Cinta Seseorang

Cinta. Tugas utamanya adalah membantu membuka jati dirinya.  Tugas utama lainnya adalah membantu orang lain menjadi kuat dan menyempurnakan dirinya sebagai pribadi yang unik.  Dia akan melakukan yang terbaik dengan memberikan semua orang kesempatan untuk menyatakan perasaannya, memperlihatkan aspirasinya dan membagi mimpinya.

Cinta. Dia harus melihat kekuatan yang disebut “jahat” sebagai berasal dari orang yang menderita, yang seperti dirinya, adalah “manusia” dan di dalam proses untuk menyempurnakan dirinya.  Dia harus memerangi kekuatan jahat melalui cinta yang aktif yang sangat memperlihatkan dan berkepentingan pada setiap pencarian bebas seseorang untuk menemukan diri.  Dia harus percaya bahwa bukan dunia yang jelek, pahit dan merusak, tapi ini adalah apa yang manusia telah perbuat kedunia yang membuatnya kelihatan seperti itu.

Cinta. Dia harus menjadi model. Bukan model kesempurnaan, keadaan yang tidak sering tercapai oleh seseorang, tapi suatu model manusia. Untuk menjadi manusia yang baik adalah hal terbesar yang dapat dicapainya. Dia harus dapat memaafkan dirinya untuk menjadi kurang dari sempurna.  Dia harus mengerti bahwa perubahan adalah tidak dapat dihindari dan ketika perubahan dituntun oleh cinta dan kesadaran diri, selalu baik.

Cinta. Dia harus diyakinkan bahwa perilaku, untuk dipelajari, adalah untuk dilakukan.  Menjadi adalah melakukan. Dia belajar bahwa dia tidak dapat dicintai oleh seluruh orang.  Itu adalah ideal.  Dalam dunia manusia itu jarang ditemukan.  Dia dapat menjadi plum terbaik di dunia, besar, banyak airnya, manis, lezat dan menawarkan dirinya untuk semua.  Tapi dia harus ingat bahwa akan ada orang yang tidak menyukai plum.

Cinta. Dia harus menyadari bahwa jika memilih menjadi pisang kelas dua, dia mengambil resiko bahwa orang yang dicintainya menemukan dirinya kelas dua, dan karena menginginkan yang terbaik membuangnya.  Dia dapat kemudian menghabiskan hidupnya berusaha menjadi pisang yang terbaik, yang tidak mungkin karena dia adalah plum atau dia dapat lagi menjadi plum terbaik.  Dia harus berusaha untuk mencintai seluruh orang meskipun dia tidak dicintai oleh mereka. Dia tidak mencintai untuk dicintai, dia mencintai untuk mencinta.

Cinta. Dia harus tidak menolak seorangpun, karena dia menyadari bahwa dia adalah bagian dari setiap orang dan menolak meskipun satu orang, berarti menolak dirinya sendiri.  Dia harus tahu bahwa jika dia dicintai oleh kebanyakan orang dan di tolak oleh seseorang, dia tidak harus patah arang dalam takut, terluka, kecewa atau marah.  Itu bukan kesalahan orang tersebut.  Dia tidak siap akan apa yang ditawarkan.  Cinta tidak siap untuk apa yang ditawarkan.  Cinta tidak ditawarkan padanya dengan syarat.

Cinta. Dia memberikan cinta karena dia beruntung bisa memberi, karena dia senang memberi bukan untuk apa yang dia akan peroleh sebagai balasannya.  Dia harus mengerti bahwa, jika dia ditolak dalam suatu cinta terdapat ratusan lainnya menunggu cinta.  Ide bahwa hanya ada satu cinta yang benar adalah penipuan.  Terdapat banyak cinta yang benar.

Kutipan tulisan diatas, aku ambil secara tidak sengaja dari buku “MIGAS DAN ENERGI DI INDONESIA” yang disusun oleh dosen teknik perminyakan aku, Prof. Dr.  Widjajono partowidagdo.  Beliau mengutip salah satu puisi Dr.  Leo Buscalgia dalam bukunya yang berjudul “LOVE”.

Aku tidak menyangka, ternyata ada profesor program studiku yang romantis dan sederhana mengungkap cinta seperti ini.  Aku tidak hanya belajar apa itu kebijakan migas, tapi aku juga belajar apa cinta. Tapi entahlah, sampai detik ini aku masih berdiam tak bergerak. Bertanya dan terus bertanya bagaimana merasakan cinta.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s