Mau Tahu Gaji Karyawan Perminyakan Indonesia?

Indonesia punya banyak ladang minyak dan gas, baik yang sudah, sedang, maupun yang belum tereksplorasi dan tereksploitasi. Walau penemuan cadangan minyak di dunia menurun secara signifikan, konon, cadangan minyak di Indonesia masih cukup besar dan belum terjamah.

Tak pelak, potensi ini mengundang banyak perusahaan minyak dan gas (migas) asing untuk berbondong-bondong berinvestasi di Indonesia. Ujung-ujungnya, lapangan pekerjaan buat sektor ini juga menjadi terbuka. Tapi sebenarnya, bagaimana sebetulnya salary dan benefit yang diperoleh untuk pekerjaan di sektor migas ini? ( yang kerja di indonesia lo ya…. )

Ini data 2 – 3 tahun yang lalu ya juragan,, ya kira2 naik 1- 3 juta lah dari yang dicantum dibawah. Tulisan ini saya buat pada tahun 2009 dan mungkin saat Anda membacanya setiap perusahaan migas telah melakukan perubahan gaji sesuai dengan keadaan produksi perusahaan tersebut dan kenaikan gaji setiap tahunnya.

Jika ingin mengetahui besaran gaji yang relevan sesuai dengan tahun Anda membaca, Anda bisa menghitung secara konservatif setiap tahun gaji yang tertulis dibawah akan naik 6-8% (asumsi dasar saya berdasarkan tingkat inflasi negara kita).

Chevron
Fresh graduate umumnya masuk di tingkat 18A

chevron

China National Offshore Oil Corporation (CNOOC)
Fresh graduate masuk ke CNOOC pada level 19

CNOOC

ConocoPhillips
Fresh graduate biasanya masuk di level 12.

copy

ENI
Fresh graduate biasanya masuk pada tingkat ke 8

ENI

Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company (KUFPEC)
Fresh graduate masuk di level 9.

KUFPEC

Pertamina
Fresh graduate ada di level 8

Pertamina

Star Energy
Fresh graduate biasanya masuk pada entry level ke 8

star energy

Tately N.V.
Fresh graduate masuk di level 7

tately

Total S.A.
Fresh graduate masuk di level 10

TOTAL SA

Sumber : Kaskus

Bagi kawan-kawan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang serba-serbi di dunia Migas, bisa dilihat pada tulisan berikut:

***

bagi kawan-kawan yang ingin request artikel atau bertanya lebih dalam tentang dunia perminyakan, bisa juga follow saya di twitter: @ryanalfiannoor