Berbahagialah Atas Masalah yang Ada

Sekarang coba Anda bayangkan Anda hidup didalam sebuah negeri impian. Negeri ini memiliki sumber daya alam yang banyak, sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak mulia, tidak ada masalah lagi yang terjadi didalam negeri ini, tidak ada  kemiskinan, tidak ada kemacetan, tidak ada banjir dan tidak ada lagi masalah-masalah seperti masalah yang terjadi di negeri nyata tempat Anda hidup. Anda merasa nyaman sekali ketika berada didalam negeri ini.

Para pembaca yang budiman, mungkin sering kali kita dapati orang-orang yang berangan-angan seperti diatas. Mereka sangat merindukan hal itu terjadi didalam kehidupan nyatanya. Namun pernahkah Anda sadari, mengapa ada pemimpin atau pahlawan besar yang tercatat sejarah hidupnya di dalam lembaran sejarah dunia ini? Berpikirlah secara mendalam. Mereka ada karena ada masalah. Masalah memberikan kesempatan kepada mereka menunjukan kebolehan dan kelebihannya untuk dapat menyelesaikan permasalahan itu.

Mari kita ambil sebuah contoh, Muhammad Yunus. Muhammad Yunus dianggap pahlawan besar dinegaranya, Bangladesh, karena beliau telah mampu mereduksi kemiskinan yang tiada tara saat itu. Beliau adalah seorang professor dalam bidang ekonomi. Beliau sangat prihatin melihat masalah kemiskinan yang terjadi di negaranya. Dengan segala daya upaya dan kemampuan beliau, lahirlah sebuah bank yang belum pernah terkonsepkan dan terpikirkan di muka bumi ini, yang bernama Graamen Bank. Bank ini sangat concern terhadap pemberian pinjaman terhadap orang miskin. Dan ternyata konsep bank ini berhasil walau harus melewati puluhan tahun lalu dahulu untuk mencapai kesuksesannya. Imbasnya, banyak Negara-negara berkembang mulai tertarik dan mempelajari konsep bank ini. Puncak dari kesuksesannya adalah ia mendapatkan sebuah nobel atas jasa-jasanya memerangi kemiskinan.

Benang merahnya adalah Muhammad Yunus pandai melihat masalah. Dan dengan masalah itu dia mampu menunjukan kelebihannya didalam bidang ekonomi. Sebenarnya masih banyak contoh orang-orang besar lainnya yang lahir karena adanya sebuah masalah, namun yang terpenting sebenarnya adalah diri Anda. Apakah Anda merasa masalah yang Anda hadapi di dunia nyata ini adalah sebuah peluang untuk berprestasi ataukah ancaman untuk sengsara? Semua jawaban itu ada di tangan Anda.

Anda juga mampu menjadi seperti mereka. Bahkan bisa melebihi mereka. Masalah dunia ini masih terlalu banyak yang harus diselesaikan, dan peluang Anda masih sangat besar sekali. Jika Anda seorang mahasiswa maka jadilah orang yang terbaik di bidang Anda. Jika Anda seorang birokrat maka jadilah wakil rakyat yang benar-benar mewakili rakyat. Jika Anda seorang pengusaha maka jadilah pengusaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lainnya. Dan jika Anda seorang relawan sosial, maka jadilah seorang relawan sosial yang peduli dan professional. Hidup Anda hanyalah sekali. Dan yakinlah segala pilihan hidup Anda akan menentukan Anda didalam lembaran sejarah dunia ini. Maka sangat rugi sekali ketika hidup Anda hanya habis untuk bersenang-senang memenuhi keinginan Anda semata. Anda lupa bahwa di luar sana, masih banyak orang yang kelaparan, miskin, dan tidak mempunyai pekerjaan.

Sadarilah bahwa ternyata bahagia itu bisa Anda dapatkan sekarang. Dengan apa? Dengan masalah yang ada. Masalah yang mampu membuat Anda menjadi seorang pemimpin, pahlawan, atau orang yang punya kontribusi didalam sejarah dunia ini. Untuk itu jangan pernah bersedih karena kebahagiaan sudah ada di depan mata Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s