Mewujudkan Syiar yang Mengakar Didalam Kampus

Ketika kita berbicara tentang bagaimana cara mensyiarkan islam secara menyeluruh – atau kalau boleh saya menyebutnya “mengakar”- didalam kampus, maka tidak dapat dielakkan lagi bahwa kita sebagai aktivis dakwah kampus harus menganalisis terlebih dahulu secara menyeluruh, siapa saja stakeholder yang akan menjadi objek syiar dakwah kampus kita.

1. Pengakaran Syiar Individu

Setiap mahasiswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Pengaruh lingkungan, teman, serta ideologi yang bercampur dikampus menjadi gelombang pasang yang secara bertahap akan membentuk paradigma tersendiri bagi setiap mahasiswa yang ada di kampus Anda. Paradigma ini akan terus berkembang menjadi lintasan pikiran, dan lambat laun akan menjadi sebuah karakter kuat didalam pikiran mereka. Menurut hobi dan karakternya (berdasarkan data survey Gamais di kampus ITB), Mahasiswa dapat dibagi kedalam enam kelompok yang terlampir pada diagram dibawah ini :

tipe-mahasiswa1

Pengadaan syiar berbasis pelayanan ataupun event berkelas tinggi dengan menghantam sasaran seluruh mahasiswa, tampaknya harus dipertimbangkan lagi karena tidak akan efektif menjaring banyak masa. Mereka punya interest tersendiri pada kehidupannya dikampus. Untuk itulah perlu dilakukan inovasi-inovasi syiar baru lagi untuk dapat menyentuh individu-individu itu. Pendekatan pelayanan sesuai interest dan hobi mereka, akan memudahkan kita untuk mendekati mereka secara inklusif.

a. Aku adalah Mahasiswa Akademisi

Mahasiswa tipe ini dapat didekati dengan pelayanan akademik. Misalnya dengan pengadaan tutorial akademik menjelang UTS dan UAS, layanan sms kalender akademik, dan event-event lomba yang mengasah core competence mereka seperti lomba karya ilmiah. Semua dapat dikemas dalam bentuk yang menarik dan tentu saja diwarnai dengan nilai-nilai islam didalamnya secara implicit maupun eksplisit sehingga diharapkan nantinya mereka mampu bersimpati kepada dakwah.

b. Aku adalah Aktivis Tulen

Menjadi pertanyaan bagi dakwah kampus saat ini, mampukah kita melakukan pelayanan terhadap aktivis? Jawabnya adalah bisa. Dalam konteks kampus, aktivis terkenal dengan kesibukannya diranah mereka masing-masing. Ada yang menjadi aktivis sebuah unit, ada yang menjadi aktivis sebuah himpunan, dan aktivis-aktivis lainnya. Pengakaran syiar untuk aktivis tersebut memiliki cara tersendiri yang akan saya bahas pada  tulisan saya selanjutnya. Namun pada intinya, sebuah LDK dituntut harus bisa melakukan pendekatan dan bersinergisasi dengan seluruh organisasi tempat aktivis itu berada, sehingga jalinan, kenyamanan, serta kedekatan silahturami kita dengan para aktivis itu dapat terbangun dengan baik sehingga nantinya dapat mempermudah kita untuk melakukan syiar dan pelayanan selanjutnya didalam organisasi mereka.

c. Aku adalah Atlet Berkelas

Cara pengakaran syiar untuk mahasiswa tipe ini hampir sama seperti  mahasiswa tipe akademisi. Dekatilah mereka melalui hobi dan interest mereka. Pengadaan acara olimpiade olahraga atletik, liga basket,  turnamen sepak bola, ataupun event olahraga menarik lainnya akan memperbesar terbukanya peluang respon cepat dari mereka. Apa syiar islam yang kita bisa sampaikan lewat acara olahraga ini? syiar islam yang bisa kita sampaikan ada banyak. Mulai dari pewacanaan bahwa  bahwa Islam sangat memperhatikan kesehatan dan kebugaran umatnya,  penggunaan waktu yang tepat saat olahraga tanpa mengganggu amalan sholat wajib di masjid, hingga pengenalan tata cara adab penggunaan pakaian -termasuk dalam berolahraga- dapat kita sampaikan secara implisit disana. Disinilah peran pengemasan acara event syiar berbasis olahraga Anda akan diuji.

d. Aku adalah Seniman Berbakat

Sebenarnya LDK memiliki peluang yang besar untuk memberikan apresiasi yang besar kepada para mahasiswa tipe seniman. Tak dapat dielakkan lagi bahwa dalam fakulas seni biasanya dikenalkan sebuah ajaran yang tak memandang apakah itu melanggar etika moral dan kesopanan apa tidak. Terkadang kepercayaan terhadap agama dan tuhan, dapat menghalangi mereka untuk dapat mengekspresikan jiwa seninya. Pemberian syiar seperti ta’lim atau sejenisnya tidak akan efektif karena itu sangat jauh dari interest dan hobi mereka.  Lagi-lagi, syiar melalui interest dan hobi mereka merupakan cara terefektif untuk mendapatkan perhatian mereka. Seni dalam Islam itu ada banyak. Mulai dari Esay Islami sampai seni kaligrafi dapat kita tawarkan kepada mereka.  Sesuai dengan pandangan fiqh dakwah terhadap syiar, biarkan mereka mengenal terlebih dahulu islam itu lewat seninya, dan setelah itu barulah kita bentuk pola pikirnya pelan-pelan.

d. Aku adalah Mahasiswa Apatis dan Hedonis

Saat ini, mungkin kita akan menemukan banyak mahasiswa tipe ini. Mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang menikmati hidupnya. Belum ada cara event atau pelayanan syiar yang ampuh untuk menarik perhatian dan minat mereka. Syiar terbaik untuk mahasiswa tipe adalah dakwah pendekatan personal atau dalam istilah tarbiyah kita kenal dengan ‘dakwah fardiyah’. Dengan demikian, ikatan pertemanan ini akan jauh lebih efektif karena disana akan terbentuk rasa kepercayaan sehingga akan mempermudah kita dalam mengenalkan islam kepadanya.

5 thoughts on “Mewujudkan Syiar yang Mengakar Didalam Kampus

  1. Wah, menarik tuh Akh.
    Boleh tau nggak, nyurveinya pake variabel apa aja?
    Saya adalah salah satu penggerak dakwah kampus, dan siapa tau ini juga bisa dibuat untuk memetakan objek dakwah kami.

  2. asslm.
    wah.. tulisan2 mas ryan sangat membuka wawasan saya (yang bisa dibilang baru mencoba terjun..^^) soal dakwah kampus..
    syukran banget nih mas..
    semoga bisa lebih banyak sharing ilmu lagi..
    dan semoga lebih banyak ilmu soal dk yg bisa digali dari sini,,
    hehehe..
    wasslm.

  3. Assalamu’alaikum…
    Mas, tulisan2nya tentang marketing dakwah keren2 euy. Benar-benar membuka wawasan. Tapi kok gak diupdate lagi sih? Saya tunggu aja deh tulisan2 terbarunya tentang marketing dakwah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s