Obama – Ontel Balikpapan Mania –

Tanggal 14 juni 2009

Hari Kedua di Kota Balikpapan.

.

Pagi ini, setelah mengantar Alvin dan Ferry ketempat tinggalnya masing-masing di Jalan Jendral Sudirman Klandasan Balikpapan, aku mengajak mereka berdua ke Plaza Balikpapan dengan berjalan kaki. Ya sambil menceritakan bagaimana sih kota Balikpapan sebenarnya, aku dan kedua teman-temanku melihat beberapa sepeda yang berlalu lalang di pinggir jalan. Awalnya aku biasa saja. Tapi karena kejadian itu terus berulang, akhirnya otakku mulai mencoba berpikir, jangan-jangan di kota ini memang telah ada perkumpulan pemakai sepeda ontel.

Aku menghentikan langkahku sejenak memperhatikan lalu lalang pemakai sepeda itu kembali. Baju mereka hampir sama. Mereka memakai kaos oblong, tampak ada semacam lingkaran didepan kaos oblong mereka. Aku pikir itulah logo dari perkumpulan mereka. Dan dibawah lingkaran itu, terdapat tulisan yang cukup besar, yang dapat dilihat pada jarak 10 meter.

OBAMA -Ontel Balikpapan Mania-

Wow, subhanallah. Ternyata ada toh perkumpulan pemakai sepeda ontel di kota ini. Padahal 8 bulan lalu sebelum kutinggalkan kota ini untuk kuliah di ITB, mana ada perkumpulan pemakai sepeda ontel seperti itu.

Ternyata kesuksesan Barrack Obama menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang keturunan kulit hitam membuat banyak orang terkagum-kagum, tidak hanya bagi warga negara amerika sendiri tapi juga warga negara yang ada di belahan dunia lain. Presiden yang pernah menjalani masa kecilnya di kota Jakarta tentu juga membuat sebagian orang Indonesia merasa bangga. Setela mencari referensi di internet, akhirnya kudapatkan sejarah terbentuknya Obama ini. Sebagai bentuk kenang2an untuk kesuksesan Obama sekumpulan penggemar ontel di kota Balikpapan pada tanggal 1 januari 2009 membentuk OBAMA alias Onthel Balikpapan Mania.

Anggota OBAMA yang telah terkumpul kurang lebih 30 orang dengan rutinitas ngontel setiap hari sabtu dan minggu sore dengan rute keliling dari Jl. Sudirman, Stalkuda, Jl. A. Yani, Karang Jati, Jl. Minyak dan finish di Lap. Merdeka. Sekretariat OBAMA berkedudukan bukan di Gedung Putih tapi di Jl. Jend. Sudirman RT 40 No. 56 Stalkuda – sebelah Balikpapan Super Block (BSB).

Berikut sedikit cuplikan gambar-gambarnya :

Dan ini cuplikan gambar artikel di korannya :

Sebenarnya adanya OBAMA ini mempengaruhi kota Balikpapan secara umum. Ada akibat positif dan negatifnya. Akibat positifnya adalah semakin berkurangnya pengguna kendaraan bermotor di kota Balikpapan. Akibat turunannya lagi adalah berkurangnya tingkat polusi udara akibat kendaraan dikota Balikpapan. Akibat negatifnya adalah penyempitan jalan raya akibat terjadinya ‘pembagian’ jalan antara pengguna motor, mobil, dan sepeda ontel sehingga kemacetan pun rawan terjadi pada jam kerja.

Terlepas itu semua, saya cukup bangga dengan terobosan WaliKota Balikpapan, Bapak Imdad Hamid,  untuk melakukan penghijauan di kota ini. Saya dapat fahami bahwa semua itu butuh proses, sama seperti fenomena perkumpulan pemakai sepeda ontel ini. Mudah-mudahan beberapa tahun kedepan sudah ada jalur khusus sepeda seperti jalan yang ada di negeri Sakura sana.

Salam inspiratia.

7 thoughts on “Obama – Ontel Balikpapan Mania –

  1. wah Kang Ryan, saya Mewakili angota OBAMA ( Onthel Balikpapan Mania) mengucapkan banyak2 terima kasih atas ceritanya, kapan nih balik ke Balikpapan biar bisa gabung OBAMA buat keliling2 kota Balikpapan Tercinta Kang, OBAMA menerima Dengan kedua tangan terbuka Kang, Telp Rio (0542-7140211) aja Kang Kalau mau, sepeda Onthel kita Sediakan Kang, salam Hangat dan Terima Kasih Buanyak Dari ” OBAMA “

  2. Mas,saat ini saya tinggal di balikpapan. saya beberapa kali lihat rombongan sepeda onthel di jl.Sudirman. Saya sangat tertarik ingin punya sepeda onthel.apa bisa dibantu mencarikan sepeda onthel,spy saya bisa bergabung dgn obama balikpapan.Thanks.

  3. subhanallah,,, sedikit pengalaman sangat bangga kenal sama bapak ketua, wakil ketua, dan teman2 Obama lainnya. sangat baik dan ramah, terimakasih sudah mau ngebantu tugas kuliah saya. jadi pengen ikut acara Obama lagi ni🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s