Tentang Makna “Cerdas”

Aku harus jujur, ini adalah bagian yang sulit. Memakna sebuah kata cerdas tidak semudah membalik telapak tangan, atau sekedar mengedipkan sebuah mata. Ini sebuah kata yang abstrak, unik, dan kompleks. Tetapi aku ingin menyederhanakannya seperti menyederhanakan sebuah persoalan rumit. Semua manusia ingin memaksimalkan, mengoptimalkan, dan memperkuat apa yang ia punya  bukan? Jikalau memang benar demikian, berarti tepat olehku bahwa barang siapa yang bisa melakukannya, dialah yang disebut-sebut sebagai seorang yang cerdas.

Cerdas memang dekat dengan pikiran. Namun hal itu belumlah cukup. Cerdas pikiran harus berpayung pada hati dan bernaung pada jiwa. Artinya, kecerdasan harus berimbang pada tiga poros yang membangun kehidupan manusia: pikiran, emosi, dan spiritual. Makanya, hal itulah yang membuat seorang ibu mampu bertahan saat melahirkan anaknya, membuat seorang ayah mampu berkutat untuk terus membanting tulang, mampu membuat seorang wanita tegar melawan hati atas pikirannya, atau mampu membuat pria selalu bertahan pada apa yang diharapkannya.

Begitulah kisah tentang makna sebuah kata “cerdas”. Siapapun manusia di dunia ini pasti selalu ingin memaksimalkan kecerdasannya, termasuk aku, kamu, dia, kami, ataupun mereka. Sebuah kecerdasan seseorang dapat menginsepsi kecerdasan orang lain. Maksudnya seperti ini, kecerdasan satu orang dapat berelaborasi kecerdasan satu orang lainnya ketika mereka tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Sungguh indah bukan, ketika ada seseorang yang cerdas bisa menemanimu di dunia ini? Makanya, cerdas adalah satu kata yang kunanti di dunia ini.

2 thoughts on “Tentang Makna “Cerdas”

  1. cerdas itu,orang yg bisa masuk syurga,,itulah sebenar-benarnya cerdasnya manusia. karena IQ 200,IP 4 atau teori E=MC kuadrat blm tentu bisa mengentarkan org ke sana. maka aku rasa menanti orang cerdas di dunia ini buatku itu susah karena aku belum tau apakah dia masuk syurga atau g. yang ada di dunia ini adalah membuat kecerdasan bersama-sama,terintegrasi menjadi suatu energi yg besar untuk memberi dan menginspirasi sehingga menjadi batubata untuk menuju pintu2 syurganya allah.

  2. sungguh, tak ada yang benar2 tahu apa yang tertulis untukmu sebelum benar2 terjadi…

    dan untukku mereka yang cerdas, dengan cinta, harapan, dan rasa takut pada Sang Sutradara Hidup merencanakan setiap langkahnya untuk sebuah -kehidupan tak berbatas- karena ia tahu tujuannya dan mana yang jauh lebih penting =)

    cerdas. mengoptimalkan yang diberi untuk memberikan kemanfaatan yang jauh lebih besar…untuk sebuah akhir yang indah..

    carpe deiem v^_^v

    *seandainya semua orang tahu ending sebuah cerita, mungkin ga akan pernah ada usaha..(waktu itu aja ada yang nanya ke Rosulullah kenapa beribadah padahal udah dijamin masuk syurga)itulah yang akan membedakan mereka yang cerdas*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s