Kiat Praktis Kerja Praktek di Perusahaan Minyak

Karena begitu banyaknya pertanyaan “tata cara kerja praktek (KP) di perusahaan minyak” ke dalam blog saya, maka ada baiknya saya jelaskan detailnya pada tulisan saya kali ini. Mudah-mudahan saja, tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mencoba KP di salah satu perusahaan minyak bergengsi di Indonesia.

1. Pastikan tempat yang di tuju
Yang  pertama kali harus Anda lakukan adalah menentukan tempat yang dituju. Hal ini penting sekali dilakukan karena ada beberapa perusahaan yang tidak membuka quota untuk seorang mahasiswa. Percuma saja Anda capek-capek mengirimkan proposal ke tempat yang salah, jika pada akhirnya proposal kerja Anda hanya berakhir di meja resepsionis.

Setiap perusahaan besar semacam Pertamina, Medco, Chevron, EMP, Exxonmobil, Conocophilips, CNOOC, PetroChina pasti membuka ruang mahasiswa untuk KP, namun terkadang beberapa perusahaan ini memang memiliki metode-metode tersendiri dan unik untuk menjaring mahasiswa yang ingin ber-KP disana. Ada yang menggunakan metode seleksi, metode panggilan, atau yang paling umum adalah pengajuan proposal.

Semisal Conocophilips dan Chevron memiliki cara yang unik untuk menarik minat mahasiswa untuk ber-KP disana, yaitu dengan metode seleksi. Mereka melakukan rekrutmen langsung ke kampus dan menggunakan beberapa metode seleksi untuk memilih siapa saja yang sesuai dengan kriteria mereka. Keuntungan metode ini adalah biasanya perusahaan akan menggratiskan semua biaya akomodasi dan tidak jarang juga Anda malah dibayar karena secara Anda terlibat dalam “real work” mereka. Keputusan Anda bisa jadi akan berpengaruh pada keputusan para direksi perusahaan. Luar biasa bukan? Tapi sayang, metode ini masih berlaku untuk beberapa kampus saja. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tulisan saya sebelumnya.

2. Cari relasi tempat yang dituju

Jangan pernah biarkan proposal Anda terkirim begitu saja tanpa ada kejelasan kapan akan dibalas via surat atau telepon. Saya sarankan Anda lebih bersifat proaktif. Proaktif yang saya maksud disini adalah Anda aktif mencari relasi ditempat yang Anda tuju. Bisa jadi bentuk relasi itu adalah orangtua teman Anda, alumni dari kampus Anda yang bekerja disana, bagian departemen sumber daya manusia, atau jika memungkinkan manajer perusahaan itu sendiri.

Ketika relasi sudah Anda dapatkan, maka selanjutnya Anda tinggal menjadikannya sebagai orang yang bisa Anda tanyai bagaimana proses administrasi dan birokrasi proposal kerja Anda. Saya tidak menjamin bahwa cara ini akan membuat Anda bisa ber-KP di tempat yang Anda inginkan. Tapi setidaknya, langkah ini akan membuat kejelasan status proposal Anda yang telah diajukan ke perusahaan tersebut dibandingkan Anda tidak memiliki kontak siapapun.

Saya sarankan, jangan juga Anda berpatok pada telepon kantor yang mungkin tercantum dalam situs perusahaan mereka. Beberapa perusahaan terkadang lupa untuk mengganti alamat dan nomor telepon mereka setelah mereka pindah kantor. Beberapa perusahaan juga memiliki tingkat birokrasi tinggi, sehingga ketika Anda menelepon mereka, akan terjadi pengalihan telepon berkali-kali yang mungkin akan membuat Anda membayar mahal jika Anda menggunakan Wartel atau pulsa Handphone.

3. Bentuk kelompok

Setelah tempat dan relasi tempat yang dituju telah didapatkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membentuk kelompok. Sebenarnya tidak semua perusahaan minyak membuka lowongon kerja praktek untuk mahasiswa-mahasiswa yang membentuk kelompok. Beberapa perusahaan terkadang malah membuka lowongan hanya per-individu saja. Artinya, Anda harus mencari informasi mendetail terkait dengan ketentuan peserta kerja praktek di tempat yang Anda inginkan.

Carilah kawan-kawan terdekat Anda (paling minimal satu jurusan) yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda sendiri. Adanya kawan-kawan yang berada di kelompok Anda nanti, sebenarnya akan membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri di kantor atau di lapangan.

Buat Proposal Lamaran KP

Nah, ini adalah bagian terpenting ketika Anda mencoba melamar kerja praktek di perusahaan yang Anda inginkan. Pembuatan proposal yang baik akan membuat peluang Anda diterima menjadi lebih besar. Buatlah proposal lamaran KP dengan bahasa EYD dan susun sesuai dengan tata tulis karya ilmiah. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membuat proposal dalam dua bahasa: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, untuk menjaga-jaga barangkali pihak perusahaan meminta proposal dengan salah satu bahasa tersebut.

Sebenarnya membuat proposal lamaran KP tidaklah sesulit membuat proposal acara yang membutuhkan sponsorship. Anda bisa meminta contoh proposal kepada para senior Anda yang pernah diterima ditempat kerja yang Anda inginkan. Bukan mencontek atau mengutip, tapi paling tidak contoh proposal itu dapat memberikan gambaran besar bagi Anda agar tetap berada pada koridor-koridor penulisan sebuah proposal lamaran KP. Jika Anda memerlukan contoh, Anda dapat meminta contoh proposal tersebut di dropbox saya disini: http://db.tt/2Lc4OY29

Kirim Proposal dan Ikuti terus kabarnya

Setelah proposal dibuat, periksa terlebih dahulu kelengkapan-kelengkapan administrasi tambahan yang biasanya diperlukan seperti resume diri, transkrip nilai, dan foto dengan ukuran tertentu beberapa buah. Setelah siap, kirimkan proposal Anda ke relasi yang telah Anda punyai agar proposal itu tidak mandeg di meja resepsionis terlalu lama, apalagi mentok di pos satpam saja. Setelah dikirimkan, terus follow up kepada relasi yang telah Anda punyai tadi dalam waktu yang wajar dan berkala, agar proposal Anda dapat tembus dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Semoga kiat-kiat ini dapat membantu Anda untuk dapat bekerja praktek di perusahaan migas yang Anda inginkan.

16 thoughts on “Kiat Praktis Kerja Praktek di Perusahaan Minyak

  1. terima kasih anyak info nya, oh ya mas ada lagi nih (merepotkan sekali saia ya, kenal juga gak, hehe

    apakah boleh menambahkan lampiran di halaman belakang proposal KP (ex. Setifikat pelatihan K3, B3 dan bidang terkait dengan topik KP)

    2. Saia asli riau, tapi saia tidak ada link di Chevron, apakah link mutlak diperlukan? makasih

  2. 1. Boleh Saprian, justru mungkin itu bisa menguatkan argumentasimu dalam mendaftar KP disanan

    2. Sebenarnya link itu adalah cara untuk mempercepat birokrasi saja. Pengalaman dari beberapa teman saya, terkadang balasan dari perusahaan tempat KP kita itu lama sekali, bisa sebulan atau kurang. Inti jawaban saya, link itu tidak mutlak untuk dimiliki.

  3. oke sip sip, semoga jalan saia dipermudah dan bisa sukses seperti mas nya kelak, amin… oh ya mas apakah d semua perusahaan perminyakan ex. conoco, Pertamina, Total ect. memiliki pola seleksi KP seberat di chevron yg pakai Proses seleksi yang harus melewati 4 tahap ; Seleksi administrasi, Seleksi Tes Aptitude, Seleksi Wawancara, Seleksi Tes Kesehatan

    jadi pesimis mas, kan jauh Jogja Riau kalo untuk coba-coba😦

  4. Permisi, mau tanya, kalau kita mendaftar KP terlebih dahulu kita kan mengirimkan berkas aplikasi sebagai syaratnya, apakah berkas tersebut pasti diterima dan dicek oleh pihak perusahaan yang kita tuju?
    Sekian dan terimakasih🙂

    1. Wah kalau Hendy sudah mengirim pada alamat yang benar, harusnya PASTI akan sampai. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah aplikasi kita sudah dibaca atau belum oleh HR/personalia dari perusahaan tersebut. saran saya, Hendy coba selalu update kabar dari aplikasi yang telah Hendy kirimkan melalui nomor resmi dari perusahaan tersebut.

      Lebih enak lagi, kalau sudah ada alumni yang hendy kenal dan bekerja diperusahaan tersebut. Coba minta bantuan beliau untuk bisa mempercepat proses aplikasi Hendy disana. Normalnya….harusnya paling lambat dalam 1 bulan kita harusnya sudah tahu kabar dari aplikasi yang kita kirimkan apakah di approve atau tidak.

      semoga sukses ya hendy..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s