Kontemplasi balik hidupku

Pertama-tama, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mendoakanku :

  1. Specially untuk adikku tercinta, Rizky Rachmadiani yang mendoakan pertambahan umurku sehari sebelum hari ultahku.
  2. Kedua Orang tuaku yang selalu medidik dan membimbingku
  3. Para saudaraku yang tersayang : Panji, Adi, Gesa dan Widi, tunggu aja waktu traktirannya
  4. Kawan-kawan PPSDMS, terima kasih atas semburan air kerannya
  5. BPH Gamais 2006 semuanya
  6. Mantan BPH Gamais 2005 semuanya
  7. Tim SPK ku, Ita, Ocha, Agung, Fajar, Athar, Fajrin, Demut,dan yang lainnya, tunggu aja waktu traktirannya ya
  8. Kawan-kawan Perminyakan Angkatan 2004-2007 yang ternyata mengingat waktu ultahku
  9. Kawan-kawan Rohisku yang masih setia
  10. Kawan-kawan SMA ku
  11. Special two secret  people (he,,,penasaran ya?)

Tanggal 10 Januari 1989. Itulah hari kelahiranku, hari ketika aku mendengarkan adzan pertama kalinya di dunia ini oleh seorang pria yang menjadi ayahku, dan meminum susu dari seorang wanita yang menjadi ibuku. Kini pada tanggal 10 Januari 2009, aku berumur tepat 20 tahun. Jika dipautkan terhadap umur Rasulullah SAW, maka aku sudah mencapai sepertiga waktu hidupku. Aku ingin mencoba menghitung-hitung apa yang telah aku lakukan selama 19 tahun terakhir ini.

Jika rata-rata selama setahun diasumsikan aku tidur selama 5 jam, aku belajar akademik 6 jam, aku melakukan hal duniawi lainnya 3 jam, ibadah (sholat, ngaji, dzikir) 2 jam. Maka selama 19 tahun ini aku sudah :

Tidur selama 3.95 tahun

Belajar selama 4.75 tahun

Hal duniawi selama 2.38 tahun

Ibadah selama 1.58 tahun

Waktu tersisa lainnya adalah 12.66 tahun

Selama 12.66 tahun ini aku juga belajar banyak dari dunia ini yang tidak bisa aku kuantifikasi berapa lama waktunya. Aku belajar apa itu arti persahabatan, apa itu arti kerjasama, apa itu arti keprofesionalan, apa itu arti tanggungjawab, apa itu arti cinta, apa itu arti kepemimpinan, apa itu arti kehidupan itu sendiri.

Tapi aku juga menyesal karena masih banyak waktuku yang terbuang untuk hal yang sia-sia. Padahal yang aku tahu, seorang Muhammad mempersedikit waktu tidurnya untuk melakukan sholat malam, seorang Habibie yang hanya tidur selama 2 jam setiap malam untuk membentuk dirinya, Seorang Jepang yang menghabiskan waktu hampir 12 jam untuk belajar di perpustakaannya, seorang hafidzh qur’an yang menghabiskan sebagian besar harinya untuk menghafal Al-Quran, dan masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa dijadikan teladan. Aku tidak ingin lagi waktuku ini terbuang sia-sia, aku ingin berubah.

Dengan ini aku buat resolusi hidupku dalam jangka waktu 1 tahun (2009-2010) :

  1. Menambah hafalan 2 Juz Al-Qur’an
  2. Menamatkan 45 buku (pemikiran, biografi, manajemen, pengembangan diri, dan lainnya) dengan proporsinya masing-masing
  3. Punya IP 4 di satu semester  (ya Allah, aku ingin banget merasakannya)
  4. Menjadi Asisten Mata Kuliah Bor
  5. Meningkatkan keprofesionalan manajemen di Gamais (terutama di sektor Syiar dan Pelayanan Gamais)
  6. Punya sabuk biru taekwondo.
  7. Menyelesaikan buku “Menjadi Aktivis yang gaul, kontributif dan prestatif, Why not?”
  8. Menambah berat badan sampai 65 kg dan tinggi 170 cm (penting gak ya?)
  9. Tabungan akhir tahun minimal 10 juta.
  10. Mencari “orang itu”.

Semoga apa yang telah aku rencanakan ini dapat berjalan dengan baik. Doakan saja.


***ditulis sehari setelah 10 Januari 2009 karena terserang demam selama 2 hari berturut-turut

4 thoughts on “Kontemplasi balik hidupku

  1. untuk yang berat badan. gampang kok, berat gw dari 65 kg naik ke 74 kg dalam waktu satu semester. Makan aj 5 bungkus top atau 1 silver queen white chocolate tiap sebelum tidur.

    satu lagi, gw punya usul resolusi tambahan: melihat dari kondisi anak2nya, akan sangat bagus kalau kamu n ita menghadiri acara-acara DSM baik itu yang penting (silaturahmi agung, syuro, malam desain) maupun yang ga penting (nge-hedon ke warung pasta, cekikikan di kantin Salman, amazing race di pasar baru) kelihatannya kalau Qiyadah n Jundi dah sehati kalian bisa menghadapi apapun. he..he..he..

  2. wah dapet urutan ketiga…lumayanlah, hehehe…

    semoga semua resolusiku dan resolusimu terlaksana ya yan…

    “1000 kader terbina!!!”

    pada akhir kepengurusan, ana akan bertekad memberikan database 1000 orang anak ITB yang terbina oleh kaderisasi dan Syia’ar Gamais…

    Allahu akbar…!!

  3. Y0u’re really great b0y!! Perfecto!! Your personality really admire me! C0uld U visit my bl0g,, at anisf69.edublogs.org!! Klo bsa leave comment coz tgs akr smstr3 dsrh posting bl0g, trus di coment ma public gt,, slm knal ya! Wassalam!

Leave a Reply

