Tentang Makna “Terbuka”

Ruang pikiran dan jiwa manusia bisa diibaratkan seperti rumah. Dia punya ruang dan dia punya batas. Ruang rumahnya berfungsi menampung kejadian hidup dan batas rumahnya menjadi  batas emosi manusia. Setiap hari, rumah tersebut berfungsi menampung segala kejadian manusia. Tak heran kalau ruangannya semakin sesak setiap bertambahnya waktu, karena terjejal oleh berbagai permasalahan. Akibatnya, tak jarang permasalahan itu menggedor batas rumah tersebut menjadi sebuah amarah atau sebuah kesedihan disuatu waktu.

Satu-satunya cara melegakan kembali rumah itu adalah melepas bebas permasalahan itu keluar dari rumahnya. Itu akan meregangkan kembali ruang dan batas rumah tersebut. Tetapi, hal itu bukanlah sebuah hal yang mudah, karena rumah itu memiliki pintu yang terkunci rapat oleh sebuah gembok ketertutupan. Tidak akan pernah ditemukan kunci  gembok pintu ketertutupan itu kecuali hanya dengan sebuah kunci yang bernama keterbukaan.

Lewat kunci keterbukaan, gembok ketertutupan dapat dilepas dan pintu rumah jiwa dan pikiran pun dapat terbuka lebar. Dengan demikian, segala permasalahan hidup dapat lepas bebas dan rumahnya tadi yang pepat rapat menjadi senggang dan tenang. Rumah itu dapat terus menjalankan tugasnya lebih lama lagi.

Terbuka bukan berarti berjiwa lemah, tetapi terbuka berarti berjiwa kesatria. Tidak banyak orang yang mau terbuka atas kekurangan atau permasalahan dirinya. Mereka menutup-nutupi kekurangannya dan seolah ingin sempurna. Terbuka bukan berarti lepas bebas, tetapi terbuka berarti lepas terbatas. Tidak semua permasalahan harus dibuka. Terbuka adalah memilah-milah mana masalah yang dapat dikonsumsi umum dan mana yang tidak. Terbuka adalah senang, terbuka adalah menang. Siapapun yang terbuka pasti akan merasa senang dan menang atas keangkuhan dirinya.

Aku ingin terbuka pada diriku sendiri dan pada kalian semua, bahwa aku sangat menantikan kehadirannya.

One thought on “Tentang Makna “Terbuka”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s