Tentang Makna “Riang”

Riang. Keriangan selalu menjadi karakter seorang anak. Dengan keriangan, segala sesuatunya berjalan menyenangkan dan ringan. Makanya anak kecil selalu banyak tersenyum dan tertawa. Iya, memang anak kecil juga sering menangis. Tapi itu bukan apa-apa. Itu hanya selintas bentuk ekspresi kekecewaan mereka pada orang dewasa karena mereka belum mengerti bagaimana cara berbahasa yang baik. Mereka tidak peduli apakah mereka berada di tempat umum atau tidak, tetapi orang dewasa mestilah belajar dari mereka tentang makna keberanian.

Waktu yang terus berdenting menggerus porsi keriangan manusia. Kompleksitas masalah, kesibukan, dan berbagai tekanan dari segala penjuru membuat seorang manusia menjadi berpikir picik, stres, dan menerabas berbagai persoalan tanpa pertimbangan yang matang. Ah, dimana letak keriangan kamu manusia? Bukankah keriangan itu adalah buah dari beratnya kehidupan manusia. Apakah kamu lupa kehidupanmu dimasa kecil lalu? Saat kamu selalu riang ketika kamu jatuh dari sepeda, saat kamu selalu riang ketika salah menjawab pertanyaan ibu guru, atau bahkan ketika kamu selalu riang untuk mengakui kesalahan pada orang tuamu.

Tampaknya benar pemikiranku. Manusia dewasa tidak bisa menciptakan keriangan sendiri didalam dirinya. Mereka perlu orang lain untuk membuat mereka riang kembali. Mereka merasa ada aliran energi mayapada yang mengalir pada mereka, sehingga keriangan mereka menjadi bangkit kembali. Memang begitulah manusia apa adanya. Jika tak ada kata “riang”, mereka akan mati dalam pundung-pundung sedih kesendiriannya. Makanya, riang adalah satu kata yang kunanti di dunia ini.


One thought on “Tentang Makna “Riang”

  1. riang.

    selalu ada,
    jujur.
    ikhlas.
    syukur.

    temukan saja pada di kedalaman matanya..
    seorang anak.

    >seandainya saja, yang merasa dewasa mau sedikit belajar dari yang mereka anggap kecil. ah, anak2 itu selalu saja mampu menoreh senyum ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s