RESENSI BUKU BERBISNIS ITU TIDAK MUDAH

Buku ini berisi tentang pengalaman Arifin Panigoro dalam membangun kerajaan bisnisnya selama 30 tahun lebih, yang sekarang dapat kita kenal sebagai perusahaan Medco (Meta Epsi Pribumi Drillling Company). Penulis mengangkat sudut pandang penulisan dan penerapan moral dan etika yang pernah penulis alami.

Buku ini mengisahkan pengalaman demi pengalaman. Dengan segudang pengalaman yang Arifin Panigoro (AP) didapatkan dari ayahnya (Jusuf Panigoro) yang merupakan seorang pengusaha juga, AP memulai bisnisnya semenjak masih berkuliah teknik elektro ITB. Setelah itu dengan tekad yang kuat dan visi yang besar, maka AP mulai membangun perusahaan bersama kawan-kawannya yang punya satu visi dengannya. Setelah 30 tahun lebih mengalami pasang-surut dalam bisnis,akhirnya sekarang kita tidak asing lagi dengan perusahaan yang bernama Medco.

Selain menceritakan pengalamannya, penulis juga memaparkan nilai-nilai dan etika dalam menjalankan bisnisnya seperti : Intuisi, Kesetaraan, Kejujuran, Percaya Diri, Jejaring, Tanggung Jawab, Penanganan SDM, Inovasi dan Peduli. Semua hal itu dikupas lewat pengalamannya yang dapat dibaca pada setiap bab didalam buku ini.

Disamping seorang enterpreneur, penulis juga sempat menjadi seorang birokrat, pada masa awal era reformasi. Pengalaman ini memberikan pelajaran kepada penulis sehingga dalam buku ini penulis juga menuliskan beberapa ide-ide besarnya dalam membangun Negara Indonesia ini, dan bahkan sudah ada yang terealisasi seperti terciptanya pengembangan program ketahanan pangan dan energy melalui uji coba berbagai komoditas pangan di Merauke, Papua melalui Medco Group-nya.

Buku ini memiliki beberapa kelebihan yaitu penggunaan bahasa yang mudah sehingga buku ini dapat dibaca oleh berbagai kalangan. Selain itu, didalamnya juga terdapat gambar-gambar yang berhubungan dengan Medco, kontribusi Medco, dan penulis sehingga membuat buku ini tidak membosankan. Namun buku ini memiliki kelemahan yaitu tidak terstrukturnya penulisan berbagai ide-ide penulis dalam berbisnis dan membangun Indonesia, sehingga terkadang pembaca harus cermat mengamati kalimat-kalimat dari penulis untuk mendapatkan idenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s