Memahami arti sebenarnya manajemen

Ketika Anda menerapkan manajemen untuk organisasi/perusahaan/korporasi Anda, maka Anda harus paham dengan benar apa itu manajemen. Didalam ilmu praktis definisi dari manajemen tidak perlu didebatkan, namun rambu-rambu manajemenlah yang penting. Rambu-rambu itu adalah sebagai berikut :

RAMBU I : PROSES

Semua hal yang memakai manajemen pasti melewati yang namanya proses. Lawan dari proses adalah instan atau pragmatis. Bangsa Indonesia cukup terkenal dengan sebutan bangsa yang instan. Mengapa demikian? Betapa banyaknya kita melihat orang Indonesia yang memakai jalur instan untuk menjadi kaya, mulai menjadi seorang pencuri, meminta bantuan ke dukun, bahkan sampai ada yang menjadi koruptor. Hal ini cukup memprihatinkan karena betapa bangsa ini sangat butuh yang namanya manajemen.

RAMBU II : SISTEMATIS DAN LOGIS

Semua hal yang memakai manajemen juga harus sistematis dan logis. Biasanya ketika suatu hal telah dilakukan secara sistematis dan logis maka tujuan dari hal itu. Contoh mudahnya adalah belajar. Ketika kegiatan belajar itu Anda lakukan secara sistematis dan logis maka pasti nilai A sudah ada ditangan Anda. Sebaliknya jika ada suat hal tidak dilakukan secara sistematis dan logis maka kemungkinan kecil tujuan yang diinginkan tercapai.

RAMBU III : ADANYA PRE-DETERMINED GOALS

Semua hal yang ingin dimanajemen harus punya pre-determined goals (tujuan awal yang jelas). Tanpa adanya hal tersebut maka apa yang Anda manajemen akan menjadi sia-sia karena tidak tahu harus diarahkan kemana.

RAMBU IV : MENGGUNAKAN SUMBER DAYA YANG ADA

Jika Anda masih saja mengeluhkan betapa terbatasnya sumber daya yang Anda butuhkan maka segera ubah pikiran Anda karena dalam praktis manajemen, Anda harus bisa menggunakan sumber daya yang ada. Sumber daya ini dapat kita optimalkan dengan menggunakan akal dan kreativitas kita untuk mengembangkannya.

RAMBU V : SECARA EFEKTIF DAN EFESIEN

Ketika Anda melakukan manajemen kepada suatu hal, maka hal tersebut  juga harus dilakukan secara efektif dan efesien. Efektif adalah Semua cara yang jitu dan ampuh untuk mencapai suatu tujuan. Efesien adalah Pemilahan dan pemilihan cara jitu tadi yang paling membutuhkan sedikit waktu dan biaya. Jadi keefesienan baru muncul setelah adanya keefektifan.

***

Ketika ada satu rambu yang tidak terlaksana, maka hal yang telah Anda itu belum bisa disebut dengan manajemen. Misalnya, Anda telah melakukan proses yang sistematis dan logis untuk mencapai pre-determined goals yang ditentukan secara efektif dan efisien, namun Anda tidak dapat menggunakan sumber daya yang ada maka kegiatan anda belum bisa dikatakan termanajemen.

Perilaku adalah fungsi dari pola pikir. Jadi ketika Anda ingin memanajemen perilaku manusia maka Anda harus bisa menjadikan manajemen menjadi pola pikir mereka. Ketika manajemen telah menjadi manajemen dalam pola pikir /paradigma berpikir mereka, maka Anda lebih mudah memanajemen perilaku mereka.

Satu kutipan terakhir dari Peter F. Drucker :

In the last analysis, management is practice

Its essence is not knowing but doing

Its test is not logic but result

Its only authority is performance

One thought on “Memahami arti sebenarnya manajemen

  1. mirip banget sama punya gibran…
    hahaha baca deh…di blognya dia..

    juga mau nulis tentang mangement ah…
    judulnya “lima pilar management” atau “five pilars of management”

    beuh.. mang hebat pak arief

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s