Ryan Alfian Noor: Peserta Terbaik PPSDMS Angkatan IV Bercita-cita menjadi Menteri ESDM

Sumber : http://ppsdms.org/ryan-alfian-noor-peserta-terbaik-ppsdms-angkatan-iv-bercita-cita-menjadi-menteri-esdm.htm

Prestasi memang kata yang lekat dengan sosok Ryan Alfian Noor, salah satu peserta terbaik PPSDMS Angkatan IV. Mahasiswa Teknik Perminyaan ITB angkatan 2006 kelahiran Balikpapan 10 Januari 1989 ini adalah peserta terbaik dalam Evaluasi Semester I yang lalu dengan skor 86,73, di samping 3 kali menjadi “Regional Young Leader of the Month” (Oktober dan Desember 2008, Maret 2009) serta 2 kali “National Young Leader of the Month” (Oktober 2008 dan Maret 2009). Di samping itu, putra Bapak Syafran Napiah dan Ibu Lina Kurniawan ini juga meraih “Dean List Award” Fakultas Teknik Perminyakan ITB, penghargaan untuk mahasiswa yang meraih IP di atas 3,5 selama tiga tahun berturut-turut, 2006, 2007 dan 2008.

Ryan memang selalu ingin menjadi yang terbaik. Di blog pribadinya (ryanalfiannoor.wordpress.com) tertulis, “aku memimpikan bahwa aku akan menjadi peserta PPSDMS yang terbaik setidaknya untuk semester pertama ini. Dengan kekuatan law of attraction yang aku punya, aku coba lewati hari-hari perjuanganku di asrama ini dengan semangat jiwa, pikiran, dan raga yang membara.” Membaca buku-buku motivasi semacam The Law of Attraction memang salah satu kegemaran Ryan, di samping olahraga lari dan fitnes, makan nasi padang dan brownies kukus, serta minum jus alpukat dan susu.

Menurut Arief Munandar, Manajer Program PPSDMS yang menjadi evaluator Semester I, salah satu keunggulan yang membuat Ryan meraih skor tertinggi adalah kejelasan life plan yang ia miliki, konsistensinya menurunkan life plan ke dalam rencana bulanan dan pekanan, serta disiplin yang tinggi dalam menjalankan rencana tersebut. Ryan juga terbiasa menetapkan standar yang lebih tinggi bagi dirinya dibandingkan yang diwajibkan. Membaca dua buku dan mengikuti dua seminar dalam satu bulan, misalnya, merupakan standar pribadi Ryan, walaupun PPSDMS hanya meminta membaca satu buku dan mengikuti satu seminar sebulan.

Ryan mencanangkan cita-cita menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai bentuk kontribusinya untuk kebaikan umat dan bangsa. Namun ia sadar betul bahwa cita-cita besar itu dimulai dari langkah konkrit hari demi hari. Untuk itu, Ryan yang sekarang aktif sebagai salah satu Kepala Sektor di Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB merencanakan untuk aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) ITB, di samping menjadi Asisten Laboratorium Lumpur Pengeboran, yang merupakan ilmu yang tergolong sulit di jurusannya. Dalam waktu dekat Ryan juga sedang berupaya untuk berpartisipasi dalam International Petroleum Technology Conference bulan Desember 2009 di Doha, Qatar, di samping menuntaskan penulisan bukunya yang pertama tentang Syiar Dakwah Kampus.

Ryan Alfian Noor, salah satu peserta terbaik PPSDMS Angkatan IV, telah menunjukkan langkah-langkah konkrit mendulang prestasi sebagai modal meniti jalan mewujudkan Indonesia baru yang lebih baik dan bermartabat. Bagaimana dengan Anda? [am]

5 thoughts on “Ryan Alfian Noor: Peserta Terbaik PPSDMS Angkatan IV Bercita-cita menjadi Menteri ESDM

  1. yah, kalo yang terbaiknya aja ‘cuma’ pengen jadi menteri ESDM, yang lain jadi apa?
    apalagi saya… T.T

    gak pengen jadi yang terbaik di negeri ini, kang? ^^v

  2. Ooo… SubhanaLlah, jadi itukah power antum?
    Selama ini, saya merasa cocok dengan blog anda (Meskipun sebenernya saya cuma ‘kesasar’ aja.. Saya dapat alamat ini dari Hidayatus Syufyan) karena saya merasa isi blog ini sangat mirip dengan saya.
    Seringkali anda menulis hal-hal yang sebenernya sudah ada di pikiran saya, seperti planning hidup dan sebagainya.
    Tapi sekarang baru saya sadari bahwa ternyata yan g membedakan kita adalah :
    Anda memiliki komitmen serta konsisten dengan plan anda, sedangkan saya tidak.
    Well, pelajaran yang sangat bagus buat saya ^_^.

  3. yah,, saya akan lihat sekonsisten dan sekuat apa saudara kita ryan melaksanakan langkah-langkah kongkritnya untuk membangun bangsa ini,,

    mudah2an dia bukan termasuk sebagian besar mahasiswa I** yang hanya bisa bermimpi tanpa bisa memulainya dan mewujudkannya..

  4. Assalammu’alaikum. wr.wb..

    Dear my fren…

    Hmmm…..so…this is one of many reasons that U want me to view Urs??

    W-O-W, SUBHANALLAH……

    I just can said it…
    Let we C, how consisten u r in ur track.
    Kept it move in ur own..
    Fight!

    Assalammu’alaikum. wr.wb

Leave a Reply

