The True Silent Hero Of Indonesia : Budi Soehardi

Mungkin kejadian ini telah satu bulan berlalu. Bulan dimana nama Budi Soehardi mencuat setinggi-tingginya dimata dunia, pada saat dia berada dalam jajaran sepuluh besar CNN Top Heroes 2009. CNN Top Heroes 2009 adalah acara bergengsi CNN Amerika berupa penghargaan kepada orang-orang yang tersebar di dunia karena dedikasinya yang sangat luar biasa. Budi Soehardi terpilih dari 9000 kandidat dari 100 negara. Terlepas dari menangnya ia sebagai juara pertama atau tidak, seharusnya kita bangga memiliki seorang Budi Soehardi sebagai salah satu pahlawan kesunyian (silent hero) yang telah mengukir prestasinya dimata dunia dan Tuhan.

Tapi siapa sebenarnya Budi? Dari berbagai media yang telah saya rangkum, beginilah kisah kepahlawanan Budi dimulai. Budi Soehardi adalah seorang pilot Indonesia berusia 53 tahun yang tinggal di Singapura. Isterinya bernama Peggy dan mereka punya tiga orang anak. Tahun 1999, sebuah laporan berita mengenai situasi di Timor Timur mengilhami Soehardi untuk mengambil tindakan. Saat itu, Soehardi sedang makan malam dan menonton CNN dengan istri dan keluarga di rumah di Singapura, ketika ia melihat nasib para pengungsi Timor Timur melarikan diri untuk Timor Barat, Indonesia. Keluarga yang tinggal di kardus, anak-anak mengenakan kain untuk pakaian, dan sanitasi tidak ada.

Kondisi masyarakat semakin miskin akibat konflik di Timor Timur yang muncul setelah warga memberikan suara untuk kemerdekaan dari Indonesia. Setelah pemilihan, milisi – dengan dukungan dari pasukan keamanan Indonesia – meluncurkan kampanye kekerasan di seluruh wilayah. Ratusan orang Timor Timur tewas, dan sebanyak 250.000 orang mengungsi dari rumah mereka, menurut Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, UNHCR. Sebelumnya, Soehardi dan keluarga telah berencana untuk mengambil liburan, tapi setelah menonton berita itu, mereka memikirkan kembali rencana mereka itu.

Dia pun mulai berkoordinasi mengenai sumbangan keuangan, makanan, pakaian dan persediaan. Dengan bantuan dari teman-teman, relawan, Soehardis berhasil mengumpulkan lebih dari 40 ton makanan, obat-obatan dan peralatan mandi untuk dikirimkan ke kamp-kamp pengungsi dan daerah konflik di Timor Timur. Soehardi kemudian menentukan Timor Barat sebagai ruang bagi anak yatim piatu. “Istri saya awalnya meminta saya untuk membangun tiga kamar. Lalu dua jam kemudian ia [meminta untuk] lima kamar, dan kemudian sembilan kamar dan akhirnya, gedung panti asuhan.” Mereka menyelesaikan pembangunan panti asuhan mereka dalam 11 bulan dan menamakannya Panti Asuhan Roslin (Roslin Orphanage).

Pada bulan April 2002, panti asuhan membuka dan menyediakan rumah bagi empat orang anak. Sejak saat itu tempat tinggal telah diperluas untuk menyediakan pendidikan gratis, pakaian, perumahan dan makanan untuk 47 anak-anak dari segala usia, bayi yang baru lahir hingga anak yang sudah mulai sekolah di universitas. Sekitar setengah dari penghuni pantia asuhan, usianya di bawah 8 tahun. Bagi mereka, tidak ada perbedaan antara anak biologis mereka dengan anak-anak yang tinggal di panti asuhan. Mereka semua mendapatkan ruang hidup bersih, vaksinasi, makanan, pakaian dan vitamin. Anak-anak ini dianggap bagian dari keluarga mereka.

***

Budi Soehardi adalah mutiara bangsa ini. Mungkin masih banyak mutiara silent hero lainnya yang tersebar diseantero nusantara kita. Ada banyak kisah kepahlawanan yang tak tersampaikan oleh catatan sejarah manusia. Dan sebenarnya mereka pun tidak mengharapkan hal demikian. Bagi mereka, cukuplah Tuhan yang nanti mencatat amalnya hingga nanti dapat dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Bangsa kita masih memerlukan pahlawan-pahlawan baru. Pahlawan yang tidak memerlukan popularitas, bingkisan, apalagi sekedar ucapan terima kasih. Kini yang jadi pertanyaan, maukah kita menjadi bagian dari mutiara bangsa Indonesia? Anda sendiri yang bisa menjawabnya.

..

Ah, sungguh nikmat menjadi “lebih”

Namun salahkah ketika aku hendak bersyukur

Saat aku melihat kebawah

Dan disana aku menoleh

Bahwa masih banyak orang yang “kurang”

Menanti uluran kepahlawanku

One thought on “The True Silent Hero Of Indonesia : Budi Soehardi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s