Metode Publikasi yang Efektif : Getak Tular

Sebagai orang yang cukup lama berkecimpung dalam dunia event organizer, ada beberapa macam cara publikasi suatu  yang sudah saya dan mungkin orang banyak  kenal:

  1. Untuk Acara Mahasiswa standar, biasanya pihak panitia menggunakan media publikasi fisik seperti selebaran, leaflet, poster iklan koran atau balon udara. Kelebihan dari penggunaan media ini adalah media publikasi kita sudah pasti akan dilirik (walau sepintas)  oleh orang yang lewat disekitar media itu. Namun kelemahan mendasar dari penggunaan media ini adalah penggunaan sumber daya manusia harus  banyak, terlebih lagi jika tempatnya sangat besar.
  2. Untuk Acara Mahasiswa yang sudah berstandar tinggi, selain menggunakan media publikasi fisik, pihak panitia biasanya juga menggunakan media publikasi maya seperti media internet. Kelebihan dari media ini adalah lebih efektif karena lebih membutuhkan sedikit sumber daya manusia ketimbang penggunaan media publikais fisik. Namun kelemahannya, tidak semua orang bisa melihat media publikasi itu karena tidak semua orang punya interest terhadap penggunaan internet.

Tadi sore, saat aku ingin kembali pulang ke asrama setelah melihat salah satu nilai mata kuliah, aku mendapatkan suatu hal yang baru tentang publikasi. Ada dua anak dari program studi Planologi yang datang menghampiriku. Aku kira mereka ingin bertanya tentang sesuatu, tapi ternyata mereka menawari ku suatu acara yang telah dibuat Himpunannya dengan membawa posternya sekaligus. Dan akhirnya terjadilah dialog singkat dengan mereka. “Dahsyat juga cara publikasi mereka”. Mereka bergerilya keliling kampus dengan membawa kertas poster dan mengajak massa kampus untuk ikut acaranya.

Selama perjalanan pulang, aku mencoba mengingat-ngingat kembali buku yang pernah aku baca. Dan Akhirnya aku mengingatnya. Cara ini biasa disebut orang Indonesia sebagai “Getak Tular”. Atau dalam Bahasa Inggrisnya adalah The Power of Mouth. Ada banyak keuntungan yang akan Anda Peroleh yang merupakan paduan antara kedua media publikasi yang disebutkan diatas, diantaranya adalah :

  1. Bisa menggunakan sumber daya manusia yang sedikit karena yang menjadi objek acara akan didatang langsung oleh panitia. Jumlah ini tidak akan lebih banyak ketimbang Anda menggunaka metode “tempel” poster atau sejenisnya.
  2. Dapat menarik simpati objek acara karena mereka diajak langsung oleh pihak panitia. Didalam dunia marketing, kedekatan  dan pelayanan kita dengan calon pelanggan akan meningkatkan gairah mereka untuk membeli barang itu walau mereka tadinya tidak memerlukannya. Begitu pula dengan konteks hal ini. Karena pihak panitia langsung mengajak objek acara, maka peluang tumbuh gairah mereka untuk ikut akan meningkat.
  3. Menghemat pembiayaan. Biasanya, dalam suatu acara yang dilaksanakan suatu kepanitiaan dana publikasi adalah dana yang menempati lima teratas dari dana-dana lainnya. Dengan menggunakan metode ini, media publikasi fisiknya tinggal dibawa oleh panitia yang berkeliling sehingga jumlah media publikasi fisik yang harusnya ditempel disana-sini dapat direduksi.

Jadi pada intinya metode publikasi “Getak Tular” sangat efektif untuk Anda coba ketika Anda menjadi seorang event organizer atau bergerak dalam tim publikasi. Dengan dana yang relatif sedikit namun Anda bisa dapat target yang cukup tinggi. Silakan mencoba. []

2 thoughts on “Metode Publikasi yang Efektif : Getak Tular

  1. manfaatin media, jadikan marketing itu bukan lagi ‘top to down’ tapi ‘down-down’, jadikan pangsa pasar sebagai penyebar marketisasi bukan cuma objek. itulah horizontal marketing..

    antum wajib baca buku crowd,horizontal marketing-hermawan kartajaya yan..

    bagus bgt

  2. tulisan yang bagus… Saya lagi cari strategi yang efektif untuk penempelan poster. Kebetulan posternya udah tercetak. Gimana caranya agar efektif dan tetap menjaga kebersihan kota? Memang sih, poster itu hanya meng’grab’ attention orang aja. Bikin orang awareness… tetapi selanjutnya memang pelibatan dari target pasar. Komunikasi langsung dengan target pasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s