My First Book: Membumikan Dakwah Kampus

Tak ada gerak langkah anak cucu Adam yang lebih mulia dari dakwah: mengajak manusia kepada Allah dalam bingkai amal saleh, serta dilakukan dengan penuh konsistensi dan ketangguhan (QS: 41: 33). Bertambah pula nilai lebih dari dakwah itu manakala ia mengambil kampus sebagai teritorinya, karena kampus adalah tempat dikontestasikannya berbagai gagasan tentang kebenaran dan idealita masyarakat, di samping berkumpulnya para pemuda pilihan.

Perlu disadari oleh seluruh Aktifis Dakwah Kampus bahwa zaman telah jauh berubah, ada turbulensi yang menghadang. “The greatest danger in times of turbulence is not the turbulence. It is to act with yesterday’s logic” (Drucker, 1991). Militansi yang menyala, patriotisme yang menggebu, semangat yang gemuruh, teramat jauh dari cukup. Kepekaan dalam membaca medan, kemampuan berpikir logis dan sistematis, keahlian mengemas gagasan Islam dalam bahasa publik dan memasarkannya “head-to-head” dengan berbagai ideologi lain, kapasitas kaderisasi yang mumpuni, serta segudang kompetensi lainnya, menjadi prasyarat keberhasilan dakwah kampus yang mutlak dan niscaya.

Perlu pula dipahami, bahwa Al Qur-an dan Al Hadits memang sakral adanya, namun dakwah kampus adalah kumpulan manusia biasa. Desakralisasi organisasi dakwah kampus mutlak dilakukan untuk memungkinkan berlangsungnya sebuah refleksi kritis dan terbuka, evaluasi yang jujur dan apa adanya, disertai langkah-langkah konstruktif untuk meningkatkan vitalitas dan daya saingnya di ranah kehidupan yang tak pernah sepi dari pertarungan gagasan.

Dalam konteks inilah, Ryan Alfian Noor telah mengambil peran signifikan melalui buku “Membumikan Dakwah Kampus”, sebuah buku yang membedah dakwah kampus dengan berbagai pisau analisis. Kita yang teramat mencintai dakwah tentu akan menemukan secercah cahaya di dalamnya. Juga semangat baru yang murni: bagi kemanusiaan yang bermartabat, di bawah naungan ridha Allah SWT.

(Arief Munandar, Leadership Inspirer,  Manajer Program PPSDMS Nurul Fikri 2008)

Membumikan dakwah kampus tentunya bukan hal yang mudah untuk diwujudkan, namun seorang Ryan menyajikan kepada para pembacanya sebuah rangkaian narasi pengalaman dia yang dirangkum dalam bahasa lugas dan sederhana. Miliki buku ini dan jadikan dakwah kampus yang membumi.

(Herry Dharmawan, Presiden KM ITB 2010-2011)

Buku membumikan dakwah kampus memberikan segudang inspirasi untuk menjadikan LDK kita menjadi LDK yang dekat dan bersahabat. Selain itu, buku ini memberikan frame aplikatif dalam meramu strategi dakwah kampus hingga kebermanfaatan menjadi keniscayaan. Disini pula, kita memetik cinta dari langit dan menyemainya di Bumi Allah. Barakallah kang Ryan…

(R. Adjie Wicaksana, Ketua Keluarga Mahasiswa Islam ITB 2009-2010)

Buku ini bukan hanya berisikan tentang sebuah teori belaka, melainkan sebuah pengalaman yang dituliskan dalam rangkaian kata penuh rasa oleh seorang yang memang berdakwah secara membumi di kampusnya. Buku ini telah dituliskan secara sistematis dan dengan gaya bahasa yang sangat membumi sehingga sangat mudah untuk dipahami oleh seluruh aktivis dakwah kampus di Negeri ini.

(Ridwansyah Yusuf Achmad, Penulis Buku Rekayasa LDK, Buku Analisis Instan Problematika LDK, Buku Menuju Kampus Madani)

 

6 thoughts on “My First Book: Membumikan Dakwah Kampus

  1. wah,
    dipublish utk kalangan terbatas atau gmana?
    dijual di toko buku besar?
    selamat yaa kak ryan utk bukunya.
    tapi saya tetap nunggu buku ttg sirah racikan kakak.😀

  2. @ Primadieta
    Karena penerbit Gamais Press belum masuk ke toko-toko besar..Maka bukunya dijual per agen..Mau pesan gak? hehe

    @ Pradipta
    Bisa dong..Kalau berminat, silakan hubungi nomor handphone 085652058060..

    @ Ellin
    Bisa..Silakan hubungi nomor handphone 085652058060..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s