Tentang Tes Schlumberger

schlumbergerTulisan ini diperuntukan bagi kamu yang mungkin termasuk kedalam seorang yang sedang mendaftar Schlumberger Recruitment Test dan ingin mengetahui tahap-tahap apa saja yang harus dilewati. Walaupun saya tidak pernah kesampaian untuk mengikuti tesnya, tapi setidaknya saya sempat mengumpulkan bahan-bahan yang di uji dalam tes tersebut.

Semoga saja bahan-bahan tambahan ini dapat menjadi persiapan bagi kamu. Ingat! Dimanapun kamu mendaftar, termasuk di perusahaan ini, sudah sewajarnya kamu meningkatkan kepercayaan dirimu, menjaga profesionalisme-mu dari segala sisi, serta mengasah kemampuan berbahasa asingmu, terutama bahasa Inggris.

Oke ini dia inti tulisan saya. Tes tersebut biasanya terdiri dari tiga tahap: tahap short interview, Leadership Discussion Group, wawancara dengan recruiter, dan yang terakhir wawancara dengan user.

Dalam beberapa tes, biasanya diselipkan pula tes matematika dan fisika dasar (mekanik dan listrik statis) serta tes psikologi. Adapun juga, dua wawancara terakhir yang saya sebutkan itu tidak baku. Kadangkala, wawancara akhir bisa juga dilakukan secara panel. Artinya user dan recruiter langsung bersamaan mewawancarai atau terkadang hanya wawancara user saja.

Ditahap pertama, kamu akan dites oleh para recruiter (yang biasanya diisi oleh expatriat asli) dengan mengambil kertas undian, dimana disetiap kertas itu berisi pertanyaan dalam bahasa inggris. Pertanyaannya sangat singkat, dan kamu pun juga diberikan waktu yang singkat saja untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan argumentasi yang logis, singkat, dan padat. Dari segala situs dan yang pernah saya dengar dari kawan saya, berikut ini adalah beberapa daftar pertanyaan yang diberikan pada waktu short interview.

  • What do you know about attitude?
  • What do you know about time?
  • What do you know about responsibility?
  • What do you think about Schlumberger?
  • What do you know about responsibility?
  • What will you do if you have a flat tire in the middle of nowhere?
  • What will you do in work at 50 Celsius degree environment?
  • What will you do if any company wants to change your company’s value?

Mungkin saja ada beberapa pertanyaan tambahan lagi selain ini. Sekali lagi, tujuan saya menuliskan daftar pertanyaan ini adalah sebagai pemicu saja agar kamu mendapatkan gambaran besar bagaimana short interview itu berlangsung.

Ditahap kedua, pada sesi Leadership Group Discussion, para peserta yang lulus dari tes pertama akan dikondisikan untuk kelompok kecil, untuk nantinya diberikan sebuah permasalahan oleh recruiter. Dari beberapa referensi yang saya baca dan dapatkan, seringkali recruiter memakai dua permasalahan untuk mengetes tiap kelompok. Masalah yang saya temukan adalah masalah games “membuat sistem” dan masalah games “prioritas” (saya tidak tahu nama games-nya apa, jadi saya beri nama sendiri saja…hehe…)

Pada games “membuat sistem”, saya mendapatkan contoh tentang bagaimana cara membuat sistem memindahkan telur dari tempat tinggi ke tempat rendah dengan menggunakan bahan-bahan yang diberikan. Ada juga salah satu referensi yang mengatakan bahwa tes kedua ini adalah tentang bagaimana cara membuat sebuah kendaraan yang bisa berpindah dari gurun pasir ke gurun es. Cukup menarik bukan? Kalau menurut saya, ada 3 kunci penyelesaian ini: membuat asumsi, membatasi pemikiran dengan peralatan yang disediakan, dan yang terakhir harus masuk logika.

Pada games prioritas, para peserta kelompok akan disuguhkan sebuah studi kasus tentang seseorang yang sedang berlayar di danau/sungai/laut dan tiba-tiba ada kejadian yang membuat kapal itu tenggelam. Di saat genting seperti itu, tersebutkan ada 10 alat yang tersisa seperti kompas, peta, korek api, minuman keras, dan lain-lain (cukup banyak referensi yang membahas ini, silakan kunjungi kaskus mengenai thread ini). Nah, tiap kelompok harus mendiskusikan tentang prioritas barang yang harus dibawa mulai dari yang terpenting hingga ke yang tidak terpenting.

Pada tahap ini, sebenarnya telah jelas yang diuji oleh recruiter adalah kemampuan si peserta tes untuk dapat mengargumentasikan idenya kepada kelompoknya (lagi-lagi, tentu saja dengan menggunakan bahasa inggris). Banyak yang menyarankan agar dapat memosisikan diri dengan baik di tubuh kelompok, jangan terlalu dominan dan jangan juga terlalu pendiam.

Dari apa yang saya dapatkan dari berbagai referensi, sebenarnya ada dua poin yang dinilai disini: kemampuan pribadi dan kemampuan kelompok. Kemampuan pribadi merunut pada kemampuan diri kamu sendiri dalam menyampaikan idemu kepada kawan-kawan kelompokmu.. kemampuan kelompok dinilai secara kolektif atas kesatuan kelompok. Tidak sedikit dari pengalaman orang yang telah melewati tes ini mengatakan bahwa semua orang yang ada di kelompok berpeluang untuk lolos semua, asal kelompok itu kompak.

Jika kamu lolos pada tahap kedua ini, maka dalam jangka waktu tertentu kamu akan dipanggil kembali oleh recruiter atau user yang membutuhkan/tertarik padamu untuk diwawancarai. Pertanyaan dalam wawancara ini sudah masuk kedalam level wawancara profesional pada umumnya. Pertanyaannya pasti berkisar tentang kepribadian dirimu, kompetensi dirimu, serta pengetahuan kamu tentang perusahaan tersebut. Singkat kata, CV atau resume yang kamu telah buat akan dikorek-korek sedetail mungkin. Jadi tulislah CV dengan jujur serta baik dan benar.

Terakhir, tetaplah jaga kepercayaan diri dan keprofesionalan dirimu dalam mengikuti tes hingga nanti mungkin kamu bekerja di perusahaan tersebut. Setiap engineer harus memiliki dedikasi untuk mengamalkan kompetensi yang dia punya untuk menjaga kelestarian bumi serta kemaslahatan umat manusia. Semoga sukses! Semoga bermanfaat.

36 thoughts on “Tentang Tes Schlumberger

    1. wa’alaykumsalam. maaf baru balas monik. jadi ceritanya kemarin2 saya mau ikut tesnya, dan udah siapin bahan2nya. Tapi menjelang acara ada sesuatu yang membuat saya tidak jadi mendaftarkan diri kesana. hehehe. Jadi, saya gak di slb kok.

  1. assalamu’alaikum kang, mau tanya gambaran CV atau resumenya itu seperit apa yah??? saya masih bingung apakah yang dimaksud resume disitu seperti berupa proposal dll??? thanks for your answer. ^^,

  2. on 19 march there will be a test in UI, depok
    I will be there guys
    pray for me please

    For God’s sake I really want to be in there.

    Field Engineer Schlumberger here I come

  3. selamat siang bang….

    apa yang membuat orang-orang sangat ingin bekerja di Slb?? Mungkin dari segi pendapatan atau yang lain??

    1. menurut saya adalah petualangan dan salary.

      Kalau anda bekerja di SLB, anda berkesempatan untuk berkeliling dunia secara gratis untuk belajar (Dubai, Houston, Prancis, Norway) tergantung dari departemen mana dia akan ditempatkan. Biasanya 1 bulan sampai 1 tahun.

      Kalau salary bisa dikatakan gajinya sangat tinggi, mengingat kompensasi si engineer bekerja berminggu-minggu dilapangan dan bekerja dengan alat dengan resiko yang tinggi.

      1. ooohhh…🙂
        Saya semakin tertantang bang…

        Adakah posisi di Slb yang cocok buat saya, seorang mahasiswa Matematika??

      2. sejauh ingatan saya, SLB itu biasanya membuka untuk setiap jurusan teknik. Tapi gak menutup kemungkinan jurusan science (matematika) juga bisa masuk bagian office-nya. Yang penting sejak sekarang baca-baca aja ilmu tentang migas.

        Bbrp hari lalu kirim email kesaya ya? akan saya balas secepatnya ya. Sy masih dilapangan sekarang. Hehe…

  4. wah cerita yang menarik dan bermanfaat bang, ini bang ryan surveillence engineer VI** Indonesia, i think we had ever met in control room badak plant when you sit with muksin (gendut) dan theo (stt-migas), hahahha,,lanjutkan cerita2 yang lainnya bang,,

    warm regards
    sam

    1. Bang mau Tanya byasanya brp lama sih pengumuman untuk wawancara recruiternya
      Dan byasanya pengumumannya lewt email ato hanya by phone,,
      Thankss

    1. pasti ada kurang dan lebihnya mas..tergantung apa yang mas harapkan..apakah salary, apakah waktu trip, apakah masalah environment,atau yang lainnya..🙂

  5. bantu jawab deh utk Halliburton VS Slb…

    gaji paling gede slb dari semua perusahaan minyak yg beroperasi di indonesia.
    kerja lebih capek di slb aplg klo dpt yg depatement operations
    waktu kerja lebih manusiawi halliburton bnyk yg 2-2(minggu), klo slb rata2 15-7(hri)
    jalan2 gratis lebih bnyk slb (lokasi krjanya ad hmpir di 80 negara)
    utk slb : di beberapa lokasi kondisi diskriminasi seperti (COMPLETELY DEPENDENT ON YOUR PASSPORT) msh sering terjadi

    kesimpulan :
    slb : tmpt utk cari uang, cari ilmu, cari istri.
    halliburton : tmpt berkarir dn bekerja.

    Hints for single guy : engineer cewe bule yg hot and sexy bnyk bgt di Slb.😛

  6. Sungguh informasi yang sangat menarik dan membantu bagi orang yang ingin bekerja di Slb.Tulisannya keren,mudah dicerna dan sangat informatif.Jika test tahap kedua sudah terlewati dgn baik,bagaimana kemungkinan di tes ketiga (tahap akhir).Apakah cenderung diterima?…

    1. kalau masih tahap dua masih agak kabur mas peluangnya. Tapi kalau sudah tahap interview, itu sudah tahap hampir masuk. Berikan performa terbaik kita saat wawancara. biasanya kalau memang user memang sudah cocok betul sama kita, biasanya tahap medical checkup sudah ditangan. kalau sudah medcheck, dipastikan pasti diterima.

  7. Salam, mas Ryan..
    Mau tanya mas biar aku ada sedikit gambaran. Kalo utk interview user for officer di SLB biasanya pertanyaan berkisar apa ya mas? Ada tes2 yg bersifat teknis atau tentang software gitu? Karena sebelumnya saya sudah interview HRD pertanyaan seputar personality, experience slm ngampus dan background kita. Trims🙂.

    1. sebagai officer ya. officer dibagian apa mbak kalau boleh tau detilnya?.. yang pasti kita gak mungkin ditanya sesuatu hal yang kita gak bisa jawab. Kecuali sipewawancara memang ngetes gimana cara jawab kita..

  8. ka mau nanya nih.. saya baru masuk di t.industri, kalo t.industri bisa join di Slb kan?? trus kalo pengen masuk drilling company bisa g??
    . kalo engga, ada gg posisi buat lulusan t.industri di lapangan?? makasih sebelum nya ka..

    1. seingat saya, SLB itu membuka lowongan field engineer untuk semua teknik. CMIIW.
      jadi jika kamu mau masuk SLB, bisa kok dari teknik industri. yang penting kamu lolos seleksinya.

      drilling company yang dimaksud itu apa ya? SLB itu kan juga ada jasa drillingnya. Tiap perusahaan service biasanya ada jasa drillingnya. Selain SLB, ada juga halliburton, baker hughes, weatherford, transocean, dll..

      semoga sukses.

    1. semua jurusan teknik bisa masuk SLB. Yang bikin karir bagus di SLB adalah kemauan kita untuk mengembangkan diri kita dan tahan banting. It is same when you choose ur career in oil company. We need a pashion, creative, and hard work.🙂

  9. Mas, saya lulusan smk & 4 tahun bekerja di PT. United Tractors, umur saya per januari 2014 adalah 23 tahun kira kira masuk ke slumberger bisa gak ya_ terus kirim lamarannya bagaimana

  10. aslm. mas ryan, mau tanya kalau ambil S2 teknik perminyakan ITB apakah dlm pencarian kerjanya lebih sulit? dibandingkan dgn yg S1 nnya petroleum enggineer? tks

  11. Assalamualaikum mas ryan, mau tanya nih saya tahun ini mau lulus SMA, nah rencana mau kuliah jurusan teknik elektro, dan saya juga minat mau kerja di SLB, kira kira peluang saya dibagian apa ya di perusahaan SLB itu??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s