Dua Tokoh Komik Inspiratif

Hanya ada dua komik Jepang (Bleach dan One Piece) yang aku ikuti dan suka karena alur ceritanya yang menarik dan inspiratif. Namun sayang minggu ini adalah minggu yang kelam, kedua tokoh komik inspiratifku kalah. Mungkin sang kedua komikus ingin mengajarkan kepada para pembacanya bahwa tidak ada pahlawan yang sempurna. Mereka pernah kalah, namun kekalahan inilah yang membuat diri mereka menjadi lebih kuat.

Teringat aku pada tulisanku terdahulu tentang perjalanan seorang perjalanan seorang pahlawan. Bahwasanya Joseph Campbell menyebutkan bahwa setiap pahlawan akan melewati enam tahapan penting dalam perjalanan hidupnya : innocence, the call to adventure, initiation, allies, breakthrough, dan celebration.Pada tahap innocence, mereka adalah orang-orang yang sama seperti orang biasa lainnya. Namun realita dan tantangan zaman yang ada, memanggil mereka (the call to adventure) yang tidak bisa mereka tolak. Pada tahap selanjutnya (initiation) mereka harus mengalami pergolakan dan permasalahan yang tidak mereka dapatkan ketika mereka menjadi manusia biasa. Untuk mengatasi hal itu, mereka akan mencari teman-teman (allies) untuk membantunya yang akhirnya membawa mereka semua mencapai sebuah capaian baru (breakthrough) dan keberhasilan menyelesaikan realita dan tantangan di zamannya itu (celebration).

oo

Cerita Kepahlawanan Monkey D. Luffy

monkey_d_luffy

Innocence : Luffy terinspirasi oleh Bajak Laut Rambut Merah Shanks untuk menjadi bajak laut.

The Call Of Adenture : Luffy terpanggil untuk mendamaikan konflik antara bajak laut dan pemerintah dunia.

Innitiation : Luffy membuat kapal sendiri dan menamai kelompok bajak lautnya dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.

Allies : Didalam perjalanannya Luffy menemukan kawan-kawan untuk mensupport dirinya menjadi seorang raja bajak laut.

Setiap Awak Kapal Luffy memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Ini dia satu-per-satu impian dari masing-masing anggota kelompok bajak laut Topi Jerami:

  1. Monkey D. Luffy, kapten, memiliki mimpi untuk menjadi raja bajak laut dengan menemukan One Piece.
  2. Rorona Zoro, divisi tempur, memiliki mimpi untuk menjadi pendekar pedang terkuat di dunia dengan mengalahkan pendekar pedang terkuat di dunia saat ini: Mihawk. Percaya atau tidak, dia memiliki mimpi ini sejak dia masih berlatih pedang semasa kecil dulu! Dari episode demi episode, kita bisa melihat bahwa Zoro semakin kuat, dan suatu saat pasti mimpinya akan terwujud!
  3. Nami, navigator, memiliki mimpi untuk membuat peta seluruh dunia. Dari kecil, dia suka menggambar peta, dan dia ingin sekali membuat peta keseluruhan dunia. Kita akan melihatnya mencapai mimpi itu, seiring dengan perjalanan kelompok bajak lautnya mengelilingi dunia.
  4. Usopp, si penembak jitu, memiliki mimpi untuk menjadi pendekar laut yang pemberani. Mimpinya terlihat rendah dibanding anggota yang lain bukan? Tapi jika teman-teman mengikuti serialnya, teman-teman akan menemukan bahwa mimpi ini sangat berharga bagi Usopp, karena dia adalah yang paling penakut dalam bertarung dibandingkan anggota lainnya. Sedikit demi sedikit, kita bisa melihat Usopp semakin berani.
  5. Sanji, sang koki, memiliki mimpi dari kecil untuk mencapai All Blue, sebuah laut dimana air dari keempat lautan di serial One Piece (East Blue, North Blue, South Blue, West Blue) bertemu, sehingga membuat semua ikan terbaik di dunia berkumpul di sana!
  6. Tony Tony Chopper, si dokter, bermimpi untuk bisa mengelilingi dunia dan memperluas pengetahuannya, dan menjadi dokter yang bisa menyembuhkan semua penyakit! Dia sangat kagum dengan doktor Hiluruk  Dan tahu tidak teman-teman, pada setiap pulau yang disinggahi kelompok bajak laut Topi Jerami, Chopper selalu mampir ke toko buku, dan membeli buku-buku kedokteran!
  7. Nico Robin, sang arkeolog, mampu membaca poneglyph (sejenis artifak atau prasasti) dan amat suka membaca, bermimpi untuk bisa menemukan dan membaca isi rio poneglyph.
  8. Franky, si tukang kayu, bermimpi untuk berkelana mengelilingi dunia dengan kapal impiannya! Dari dia kecil, dia berulang kali membuat kapal perang yang bernama Battle Frank, terus menyempurnakannya, sampai pada akhirnya dia bergabung dengan kelompok bajak laut Topi Jerami, membuat kapal impiannya yang bernama Thousand Sunny untuk dilayari bersama!

Breakthrough : Dengan tujuh orang temannya itu, Luffy telah mengalami berbagai lika-liku melawan kelompok bajak laut lain sehingga membuat mereka menjadi lebih kuat dan lebih solid.

Celebration : Sampai saat ini Kelompok Bajak Laut Topi Jerami baru mencapai setengah perjalanan mencapai tujuan mereka.

oo

Snapshot Luffy Kalah oleh Magellan (Komik One Piece)

11

***

***

Cerita Kepahlawanan Kurosaki Ichigo

250px-ichigo_kurosaki

Innocence : Ichigo ingin membalaskan dendamnya atas ibunya yang mati dibunuh Hollow Grand Fisher.

The Call Of Adenture : Ichigo diminta untuk membantu membasmi Hollow oleh salah satu kawannya yang menjadi shinigami.

Innitiation : Ichigo harus menyelamatkan keseimbangan dunia arwah dan dunia manusia karena adanya rencana jahat .

Allies : Didalam perjalanannya Ichigo menemukan kawan-kawan untuk mensupport dirinya menjadi seorang shinigami.

Teman-temannya pun punya kekhasanya masing-masing :

  1. Orihime Inoue (punya kekuatan yang bisa menyembuhkan orang lain)
  2. Rukia Kuciki (Salah satu wakil jendral shinigami)
  3. Yasutora Sado (Menjadikan bagian tubuhnya menjadi iblis)
  4. Uryu Ishida (Seorang Quincy, pembasmi Hollow selain kelompok shinigami)
  5. Abarai Renji (Seorang wakil jendral yang sedikit radikal)

Breakthrough : Dengan teman-temannya itu, kurosaki mencoba mengalahkan Aizen dengan kekuatannya. Akhirnya kemenangan-kemenangan saat bertarung membuat mereka semua mendapatkan kekuatan baru.

Celebration : Sampai saat ini tampaknya perjalanan untuk mengalahkan Aizen masih cukup jauh karena anak buahnya sangat kuat.

oo

Kurosaki Kalah Oleh Ulquiora (Komik Bleach)

21

2 thoughts on “Dua Tokoh Komik Inspiratif

  1. Namun sayang minggu ini adalah minggu yang kelam, kedua tokoh komik inspiratifku kalah………..Mereka pernah kalah, namun kekalahan inilah yang membuat diri mereka menjadi lebih kuat.

    Lho kok mirip ya.. Minggu kemaren klub inspiratifku, MU, juga kalah, dibantai 4-1 sama Liverpool di kandang sendiri. Tapi ternyata kalah itu memang saatnya kita beristirahat sejenak, mengevaluasi diri, dan mempersiapkan strategi untuk mencapai kemenangan-kemanangan besar selanjutnya😀

    Viva Quintuple MU!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s