Internship Chevron 2009

Setelah lama mempertimbangkan, akhirnya saya putuskan akan ingin mengikuti program internship Chevron 2009. Program ini tidak hanya di set untuk kerja praktek semata, namun peserta program itu harus mengikuti proyek eksplorasi energi secara langsung dilapangan tempat kita berada.

Sebenarnya bagaimana sih program Internship Chevron ini? Kayaknya ada banyak yang bertanya. Untuk menjawabnya, saya akan memaparkan sedikit penjelasan yang saya dapat dan adopsi langsung dari website Chevron. Jadi bukan plagiat ya.

Engineering Internships

You can experience what it’s like to work with a leading-edge Chevron engineering team by participating in our engineering internship program. Most internships are offered during the summer, and we also offer some six-month assignments.

 Who We Hire

Internships are available for outstanding university students working toward a degree in one of the following:

  • Chemical engineering
  • Civil engineering
  • Electrical engineering
  • Mechanical engineering
  • Petroleum engineering

You can experience what it’s like to work with a leading-edge Chevron engineering team by participating in our engineering internship program. Most internships are offered during the summer, and we also offer some six-month assignments.

When you participate in Chevron’s engineering internship program, you’ll :

  • Gain hands-on engineering experience working on a marketing, exploration, production or refinery project, ranging from field support to
  • technology support.
  • Work directly with other engineers and professionals in a team environment and see how Chevron people work together to deliver success.
  • Develop your skills under the supervision and guidance of experienced professionals.
  • Use our internship program as a gateway to explore job opportunities with Chevron.

Bagaimana? Tertarik gak? Jadi program ini tidak hanya dikhususkan untuk seorang mahasiswa yang berasal dari Petroleum Engineering saja. Tapi jika kalian berasal dari Teknik Kimia, Teknik Geologi, Teknik Geofisika dan Teknik Mesin (bahkan jurusan yang lainnya juga) memiliki peluang untuk mengikuti program ini. Dan bagi kalian yang ingin menjadi seorang karyawan di perusahaan ini, maka program Internship ini merupakan batu loncatan proses yang harus kalian lakukan.

Proses seleksi yang haru lewati ada 4 tahap :

  1. Seleksi administrasi
  2. Seleksi Tes Aptitude
  3. Seleksi Wawancara
  4. Seleksi Tes Kesehatan

Dan dari 122 pendaftar program internship dikampus saya, tersisa 17 orang terpilih yang akan menjadi peserta program ini. Ketujuh belas orang ini terdiri dari 8 orang mahasiswa Teknik Perminyakan ITB, 1 orang mahasiswa Teknik Geofisika ITB, 5 orang mahasiswa Teknik Kimia ITB dan 3 orang mahasiswa Teknik Mesin ITB.

Program tahun ini dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari 8 juni 2009 hingga 31 agustus 2009 nanti. Semua peserta itu akan disebar ke 5 kota yang berbeda-beda. Ada yang di Jakarta, di Garut, di Sukabumi, di Riau, dan di Balikpapan. Dan kebetulan saya ditempatkan di kota Balikpapan sehingga bisa sekalian pulang kampung.

Saya sangat berharap tiga bulan ini akan menjadi bulan yang berat bagi saya, karena disamping menjadi peserta program Chevron ini saya tidak bisa membiarkan tanggung jawab saya dalam organisasi kampus terbengkalai. Merupakan PR yang sangat besar bagi saya untuk dapat memanajemen segala kegiatan saya dengan baik.

“DO IT SAFELY OR NOT AT ALL” (Chevron Quotes)


19 thoughts on “Internship Chevron 2009

  1. hallo mas Ryan..

    aku hitler sijabat, fakultas teknik geologi UNPAD 2007, aku sekarang lagi ikut internship Schlumberger bersama 13 temen lainnya (4 dari perminyakan ITB) di Balikpapan…

    aku pengen bngt ikut internship chevron…
    jadi aku minta informasinya donk mas….

    internship tu buat semester berapa???
    dan persyaratan lainnya apa aja??

    thanks before …..

  2. Halo mas Ryan, aku Tulus Imaro, PE ITB 07, aku skrng sudah pulang internship bersama teman ku yang nulis di atas dari Balikpapan,,,

    hahahaha …

    di atas itu temen satu rumah saya bang pas internship,,,
    (kocak juga ngeliat ada nama dia di sini)

    wah, selamat ya bang, bisa lolos internship chevron, semoga dengan internship Chevron ini, abang bisa menurunkan ilmu2nya ke adik2 di kampus, heheh …

    sukses bang!

  3. Oh,,kalian berdua sama-sama ikut Vacation Training Schlumberger ya..Wah bagus itu, konon katanya entar bakal dipermudah untuk masuk perusahaan itu kalau sudah lulus nantti loh..

    Doakan saja ya Tulus..Semoga saya bisa menurunkan ilmu-ilmu yang saya dapat untuk adik-adik perminyakan angkatan bawah saya semua..

    Tahun depan ikutan aja Internship Programnya Chevron..Gak bakal rugi loh.hehe..

  4. salam kenal bang
    saya anak baru d hmtm patra
    internship tuh macam apa sih bang?
    kok saya g tw
    bedanya sama KP apaan bang?
    trus itu bang tulus di tingkat 2 kok bisa itut internship gt gmana caranya bang?

  5. @ Fava
    Internship Chevron itu adalah semacam Campus Recruitment. Apa yang dilakukan sebenarnya hampir sama dengan apa yang dilakukan di KP. Bedanya dengan KP adalah Internship tidak memakai proposal, melainkan melalui seleksi. Waktu Internship pun cenderung lebih lama dari KP, yaitu 3 bulan. Adapun macam-macam seleksinya telah saya sebutkan diatas.

    Keuntungan Internship :
    – Batu loncatan untuk masuk Chevron (berbeda dengan KP) karena ada kontrak yang terikat
    – Dapat uang saku. Besarnya sesuai dengan kota dimana kamu akan ditempatkan.
    – Pelajaran yang kamu dapatkan akan lebih banyak daripada KP biasa karena kamu berada disana selama 3 bulan.

    Yang diikuti Tulus itu Training Vacation Schlumberger yang memang diperuntukan Mahasiswa tingkat 2. Untuk mengikuti Internship Chevron, minimal harus tingkat 3. Cara daftarnya adalah dengan mendaftar di kantor samping gedung GKU Timur. Tenang aja, nanti ada kertas pengumumannya kok.

  6. wah..salam kenal bang..ane dari mesin itb07 nh..mau tanya donk kalau untuk internship chevron pengumuman keterima atau ga itu bulan apa ya?? apa selain chevron ada perusahaan lain yang ngadain program internship?? thx bwt infonya..

  7. Hello Ryan,

    Saya dhito (berasal dari Indonesia), seorang mahasiswa 3rd year Mechanical Engineering di Universiti Putra Malaysia. Kebetulan selama liburan semester depan, dari 26 april sampai dengan 2 Juli (selama kurang lebih 10 minggu), saya diwajibkan untuk mengikuti program internship di sebuah perusahaan.

    Saya sangat tertarik untuk mengikuti program internshipnya Chevron. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan informasi dari seorang pegawai Chevron tentang OJT (On-the-Job-Training) yang disediakan oleh Chevron. Apakah OJT itu sama dengan KP atau Internship?

    Beberapa persyaratannya:
    Qualification:
    1. Level of degree:
    a) Diploma 1-3 & Polytechnics
    b) Bachelor Degree
    2. GPA: 2.75

    Requirement:
    1. Application Letter from University…
    2. OJT proposal (overview/background, objectives, action plan and timeline)
    3. Statement letter
    4. 1 copy of transcript
    5. 3 color photographs (3×4)

    Mohon informasinya mas Ryan, terimakasih

  8. saya faisal kuliah d ITS jur D3 teknik elektro.
    saya mahasiswa smster 4.
    Cara mendaftar Internship gmn??apakah ada peluang untuk D3? IpK saya cuma 3.23 ,apakah cukup?

    trima kasih

    mohon di balas

  9. mas saya kuliah di upn yogyakarta jurusan teknik kimia

    saya mau nanya caranya daftar internship/kp dari yogyakarta itu gimana cara daftar nya???

    bisa gak daftar dari yogyakarta…

    mohon bantuannya mas….

  10. assalamualaikum kak,
    salam kenal

    saya kuliah di uny yogyakarta jurusan elektro
    alumni smanza balikpapan juga🙂

    oya kak sya mau nanya
    untuk program internship apakah harus ada kerja sama dengan universitas tempat kita kuliah
    atau bisa dengan jalur lain?
    saya sangat tertarik untuk program ini
    mohon infonya y kak
    terima kasih

  11. salam kenal ya mas RYAN,,
    saya hardi,,kuliah di universitas muhammadiyah malang (teknik elektro s1),,asal daerah saya lawe-lawe (ppu-kaltim)…kurang lebih 1kilometer dari perusahaan chevron KLO (kalimantan operation on shore south area lawe_lawe terminal)…………….
    saya moe bertanya: KIRA-KIRA persyaratan apa saja yang diperlukan untuk OJT dichevron,,,selain itu bagaimana caranya agar OJT nya bisa ditempatkan di chevron lawe-lawe……..dan proposalnya dikirim ke alamat chevron lawe-lawe apa pasir ridge,,mohon penjelasannya dan bantuannya ya mas,,,,,

    penjelasannya bisa dikirim ke email m2s_hardy@yahoo.com
    dan kalau ada saya mau minta alamat email dan nomor telpon teman-teman mas RYAN yang pernah OJT di chevron lawe-lawe……..bisa dikirim ke email saya m2s_hardy@yahoo.com

    ”pengalaman adalah ilmu yg paling berharga,,dan memberikan bantuan adalah amalnya ”

    saya ucapkan terima kasih

  12. Halo Mas Ryan. Saya Tita dari Tekim, boleh minta kisi – kisi pertanyaan interviewnya Chevron Internship itu kira – kira seperti apa ya?

    Terima kasih. Wait for ur reply.

Leave a Reply

