I am What I Believe

Akhirnya satu semester sudah aku tinggal di Asrama tercintaku, Asrama PPSDMS.  Masih kuingat enam bulan yang lalu bahwa begitu banyak adaptasi yang harus aku lakukan, mulai dari rescheduling semua jadwal harianku, membuat life plan yang jelas serta rinci, penyesuaian waktu belajar dengan mengurangi waktu tidurku, dan banyak lagi hal lainnya.

Aku termasuk salah satu dari tiga puluh lima penghuni asrama PPSDMS  di kota Bandung ini. Dan asrama aku-pun termasuk didalam salah satu dari lima regional PPSDMS yang ada di Indonesia, mulai dari Jakarta, Surabaya, Bogor, Yogyakarta, dan kota ku sendiri, Bandung.

Sesuai dengan kebiasaanku untuk menjadi yang terbaik dalam segala bidang, secara iseng diawal masuk asrama lalu, aku memimpikan bahwa aku akan menjadi peserta PPSDMS yang terbaik setidaknya untuk semester pertama ini. Dengan kekuatan law of attraction yang aku punya, aku coba lewati hari-hari perjuanganku di asrama ini dengan semangat jiwa, pikiran, dan raga yang membara.

Dan tidak terasa kini tiba saatnya evaluasi dilakukan oleh manajer program kami, Bapak Arief Munandar, seorang sosok pria yang sangat aku kagumi keprofesionalan serta ketegasannya dalam berkata dan bertindak. Evaluasi dilakukan selama dua hari berturut-turut di asrama kami yang bertempat di Jalan Tubagus Ismail 8 nomor 62 A. Tiap peserta mendapatkan nilainya masing-masing sesuai kinerjanya selama satu semester. Kalau tidak salah, ada 30 kriteria keberhasilan yang harus dicapai secara optimal dan kontinu dalam tiap semesternya. Dan aku mendapatkan urutan kedua terakhir  yang dievaluasi sebelum beliau beranjak pergi dari asrama kami.

Setelah beberapa hari kemudian hasil pun biasanya akan diumumkan lewat milis angkatan. Dan aku pun ingin mengeceknya hari ini. Percaya gak percaya, hari ini aku buka emailku dan aku cukup terkejut dengan isi email yang dikirimkan oleh Pak Arief Munandar. Berikut aku cuplikan snapshot window email yahoo aku.

untitled2

Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah Semata yang memberikan yang terbaik bagi hamba-hambanya yang berusaha. Bukannya ini adalah sebuah kesombongan. Tetapi aku ingin bercerita kepada kalian semua bahwa segala sesuatu yang kalian inginkan, bisa kalian capai kalau kalian mau berusaha. “Law of Attraction” mengajarkan kepada kita bahwa segala sesuatu yang kita inginkan bisa tercapai hanya dengan terus-terusan memikirkannya. Kemudian pikiran itu akan menarik apa yang kita inginkan itu. Aku telah membuktikannya sendiri.

Untuk berikutnya, aku akan terus berjuang untuk mewujudkan “100 mimpi seorang Ryan Alfian Noor” ku. Bukannya aku ingin di puji orang lain karena impianku terlampau tinggi.  Tapi memang sudah merupakan sebuah kewajibanku untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik. Dan untuk itu aku harus terus memperbaiki diriku serta memiliki impian yang besar untuk membangun Indonesia. Umat telah lelah menunggu barisan umat yang tak kunjung pernah rapi ini. Mereka butuh orang-orang yang terbaik. Dan sedikit mengutip lagi kata-kata terbaik Rhenald Kasali yang sangat aku sukai dalam bukunya Recode Your Change DNA, “5 kata yang mencengangkan : Indonesia Butuh Aku Untuk Berubah”.

Aku sangat yakin bahkan seyakin-yakinnya bahwa kita tidak akan bisa menjadi pemimpin bangsa ini dan mengalahkan musuh-musuh kita bersama kalau kita saja berkutat pada keluhan masalah internal kita. Bisa itu sebuah keletihan, kepenatan atau sejenisnya. Satu frasa kata yang aku ingat dari Tri Aji Nugroho, Kepala Gamais 2006-2007, adalah “Berhentilah mengasihani dirimu sendiri”. Kata-kata ini benar-benar membuat gempar sekaligus mempesona didalam jiwaku. Ya benar, mengasihani diri hanya akan membuat optimalisasi kerja  Anda hanya cukup sampai situ.

Terakhir dari tulisan ini, Izinkanlah aku mengikrarkan moto hidupku lagi, agar hal ini dapat kungiang-ngiangkan  terus-menerus ketelinga kalian semua bahwa :

GOOD IS THE ENEMY OF GREAT

never mind that good is end of all

because good is not good enough

-Ryan Alfian Noor-

The True Leader

One thought on “I am What I Believe

Leave a Reply

