Bicaralah Pada Kami

Bicaralah kepada kami perihal cinta

Dan kemudian dia dengan anggunnya berkata bahwa jika cinta mengajakmu, ikutilah dia,meskipun jalannya sulit dan curam. Dan ketika sayap-sayap merangkulmu menyerahlah padanya, meskipun pedang yang terselip di ujung sayap itu akan melukaimu.

Bicaralah kepada kami tentang kerja

Dan ia berujar bahwa kau bekerja agar bisa mengikuti langkah bumi dan jiwa bumi. Sebab jika kau menganggur saja kau akan menjadi asing dalam segala musim, dan melangkah keluar dari perjalanan kehidupan, yang bergerak maju dalam penyerahan diri yang tak terbatas.

Bicaralah kepada kami tentang suka dan duka

Dan dia pun berkomat-kamit bahwa sukamu adalah dukamu yang dilepas topengnya. Tawamu pun seringkali muncul bersama air matamu. Semakin dalam duka terukir dalam hatimu, semakin banyak suka yang bisa ditampungnya. Sesungguhnya kau naik-turun bagaikan timbangan antara duka dan sukamu.

Bicaralah kepada kami tentang kemerdekaan

dan dia masih bertahan seraya bertutur bahwa kau hanya bisa merdeka ketika hasrat untuk merdeka menjadi manfaat bagimu dan ketika kau berhenti bicara mengenai kemerdekaan sebagai tujuan dan kepuasan. Kau akan bebas jika hari-harimu penuh kasih saying dan malam-malammu tanpa keinginan dan kesedihan.

Bicaralah pada kami tentang akal dan hawa nafsu

Dan ia pun menjawab bahwa jiwamu sangat sering merupakan medan pertempuran, tempat akalmu dan rasa keadilanmu berperang melawan nafsu dan hasratmu. Akalmu dan nafsumu menjadi kemudi dan layar dari jiwamu yang mengarungi samudra.

Bicaralah pada kami tentang kesadaran diri

Dan ia pun memekak suara bahwa hatimu dalam hening mengetahui rahasia hari dan malam. Tetapi telingamu haus akan suara dari apa yang diketahui hatimu. Kau bisa mengucapkan apa pun yang ada dipikranmu. Jari-jarimu akan menyentuh sosok seutuhnya dari mimpi-mimpimu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s