Ryan Berkata : Tak Perlulah Aku ke Norwegia

Beberapa hari ini aku sering mendengar lagunya Gita Gutawa yang berjudul “Tak Perlu Keliling Dunia”. Ini bunyi liriknya :

Kapur putih yang pucat terasa penuh warna
Dan pelangi yang enggan datang pun berbinar
Kertas putih yang pudar tertulis seribu kata

Kan ku ungkap semua yang sedang ku rasa
Dengarkanlah kata hatiku
Bahwa ku ingin untuk tetap disini

Tak perlulah aku keliling dunia
Biarkan ku disini
Tak perlulah aku keliling dunia
Karna ku tak mau jauh darimu

Dunia boleh tertawa melihatku bahagia
Kembalikan tempat yang kau anggap tak biasa
Biarkanlah aku bernyanyi
Berlari berputar menari disini

Tak perlulah aku keliling dunia
Tak perlulah aku keliling dunia
karna kau disini

Tak perlulah aku keliling dunia
Kaulah segalanya bagiku
Oo~ Oo~ Oo~ Oo..

Ouwoo… aku keliling dunia
Kaulah segalanya bagikuu

**

Sebagai seorang vokalis nasyid, aku cukup kagum terhadap suara sopran yang dimiliki oleh orang ini. Namun yang lebih aku kagumi adalah lirik yang ada di lagu ini. Didalamnya menceritakan bahwa si “aku” mengurungkan niatnya untuk berkeliling dunia karena si “aku” tidak ingin berpisah dengan orang-orang yang disayanginya.

Dalam rencana hidup yang aku buat, aku punya rencana untuk melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Stavanger, Norwegia, tentu saja lewat jalur beasiswa. Dan konsekuensi ketika lulus dari universitas itu adalah harus bekerja di kota Stavanger sampai biaya beasiswa kuliah yang telah diberikan telah impas terbayarkan dengan pemotongan gaji kerja. Sering terjadi pergolakan didalam hatiku (apakah aku akan pergi ataukah aku tetap berada di Indonesia). Jika aku berangkat ke luar negeri maka aku akan meninggalkan banyak orang yang kusayangi. Setidaknya sampai saat ini orang-orang itu adalah :

  1. Ibu yang selalu memarahiku ketika aku malas
  2. Ayah yang selalu berusaha mengabulkan apa yang aku minta
  3. Adik yang beranjak remaja
  4. Keluargaku di Balikpapan, Banjarmasin, Jawa, dan tempat-tempat lainnya
  5. Teman-teman terbaik SMA
  6. Teman-teman Rohis SMA
  7. Teman-teman terbaik teknik perminyakan
  8. Teman-teman terbaik GAMAIS
  9. Dan tentu saja aku juga akan meninggalkan “orang itu” (kalau berangkatnya langsung setelah lulus dan tidak sempat menyampaikan sesuatu yang sangat penting padanya) — gak penting banget yang nih —

Manakah yang harus aku pilih. Apakah aku akan bekerja selama beberapa tahun dan kemudian menjadi seorang enterpreneur perminyakan ataukah aku melanjutkan pendidikanku dan menjadi seorang profesional di bidang perminyakan dan mencapai jenjang karir tertinggi dalam sebuah perusahaan agar aku dapat menentukan kebijakan didalam perusahaan itu.

Tujuan utama keprofesianku hanyalah satu. Bukanlah kekayaan yang kucari  karena aku pikir kekayaan sebenarnya hanyalah di surga nanti (walaupun kata orang, biasanya orang yang kerja diperminyakan jadi orang kaya), tapi  aku hanya ingin Industri Perminyakan yang lebih baik untuk negeriku ini. Aku ingin Rakyat Indonesia bisa merasakan kemashlahatan dari adanya sumber daya minyak dan gas alam di Indonesia ini. Dan aku juga ingin memberi nafkah kepada masyarakat banyak dengan memperkerjakannya diperusahaan yang aku buat nanti .

Saat memilih itu memang belum tiba. Tapi semoga saja apa yang aku pilih nanti merupakan pilihan terbaik dalam hidupku. Aku yakin Allah akan memberikan yang terbaik untukku. Sekali lagi lirik dari Gita Gutawa :

Kan ku ungkap semua yang sedang ku rasa
Dengarkanlah kata hatiku
Bahwa ku ingin untuk tetap disini
[]

4 thoughts on “Ryan Berkata : Tak Perlulah Aku ke Norwegia

  1. wah..senasib niiih😛
    keputusan ada di tangan masing2
    aq cma inget kata nabi aj, kejarlah ilmu walaupun sampai ke negri cina
    namanya juga usaha mencari ilmu, pasti perlu perjuangan..perlu usaha…
    apalagi meninggalkan orang2 yang kita sayang..beraaat bgt rasanya
    semangat!
    ayo saingan ngerebut quota beasiswa
    hehe
    salam knal
    nura

    1. Banyak kok caranya..silakan search di google saja..

      Berikut saya berikan contoh link-linknya ya :

      http://www.dunia-beasiswa.com/search/beasiswa-quota-stavanger-1233783475.php

      http://beasiswa.info/the-university-of-stavanger-doctorate-scholarships-2009-in-information-technology-norway.html

      http://beasiswa.info/the-university-of-stavanger-doctorate-scholarships-2009-in-information-technology-norway.html

      Sebenarnya yang paling utama memang lebih enak kalau kamu punya senior yang sudah kuliah disana..Jadi lebih tahu bagaimana keadaan disana dan apa-apa yang harus dipersiapkan..

Leave a Reply

