Kosan Baru, Semangat Baru

“Gunakan Waktu Anda untuk melakukan hal-hal terbaik yang Anda bisa, kalau tidak Anda tidak akan punya waktu untuk melakukannya”

Haah, akhirnya saya bisa ngeblog lagi. Setelah sekian lama vacum dari dunia blog, akhirnya bisa juga jari-jari ini menari diatas tuts laptop saya kembali. Maklum sih, beberapa minggu ke belakang sibuk memindah-mindahkan barang dari asrama PPSDMS ke kosan baru saya  yang tidak terletak jauh dari asrama saya. Itu baru satu hal. Hal lainnya yang membuat saya sulit untuk kembali menggandrungi blog ini adalah karena kesulitan untuk berselancar internet. Tapi semua hal tadi sudah beres, kamar kos beres dan saya pun sudah beli modem sendiri (hehe..berkat nabung sedikit demi sedikit), jadi saya bisa kembali mengisi lembaran-lembaran pengalaman saya didalam blog ini dengan tenang.

Enaknya mulai dari mana ya? Hmm…Yang paling enak adalah dimulai dari sini. Saya ingin mengucapkan Selamat Datang Bulan Agustus pada Anda semua, atau yang sering disebut dalam bahasa Prancis dengan Bienvenue à août. Bagi Anda yang memiliki rencana tahunan pada tahun 2010, perlu saya ingatkan bahwa saat ini Anda harus mulai mengevaluasi tengah tahun lebih dua bulan target-target Anda. Paling minimal, Anda bisa menghitung, memilih, dan juga memilah mana-mana yang bisa dilanjutkan dan mana-mana yang tidak usah dilanjutkan, atau setidaknya disesuaikan.

Oh iya, bagi saya, punya kosan baru itu seperti membuka semangat baru loh. Percaya atau tidak, suasana kamar baru, tata letak rumah, artistik kamar, dan beberapa pernak-pernik lainnya membuat aura dan nuansa-nuansa yang memompa adrenalin saya untuk senantiasa bergerak dinamis. Tapi sayang, menurut pengalaman saya dan beberapa teman yang telah saya amati, semangat ini tidak akan bertahan lama kalau tidak didukung lingkungan sekitar yang baik. Maka tidak salah kalau slogan “dari Anda, untuk Anda, dan oleh Anda” tepat dipadankan untuk Anda-Anda yang tinggal di rumah kos. Pasalnya, kehidupan Anda ditentukan oleh Anda sendiri. Mau baik atau buruk semua tergantung oleh kemauan dan ketahanan Anda. Nah untuk itulah, saya akan berikan sedikit tips dan trik untuk menjaga energi dan semangat agar Anda tetap produktif dalam berkarya dan bekerja.

1. Pastikan Anda memiliki jadwal yang pasti untuk membersihkan kamar

Siapapun pasti dengan kamar yang bersih, baik pria maupun wanita. Untuk itu, pastikan Anda selalu memiliki jadwal membersihkan kamar dengan teratur. Membuang sampah pada tempatnya, menyatukan berkas-berkas data pada tempat yang baik, lipatlah pakaian-pakaian yang tidak rapi, bersihkan lantai kamar tempat Anda berpijak, dan hal-hal lainnya yang mendukung kerapihan kamar Anda. Kamar yang bersih akan membuat lingkungan kamar Anda menjadi sehat dan asri. Dengan demikian, bisa dipastikan Anda akan betah untuk tinggal di rumah kosan Anda sendiri, layaknya sebuah surga bagi kehidupan dunia Anda.

2. Miliki barang-barang yang membantu pekerjaan Anda (Jam waker, selimut tidur, kalender, makanan kecil dan minuman yang cukup, serta barbel)

Bukan sebuah hal yang tidak mungkin bahwa  hidup sendiri itu sulit. Tidak ada yang membangunkan Anda, tidak ada yang menjaga jika Anda sakit, tidak ada yang memasakkan Anda makanan, dan hal-hal lainnya yang membuat Anda harus melakukannya sendiri. Mungkin disuatu waktu hal-hal tadi tidaklah menjadi masalah, namun yang direpotkan adalah ketika hal-hal tadi menumpuk menjadi satu dalam waktu yang lain. Anda pasti kelabakan bukan? Untuk itu siapkanlah berbagai peralatan yang dapat membantu kegiatan Anda sehingga waktu yang Anda dapatkan jauh lebih banyak untuk melakukan hal yang berguna lainnya.

3. Selalu membuat Stupid Paper yang terjadwal

Stupid Paper adalah sebuah kertas kecil yang digunakan untuk mengingatkan seseorang tentang apa-apa saja yang harus dilakukannya dalam jangka waktu tertentu. Biasanya stupid paper dibuat perhari atau perminggu. Stupid Paper akan membantu dan menuntun Anda pada pekerjaan yang harus dilaksanakan waktu itu dan menghindarkan ada yang terlupa. Bagi Anda yang sangat sibuk, saya sarankan memiliki hal ini.

4. Miliki jadwal pribadi dan publik yang teratur

Jangan lupa, Anda juga harus menyeimbangkan waktu pribadi dan waktu publik Anda. Adanya keseimbangan diantaranya keduanya membuat kehidupan Anda menjadi lebih bahagia. Untuk itu, buatlah jadwal keduanya dengan baik agar jadwal yang bertabrakan bisa dihindari. Jadwal pribadi yang harus Anda perhatikan adalah jadwal tidur, berlibur, membaca buku, bermain, atau hal lainnya yang membuat Anda nyaman dan dapat mengumpulkan semangat Anda lagi. Dan untuk jadwal publik Anda, perhatikanlah waktu kuliah Anda, waktu kerja Anda, waktu organisasi Anda, waktu acara yang Anda ikuti atau hal-hal lainnya yang melibatkan orang lain didalamnya.

5. Kenali tetangga sekitar Anda

Biarpun Anda tinggal sendiri dikosan, namun sebagai seorang mahluk sosial yang baik, Anda harus mengenal tetangga disekitar Anda. Baik mereka yang ada didepan, disamping kiri kanan, dibelakang  kosan harus Anda dekati. Dengan mengenal mereka, Anda akan lebih nyaman dan lebih mudah meminta bantuan  jika sewaktu-waktu memerlukan bantuan mereka. Selain itu, Anda juga dapat menghindari kebosanan Anda jika penat di kosan sendirian dengan bersilahturami ke rumah tetangga Anda.

One thought on “Kosan Baru, Semangat Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s