Kiat Sukses Kerja Praktek di Perusahaan Minyak

Dalam beberapa waktu kebelakang, saya telah membimbing beberapa mahasiswa dari berbagai kampus dikantor saya. Namun seringkali saya dapati, ada banyak dari mereka yang tidak memaksimalkan waktu Kerja Praktek (KP) mereka sendiri,  sesuai dengan apa yang ditulis di proposal mereka. Sayang sekali, jika waktu KP kita tidak optimal dan hanya banyak waktu kosong yang kita dapatkan.

Melanjutkan tulisan saya tentang Kiat Praktis Kerja Praktek di Perusahaan Minyak, tulisan ringan saya kali ini ingin membahas sedikit  tentang kiat sukses kerja praktek di Perusahaan Minyak tempat kita berada agar kita dapat memaksimalkan pembelajaran teori-teori yang ada di kelas.

Kenali Organigram Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki organigram perusahaan, mulai dari presiden/direktur utama hingga ke jajaran bawahnya. Pastikan kita mengetahui kita berada di departemen mana dan apa tugas dari departemen tersebut. Jangan sampai kita tidak mengetahui pada siapa kita berbicara, padahal kita perlu dengan mereka. Secara umum dan sederhana, urutan hirarki dari departemen perusahaan adalah sebagai berikut:

  • President
  • Vice President
  • Manajer Area
  • Superintendent (field)/ Section Head (office)
  • Supervisor (field)/ Senior engineer (office)/ Specialist (office)
  • Field Engineer/ Office Engineer

Pastikan kita bisa mengenal mereka, karena bisa jadi suatu saat butuh mereka untuk sumber yang akan kita tanyai di lapangan. Tanya kepada pembimbing kita, dan catat setiap nama-nama mereka agar bisa diingat. Selain untuk diingat, hubungan baik dengan para orang-orang di perusahaan akan memperluas jaringan kita untuk keperluan pasca kampus. 

Minta Jadwal Kerja Praktek Kita

Agar waktu Kerja Praktek kita bisa maksimal, kita sebaiknya meminta tolong kepada pembimbing kita agar dapat membuatkan jadwal. Dengan demikian, kita tahu kita harus melakukan apa setiap harinya.

Walaupun kita telah menuliskan apa tujuan di proposal kita, namun hal tersebut belum menggambarkan bagaimana kondisi real disebuah perusahaan. Untuk itu, penting untuk lebih mendetilkan kembali tujuan kita ke sebuah perusahaan minyak lewat membuat jadwal kerja praktek perhari. Mintalah kepada pembimbing atau pihak Human Resources (HR) untuk membuatkannya. Dan kalau tidak dibuatkan, maka kita buat sendiri saja.

Bersikap Proaktif

Setiap orang disebuah perusahaan punya pekerjaan masing-masing. Kalau kita hanya bersikap reaktif dan menunggu arahan dari pembimbing, maka percayalah kita tidak akan pernah mendapatkan apa-apa. Pembimbing kita pasti memiliki fokus sesuai dengan bidang pekerjaannya setiap hari.

Oleh karena itu, perlu ada sikap proaktif dari diri kita sendiri. Bertanya, bertanya, dan terus bertanya hingga wawasan kita tentang dunia perminyakan kita menjadi semakin luas. Pembimbing kita pun pasti akan senang jika kita bersikap proaktif dan tidak menunggu arahan baru bergerak.

Sampai saat ini, saya masih sering mendapati mahasiswa yang kurang bersikap proaktif kepada pembimbingnya. Yang ada malah kebanyakan dari mereka duduk di belakang meja, ngobrol bareng kawannya, buka laptop, dan mengerjakan sesuatu yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan. Mudah-mudahan kalian nanti tidak seperti itu ya. Sayang sekali jika waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk menuntut ilmu, malah jadi sia-sia.

Mengirimkan Laporan Kerja Praktek

Satu hal lagi yang jangan sampai terlupakan adalah mengirimkan laporan kerja praktek. Selain sebagai sebuah etika kepada perusahaan, laporan kerja praktek membantu para pembimbing untuk mengarahkan mahasiswa-mahasiswa baru yang ingin kerja praktek ditempat kalian berada juga. Lumayan kan, laporan kerja praktek kalian dijadikan referensi bagi mahasiswa-mahasiswa junior lainnya yang ingin belajar hal yang sama dengan kalian. Hehehe…

mau berdiskusi lebih lanjut, silakan follow @ryanalfiannoor

6 thoughts on “Kiat Sukses Kerja Praktek di Perusahaan Minyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s