Marketisasi Horizontal Media Maya

Adanya perkembangan zaman yang terus bergulir, membuat ilmu marketing ikut berbunga sehingga muncul istilah baru didalam dunia marketing yaitu marketing become horizontal. Apa maksudnya? nanti akan kita bahas. Tapi pada intinya ilmu inilah yang membuat Barrack Obama mampu mengalahkan Mc Cain, MySpace menggilas MTV, Wikipedia membabat Brittanica, blog yang menggantikan posisi website, dan Evangelist menghantam Salesman.

Seandainya saja Anda adalah orang terkenal atau artis mungkin Anda tidak perlu membaca tulisan ini karena sudah pasti deretan nama Anda akan “top search” di search engine dunia maya internet. Apalagi ketika Anda membuat sebuah blog atau website pribadi, saya jamin pasti akan dengan mudah dikunjungi banyak orang karena Anda adalah seorang terkenal atau artis. Anda tidak perlu lagi marketing. Namun timbul sebuah pertanyaan, bagaimanakah cara kita memperkenalkan website atau blog kita kepada orang lain sementara kita bukanlah orang terkenal. Pada tulisan saya kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips dan trik bagaimana agar website dan blog Anda akan dikunjungi orang dalam waktu yang relatif singkat dengan menggunakan marketisasi media maya. Dengan ilmu ini, stimulan pendongkrak media maya Anda akan aktif dan secara otomatis akan membuat media maya Anda akan banyak dikunjungi orang.

Bagaimana cara memulai ilmu horizontal marketing tadi? Mengadopsi dari beberapa buku tentang horizontal marketing, training yang saya ikuti dan bertanya kepada orang lain, inilah tips dan trik yang saya sarankan :

1. Jika memang Anda telah memiliki media maya -yang tentu saja milik Anda sendiri-, maka sadarilah ia telah menjadi bagian hidup Anda. Maka jangan lagi Anda lupa menuliskan alamat blog Anda atau alamat website pribadi Anda di tempat manapun yang memungkinkan, mulai dari CV, kartu nama, slide perkenalan ketika Anda menjadi pembicara, di jejaring komunitas mailist Anda, dan lain-lainnya. Dengan demikian orang lain akan setidaknya mengetahui bahwa Anda punya blog atau website pribadi. Langkah ini adalah langkah awal sekaligus langkah terpenting pula dari kiat-kiat lainnya.

2. Silahturami antarsesama blogger. Kunjungilah blog-blog orang lain dan titipkan alamat blog Anda kepada orang lain tersebut. Akan ada dua hal yang Anda dapatkan jika Anda mau melakukan hal ini. Pertama, secara otomatis Anda akan mendapatkan relasi baru lagi melalui media maya. Pengalaman saya, saya pernah dikomentari oleh seseorang yang baru saja saya ketahui ketika saya berkunjung ke blognya. Ternyata ia adalah seorang penulis buku. Dari sanalah saya belajar menggunakan kata-kata yang baik dalam bertutur didalam sebuah tulisan. Yang kedua adalah Anda secara otomatis telah menjadikan orang lain tersebut sebagai seorang Evangelist. Apa sih maksud Evangelist itu? Ialah sukarelawan yang membantu penyebaran alamat blog Anda tanpa Anda sadari.

3. Buatlah sebuah perbedaan tulisan dengan blog-blognya orang lain. Jika Anda seorang mahasiswa psikologi maka Anda dapat membahas tentang psikologi di blog Anda, jika Anda seorang engineer maka Anda pun bisa membahas tentang ilmu keprofesian engineering di blog Anda, ketika Anda ahli dalam suatu hal, maka bahaslah di blog Anda. Dan dalam sebuah organisasi pun Anda juga harus memberikan suatu hal yang “lain” agar dapat menarik perhatian orang lain. Bisa dengan memberikan pelayanan yang tidak mungkin dilakukan oleh organisasi lain. Dengan demikian, kehadiran blog/website Anda akan dirasa penting dan diperhitungkan oleh orang lain kehadirannya. Dan dengan demikian juga, orang lain yang punya kepentingan atau interest terhadap apa yang Anda tulis akan lebih sering mengunjungi website/blog Anda.

4. Lakukan promosi website/blog Anda dengan ilmu marketing yang ada. Ini adalah cara yang paling penting dan paling ampuh membuat pengunjung Anda lebih intens lagi mengunjungi blog atau website Anda. Sebagai contoh, saya berikan contoh marketisasi yang digunakan Kang M. Shodiq Mustika didalam blognya. Inilah tulisan marketing yang beliau buat (tulisan ini saya copy langsung dari blog pribadi beliau) :

***

Berhadiah Jutaan Rupiah Hanya dengan Menulis Komentar Blog

Alhamdulillaah, setelah sebulan berlalu, selesailah penataan situs blog shodiq.com ini. Sebulan yang lalu, saat “soft opening”, kami mulai menyediakan hadiah 2 buku tiap bulan bagi sebagian “pembaca setia”, yaitu yang berlangganan melalui eMail. Kini, saat “grand opening”, kami menyediakan tambahan hadiah yang lebih besar lagi.

Tambahan hadiah ini kami sediakan bagi sekelompok “pembaca setia” lainnya, yaitu pengunjung yang berkenan menulis komentar di situs blog ini. Untuk bulan “grand opening” ini, yaitu Maret 2009, kami sediakan hadiah uang total satu juta rupiah untuk 3 orang. Seorang pengunjung yang menulis komentar pada Maret 2009 yang [menurut kami] terbaik berhak atas hadiah uang setengah juta rupiah. Dua orang pemenang lainnya kami tetapkan berdasarkan undian; masing-masing berhak atas hadiah uang seperempat juta rupiah. (Kami umumkan siapa pemenangnya pada bulan depan.)

Untuk bulan-bulan berikutnya, kami masih menyediakan hadiah bagi 3 orang pengunjung setiap bulan, tetapi berupa 3 buku karyaku (masing-masing satu). Seorang pengunjung yang menulis komentar yang [menurut kami] terbaik berhak atas hadiah satu buku. Dua orang pemenang lainnya kami tetapkan dengan undian. (Pengumumannya pada setiap bulan berikutnya.)

Untuk disertakan dalam penilaian dan pengundian berhadiah itu, setiap pengunjung bisa bebas menuliskan komentar apa saja di kotak-kotak komentar yang tersedia di situs ini, asalkan tidak melanggar hukum dan etika. Komentarnya boleh sebanyak-banyaknya. Bahkan, semakin banyak menulis komentar, semakin besarlah peluang untuk memenangkan hadiah. (Setiap satu komentar dihitung sebagai satu “nomor undian”.) Asyik, ‘kan?

Nah, selamat berkomentar di situs ini. Semoga Tuhan meridhoi usaha kita dalam berlomba-lomba dalam kebaikan ini. Aamiin.

***

Menarik bukan gaya marketing kang Shodiq? Untuk lebih jelasnya silakan langsung mengunjungi blog pribadi beliau ya. (Tuh kan! Saya sendiri secara tidak langsung telah menjadi Evangelist Kang Shodiq sekarang)

5. Selain kiat diatas, terkadang mungkin Anda juga bisa membahas suatu berita yang masih hangat (sekali lagi masih hangat), yang sedang menjadi pembicaraan khalayak ramai. Dijamin! blog Anda akan dikunjungi banyak orang. Pada saat orang mengunjungi blog Anda, buatlah mereka nyaman di blog Anda.

6. Buat sesuatu yang kontroversial. Kontroversial bisa sesuatu yang mencengangkan atau sesuatu yang tidak jelas. Mungkin Anda punya foto-foto yang menarik, maka Anda bisa mempostingkannya di website/blog Anda. Bagaimana cara membuat tulisan yang kontroversial? Cara yang paling mudah untuk membuat tulisan kontroversial, kata Pak Sapto Waluyo, adalah memulainya dengan judul yang kontroversial. Anda bisa menemukan banyak judul-judul tulisan yang kontroversial yang beredar di internet.

11

Selamat mencoba.[]


One thought on “Marketisasi Horizontal Media Maya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s