Delapan Hal yang Tidak Diajarkan Dalam Kuliah

1. How to make people like you and network

Dalam kehidupan masyarakat dan karir Anda, jaringan merupakan hal yang sangat penting untuk mendongkrak karir Anda kepada level puncaknya. Selain itu keterampilan membuat orang lain suka terhadap Anda diperlukan agar Anda bisa diterima di lingkungan masyarakat, terutama ketika Anda ingin menjadi tokoh masyarakat.

2. How to speed read and the power of audio books

Membaca dan mengerti dengan cepat. Keuntungan dari waktu yang dihabiskan akan dinikmati seumur hidup anda. Anda harus merasakan bagaimana hidup anda akan berubah jika anda mampu membaca buku baru setiap minggunya?

Hal yang sama dengan audio book. Jika kita menghabiskan satu jam belajar menggunakan audio book dalam kendaraan daripada menyumpahi pengemudi lain atau mendengarkan Britney Spears, setara dengan hadir perkuliahan satu semester penuh. Setiap buku-buku pelajaran kini hadir dengan  audio book,  dan kita dapat membaca (mendengarkan) nya tanpa harus kehilangan waktu di hidup anda. Lalu kenapa anda belum melakukannya ?

3. How to set goals and manage time

Anda ingin segala urusan dalam hidup anda selesai?Sekolah tidak melihat ini sesuatu yang penting untuk diajarkan, tapi sebut saja saya gila, saya kira ini penting!

Berbagai penelitian baru-baru ini mendapatkan hal yang luar biasa, hal-hal seperti menghilangkan multi-tasking, menggunakan waktu luang dimana telepon dan email tidak ada, prioritas di to-do list, tugas mendesak namun tidak penting vs tidak mendesak namun penting.

Jika kita menganggap rutinitas kita sibuk seharian dan menghitung apa yang anda dapatkan pada hari ini di akhir hari, maka anda harus belajar hal ini. Mengerti tentang produktifitas akan memberikan anda keuntungan lebih dari orang lainnya.

4. How to read a financial statement

Robert Kiyosaki mengatakan, yang kaya mengajarkan anaknya bagaimana cara membaca financial statements dan yang miskin tidak. Dia benar. Sekolah tidak pernah mengajarkan dengan baik bagaimana  agar menjadi kaya, mungkin tidak bisa, karena pada umumnya professor tidak kaya dan tidak tahu bagaimana mengajarkannya.

5. How to negotiate, use contracts, and not get taken advantage of

Jika kita ingin mencapai apapun, anda pasti harus berurusan dengan pihak lain. Apakah itu kontraktor, outsource, pegawai, dll. Ada seni tertentu untuk mengatur kontrak yang baik dengan pihak-pihak ini, mengetahui bakat yang bagus, mengukur hasil, tahu bagaimana caranya memecat mereka, dan tidak dimanfaatkan oleh pihak lain dalam prosesnya. Sekolah tidak mengajarkan hal ini dan kebanyakan orang harus menapatkannya di “sekolah” kehidupan nyata dengan dimanfaatkan terlebih dulu (beberapa kali).

6. How to save and invest

Lagi, kita tidak pernah diajarkan bagaimana membangun kesejahteraan, salah satu alasan negara kita mempunyai hutang segunung ke luar negeri. Dan lagi, mereka tidak pernah mengajarkan kekuatan dari passive income dan bagaimana membebaskan diri dari “rat race” bekerja 9-to-5. Ada banyak literatur tentang topik ini yang tidak pernah disentuh di pendidikan tradisional.

7. How to be successful in life

Terdengar klise bukan? Terdapat beberapa orang yang mengabdikan diri seumur hidup mereka untuk mengetahui apa yang membuat seseorang menjadi bahagia dan sukses. Ada tiga hal: kesehatan, kekayaan, dan hubungan sosial. Kita harus tahu persis apa yang akan kita lakukan dengan hidup kita. Kita harus menemukan cara bagaimana melakukan hal-hal menakutkan yang baik untuk kita, meninggalkan kebiasaan buruk, magaimana melupakan kenangan buruk di masa lalu, dsb. Banyak yangharus dipelajari disini!

8. How to spread an idea and basic marketing

Saya hanya akan mengatakan bahwa setiap orang harus mengerti cara pemasaran sederhana. Bahkan jika anda bukan di bidang marketing. Jika anda memiliki ide saat bekerja, atau menginginkan kenaikan gaji, atau ingin mengajak anak anda menonton, maka ada teknik marketing yang diterapkan disitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s