Tips dan Trik SNMPTN ala Ryan

Sebenarnya sudah banyak buku yang membahas tentang tips dan trik  untuk belajar SPMB, tapi perkenankanlah saya untuk berbagi tips dan trik saya dalam mengikuti SPMB :

Percaya kepada Allah bahwa Dia akan mengabulkan doamu untuk masuk universitas yang kamu inginkan.

Suatu hadits mengatakan, “Sesungguhnya Allah itu bergantung prasangka hamba-hambanya”. Jadi ketika kamu menginginkan untuk masuk universitas yang kamu inginkan (dalam hal kebaikan), kamu harus yakin kalau Allah akan mengabulkan keinginanmu. Dan ingatlah SPMB itu adalah 1% usaha dan 99% keberuntungan.

Tumbuhkan Motivasi.

Pada saat kamu belajar, tumbuhkan selalu motivasimu bahwa hasil belajar kamu tidak akan sia-sia, karena hal itu akan digunakan sebagai bekal kamu SPMB nanti. Jadi gunakan waktu yang tersisa menuju SPMB ini, untuk mengorbankan waktumu lebih banyak untuk belajar ketimbang melakukan yang lain dengan seimbang. Nah kalau cara menumbuhkan motivasi ada banyak, saya hanya menyebutkan beberapa ya :

  • Kumpulkan semua atribut universitas yang kamu inginkan, taruh atau tempelkan semuanya di dekat tempat belajarmu, coba kamu rasKakan deh, biasanya atribut-atribut itu akan menumbuhkan semangatmu dalam belajar
  • Imajinasikan bahwa kamu telah masuk di universitas yang kamu inginkan. Imajinasikan bahwa kamu sedang duduk kuliah mendengarkan dosen yang mengajar, dan melihat dosen teman-temanmu nanti di universitas. Hal ini juga dapat menambah semangatmu dalam belajar.
  • Apa tujuan kamu kuliah? ketika kamu telah memiliki tujuan yang jelas untuk kuliah dan tumbuh dari dalam dirimu sendiri (bukan atas orang lain/desakan orang tua), maka kamu akan mendapatkan spirit tersendiri untuk giat belajar.

Buat strategi dalam belajar dan memilih universitas.

Strategi dibutuhkan untuk mengefektifkan kerja kita untuk mencapai tujuan kita. Setiap orang mempunyai strategi berbeda-beda, saya akan beri contoh strategi saya dalam belajar SPMB ketika H-7 menuju SPMB:

  • Waktu 24 jam yang saya punya saya bagi menjadi 4 bagian besar, bagian pertama (6 jam) adalah untuk belajar mandiri @ 1 jam untuk satu bahan SPMB, bagian kedua (2 jam) untuk bimbingan belajar, bagian ketiga untuk hiburan (2 jam), dan bagian keempat (6 jam)untuk istirahat. Nah masih tersisa 8 jam lagi kan, itu terserah kamu mau diapakan? (jangan lupa juga untuk sediakan waktu untuk beribadah kepada Allah). Ingat, pengorbanan dibutuhkan untuk melakukan perubahan. Mungkin awalnya sulit, namun jika nanti sudah terbiasa dan disiplin kamu tidak akan merasa berat lagi.
  • Kalau untuk memilih universitas, saya tidak terpengaruh oleh nilai akhir saya waktu saya ikut bimbel PRIMAGAMA di Surabaya. Pada saat itu nilai saya hanya cukup untuk masuk Astronomi ITB, padahal saya ingin masuk Perminyakan ITB. Berbekal dengan keyakinan kepada Allah, keyakinan bahwa saya sudah siap, dan menanggung resiko untuk tidak lolos, saya tetap memilih FIKTM (sekarang FTTM) ITB sebagai pilihan pertama dan Teknik Kimia ITS sebagai pilihan kedua.
  • Sejak mengumpulkan formulir SPMB saya terus menerus (walau gak setiap hari) melakukan sholat tahajud sampai hari pengumuman hasil SPMB, memohon kepada Allah agar saya dapat masuk ITB, dan mohon untuk memaafkan dosa saya yang telah silam karena saya sangat jauh dari Allah waktu SMA. Bisa jadi dosa saya diwaktu silam akan menghalangi terkabulnya doa saya. Entah mengapa sejak saat itu saya sering menangis, dan mulai muncul keinginan untuk menjadi lebih baik dan mengerti islam pada saat kuliah nanti. Saya punya keyakinan bahwa semua hal  yang ada di dunia ini terjadi atas izin Allah, termasuk hasil SPMB.

Gunakan metode belajar yang baik.

Pelajari soal SPMB sebanyak-banyaknya, karena biasanya soal itu hanya diulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Pelajari pula metode-metode cepat dalam mengerjakannya. Karena saya lebih mengerti matematika, maka saya lebih memperkuat dan memperbanyak latihan soal-soal matematika. Dan walhasil saya memang banyak bertumpu pada matematika untuk menambah skor saya pada saat simulasi ujian try out di PRIMAGAMA dan termasuk SPMB. Ini adalah urutan prioritas belajar saya :

a.       Matematika Dasar

b.       Matematika IPA

c.       Bahasa Indonesia

d.       Bahasa Inggris

e.       Fisika

f.        IPA terpadu

g.       Kimia

h.       Biologi

Semua itu bergantung pada pelajaran mana yang kamu mengerti. Saran saya kamu harus lebih banyak meraih skor yang banyak dihari pertama, karena soal dihari kedua lebih sulit.

Minta doa kepada kedua orang tua.

Suatu hadits mengatakan “Keridhaan Allah bergantung kepada ridha dari orang tua”. Selama menunggu hasil SPMB saya selalu minta didoakan kedua orang tua saya, terutama ibu. Dan ini termasuk hal yang membuat tenang selama menunggu pengumuman.

Siapkan rencana cadangan.

kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan, walaupun kita berusaha tetapi Allah juga yang menentukan. Ketika saya menunggu SPMB saya juga mengikuti tes universitas lain untuk menjaga-jaga ketika saya tidak lolos. Rencana universitas yang saya ikuti adalah tes masuk IT Tel (Institut Teknologi Telkom), PENS ITS, dan D3 ITS. Namun yang terlaksana adalah tes masuk IT Tel. Pengumuman kelolosan IT Tel lebih cepat daripada SPMB. Dan saya diterima di Teknik Informatika IT Tel. Jadi ketika saya nanti tidak diterima di ITB ataupun ITS saya sudah punya pegangan IT Tel.[]

9 thoughts on “Tips dan Trik SNMPTN ala Ryan

  1. Wah… Terima kasih. Tulisan anda membuat sy lebih sadar akan kuasa pencipta alam smesta.

    Aku pun ingin mencoba trik dr anda.Terima kasih.

  2. Terima kasih atas saran nya
    Hari ini 14 april 2010,saya dinyatakan tidak masuk itb lewat pmbp daerah.rasanya semua hancur.Apa salah?karena dalam mengisi 3 pilihan saya hanya mencantumkan 1 jurusan saja yaitu FFTM karena saya ingin sekali masuk teknik perminyakan.saya akan mencoba di snmptn nanti agar bisa masuk.
    Selama menunggu pengumuman saya pun masih kurang percaya diri dan minder.jadi betul perasaan yang kita rasakan akan mempengaruhi terkabulnya doa kita oleh Allah
    Semoga snmptn 2010 ini saya bisa lolos masuk teknik perminyakan itb.Amien
    Makasih atas saran nya.dunia belum berakhir
    Prinsip yang Insya Allah sampai sekarang yang masih aku pegang
    “Belajar seakan hidup selamanya,beribadah seakan mati besok”
    Wassalamualaikum

  3. Subhanallah.. Terima kasih atas infonya.. Sangat memotivasi sekali..
    Saya juga lagi persiapan buat UN Sama SNMPTN tahun ini..
    Salam kenal dan sukses selalu.. Amin..
    Terima kasih..

    Kontak : 0856 333 9427-bayu

  4. mantap mas infonya, terima kasih dan salam kenal. sukses selalu. tahun ini saya mau ikut SNMPTN, semoga di terima, Amin. Do’a nya yaa semua.

Leave a Reply

