Tentang Makna “Langit”

Selalu saja indah memandang langit. Dan aku percaya tentang hal itu. Ada pelajaran yang senantiasa hadir, ketika aku mencuri pandang dirinya di subuh hari, ketika aku menyergap dirinya di siang hari, ketika aku mengintip dirinya di sore hari ataupun ketika aku mengintai dirinya dimalam hari. Tampaknya langit tahu, bahwa aku selalu ingin dekat dengannya. Langit selalu ada untukku, menemani aku baik dalam keadaan suka maupun duka. Walau tak pernah sampai, ia selalu menyimpan cerita yang tak lekang oleh waktu kehidupan manusia.

Bagiku, kehidupan langit siang penuh dengan nuansa kisah. Di langitnya itu, aku selalu mendapati bahwa awan itu laksana keteduhan jiwa. Warna birunya pun elok dan sedap dipandang mata. Ia menaungi setiap manusia yang hampir-hampir saja lelah karena cobaan yang diberikan panasnya matahari. Aku juga meyakini, bahwa hujan disiang hari adalah berkah. Karena  hujan aku bisa menjejak kaki dibumi dan karena hujan pula, aku bisa melihat pelangi. Begitu kira-kira kisahku dengan langit di siang hari.

Dalam nelangsa merah saga langit pun, aku juga belajar banyak hal . Pergantian antara siang dan malam membawaku pada sebuah hikmah, bahwa kehidupan itu selalu berwarna-warni. Ada suka ada duka. Ada senang ada sedih. Ada sukses ada gagal. Ia seperti siklus yang berulang-ulang. Dalam langit yang itu pun, aku belajar bahwa tidak ada yang sempurna. Siang tidak akan terjadi selamanya. Pun demikian dengan malam yang tak abadi. Jadi, benarlah ketika Tuhan meminta manusia untuk selalu mawas diri. Maksudnya, mawas terhadap kehidupan dunianya yang tak lebih hanya sejengkal jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat. Ah, sebenarnya aku yakin masih banyak kisah di senja hari. Tapi sayang, waktu senja tidak pernah lama.

Kemudian yang terakhir adalah, tentang langit malam. Aku tidak bisa menggambarkannya di sebuah kertas, mengatakan lewat kata, atau membahasakannya dalam sebuah rima tulisan, untuk selanjutnya disampaikan kepada orang lain. Tetapi paling tidak, aku akan coba jelaskan secara sederhana. Tahukah engkau tentang bintang di malam hari? Bintang yang menggantung nan jauh disana laksana sebuah cita-cita. Walaupun dia jauh, dia ada. Hanya jarak dan waktu yang memisahkan. Seandainya manusia mau berusaha sekuat tenaga, pasti akan bisa menggapainya di suatu waktu yang ditentukan. Kemudian, tahukah kamu juga tentang rembulan di malam hari? Bagiku, bulan itu bak  kekasih yang menemani kesendirian kita. Bulan adalah sinar cahaya yang mengintip dalam keremangan malam. Sekali-kali, cobalah kamu mendongkakan kepalamu kelangit malam, rasakan dan dengarkan suasananya. Kamu seolah terbawa dalam suatu dunia yang berbeda, sebuah dunia yang tenang dan penuh dengan penghidupan. Ya, begitulah cerita langit dimalam hari. Penuh dengan keindahan dan spirit yang bergelora di jiwa.

Begitu kisah-kisah langit yang aku rindu. Hingga saat ini, aku masih menanti langit dalam rongga-rongga yang kosong dijiwaku, sambil berharap suatu saat ada yang mengisinya dan menemaniku melihat langit.

 

 

3 thoughts on “Tentang Makna “Langit”

  1. iya semoga kelak ryan bisa bertemu dengan seseorang yang baik yang bisa menemanimu melihat langit.amin. humm sampai sekarang juga aku masih sering keinget dia ketika lihat hujan dan langit,,mereka berdua memiliki kekuatan magis sepertinya.

  2. langit itu selalu saja mampu membuat tambah cinta pada Pencipta.

    tepat.
    langit mengajarkan banyak sekali hal. banyak sekali cerita. bahkan tentang sebuah kehidupan.

    langit ga pernah indah sendiri..
    anggun bulan. kerlip bintang. semangat mentari. lembut biru. teduh awan. cantik pelangi.
    bahkan ketika mendung.sejuk hujan.

    bisa bikin berani, semangat, senyum, menangis. langit itu pendengar yang baik ya? ^^

    ::dan begitu banyak hal yang tidak terkata tentang langit:: lihat dan rasakanlah.rasakan.

    =)

  3. Luar biasa, ternyata bung Ryan penggemar langit juga yah (tapi pastinya langit Indonesia juga lebih suka kan? hehe)

    Btw, kalimatnya sangat inspiratif, cocok jadi penulis nampaknya hehe. Mohon bimbingannya, sy jg ingin menjadi penyampai ide dan gagasan yg bagus jg melalui tulisan😀

    Salam, -Ssiregar-

Leave a Reply

