jalan2, membelikan kendaraan, umrah/naik hajikan keluarga, dll.Semoga bisa mencapai impiannya ya mas.

      • Dwi says:

        btw mas, saya udah diterima di trisakti hari ini, lewat jalur pssb (nilai raport), thanks buat artikel”nya di blog ini mas, sangat memotivasi buat terjun di dunia migas :D

      • ryanalfiannoor says:

        selamat ya atas diterimanya di trisakti.. ayo belajar yang giat jika memang dunia perminyakan adalah passion hidupmu..

        Silakan kalau ada hal yang mau didiskusikan lagi ya…

      • Dwi says:

        itu buat cadangan sih mas, target utama tetep FTTM ITB :)
        katanya kalo masuk fttm itb belum pasti masuk perminyakan ya? gimana tuh mas?

  121. Khairunnisa says:

    Kak emang apa perbedaanya pertambangan sma perminyakan??
    Terus kerjanya beratan yg mana??

    • ryanalfiannoor says:

      beda mbak..dari namanya aja beda. satu nambang minyak, satu nambang mineral. Kalau diliat dari trip pekerjaannya, tambang lebih berat karena bisa sampai 3 bulan gak pulang2 dari site..

  122. Bara says:

    Mas mau nanya..lulusan d3 teknik perminyakan proseknya bagaimana?
    Dan kalau ingin melanjutkan ke jenjang s1 dimana ya?

    terima kasih

    • ryanalfiannoor says:

      banyak kok mas peluangnya. Senior saya yang D3 ada yang masuk dan punya pengalaman di schlumberger/halliburton. Yang penting kudu dibagusin aja bahasa inggrisnya.

      Kalau ingin melanjutkan jenjang S1, yang saya tahu di STT Migas balikpapan bisa mas.

  123. Rudi says:

    Mas Ryan…
    Mo nanya nie..Kalo salary untuk Salary Safety Officer di Kontraktor ( Koperasi Pertamina ) itu kisaran berapa ya..?
    Saya pengalamannya 2 tahun HSE tapi di dunia tambang Emas di daerah Papua, Trims sebelumnya

    • ryanalfiannoor says:

      wah saya cari2 tahu dulu ya mas..saya masih belum dapat infonya. akan saya kabarkan jika ada kabarnya.. :)

  124. kunam says:

    salam kenal..
    mau tanya, jika gaji fresh graduate sudah bisa di bayangkan..
    maka berapa gaji para manager dan GM di perusahaan minyak asing yg ada di Indonesia?
    apa benar, gaji bersih per bulan seorang manager di chevron,bp,total,conoco dan perusahaan besar lainya
    bisa mencapai diatas 200 juta/bulan???

    mohon gambaranya

    terima kasih

    • ryanalfiannoor says:

      salam kenal kembali..

      Mbak/Mas, gaji direksi untuk perusahaan migas (dalam hal ini pertamina) biasanya lebih dari 1-2 milyar dalam setahun (annualy) belum termasuk tunjangan2nya. Jadi kalau dirata-rata bisa sampai 100-200 juta rupiah dari berbagai sumber. Tapi jika ditotal2 maka jumlahnya bisa sampai 500-600 juta perbulan (6-8 milyar pertahun).

      Untuk perusahaan lain, mungkin kisarannya agak lebih besar atau bisa lebih kecil tergantung volume perusahaannya. Tapi ini untuk indonesia loh ya. Untuk luar negeri mungkin akan lebih besar lagi.

  125. om ryan nanya yaaa……
    aku masih SMA bentar lagi lulus
    terus mau ambil teknik perminyakan
    kalo boleh tau cewek itu kerja di bagian apa ya pd umumnya ????

  126. budisutomoputra says:

    Selamat pagi mas ryan, saya lulusan teknik industri universitas sahid jakarta, ipk saya 3,62 kira kira saya bisa gak mas diterima perminyakan

  127. cheers says:

    selamat pagi, para pecinta migas Indonesia.. mohon bantuannya, saya sedang mengadakan survey mengenai industri migas di indonesia, saya memiliki beberapa pertanyaan. pertama, saya melihat ketertarikkan anak2 muda Indonesia di bidang migas tak dapat dipungkiri sangat tinggi. Namun, mengapa terlihat masih sangat jarang anak muda mengambil jurusan perminyakkan?
    dan jika ada waktu, kalau boleh, mohon isi kuesioner survey saya ya : https://docs.google.com/forms/d/1vbOLuabDZh6DHMyg4mVNwtIHsBQD30jN8F5Agll2BqM/viewform
    thank you :)

    • rey says:

      bukan jarang mas, hanya saja program studi teknik perminyakan sangat terbatas jika dibandingkan prodi lain, makanya FTTM ITB rame banget tiap tahun peminatnya. itu satu – satunya kampus negeri penyedia FTTM yang terdaftar di snmptn lho, lainnya rata – rata swasta kan

      • cheers says:

        oh begitu yah.. kalau di indonesia totalnya ada berapa banyak kampus (swasta dan negri) yang memberikan program belajar migas?

      • rey says:

        setahu saya kalo S-1, adanya di ITB(akreditasi A), Trisakti(B), UPN V 45(B), Univ Proklamasi 45(C), STT Migas Balikpapan(C), Univ Islam Riau(C). Kalo D-III di Akamigas Balongan(B), itu yang terdaftar di BAN-PT dan terakreditasi. Berdoa saja trisakti secepatnya dinegerikan

      • sigit says:

        bantu jawab ya hehe :D
        kalo s1 ada di ITB,Trisakti, UPN V, Univ Islam Riau, STT Migas Balikpapan, Univ proklamasi (kalo g slah), DIII ada di AKAMIGAS Balongan

      • Muhammad Nur Ali Akbar says:

        Oiya sebagai tambahan juga, ada S1 teknik perminyakan ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung), semua dosen pengajar juga dari ITB kok.bahkan ada beasiswa juga buat jurusan ini, biaya pendidikan sampai lulus dan biaya hidup. Tapi minimal nilai UN dan raport minimal 8,5 atau 9. Hhehe

  128. sigit says:

    kalau mas ryan sendiri, bekerja di mana dan perusahaan apa? sudah pernah diterbangkan ke daerah – daerah lain / luar negeri? Untuk usia mas yang masih muda, salary nya menjanjikan kah? Trims mas.

    • ryanalfiannoor says:

      saya bekerja disalah satu perusahaan multinasional, namanya VICO Indonesia. Ya kalau masalah salary, ya “lumayan”lah kalau kerja di migas..dua digit..bisa dibaca sendiri rata-ratanya ditulisan saya diatas. hehe..

      • agus says:

        kok ga ada vico indonesia di daftar di atas mas, 2 digit, sekitar belasan juta ya mas :p
        ditempatkan di posisi mana mas?

      • sigit says:

        itu dibagian apa mas? kerjanya offshore?

      • ryanalfiannoor says:

        iya gak ada diatas.. hehe.. data diatas kan dapatnya dari kaskus. Tempatnya ada di onshore. Overall nya seperti ini mas:

        5 jt – 7 jt (gross) utk freshgraduate,
        10 – 20 jt (gross) utk pengalaman 3 – 5 tahun,
        20 jt – 30 jt utk pengalaman 5 – 7 tahun,
        30 jt – 45 jt utk pengalaman 7 – 10 tahun,
        dst… sangat bervariasi tergantung hasil nego dan perusahaan itu sendiri.

        kalo ditugaskan di kantor jakarta biasanya dapat allowance tambahan diluar gaji pokok.

  129. rudy says:

    bang ane kn lulusan otomotif bsa gk ni msuk di perminyakan klo emang bsa emang posisix ap…?

  130. rian says:

    Bang ryan kan alumnus tm itb, yang saya tau kalo masuk fttm itb kita masih berjuang lagi untuk masuk tm, apa benar? di jamannya bang ryan dulu persaingannya bagaimana? kan ga lucu kalo masuk fttm pengen msuk tm malah tersingkir ke pertambangan

    • ryanalfiannoor says:

      kalau sekarang makin susah kalau kita gak berusaha. Zaman saya adalah zaman dimana kebijakan masuk fakultas terlebih dahulu dilakukan, jadi kita adalah angkatan pertama yang seperti itu. Saya juga merasa persaingannya cukup ketat, tapi alhamdulillah tetap bisa dijalani dengan lancar. karena persaingan membuahkan sebuah pengembangan diri terus menerus.

      Sisi baik dari fakultas adalah bisa membuka cakrawala pikiran kita supaya lebih lebar. Ada banyak kawan2 dulu yang pingin banget masuk perminyakan, tapi setelah 1 tahun di fakultas akhirnya mereka sadar bahwa mereka passion-nya ada di geofisika. Alhasil mereka masuk kesana, dan bisa mulai menuai kesuksesan setelah lulus. Ada yang kerja di LN dan dalam negeri dengan gaji yang gak kalah dengan anak2 teknik perminyakan.

      • rian says:

        berarti tergantung ip di 2 semester awal dong bang? terus kalo misalnya kita minat ke perminyakan, malah terlempar ke tambang, tentu kuliahnya ga maksimal lagi, bgmna menghadapinya?
        zamannya bang ryan banyak ga yang akhirnya terlempar?

      • ryanalfiannoor says:

        Iya jadi disaring berdasarkan quota dan nilai akademis. Belum tentu juga seperti itu. Awal2 mungkin bisa saja kaget dan sedih karna tdk sesuai dgn impiannya. ya wajar namanya jg manusia, pasti butuh waktu buat bangkit.

        Saya sarankan sebaiknya kt fokus dan lakukan terbaik apa yg kita bisa. Just focus with your vision, and let your God do what must He do..

        kenyataannya, ada banyak kawan2 saya yg sukses berkarir dan melanjutkan kuliah di LN di tambang, metalurgi, geofisika, dan geologi juga walaupun dulu g sesuai pilihannya.

        Semoga sukses..

      • rian says:

        baik bang, masih berjuang di snmptn dan sbmptn dlu nih, sy minta doanya ya :)
        kalo boleh saran dari bang ryan, lebih maik milih fttm itb yang jelas” bagus tapi belum tentu masuk perminyakan, atau ngambil trisakti yang langsung masuk perminyakan? soalnya saya minat banget di perminyakan mas, ga tahulah kalo tuhan berkehendak lain :)

  131. rully says:

    Mas Ryan salam kenal seblmnya.. mau tanya dikit tentang ENI diatas itu diambil base salary untuk ENI indonesia atau diluar ya…?? kalau ngak salah ENI kan belum punya lapangan di Indonesia

    • ryanalfiannoor says:

      di Indonesia mas. Saat ini ENI sedang mengembangkan eksplorasi di Lapangan Jangkrik di Kutai Kalimantan Timur mas

  132. lalu zulmaan says:

    saya zulmaan baru kelas 2 sma
    menurut mas rian mana lebih baik bila saya mengambil jurusan teknik perminyakan atau teknik geofisika?
    dan kasi tau alasannya

  133. Rio Evan says:

    Halo gan salam kenal semua. Ane kerja di oil and gas juga lulusan trisakti angkatan 2005. Sekarang ane kerja di service company spesialis h2s… Untuk masalah gaji di lapangan lumayan tapi klo lg ga ada tender apek juga.

  134. Redha says:

    Mas ryan salam kenal sebelumnya.sy mahasiswa fakultas hukum tingkat akhir,pertanyaan sy kalo kerja diperusahaan migas apakah sarjana hukum mentok diHRD atw ad jenjang karir lainnya?pertanyaan terakhir kira2 brapa ya mas rata2 gaji HRD freshgraduate dichevron sm perusahaan asing lainnya?

    • ryanalfiannoor says:

      mas, saya sebenarnya kurang tahu berapa gaji fresh graduate untuk departemen lain di perusahaan migas. Yang saya ingat, gaji fresh graduate di industri migas biasanya (tapi tidak selalu) pasti lebih besar dari industri lain (kecuali konsultan).

  135. ratni wahyuni says:

    kak, kalo jurusan saya fisika murni ataw matematika di FMIPA ITB, bsa gak kak kerjanya di perusahaan minyak?

    • ryanalfiannoor says:

      coba apply ke service company kalau memang tertarik ratni. Contohnya: schlumberger, halliburton, baker hughes, elnusa, dll.

  136. Arif Maulana says:

    mau tanya dong
    1. kalo mau msk perusahaan minyak itu harus lulusan perminyakan atau engga?
    2. universitas atau politeknik di bandung mana aja yg ada jurusan perminyakan itu?
    3. terus kalo msk lewat sbmptn itu susah ga si test nya?? (soalnya saya SMK jurusan elektro)

    • ryanalfiannoor says:

      1. enggak.
      2. sampai saat ini belum pernah saya dengar informasi ada teknik minyak di poltek. Tapi setau saya, ada banyak lulusan poltek/polman bandung yang kerja di halliburton atau schlumberger. lulusan mesin atau elektro biasanya.
      3. Ya gampang2 sussah, bergantung usaha kita. Apakah Arif SMK atau bukan, arif harus berusaha yang terbaik untuk mempelajari semua matpelajaran yang diujikan karena jurusan teknik perminyakan adalah termasuk salah satu jurusan favorit di Indonesia.

  137. marwan says:

    mas ryan, mau tanya nih, saya mahasiswa kimia undip yg hampir lulus, apakah kami dr jurusan kimia diberi standar gaji yg sama dengan fresh graduated teknik perminyakan dan teknik lainnya, secara kami bukan dari teknik, melainkan dari segi sainsnya, mohon pencerahannya mas ryan??
    terimakasih sebelumnya

    • ryanalfiannoor says:

      Orang2 lulusan kimia biasanya akan berkarir awalnya dilaboratorium.. Untuk salary sebenarnya mungkin agak beda sedikit dengan anak Perminyakan.

      Tapi tenang aja, biasanya kerja di migas (kecuali konsultan) starting salary buat fresh graduate cenderung lbh besar dibandingkan perusahaan lainnya.

  138. bellami says:

    Mas,kalo sama sekali g ada pengalaman diminyak,trus mau kerja di bagian preventative maintenence caranya gmn ya,ada gak kursus2 khusus bidang itu.. Kalo mau kliah g nutut,soalnya umur dah lumayan tuwir..hehee..makasih mas ryan

    • ryanalfiannoor says:

      Tita jurusan apa ya?

      Yang ditanyakan itu biasanya gak jauh2 dari bidang keilmuan kita. terus, saya sarankan fahami dunia perminyakan secara umum. Kan nanti kita akan berada didalam industri migas, dan ada baiknya kita tahu tentang core business dari perusahaan tempat kita nanti (dalam hal ini Chevron). Biasanya juga akan ditanyakan hal tadi..

  139. Iknul ikbar says:

    saya siswa SMAK (smk analis kimia) Makassar, ada tdk jurusan yg cocok di FTTM ITB

    • ryanalfiannoor says:

      semua bergantung pada iknul bakal mau menjadi siapa dimasa depan iknul. Yang pasti kampus itb akan membuka semua peluang buat calon mahasiswa, termasuk siswa smk jika dia mengikuti sbmptn..

  140. Matius says:

    Bung ryan..klo di offshore itu untuk para stand by divernya ato bahkan supervisornya biasanya bayarannya berepa.?
    syarat2 yang di butuhin apaan aja.?
    Thx bung

    • ryanalfiannoor says:

      kalau di offshore biasanya bakal dapat gaji pokok, tunjangan lapangan, dan tunjangan zona untuk supervisornya. Biasanya kalau di total mungkin 10-30juta (untuk engineer baru masih minim pengalaman) bergantung perusahaannya.

      Syaratnya adalah bergantung kompetensi anda sendiri. Ada supervisor well intervention, ada supervisor drilling, ada supervisor barge, dll. Setiap posisi butuh kemampuanya masing2 mas.

      Mohon maaf saya tidak tahu untuk info diver nya..

      • Matius says:

        Bro ryan..di offshore itu butuh gk welding inspector.?
        Ato yang punya skill lain selain kompetensi dalam pendidikan..
        Gw S1 oseanografi ITB..tpi ya karena ip gw gk segede yg lain gw ambil seritfikas2 yang kiranya berguna buat di offshore..
        Sekarang si gw lagi nyari pengalaman di dunia salvage..Kira2 nanti bisa gk ya bro lanjut di offfshore..
        Thx bro

  141. daniel says:

    mas ryan , saya mau tanya,
    1.) kalo gaji pekerjaan di perminyakaan di indonesia maks-min sampai brp, dan jabatan apa itu?
    2.) trus kalo resiko keslamatan/kesehatan nya seberat apa yg sering terjadi?
    3.) bidang apa yg paling dibutuhkan? karena saya masih sma sehingga ingin mendalami mata pelajaran yg sangat dibutuhkan dlm perminyakaan.
    4.) apakah materi yang diajarkan dalam jurusan tsb sangat sulit untk orang awam (sma) ?
    trimakasih bnnyk mas buat info nya :)

  142. Matius says:

    Bung..di offshore itu butuh gk welding inspector.?
    Ato yang punya skill lain selain kompetensi dalam pendidikan..
    Gw S1 oseanografi ITB..tpi ya karena ip gw gk segede yg lain gw ambil seritfikas2 yang kiranya berguna buat di offshore..
    Makanya mw tau info tentang welding inspector (NDT) ato welding engginer sama underwater welding..Thx bro

    • ryanalfiannoor says:

      Mungkin bisa jadi ada mas Matius. Tapi jujur mungkin itu pekerjaan yang sudah sangat spesifik. Mungkin mas bisa ikuti perkembangan vacancy didunia migas di:
      http://lowonganmigas.com
      http://jobsDB.com (pilih opsi oil and gas)
      http://jobstreet.com (pilij opsi oil and gas)
      beberapa situs perusahaan langsung aja mas (offshore Chevron, offshore Conocophilips, offshore Exxonmobil, dll)

      Semoga sukses mas..Kalau sudah ada serifikat atau experience, nilai IP itu cuma sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar. Setelahnya bergantung dari interview dengan user mas..

  143. Matius says:

    Bro ryan..di offshore itu butuh gk welding inspector.?
    Ato yang punya skill lain selain kompetensi dalam pendidikan..
    Gw S1 oseanografi ITB..tpi ya karena ip gw gk segede yg lain gw ambil seritfikas2 yang kiranya berguna buat di offshore..
    Sekarang si gw lagi nyari pengalaman di dunia salvage..Kira2 nanti bisa gk ya bro lanjut di offfshore..
    Thx bro

  144. Rydo says:

    Mas ryan, mau tanya.

    Jika saya lulus dari smk migas, saya bsa langsung lanjutin kuliah ga? Atau harus cari pengalaman dulu?
    Thankss….

  145. poltra says:

    salam kenal mas,
    saya mau tanya dong. kalau saya sudah berpenglamana kerja di bagian finance 3 thn. tapi bukan di bidang perminyakan. saya lulusan D3 akuntansi dan akan lulus S1 perpajakan. kira2 bisa nego gaji berapa ya? saya takut salah nego gaji nih..
    dan apakah gaji oil&gas sama dengan di bidang drilling oil?
    mohon petunjuknya..
    ngomonng2 ayah saya juga kerja di VICO Indonesia loh! Mas dibagian mananya yah?

    • ryanalfiannoor says:

      salam kenal mas. Untuk bidang finance mungkin agak sulit untuk menyamai gaji oil and gas dibidang drilling, karena dari segi tingkat resiko dan keilmuannya berbeda mas. Tapi mungkin ketika mas sudah berada pada posisi tataran manajemen maka bisa sama gajinya. Tapi biasanya bisa dinego gajinya lebih besar daripada gaji di perusahaan mas sebelumnya.

      Oh ya mas? saya di departemen Base Management Team saat ini. Nama ayahnya siapa ya mas?..hehe..

  146. santo says:

    salam kenal mas
    saya lihat komen diatas yang belum mas balas, masalah pajak, bener ya pajak penghasilannya gede banget? sampe 50% gitu? Trus cadangan minyak kita masih bisa bertahan berapa lama lagi?

    • ryanalfiannoor says:

      Mas Santo, kalau kerja di Indonesia, pajak penghasilan telah diatur oleh UU No. 36 tahun 2008. Besarnya dihitung dari akumulasi gaji kita selama satu tahun.
      Besarnya adalah sbb:
      Sampai dengan Rp 50 juta ==> 5%
      Di atas Rp 50 juta sampai dengan Rp 250 juta ==> 15%
      Di atas Rp 250 juta sampai dengan Rp 500 juta ==> 25%
      Di atas Rp 500 juta ==> 30%

      Jadi maksimal pajak itu 30% mau berapapun besar gaji kita ketika besarnya sudah lebih dari 500 juta. Lain halnya ketika kita kerja sebagai ekspatriat dinegeri orang. Maka nilai pajak akan bergantung pada peraturan/UU yang ada di negeri tempat kita berada itu. Nah, besarnya bisa sampai 70% malah kalau kita sudah kaya banget. Hehe..

      Cadangan minyak kita sudah mau habis mas, kalau eksplorasi hasilnya nihil. Tapi cadangan gas kita masih besar. jadi prospeknya masih oke..

  147. priant says:

    mas ryan,,,
    sya mau nanya,
    ada brpa jurusan perminyakan, apa bedanya dan mana yg bagus,, dan menantang ?
    makasih

    • ryanalfiannoor says:

      maksud pertanyaannya bagaimana? jurusan perminyakan cuma ada satu yaitu jurusan perminyakan itu sendiri..hehe.. tapi kalau mau tanya subjurusan perminyakan, ada tiga: reservoir, drilling, dan production. Tiap jurusan punya tantangannya masing2 dan mungkin bisa dipikirkan mana yang sesuai dengan kemampuan dan minat kita.

      apakah benar maksud pertanyaannya seperti itu?..hehe.. silakan ditanyakan lagi jika ternyata bukan itu maksud pertanyaannya..

  148. ryanalfiannoor says:

    Bisa ima.. Masuk didepartemen laboratory, water treatment, atau rehabilitasi.. Ya kalau mau tau gaji. Bisa diliat ditulisan saya. Yang pasti gaji fresh graduate di migas biasanya sgt besar. Semoga sukses ya.

    • sfreeono says:

      salam kenal
      mau tanya saat ini sy kerja di bank swasta (3tahun) lulusan t.informtka tertarik kerja di perusahaan migas kr2 bisa ga ya, soalnya kl liat di lowongan kerja biasanya btuh yg pengalaman di migas min 3th, secara sy g ada pengalaman di bidang migas

      • ryanalfiannoor says:

        Sebenarnya, kalau menurut saya bisa saja mas masuk industri migas selama memang kompetensi mas dibutuhkan. Jika memang mas sudah familiar dengan supply chain management, financial, general affairs, atau apapun itu yg berkaitan dgn ilmu di bank mas, maka peluang mas buat masuk kesini tetap ada. Karna perusahaan migas juga sama dengan bank, namun hanya berbeda core business nya.

        Apalagi kalau mas jg ditunjang dengan sertifikat petroleum engineering for non petroleum engineer. Saya menyarankan mas bisa ikut training ini supaya kebayang bagaimana industri migas itu bekerja..

        Semoga sukses mas..

  149. wijo gokielz says:

    Halo mas
    Saya wijo mas dari medan,,
    Umur saya jlan 23,saya mau kuliah jurusan permykan, bntu. Sya dong fakultas permnyakan di medan atau di sumatera dmn y,,,
    Kalau saya besik smk teknik elektronika mas,,,
    Bantu saya mas kiat2 atau planing untuk saya kedepan ya kmn ,,, makasih byk mas ,,, klau bisa inbox ke wijo_mustikha@yahoo.com aj mas,,

  150. ima says:

    oke makasih kak… semoga sukses juga….

  151. Lena says:

    Kak mau tanya, rencananya saya mau ngambil fttm itb tahun depan jalur undangan. nilai rapot yang paling berpengaruh itu mapel apa saja? Terima kasih …

  152. kerjanya ada yg bilang bisa setahun gak pulang, n kerjae panas panas an, pulang pulang jd item hehe ,bener gak mas?

    • ryanalfiannoor says:

      Mungkin mas harus cari informasi lebih banyak lagi. Jadwal pekerjaan bergantung pada pekerjaan yang akan diambil. Maksudnya pulang2 jadi item itu gmn mas? Hehe saya kurang ngerti.

  153. Irfan Ahmadi says:

    assalamualaikum, saya mahasiswa baru di salah satu akdemi migas swasta prodi te. perminyakan, saya mau tanya mas, bagaimana perbandingan peluang kerja untuk lulusan D3 dengan s1? tolong di kasih gambaran” ya mas, selipin juga gaji untuk 2 itu mas, gampang mana untuk dapet kerja nya, terimakasih

    • ryanalfiannoor says:

      wa’alaykumsalam..

      Kalau didunia perminyakan sebenarnya hampir sama. Hampir loh ya, tapi mungkin S1 lebih diminati untuk perusahaan besar. Saya sarankan mas mencoba peluang di perusahaan service company seperti Schlumberger, Halliburton, Baker, Welltekindo, dll.

      Untuk Gaji, ya kalau service company pasti besar mas. bahkan bisa lebih besar starting salary nya dibandingkan tabel2 yang saya lampirkan diatas.

  154. bang mau tanya dong info loker ,saya lulusan smk migas teknik perminyakan di depok mas, tapi sekolah saya sekolah baru, kebanyakan yang di pelajari materi nya doang, dari mulai jenis” jebakan minyak, reservoir, power sistem, circulating sistem,hoisting sistem, rotating sistem mud, pump, cementing, hidrolika kira” buat lulusan smk biasa kerja di dunia perminyakan ?ada info loker ga bang?

    • ryanalfiannoor says:

      coba cari di jobstreet.com, jobsID.com, petromindo.com, lowonganmigas.com.. cari disub pekerjaan yang berkaitan dengan migas dengan kelulusan SMA..biasanya ada banyak kok disana.

      Jangan lupa juga kembangkan networking dengan alumni SMA anda, karna ada banyak info yang terkadang ada lewat info dari mulut ke mulut saja tidak melalui media publik..

  155. Rian says:

    gaji anak SMA/SMK jadi operator diperusahan minyak tuh berapa ?

    • ryanalfiannoor says:

      bergantung pengalaman mas. semakin lama pasti semakin tinggi.. mungkin awalnya bisa 1/2 – 3/4 gaji engineer dilapangan.. tapi setelahnya bergantung dari performa dari yang bersangkutan itu sendiri..

  156. Rian says:

    kalau gaji lulusan SMA/SMK diperusahaan minyak jadi operator biasanya berapa ?

  157. dhiatiko says:

    misi kak, saya masi lugu tentang beginian. sekarang lagi siap siap nyari kuliah sama jurusan yang pas maklum baru naik kelas 3 sma . nah saya dari dulu tuh kepicut sama t.perminyakan . kira kira kalo mau masuk fakultas perminyakan di itb ketat bgt ngak ya?

    trus ada tips tips ngak buat biar lancar keterimanya?

    terus kira kira ada rekomendasi univ lain ngak yang ada t.perminyakan dan bagus?

    makasih kak sebelumnya :D

    oh iya satu lagi kalo di ugm itu ada ngak ya??saya coba browsing ngak ada tapi guru bilang ada ._. mohon banuannya kak :)

  158. rohmah says:

    diantara geofisika dan teknik geofisika, mana yg lebih berpeluang di dunia migas, dan apakah perbedaan yg paling mendasar ketika kerja nanti diantara kedua jurusan tsb

    • ryanalfiannoor says:

      sejauh yang saya tahu, tidak ada batas yang pasti antara geofisika dan teknik geofisika as long as orang yang bersangkutan memang punya kemampuan dan punya kompetensi di industri migas. ada orang geofisika murni bisa masuk oil company dan malah disekolahkan ke colorado school of mines sebelum bekerja ditempatnya sekarang. so saya sarankan lakukan yang terbaik buat apapun jurusan kita saat ini…

  159. basyarul says:

    Assalamu’alaikum mas. Saya sekarang sudah jadi maba di teknik kelautan ITS. Kebetulan saya ada passion untuk bekerja di industri migas. Kira kira selain kegiatan kuliah dan mantepin bahasa asing kegiatan apa saja yang bisa saya ikuti untuk menambah skill yang berhubungan dgn dunia migas? Terima kasih infonya mas :D

    • ryanalfiannoor says:

      wa’alaykumsalam basyarul. saya sarankan coba ikuti kegiatan yang berkaitan dengan industri migas mulai dari sekarang. misalkan ikut organisasi student chapter IATMI atau SPE yang ada disana supaya wawasan kita semakin terbuka. Kemudian, jgn lupa juga sempatkan baca buku atau ikut seminar2 yang berkaitan dengan industri migas juga. Kalau memungkinkan, nanti kalau sudah mau lulus, usahakan perbesar networking didunia migas supaya peluang kita berkarir di industri migas lebih cepat dapat tercapai.

      semoga sukses ya..

  160. Budi says:

    Assalamualaikum , alhamdulillah saya di terima di FTTM tapi saya masih bingung untuk pilihan kedua , bisa jelaskan mas antara geofisika , metalurgi dan pertambang terima kasih

    • ryanalfiannoor says:

      wa’alaykumsalam..
      secara singkat:
      geofisika ==> ilmu yang mempelajari dengan menggunakan metode fisik dan logika geologi untuk mempelajari struktur bawah permukaan
      karirnya bisa masuk industri migas atau tambang.

      metalurgi ==> ilmu yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam.
      karirnya masuk didunia tambang.

      pertambangan ==> ilmu yang mempelajari menambang mineral dan logam
      karirnya sudah pasti didunia tambang.

      semoga membantu ya.. :)

  161. nisa says:

    assalammualaikum, kak mau tanya saya maba baru di D3 T.perminyakan kira” perusahaan mna yg menerima lulusan D3 T.Perminyakan? dan untuk lulusan D3 kira” gajinya brp? apakah bisa bekerja di qatar petroleum?

    • ryanalfiannoor says:

      kalau saran saya, coba mulai berkarir dari service company (SC) terlebih dahulu. Ada beberapa senior saya yang memulai karirnya si SC saat mereka lulus dari D3. ada banyak kok SC yang membuka peluang buat lulusan D3. Coba perbanyak update info tentang lowongan kerja di beberapa kampus dimana SC sering open recruitment disana. Kalau ada alumni yang sudah bekerja disana, maka mbak nisa akan lebih mudah lagi mendapatkan infonya. Ya kalau bekerja di SC mungkin bisa 10-30 juta mbak bergantung posisi mbak nanti dimana..

      Kawan saya ada yang sudah kerja di Qatar Petroleum. Namun sejauh yang saya tahu…kita harus punya experience dulu sebelum bekerja disana (minimal 5 tahun). Coba mbak buka situs http://www.megarainfield.com/ kalau ingin tahu lowongan di timur tengah lebih detilnya.. Semoga sukses ya mbak.

  162. Ya memang. Saya kebetulan di onshore jadi lebih rendah jauh dibandingkan offshore. Semboyan kami adalah safety first. Dan motto migas yang sy tau High Risk, High Cost, and Hi-Tech . Let’s join in oil and gas company! ;)

    • ryanalfiannoor says:

      mantap mbak Mareta. Mungkin jika mbak Mareta mau share info disini dipersilakan ya. Terima kasih..

  163. joko says:

    bang Ryan, utk yg dari teknik mesin utk berkarir di perminyakan apakah seharusnya PKL nya di perusahaan oil comp. dan tugas akhir juga tentang sistim2 yg aplikasinya ada di industri perminyakan

    • ryanalfiannoor says:

      sebenarnya tidak harus..tapi kalau mau dilakukan, akan lebih baik. Mengapa?
      1. perusahaan akan mengenal kamu lebih awal, jadi kalau mereka perlu orang yang cocok dengan kompetensi joko, maka joko berpeluang lebih besar untuk dipanggil,
      2. dengan kp/ tugas akhir diperusahaan migas, maka secara langsung joko akan belajar lebih dalam bagaimana job description orang2 yang bekerja di dunia migas. tentu ini akan jadi pengalaman penting buat joko saat nanti melamar dan wawancara disuatu perusahaan. Jadi nilai lebih lah buat joko.

  164. ronald hutahaean says:

    Saya kerja d perusahaan asing oil service,adakah dasar kita meminta gaji kita sesuai standard int?karna perusahaan di mana saya bekerja ini pun gajauh sekali gajinya dari standard inflasi,mohon penjelasannya,,
    Terimakasih
    Ronald

    • ryanalfiannoor says:

      mas ronald, kalau kita bekerja dinegeri sendiri..yang saya tahu maka gaji kita akan mengikuti standar gaji dari negeri kita. Standar gaji migas dinegeri kita ditentukan oleh SKK Migas yang dialokasikan melalui cost recovery. Jadi gaji kita tidak bisa menyamai ekpatriat international karena regulasinya berbeda.

      Tapi untuk beberapa kasus, kita bisa memiliki gaji yang sangat besar ketika kita berstatus sebagai kontraktor sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan akan membayar lebih seorang kontraktor melebihi bayaran untuk karyawan yang permanen. Selain itu, kalau mas mau gajinya berstandar internasional, mas bisa berkarir juga di luar negeri.. maka kita akan mengikuti regulasi internasional.

  165. Gagas says:

    mas saya mau nanya lulusan D3 di akamigas balongan bagus gk?? tapi saya gk terlalu bisa fisika gmna tuh??

    • ryanalfiannoor says:

      lulusan D3 nya bagus.. banyak yang masuk lulusannya bekerja di berbagai perusahaan Indonesia. Kalau dalam bekerja, sebenarnya yang namanya fisika dan matematika sudah masuk dalam tahap aplikasi dan sifatnya analisis. Jadi lebih pada kemampuan kita memecahkan persoalan dan kreatif dalam meminimalkan cost untuk menambah benefit..

      Secara sederhana, kita gak mesti menjadi yang terbaik pada suatu bidang..tapi kita dapat diandalkan pada bidang itu..
      semoga sukses..

      • Gagas says:

        ohh jadi teorinya cmn di semester 1/2 ya k’ maaf ya mas saya ini maba baru di akamigas hhe,
        makasih mas atas jawabannya :D saya msh mau nanya nih
        1) klo di dunia permianyakan yg di butuhkan itu lebih banyak S1/D3 ya mas?
        2) kata beberapa org,org yg bekerja di perminyakan selalu dalam tekanan ya mas?
        3) klo di bandingkan dgn gaji,gedean mana k’ perminyakan/keodkteran/kedokteran hewan untuk 10 thn kedepan
        Pertanyaan nomer 3 itu buat ade saya mas,soalnya tahun depan mau lulus SMA hhe
        makasih mas,mohon di jawab :D

  166. Salam kenal kak, saya mau tanya. Saya kan mahasiswa baru Teknik Geodesi UGM, biasanya lulusan Teknik Geodesi UGM pada kerja dimana ya? terimakasih

  167. endro.s says:

    Kalau mau masuk ke STT Migas Bpapan,apa cuma minta sumbangan sukarela aja,atau sudah termasuk uang masuk.ngak jelas,minta jawaban nya ya

    • ryanalfiannoor says:

      seharusnya pembayarannya sesuai dengan apa yang tertulis pada peraturan endro…
      pastikan kamu bertanya pada mahasiswa2/alumni yang ada disana untuk memastikan biayanya.

  168. Gunayel kharis says:

    Mas, saya mau nanya. Saya kan mahasiswa baru S1 geodesi UGM. Biasanya lulusan S1 geodesi UGM kerja di mana ya?

    • ryanalfiannoor says:

      Tadi sudah saya bahas sedikit ya.. saya sarankan kharis bikin akun di linkedin.com
      disana akan banyak kharis temui orang2 yang memiliki jurusan geodesi, dan mungkin bisa memberikan gambaran akan kerja/berkarir dimana..

      silakan jika ada yang mau didiskusikan lagi ya..

  169. griang says:

    mas kalo teknik kelautan kerja di perusahaan migas di jabatan apa?
    selaen offshore

    • ryanalfiannoor says:

      sebenarnya griang bisa masuk service company untuk bisa ditempatkan di onshore. Tapi griang harus merelakan ilmu kelautannya bakal kurang terpakai disini karna akan belajar kembali hal yang baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan. itu mungkin kelemahannya..

  170. Fuvenanda says:

    Mas mau tanya saya jurusan sistem informasi dari PTS untuk masuk ke migas strateginya gimana ya, peluang dari PTS itu sendiri bagaimana

    • ryanalfiannoor says:

      strategi yang bisa saya sarankan saat ini:
      - kenali bagaimana sistem informasi industri migas bekerja. Mungkin bisa baca banyak referensinya diinternet
      - coba kembangkan networking nanda supaya bisa dapat chance vacancy lebih mudah. Bisa menggunakan linkedin atau lewat acara2 seminar migas.
      - coba dekati alumni2 PTS nanda yang sudah bekerja di industri migas jika ada
      - lainnya, yang pasti industri migas selalu berkaitan dengan data ODBC, data querry, data ekonomi, dll. Jadi cobalah familiar dengan hal tadi.

      Semoga membantu saran-saran dari saya ya. Silakan diskusi kembali jika ada yang belum jelas. semoga sukses.

  171. Anton says:

    Mau nanya mas, saya siswa SMKN 1 Cimahi atau dulu juga di bilang STM Pembangunan Bandung jurusan Instrumentasi Industri. Saya sudah kelas 4 dan sekarang lagi PKL di PT Suryara Rubberindo Industri
    Setelah lulus saya ingn melamar kerja di perusahaan minyak. Perusahaan minyak apa ya yang menerima fresh graduate? lalu syarat-syarat untuk bisa diterima di perusahaan minyak apa ya? Terima kasih sekali.

    • ryanalfiannoor says:

      Sebisa mungkin ambil kuliah D3 Anton. Ini hanya saran saya karena saat ini peluang kerja didunia migas itu tidak sebanyak lulusan D3 dan S1 negeri ini (peluangnya sempit). Jadi Anton juga harus bersaing dengan mereka.. dengan posisi SMK yang telah ditekuni skrg, kira-kira Anton sudah bisa melakukan penilaian sendiri bagaimana… Ini hanya saran dari saya buat kebaikan Anton. Bisa salah dan bisa juga benar.

      syarat-syarat supaya bisa masuk industri migas:
      1. memiliki fisik dan jiwa yang sehat
      2. memenuhi kriteria nilai IPK (jika S1 dst) atau pengalaman bekerja (jika SMK atau D3)
      3. memiliki kemauan untuk berkembang karena dunia migas sangat dinamis. Bisa pindah dari satu departemen kedepartemen yang lain.
      4. memiliki background keilmuan yang memang diperlukan oleh perusahaan.

      Semoga bermanfaat ya..

  172. Mas saya mau tanya nih ”
    saya kan masih kelas X SMKN jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di salah satu smk terkemuka di KOTA BATAM . apabila sudah lulus nanti saya ingin bekerja di PERTAMINA mas ‘
    pertanyaan saya “Ketika saya lulus smk nanti saya sebaiknya melanjutkan kuliah jurusan apa dan di PTN apa ? yg dapat membantu saya bekerja di PERTAMINA ?
    Terima Kasih Mas Ryan :)

    • ryanalfiannoor says:

      kalau jurusan IPA:
      - teknik perminyakan
      - teknik kimia
      - teknik fisika
      - teknik mesin
      - teknik industri
      - teknik elektro

      kalau jurusan IPS:
      - manajemen HR
      - finansial
      - hukum

      kira-kira itu gambaran umumnya Ryan. Semoga membantu ya…

  173. fadly erwil prasetya says:

    mas ryan, saya masih kelas 3 sma nih, rencana snmptn mau masukin FTTM ITB sama FTMD ITB.Cocok gak mas? atau pilihan kedua FITB ? tujuan utama saya sih di perminyakan ini mas. Oh iya mas, kalo di ITB kan ada seperti SMA kelas 4 nya, nah ada tips-tips supaya kita dapat prodi yang kita inginkan gak mas ? sama Passing gradenya. Makasih mas ryan

    • ryanalfiannoor says:

      wah cocok atau tidak itu kembali pada fadly sendiri. Coba jawab dengan jujur lewat hati nurani fadly sendiri, apakah benar2 ingin masuk di antara fakultas diatas atau tidak. Jika sudah bulat, maka kejarlah dan bekerja keraslah mendapatkannya, karena masuk ITB gak mudah loh (ini bukan menjatuhkan ya, tapi maksud saya adalah menantang fadly….). Nah untuk tips2 nya saya tuliskan dalam tulisan saya tersendiri entar ya..

  174. massaya mau tanya…… saya anak SMK jurusan geologi pertambangan, ketika saya magang di kaltim saya masuk di bagian Engineering and control… apakah sama engineering controlnya tambang sama perminyakan,.. mohon infonya..

    • ryanalfiannoor says:

      agak berbeda sigit. engineering dan control tambang akan berbeda karena constraint dari tambang lebih pada sesuatu yang berada dipermukaan, sedangkan kalau di migas, constraintnya kebanyakan sesuatu yang berada di bawah permukaan, tekanan, dan temperatur.

  175. bedugul says:

    Mas ryan makasih banget postingannya, jadi ada gambaran deh untuk gaji2 di perusahaan minyak itu seberapa besar. hehe

    Mau tanya nih mas, kalau di bidang penerimaan kerja untuk yang geofisika masuknya ke departemen apa yah? soalnya yang saya temui untuk teknik geofisika, apakah bisa untuk bidang geofisika murni jg?

    mungkin mas ryan bisa memberitahu saya tipsnya agar mudah diterima di perusahaan minyak tersebut, overall ya mas baik segi organisasinya maupun akademisnya.

    Makasih mas ryan :D

    • ryanalfiannoor says:

      untuk geofisika murni itu bisa kok masuk ke geofisika yang di migas, tapi kamu harus belajar banyak tentang seismik karena itu adalah hal yang dikuasai oleh geophysicist dunia migas.

      Untuk sukses didunia migasnya saya tulis ditulisan tersendiri ya..

  176. bedugul says:

    mungkin bisa lewat email saya mas turic80@gmail.com , makasih mas infonya

    ~indahnya saling berbagi informasi :)~

  177. aribat says:

    Untuk Fisika Nuklir gimana mas? masuknya bagian apa? suwun

    • ryanalfiannoor says:

      sejauh ini yang saya tahu perminyakan tidak terlalu berkaitan dengan fisika nuklir mas. Tapi bergantung mas sendiri mau berkarir disini atau tidak. Karena ilmu perminyakan bisa dipelajari kembali..

  178. firman says:

    assalammualaikum admi , saya ingn bertanya apakah serjana muda teknik perminyakan harus mengikuti training untuk mendapatkan sertifikat baru bisa bekerja di sebuah perusahaan perminyakan??

    • ryanalfiannoor says:

      wa’alaykumsalam. Ya gak perlu mas. Karena perusahaan yang bakal malah mentraining Anda sebagai seorang engineer sebagai bentuk program development..

  179. RAIS says:

    btw, exxonmobil sama chevron di Indonesia lebih baik mana?

    • ryanalfiannoor says:

      kalau secara gaji untuk fresh graduate, chevron lebih baik. Tetapi untuk career development, saya rasa exxonmobil lebih oke karena jadi perusahaan 10 besar terbaik di dunia. Tetapi, untuk perusahaan lainnya pun juga ada kurang dan lebihnya dibandingkan chevron dan exxonmobil. Semua bergantung pada mau dibandingkan berdasarkan apa…

  180. tya adrian says:

    mas ryan
    q skg kuliah jurusan IT,BAGIAN JARINGAN,kira” prospek dan gajinya klo d perusahaan minyak bgamana yh?thank you

    • ryanalfiannoor says:

      sudah saya tulis diartikel ini kan mas… Kira-kira fresh graduate untuk jurusan selain minyak, khususnya supporting business, mungkin tidak akan terlalu beda jauh dengan orang-orang yang memang jurusan minyak. Jadi jawabannya relatif. Mungkin bisa 50%-100% (bahkan lebih bergantung pengalaman) dari gaji orang perminyakannya.hehe..

  181. raju says:

    Asw.
    Saya mau tanya mas, kalo jurusan fisika murni (bukan tekfis) kira-kira bisa ga ya masuk ke migas?
    klo bisa kira-kira bagian apa? apakah bisa masuk ke bagian teknisi mesin & instrumentasinya?

    thx b4

    • ryanalfiannoor says:

      Sama seperti pertanyaan sebelumnya…

      Sebenarnya jika berada pada posisi raju sekarang, sebenarnya agak susah jika mengaitkannya langsung pada pekerjaan diperusahaan migas. Tapi..jika mau berkarir didunia migas, mungkin bisa memulai dari service company terlebih dahulu. Biasanya perusahaan tersebut selalu membuka lowongan pekerjaan untuk semua jurusan. Disana biasanya akan di training kembali, bahkan bisa sampai keluar negeri. Dengan pengalaman dari service company, nanti akan bisa dibawa buat berkarir di perusahaan oil and gas termasuk dibagian mesin dan instrumentasi.

  182. anita says:

    Makasih mas,info dari blog :)
    Infonya bermanfaat sekali :)

  183. Mas ryan yg saya sangat hormati,, Bagus sekali postinganmu,, Kereeen!! saya menikmati dr awal Komentar” penanya & tanggapan mu

    saya ingin bertanya mas,, sya yg sdang sangat semangat”nya mnjlani kuliah S1 smester 1 TEKNIK MESIN disalah satu PTS,.,., untuk kdepannya Konsentrasi apakah yg tepat untuk berkecimpung di perusahaan MIGAS.,. Konversi Energi kah? konstruksi mesin/alatberat? manufaktur? material/bahan?atau opsi lain?

    kira” konsentrasi apa yg paling berpeluang sebagai lulusan teknik mesin untuk terjun di prusahaan oil n gas u/ berada diposisi yg hampir sama dengan lulusan teknik petroleum??
    ilmu apa/matakuliah spesial apa yg hrs diperdalam??

    • ryanalfiannoor says:

      Terima kasih abi. Sebenarnya ketika kita masuk kedunia migas, kita akan didevelop kembali oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhannya. Jadi title “teknik mesin” pun sudah bisa masuk jika memenuhi kriteria perusahaannya. Biasanya teknik mesin diperlukan untuk departemen maintenance, memperbaiki kompresor dan alat-alat instrumentasi yang ada dilapangan bro..

  184. Dwi says:

    Mas Ryan,

    Standar gaji untuk HSE engineering di migas berapa ya?

  185. Syafli_Arfa says:

    karena saya juga seorang alumni dari teknik perminyakan, saya cuma mau menyampaikan seperti yang dosen saya katakan dulu:

    walaupun kita seorang teknik perminyakan, jangan sampai mainset kita terpaku hanya bekerja di dunia oil company dengan berharap gaji besar. kita harus belajar dari nol lagi pada saat lulus, kalau cita” di oil company gagal masih banyak lowongan kerja lain, banyak alumni perminyakan yang jadi PNS, pengusaha, pegawai bank dll. dengan wejangan dari dosen itu yang saya jadikan prinsip hingga saat ini dan terbukti, setelah lulus hampir semua lowongan teknik saya coba dan akhir nya saya bekerja di dunia industry alat berat dan service (pembuatan rig off shore, pipa, separator dll) tetap berkaitan dengan oil and gas, dan soal sallary bisa di bilang sama dengan oil company di atas.

    inti nya rejeki sudah ada yang atur kita hanya berusaha, tapi bukan berarti berfikir yang monoton alumni teknik minyak harus kerja di oil company.

    buat bang/mas/om/adek ryan, saya doakan semoga sukses ya dalam karier nya :D

    SALAM PERMINYAKAN

    • ryanalfiannoor says:

      ya betul mas. rezeki sudah ada ditangan Tuhan. Yang paling penting adalah kita melakukan sesuatu sesuai dengan passion kita.. :)
      Saya sependapat dengan mas..

  186. Mas saya mau minta sarannya untuk PTS mana yg berkualitas lulusan Teknik Mesinnya, alumni teknik mesin’a yg telah bnyak tersebar di prusahaan Oil&gas. karena saya ingin pindah kuliah, spertinya univ sya yg skrg ini kurang bagus teknik mesin’a? wlw univ ini akreditasi A dan prodi T.Mesin B, tp Alumninya belum banyak di Oil n Gas Company, & prodi mesinnya masih terbilang muda/baru lahir(1998)
    u/ opsi dr sya sendiri masih bingung antara :

    Gunadarma akreditasi ins: A Prodi mesin: A
    Trisakti akreditasi ins:B prodi mesin : A
    ITENAS(bandung) ins:B prodi mesin : B
    ITI(institut.Teknologi.Indonesia) : ins:B prodi mesin : B

    klo menurut sya yg pnting bkn hnya akreditasi prodi saja tp lulusannya ktika s’tlah mahasiswa itu baru lulus (fresh graduate) adakah alumni mahasiswa dr PTS diatas sudah ada di prusahaan oil n gas??
    or PTS lain dr jrusan teknik mesin’a mungkin yg mnjd langganan d’ prusahaan oil/gas?
    jd PTS mana yg Pnya kerjasama dgn Oil n Gas Company?di jurusan teknik mesinnya PTS yg memiliki keluarga ikatan yg kuat u/ alumni teknik mesin’a disuatu perusahaan besar & udh tersebar dimana” khususnya prusahaan oil & gas??

    Kesalahan saya wktu gx kterima di PTN sya mengikuti kk kls u/ masuk di PTS yg ktanya & menurut media itu adalah Univ. tertua seindonesia & terbaik., iya c terbaik,, tp bukan TEKNIK MESINnya… & trnyata stelah lihat lulusan’a sperti kurang diperhitungkan oleh Prusahaan” berbasis konstruksi, power, tambang, bhkan oil n Gas…

    saat ini si udah ada niat nanti mau pindah ke teknik mesin trisakti namun ternyata mahal sekali biaya pendidikan disana…
    s’x lg mohon sarannya,..
    saya yg tengah semangat kuliah di smester baru, & haus akn ilmu ENGINEERS….
    mngkin mas ini kan pastinya sudah banyak pengalaman dan bertemu dengan lulusan PTN/PTS lain dr perekrutan & yg sudah bekerja di prusahaan oil/gas dari berbagai jurusan, & salah satunya teknik mesin dr PTS.. mungkin mas bisa menilai PTS mana yg telah punya nama alumninya banyak yg diterima di prusaan tsb?
    disini ga brmaksud u/ membandingkan, tp memang saya lg perlu tau hal ini agar kuliah saya lebih semangat & optimis jk tempat kuliah saya berprospek di jurusan mesinnya.,., dalam prosedur pindah kuliah sendiri tentunya saya sudah tau.,.,…. saya bingung mau pindah ke PTS mana yg teknik mesinnya bagus,.. ljk ikut sbmptn lg sya rasa hnya memakan waktu saja kuliah dr awal….

  187. RIO says:

    Ane mau sharing nih gan, sekarang ane kerja di perusahaan petrokimia terbersar di Indonesia. tepatnya di daerah Anyer, Cilegon, Banten. Emank sih bukan perusahaan petroleum. Cuman buat referensi aja, gaji di perusahaan petrokimia(turunan dari petroleum) gak kalah besar ko. ane mau bantu kasih referensi rata2 gaji karyawan di tempat ane kerja.[(basic+tunjangan)+overtime rata2 40% dari gaji]
    1. Junior Operator 4.800.000+1.920.000———>>>>>SMA/STM/SMK sederajat
    2. Senior Operator 6.200.000+2.480.000———>>>>>D3
    3. For men/Lead Operator 8.500.000+3.400.000———->>>>Karir, biasanya dari SMA/D3 yg udah experience
    4. Engineer 8.500.000+3.400.000————–>>>>>> Fresh graduate S1
    5. Supervisor 14.500.000+5.8000.000——–>>>>>>karir dari D3 dan S1(dari SMA sederajat juga ada tapi sudah experience lebih dari 15 tahun)
    6. Superintendent/ Assistant manager 23.000.000+ no lembur/overtime
    7. Section manager 35.000.000+ no lembur/overtime
    8. Departement manager 46.000.000+ no lembur
    9. General manager 120.000.000+ no lembur——–>>>>GM ane skrg duulunya adalah seorang engineer(karirnya mantap gan)
    10. Director—->>>>>ane gak tau.. ahahahahaha

    Terus gan, kalo mau dapet yang lebih GUEDE lagi ya tinggal cabut ke timur tengah.
    “LULUSAN” dari tempat ane kerja bisa dengan gampang cabut pindah gawe ke perusahaan petrokimia, LNG, dan bahkan petroleum di timur tengah sana.
    Contoh: Borouge, Rasgas, Yansap, YanPET, Sabic/saudi kayan, QapCo, Qatar Shell, Qatar Petroleum(QP), dan masih buanyak lagi.

    Intinya, kalo ane sih lebih suka bekerja di dekat keluarga tapi dengan gaji CUKUP. asal CUKUP buat beli makan, CUKUP buat ibadah, CUKUP buat beli rumah, CUKUP buat beli mobil, CUKUP buat sekolahin anak, CUKUP buat jalan-jalan, dan CUKUP buat segala2nya.
    heheheehe(CITA-CITA sih pengen jadi pengusaha gan.)

    MAaf kalo ada yang salah ketik.
    Makasih, siapa tau bisa jadi referensi.
    Salam CHemical Engineering.. :-)

  188. Assalamu’alaikum
    boleh kah saya brtanya mas….
    teknik mesin yang bagus alumni’a kuat telah tersebar di prusahaan oil&gas di PTS mana yah.,., krna saya gx diterima di PTN. saat ini sedang mnjalani kuliah S1 teknik mesin di PTS swasta jogja.,. spertinya saya sya pilih krena teknik mesin dsana kurang bagus. kemudian di smester selanjutnya saya mau pindah mas
    berikut opsi saya kira” gmn?

    Gunadarma akreditasi ins: A Prodi mesin: A
    Trisakti akreditasi ins:B prodi mesin : A
    ITENAS(bandung) ins:B prodi mesin : B
    ITI(institut.Teknologi.Indonesia) : ins:B prodi mesin : B

    sbenernya saya tau teknik mesin trisakti bagus bgt & alumni t.mesin’a udh bnyk di minyak tp karena Biaya Trisakti mahal sekali ortu pun gx izinin.
    tp saya gx brminat ke sini spertinya ( atma jaya, unpar, unpas, univ.pancasila)
    skarang ada 3 pilihan, Univ.Gundar, Itenas bndung, or ITI…

    mas nih pastinyakan mngkn sdah brpengalaman di prusahaan minyak… dr sgala rekrutmen yg diikuti, prnahkah melihat lulusan PTS yg bnyak berkarir di prusahaan minyak/gas/power,., itu berasal dr PTS mana mas.,..,,,,,

    u/ univ gunadarma, bagus tidak c teknik mesinnya berdasarkan lulusan yg berkecimpung di dunia minyak/gas/power.,. mngkin ada yg tw tolong sharingnya… saya sedang bingung skrg.

    • ryanalfiannoor says:

      Menjawab pertanyaan mas. Ada banyak kok mas lulusan gunadarma dan itenas yang bisa bekerja di service company. Jangan berpatah semangat mas. Kawan senior saya dilapangan ada yang berasal dari itenas malah dan sekarang sudah digaji 20 juta lebih..

      Hmm tambahan sedikit mas..mungkin ada baiknya kita kembali lagi untuk mengingat passion diri kita kembali, mau menjadi apa kita sebenarnya? Jika kita sudah tahu jawabannya..maka saya rasa berangkat darimanapun kampus kita, pasti kita bisa sukses karena kita belajar dan bekerja dengan semangat. semoga sukses :)

  189. endy says:

    malam mas..
    kalo D3 perminyakan prodi teknik eksplorasi produksi migas baru lulus, kerja nya bagian apa ya mas..

  190. trimakasih sekali atas tanggapannya..
    ya dr awal sya SMA emang sdah tertarik sekali dgn t,mesin namun juga mempunyai keinginan yg kuat mempelajari dunia perminyakan & stelah lulus ingin skali berkecimpung di prusahan oil, krna bbrp x ikut dalam seminar kaitannya dgn Migas… slain itu fisika & kimia sdh mnjdi pljrn favorit saya

    Hmmm, selanjutnya gmn.
    klo menurut mas lebih rekom kmna, salah satu antara tiga ini Gunadarma ITI or ITENAS ??

    sblmnya tdk ada mksud mmperbandingkan, smua’a baik tp ingin skali brada dilingkungan yg terbaik & memang trgantung dirisendiri.,& diri sya sdh mmbuktikan pd UTS kmarin sya brsungguh” mengerjakan,, pd stiap pmbelajaran apapun, & dlm mnjawab soal apapun sya pstikan 99% benar krna memang sdang smangat”nya belajar, tp smangat itu smakin lama luntur krena berfikir pasti s’telah lulus saingan di luar berat dgn mereka yg mempunyai nama besar ex:UGM ITB ITS UI, prusahaan mana yg tdk tau kualifikasi lulusan institusi 5 besar trsbut & psti alumninya sudah banyak di prusahaan itu shingga mndpat peluang yg lebih. Sedang sya? hnya lulusan PTS yg tak memiliki keunggulan di bidang teknik,(tp dibidang hukum&ekonomi), sy ktakan sprti itu krn trbkti alumni” sblmnya blm ada di prusahaan” besar apalagi di OiL Company, krna memang masih jurusan yg masih terbilang baru, hnya bru memilki 5 angkatan alumni saja.

    saya harus bnar” hijrah demi keoptimisan & keyakinan target sya di masa stelah lulus S1 teknik, u/ hijrah ke institusi yg bnar” membuat saya yakin dg bukti alumninya, tnpa hrus mngulang dr awal yaitu sbg mahasiswa pindahan ke salah satu PTS. Knpa ke PTS? y krena Ga bisa dri PTS ke PTN mski IP di PTS asal 4.00.

    tentunya pindah ke PTS yg unggul di prodi mesinya dmn alumninya trdpat trsebar di prusahaan yg saya cita”kan Oil gas, n Energy companies(chevron, pertamina, petronas dll)..
    Benar, Tuhan telah mngatur karir hidup ssorg, Namun manusia boleh memprediksi dgn melihat bukti” yg tlah trjadi untuk meneguhkan hati, & agar mendapat peluang yg lebih,, wlw peluang itu memang tdk prnah pasti.

    sya telah brtanya” dbrbagai forum universitas itu sendiri tp blm ada yg menanggapi. sedang di forum” blog& media social.. ktanya klo mau teknik mesin yg bagus ya cuma ada di 7 PTN, tp u/ PTS nya RELATIF,
    sya ingin hapus kata relatif itu dgn bnyak nya melihat alumni & sya blm brhenti percaya, psti ada PTS yg T.Mesinnya Bagus & mngarahkan sya ke prusahaan” migas (krn jaringan alumni).

    Jd s’x lg bagaimana opsi sya brikut : Gunadarma ITI or ITENAS
    klo mas sendiri rekom kmna salahsatu antara tiga itu & bisa sdikit brikan alasan? sya harapkan skali sarannya…

  191. rendy says:

    maaf menganggu saya mau nanya kan saya sekarang sma 3 nah itu saya mau masuk ambil jurusan teknik perminyakan dan saya mau nanya biasanya soal yang dikeluarin saat usm itu bagaimana terimaha kasih. rendy

  192. rendy says:

    hai mas ryan saya rendy, saya mau nanya kan saya sudah sma3 jadi saya mau tes USM menurut mas ryan soal” usm itu bagaimana , terima kasih

    • ryanalfiannoor says:

      USM itu mirip seperti snmptn dan lebih sulit. saran saya, sering2 latihan karena dengan latihan lah otak kita semakin cepat untuk merespon soal. Ada banyak kan buku master USM yang dijual oleh penerbit atau didepan2 itb itu kan ya. hehe.

      semoga sukses ya dek..

  193. Albara says:

    Dear Mas ryan..

    mohon infonya perihal :

    1. Untuk gaji dengan level Staf dan Supervisor pada bidang Cost Controller di Tambang Batu Bara penempatan kalimantan Timur Update nya berapa ya saat ini?

    2. Fasiltas, dan Benefit yang didapat Per Bulan, Quartal, Semester, Tahunan seperti apa, dan berapa yang di berikan perusahaan saat ini ?

    Saya sangat mengaharapakan informasinya saat ini.

    Mohon bantuannya mas rya, dan para teman – teman Senior yang bekerja di Pertambangan Batu bara

    Indonesia.

    Terima kasih.,

    Albara Maulana.,

    • Albara says:

      Mohon dibantu ya mas ryan.,

      Karena tanggal 28 Nopember ini saya akan mengikuti wawancara. Saat ini saya bingung karena belum

      mengetahui range salary industri tambang batu bara wilayah kaltim. Khususnya pada saat memasuki

      percakapan paket gaji dan benefit Per yang diberikan Perusahaan kepada Karyawan nya.

      Sekali lagi mohon informasinya mas.

      Terima kasih.

  194. endrni says:

    Salam kenal kak :) saya dr sma1 bpp juga nih .
    Saya mau nanya kak , dulu kakak masuk perminyakan itb jalur undangan atau tertulis ? Terus kalo lewat jalur undangan rata” nilai rapotnya kakak dulu berapa ya ?
    Trus jurusan teknik kimia bisa gak bekerja di bidang migas ? Spesifiknya gimana nih kak ?
    Mohon dibantu yah kak :)

    • ryanalfiannoor says:

      salam kenal.

      dulu belum ada jalur undangan. Jadi adanya usm atau spmb (skarang disebut snmptn) buat masuk itb. Nilai rapor pun sekarang udah lupa. Kalau jurusan tekkim bisa masuk kok dalam dunia migas. misal jadi facility engineer, instrumential engineer, field engineer, dll. semoga bermanfaat.

  195. PrOet says:

    Sharing, saya lulusan Management Keuangan – skrg kerja di oils and gas (8thn), posisi SCM. Pernah kerja di FMCG cukup lama.
    Gaji? Tdk kalah dg yang di tehnik, pernah dapat offer utk di luar negri.

  196. Zufakhi says:

    Info ini sangat bermanfaat bagi saya, mau nanya mas, kalo gaji untuk S1 di PTC anak usaha dari Pertmna apakah sama dengan induknya? mohon jawabanya dan terima kasih banyak

    • ryanalfiannoor says:

      gaji itu akan bergantung pada experience dan prestasi masing-masing orang mas. Untuk kasus mas, sepertinya kalaupun berbeda, pasti bedanya tidak akan sampai begitu timpang karena masih satu holding di pertamina..

      • Zufakhi says:

        jawaban ini sudah sangat membantu dan berarti buat saya, semoga kedepan mas ryan bisa menggapai cita2nya dan sukses selalu…terima kasih

  197. puluh unggun says:

    mau nanya nih kak . andaikan saya lulus dari teknik perminyakan akmigas balongan D3 . kira kira gajinya berapa ya ?

    cuma pengen tau aja kak hehe

    • ryanalfiannoor says:

      berapa ya… 6-8 juta atau bisa juga sampai 10 juta.. bergantung pada experience dan kemampuan softskill kita juga puluh..

  198. Andre says:

    Hello, mas Ryan. Sy belum lama apply utk pindah ke kapal pesiar yg lain…krn sy sdh resign dri kapal sebelumnya di departement Food & Bavarege dng kontrak kerja yg sdh 2x & 1 kontrak selama 10bln…pada kesempatan interview sy malah di tawari kerja di offshore di bagian Room Service…..Sy mau tanya kira-kira kisaran gaji utk bagian Room Service berapa perbulannya? Sekian & terima kasih.

  199. Puluh Unggun Prasetyo says:

    saya pengen tau . andaikan saya lulus dari akmigas balongan D3 Teknik perminyakan . kira kira gajinya berapa ya ? secara umumnya aja yang setingkat sama saya

    • ryanalfiannoor says:

      Jika posisi dilapangan, ya mungkin bisa sekitar 6-8 juta mas. Ini perkiraan sangat kasar dari saya. Tapi jika mas berkarir di perusahaan internasional, gak menutup kemungkinan bisa diatas 10 juta rupiah…

  200. Andre says:

    Jawaban gaji yg bisa 10jt keatas kl berkarir diperusahaan International itu jwaban untuk mas Puluh Unggun Prasetyo…atau buat saya mas kalau berkarir sebagai Room Service? Kira2 gaji seorang room service berapa ya mas Ryan? Trima kasih.

    • ryanalfiannoor says:

      ya bisa jadi sekitar itu juga mas.. Karena kerja di off shore itu bonusnya banyak…hehe. Apalagi kalau udah hitungannya sekali trip kelapangan sampai sebulan lebih..

  201. Andre says:

    Jawaban gaji yg bisa 10jt keatas kl berkarir diperusahaan International itu jwaban untuk mas Puluh Unggun Prasetyo…atau buat saya mas kalau berkarir sebagai Room Service? Kira2 gaji seorang room service berapa ya mas Ryan? Trima kasih.

  202. Andre says:

    Maaf, mas Ryan …sy mau tanya lagi gpp ya..:).begini mas…ada yg bilang gaji basic di offshore disesuaikan dng UMR negara setempat….namun ada yg bilang sebagian kalaupun disesuiakan dng negara setempat bisa dibilang besar kalau pas offshore di perairan USA..dan kecil kl pas offshore nya di perairan Indonesia…Apa memang benar demikian, Mas? Sejauh yg Mas Ryan tahu….apakah offshore selalunya milik/dikelola oleh pihak Asing…dan tentunya Gaji akan dipengaruhi akan hal itu?Mohon penjelasan…Terima kasih..Mas

    • ryanalfiannoor says:

      Ya benar mas. Basic gaji selalu ditentukan oleh UMR negeri setempat dan, jangan lupa, tingkat resiko dalam bekerja. Untuk kasus perairan USA, Anda mungkin bisa mengecek di berbagai sumber lain bahwa memang perairan disana memang luar biasa sangat menantang. Ombaknya gak main2, bisa menggoyang platform. Dan gajipekerjaan offshore Indonesia yang saya tahu tidak akan lebih kecil dari pekerjaan di darat untuk pekerjaan dengan jobdesc yang sama.

      Di Indonesia, sebagian lapangan offshore sudah di ambil alih oleh Pertamina. Secara sederhana, gaji Pertamina dan gaji Asing masih kompetititif. Tetapi lagi-lagi, masalah gaji ini bersifat relatif bergantung negosiasi Anda saat interview, bergantung pengalaman, dan bergantung tingkat expert kita pada suatu bidang. semoga sukses :)

  203. Puluh Unggun Prasetyo says:

    maaf mas ryan . kan saya kelas 3 SMA . ingin mengambil D3 Teknik Perminyakan , kira kira setelah lulus saya bisa langsung kerja di PT PERTAMINA atau PT BADAK NGL tidak ?

  204. maaf mau nanya lagi . kan saya baru kelas 3 SMA . saya ingin mengambil D3 TEKNIK PERMINYAKIAN di BALONGAN . kira kira setelah lulus dari Balongan saya bisa langsung kerja di PT PERTAMINA atau PT BADAK NGL tidak ?

    • ryanalfiannoor says:

      Bisa mas. Biasanya mereka selalu membuka lowongan untuk lulusan D3 disemua kampus/sekolah tinggi seluruh Indonesia. Tinggal kita aja yang keep update pada info2nya.

      • Elektro says:

        Salam kenal mas Ryan, terimakasih atas pembuatan blog ini mas. Sangat memberikan pencerahan mas hehe. Saya ada pertanyaan nih mas ryan :
        1. Saya kan sekarang kuliah S1 Teknik Elektro UGM konsentrasi arus kuat, nah kalo di dunia migas nanti pekerjaan saya bisa dibidang apa ya?

        2. Kira2 sertifikasi /software apa yang cocok untuk saya pelajari untuk menunjang karir saya di dunia migas ya mas?

        3. Menurut mas ryan, untuk bidang kuliah saya, akan lebih cocok berkarir di EPC atau service company dulu apa langsung oil company nya mas? (yang gaji dan tempat untuk menimba ilmu nya yg bagus)

        Makasih banyak mas ryan, semoga sukses terus ya :)

      • ryanalfiannoor says:

        1. Saya kan sekarang kuliah S1 Teknik Elektro UGM konsentrasi arus kuat, nah kalo di dunia migas nanti pekerjaan saya bisa dibidang apa ya? bisa jadi electrical/maintenance engineer
        2. Kira2 sertifikasi /software apa yang cocok untuk saya pelajari untuk menunjang karir saya di dunia migas ya mas? sebenarnya perusahaan migas sudah banyak butuh lulusan elektro. Saya kurang tahu detilnya, tapi bisa jadi setelah masuk ke perusahaan, malah kamu yang akan disertifikasi oleh mereka (dibayari ;))
        3. Menurut mas ryan, untuk bidang kuliah saya, akan lebih cocok berkarir di EPC atau service company dulu apa langsung oil company nya mas? (yang gaji dan tempat untuk menimba ilmu nya yg bagus) saya sarankan masuk ke oil company atau service company….

        Makasih banyak mas ryan, semoga sukses terus ya :)

  205. stratosfer says:

    Cowo saya kerja di vico udah 2 tahun, gajinya berapa ya mas?

  206. Joko_2012 says:

    Sekedar masukan saja, saya sudah bekerja di bidang MIGAS dengan area World-Wide selama 10 tahun, tp baru satu kali bertemu dengan alumni Teknik Perminyakan, itupun Beliau bekerja sebagai Mud Engineer. Selebihnya saya justru banyak menemui Teknik Sipil(kebanyakan sebagai Client/Field Engineer),Teknik Perkapalan, Teknik Kimia(process), Teknik Lingkungan(HSE),Teknik Mesin(Client), Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Geodesi (yang paling banyak adalah dari 3 jurusan terakhir). Mungkin untuk alumni Teknik perminyakan lebih banyak di bagian ownernya ya(Oild and Gas Company).

  207. dian says:

    Salam Mas Ryan,
    Ikut nimbrung donk hehehe…
    Pernah ada pengalaman kerja di chevron ga mas?
    Kebetulan ada lowongan untuk posisi Lab Specialist, closing date lowkernya 9 feb 2014 kmrn.
    Yg ingin saya tanyakan biasanya perlu waktu berapa lama (hari/minggu) untuk panggilan test aptitude? Soalnya sampe skrg statusnya masih Process terus… hehe..
    Oya, di lab perminyakan…apanya ya yg biasa dianalisa??

    Thankx

    • ryanalfiannoor says:

      pernah waktu kuliah internship disana. wah kalau yang saya tau sifat dari rekrutmen chevron itu adalah “evergreen”. maksudnya, chevron akan melakukan pemanggilan karyawan setiap dia membutuhkannya. jadi bersiap2 saja. Tapi secara general chevron pasti akan mengabarkan kapan dia akan melakukan tes melalui email kok..

  208. andreejamezz says:

    “saran sih”…ngambil jurusan apa ajjh sih gaji bisa gede yg penting teknik…soalnya tmen ane jurusan architecture cma pnglmn 5 tahunan di konstruksi asing..bisa masuk exxonmobile…jadi supervisor…tapi gajinya brow..total udah 25jt…keren kaga tuh…demi allah deh ane liat sendiri kontraknya..tpi tetep dia karyawan swasta omm..tpi smua itu ya trgntung nasib yaa omm…tmen ane sukses jdi kontraktor perumahan wlwpun lulusan cma SMA om tpi dah lumayan dari hasilnya udah punya rumah+kendaraan yg ga sedikit jumlahnya…so keep spirit…jgn takut bwat ambil jurusan yg kita senangi..bravo bwat jurusan minyak jga..maju terus saudaraku…and jgn lupa bersyukur…

  209. Rizal says:

    Pak Ryan, numpang tanya nih kalo gaji untuk DOCUMENT CONTROL MANAGER berapa ya kira2? Terima kasih banyak sebelumnya. Salam kenal dari saya Rizal

    • ryanalfiannoor says:

      silakan refer pada tulisan saya diatas ya. selanjutnya bergantung dengan negosiasi dengan pihak interviewer perusahaan tempat mas rizal meng-apply. semoga sukses.

  210. Bella says:

    Permisi bang, mau tanya, gaji di bidang Data Engineer itu berapa yah ? Pengalaman kerja 3tahun ?
    Mohon info yah bang :)

    • ryanalfiannoor says:

      “Data engineer” maksudnya gimana mbak Bella? mungkin bisa refer ke tulisan saya diatas dengan menambah asumsi kenaikan gaji setiap tahun adalah 8-10%.

  211. Anton Share says:

    Mau nanya mas, sebentar lagi saya lulus dari SMK Negeri 1 Cimahi yg bersekolah selama 4 tahun.dengan jurusan Instrumentasi Industri. Apa bisa saya langsung bekerja di perusahaan minyak.? Terima kasih.

    • ryanalfiannoor says:

      bisa tapi harus banyak bersaing dengan banyak orang. kalau boleh menyarankan, ada baiknya untuk tetap melanjutkan kuliah minimal D3.

      • Anton Share says:

        Kalau begitu izinkan saya untuk mencoba. Perusahaan minyak apa yang biasanya masih mempekerjakan lulusan SMK.? Atau mungkin anda punya info mengenai lowongan pekerjaan.? Terima kasih sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 147 other followers

%d bloggers like this: