Hidup Penuh Energi

Walah, aku sedih sekali melihat banyak manusia di dunia ini yang hidup tanpa sebuah gairah. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa jumlah orang yang sukses selalu sedikit sekali. Kesuksesan selalu terpancar lewat gerak-geriknya setiap hari, yang merupakan manifestasi dari hidup penuh energi.

Hidup ini memang naik turun. Kadang merasa semangat, kadang merasa bosan hidup. Namun, ada caranya agar hidup tetap berenergi dan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Kelola stres dengan efektif. Stres yang menetap dapat mengikis rasa percaya diri dan energi Anda. Jika stres bisa dikelola dengan baik, pikiran dapat bebas berkreasi dan energi pun tidak habis terbuang.

Berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Berolahraga menjaga kebugaran tubuh lebih baik dan membantu mempertahankan berat badan ideal. Tanpa olahraga, pikiran akan menjadi malas.Kembangkan hubungan yang sehat. Mereka yang mempunyai ikatan keluarga yang dekat lebih sedikit kemungkinan untuk sakit dan mereka mengalami penyembuhan yang lebih baik ketika sakit. Memiliki hubungan yang berarti dapat menggairahkan seseorang dalam kehidupan rutinnya.

Ambillah waktu untuk istirahat yang cukup. Jangan biarkan tekanan hidup menguras energi Anda.Hindari kelelahan. Lakukan tidur yang rutin dan cukup. Nikmati hari libur di akhir minggu untuk beristirahat dan memperbaharui diri. Pertahankan keseimbangan dalam hidup. Hidup yang tanpa keseimbangan dapat membuat Anda sedih, stres, dan tegang. Sedangkan hidup yang seimbang akan memberikan ketenangan, kedamaian, dan energi baru untuk hidup.

Konsumsi makanan yang kaya antioksidan. Gandum, buah dan sayur (terutama yang berwarna) mengandung sejumlah fitokimia yang membantu kesehatan. Kandungan terbanyaknya adalah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kanker, penyakit jantung dan penuaan. Mereka yang mengonsumsi makanan yang kaya serat juga cenderung memiliki lebih banyak energi.

Pelihara spiritual Anda berdasarkan keyakinan yang dianut. Melihat bagaimana Tuhan bekerja dapat membangun rasa percaya diri. Kehidupan beragama yang dinamis dan sering membantu mereka yang membutuhkan akan menggairahkan hidup seseorang. Menjaga asupan cairan. Dehidrasi ringan ternyata dapat mengganggu fungsi kognitif seperti konsentrasi, kesadaran, dan memori jangka pendek. Retensi cairan juga dihubungkan dengan peningkatan sakit kepala dan kelelahan, perhatian, dan koordinasi. Pemberian cairan yang cukup akan membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kesadaran mental.

Membaca buku umum secara kontinu. Dengan membaca buku, wawasan Anda akan semakin bertambah, apalagi jika di simultankan dengan aplikasinya di dunia nyata. Membaca buku jangan dijadikan sebagai rekreasi otak semata, karena tidak akan bertransformasi menjadi energi. Biasakan, setiap bulan paling minimal membaca satu buku. Tentunya harus diselingi  dengan genre yang berbeda-beda setiap bulannya agar tidak mudah bosan. Dengan demikian, setiap bulan Anda pasti akan mendapatkan sebuah pengetahuan baru dibanding Anda menghabiskan didepan komputer untuk bermain saja.

Tantang diri Anda dengan sesuatu yang baru. Kehidupan akan terasa sangat membosankan jika Anda melakukan sesuatu yang berulang terus-menerus. Sekali-kali lakukanlah hal yang baru. Misalnya Anda bisa berkeliling kota di waktu senggan Anda, Anda bisa belajar tae kwon do ketika Anda sudah memiliki kebiasaan olah raga yang baik, berenang di pagi hari, atau naik ke puncak gunung. Segala hal yang baru akan mewarnai kehidupan Anda menjadi lebih berenergi.

Jagalah jadwal teratur. Gaya hidup yang tidak teratur dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan akuitas mental, gangguan konsentrasi, dan mudah terganggu. Ikut jadwal yang teratur dapat membantu menjaga mental Anda segar dan terjaga.Proaktif dalam mencegah penyakit. Ambillah tanggung jawab pribadi untk kesehatan anda sendiri. Lakukan pemeriksaan kesehatan dan gigi secara teratur. Anda akan merasa jauh lebih baik ketika anda memiliki kendali terhadap kesehatan Anda.

*

Diambil dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s