Mengintip Peran Wanita di Industri Migas


woman industry

Halo Kak Ryan, saya mau tny seputar jurusan perminyakan.. Maksud saya, gmn peluang pekerjaan bagi mahasiswa lulusan ITB & UPN atau Trisakti? Trus, gmn peluangnya bagi mahasiswi & mahasiswanya? Dengar2 khusus utk jurusan teknik, terkadang di lapa

ngan itu yg jauh lebih diutamakan itu mahasiswanya dibandingkan mahasiswinya??? Karena kerja di lapangan itu sgt berat… Gmn sih Kak? Makasih sblmnya Kak..

Rika Anggraini

====================================================

“Keras”
“Panas”
“Kotor”
“Dibawah Tekanan”

Mungkin itulah pemikiran banyak orang tentang pekerjaan di dunia perminyakan. Banyak orang yang mengira bahwa bekerja di dunia emas hitam (baca: dunia migas), pasti akan berkutat dengan alat-alat berat, berada dicuaca panas dan dingin, memikul benda-benda berat, berlepotan minyak, dan kadang kala harus bekerja dibawah tekanan untuk memenuhi target kerja.

Tunggu dulu! Jangan cepat menyimpulkan demikian. Tidak semua pekerjaan di dunia migas adalah seperti itu berarti…..ada yang begitunya dong. Pekerjaan didunia migas sangat luas. Sama seperti perusahaan lainnya, perusahaan migas memiliki bagian human resources, finansial, supply chain, eksternal, dan tentu saja bagian engineering yang menjadi lokomotif berproduksinya sebuah perusahaan migas. Jadi semua disiplin ilmu bisa masuk disini. Dari yang sifatnya sosial kemasyarakatan hingga teknik memiliki porsi tugas masing-masing. Jadi jangan khawatir, baik pria maupun wanita dapat berkontribusi dalam industri emas hitam ini.

Merujuk pada pertanyaan Rika diatas, bagaimana dengan pekerjaan lapangan? Pekerjaan dilapangan itu bisa dibilang keras-keras lembek. Keras karena banyak sekali yang harus dikerjakan, lembek bisa terjadi jika saat tidak ada pekerjaan dilapangan. Singkat katanya: dinamis. Saya kira semua perusahaan pun juga demikian. Sangat cepat perubahan pola kerjanya.

Supaya dapat gambaran yang lebih menyeluruh, izinkan saya menggambarkan landscape stakeholder dari industri perminyakan ya…. Secara sederhana, ada dua komponen kerja utama dalam dunia migas. Ada komponen pemerintah dan komponen perusahaan. Komponen perusahaan ini dibagi lagi menjadi dua komponen: owner company dan service company.

Bekerja pada komponen pemerintah, bisa dilakukan jika negara tersebut memakai asas (Product Sharing Contract) dalam mengelola kekayaan migasnya. Dalam konsep ini, pemerintah memiliki hak untuk melakukan pengawasan dan menganalisis “iya/tidak” terhadap suatu kegiatan dilapangan. Di Indonesia, kita menggunakan asas ini. Lembaga yang didirikan oleh pemerintah sebagai perpanjangan tangannya di Kementrian ESDM (KESDM) dan BP Migas. Ada perbedaan yang banyak diantara keduanya, tapi tidak akan saya bahas disini.

Jadi, jika kita memiliki basic competency dalam negosiasi, finansial, ekonomi, manajemen, ataupun teknik bisa masuk kedalam lembaga pemerintah ini. Bekerja di lembaga pemerintah bisa dikatakan “tidak terlalu keras” karena lebih bersifat mengawasi target produksi dari migas, dan bisa memantaunya dari kantor lewat data-data yang ada. Salah satu wanita yang mungkin populer terlibat dikomponen pemerintah adalah Ibu Evita Herawati Legowo (Dirjen Migas). Silakan cari di internet jika ada yang belum tahu dan gali inspirasinya jika ingin berhasil seperti beliau.

Bagaimana dengan komponen perusahaan? saya rasa sudah sangat banyak ulasan tentang ini. Yang pasti, orang-orang yang bekerja di perusahaan migas mau tidak mau selalu harus “berteman” dengan lapangan. Jadi kadang ada panas-panasan dikit, kadang harus berani kotor, dan kadang juga harus kerja keras. Sepengetahuan saya hingga saat ini, tidak pernah ada halangan untuk wanita jika ingin bekeja dilapangan. Asal siap saja dengan segala tantangnya. Beberapa wanita yang terkenal dan bisa digali inspirasinya adalah Ibu Karen Agustiawan (Dirut Pertamina) dan Ibu Elisabeth Proust (Dirut Total Indonesie).

Perbedaan dari owner company dan service company adalah dari sisi aspek objective perusahaannya. Jika diibaratkan lapangan adalah pasien, maka owner company adalah dokternya dan service company adalah penyedia alat-alat yang dibutuhkan dokter. Layaknya seorang dokter yang sangat faham bagaimana kondisi pasiennya, begitu pula owner company. Owner company adalah pihak yang memiliki dan mengetahui keadaan lapangannya mau diapakan. Service company adalah pihak yang men-support owner company lewat konsultasi, alat, ataupun teknologi yang dimilikinya.

Dari segi beratnya pekerjaan, service company memiliki tugas yang lebih berat. Ini adalah fakta dilapangan.

Saya harus jujur, peluang untuk memasuki dunia industri migas (baik komponen pemerintah maupun perusahaan) bisa dikatakan semakin ketat. Selain jumlah lulusan universitas semakin banyak, saat ini industri migas memerlukan seseorang yang memiliki kompetensi yang oke dan juga softskill yang mantap. Kemampuan berbahasa dan gelar master/doktor juga sangat menjadi nilai tambah. Jangan lupa, saat ini kita tidak bisa menutup mata bahwa kita juga harus bersaing dengan lulusan dari luar negeri. Serius ini…….Kalau kita tidak berusaha, kita pasti akan terus bergantung pada pihak asing.

So, pesan saya….Tempalah besi selagi panasMunculkan semangat untuk menjadi yang terbaik, cobalah untuk mengambil peran strategis dalam organisasi kampus/ekstrakampus, dan jangan menunda kelulusan terlalu lama. Semoga sukses. []

 

106 thoughts on “Mengintip Peran Wanita di Industri Migas

  1. kak kalo itb itu banyak beasiswanya g sih? khusunya yang buat ekonomi pas-pasan, miskin g kaya g. masalahnya pengen masuk itb tapi kendala di biaya.
    terima kasih.

      1. Kk Ryan mau nanya nih
        Kalo kerja di perminyakan penghasilannya gmn? Sama penghasilan dokter spesialis kandungan bagusan mn ya? Saya masih galau nih tentang jurusan yg bakal sy ambil kalo udh lulus SMA nanti
        Terimakasih

      1. kebetulan tgl 8 agt 2012 saya dipanggil interview pertamina ep..
        mungkin mas rian bisa kasih saran supaya bisa lolos wawancara..karena mnrt saya mas rian cukup baik untuk dimintai saran..
        mohon saran nya..
        makasi sblumnya..

      2. buat vina, yang pasti siapkan mental, pengetahuan, dan cara menyampaikan dengan baik dan benar. Menurut saya, ketiganya harus seimbang dipenuhi agar proses wawancara dapat berjalan lancar.

        Berkaitan dengan mental, ada baiknya vina meyakinkan diri bahwa vina adalah orang yang layak untuk menjadi bagian dari perusahaan itu. Rasakan….bahwa vina benar-benar telah bekerja disana, merasakan suasana kerjanya, dan berkenalan dengan orang-orangnya. Lalu, ingat juga prestasi-prestasi vina yang telah capai sampai saat ini. Jadikan itu sebagai penguat keyakinan bahwa vina bukan orang sembarangan. Tidak jarang banyak interviewer yang mencari titik-titik lemah yang diwawancarai untuk melihat seberapa kuat mentalnya untuk ditekan.

        Berkaitan dengan pengetahuan, ini sangat penting. Jangan sekali-kali tidak mempersiapkan bahan apapun selagi wawancara sekalipun kita sudah sering ikut wawancara. Biasanya dalam wawancara itu akan ditanyakan tentang dua hal: soft skill (kemampuan non teknis) dan hard skill (kemampuan teknis). Ada banyak buku-buku atau artikel internet yang bagus tentang teknik wawancara yang baik. Silakan dibaca untuk menambah wawasan kita serta mengetahui teknik jitu untuk menjawab pertanyaan interviewer.

        Berkaitan dengan cara penyampaian, ini gak kalah penting dari keduanya. Berlatihlah untuk berbicara dengan baik dan benar. Jangan terlalu lambat dan jangan terlalu cepat. Cara yang paling mudah adalah berlatih didepan cermin atau merekamnya. Berdasarkan apa yang pernah saya dapatkan dari Dale Carnagie Training lalu, teknik ini sangat baik dilakukan karena kita segera mengetahui bagian-bagian mana saja yang membuat “harga” kita jatuh.

        Semoga saran saya bermanfaat ya…

      3. oke..makasi atas sarannya..mungkin ada saran spesifik ttg wawancara di perminyakan bagi teknik industri..
        mohon doanya ya mas rian agar saya bisa lolos wawancara besok..

      4. secara umum, pelajari gambaran umum industri perminyakan. Secara khusus, pelajari seluk-beluk pertamina juga. Saya rasa itu yang harus dikuasai selain keahlian teknis dari teknik industri itu sendiri.

        Semoga lancar wawancaranya hari ini. Saya doakan sukses.🙂

    1. Kenapa bnyk sekali yg bertanya hubungan teknik metalurgi dan perusahaan migas ya. Jd begini, jurusan metalurgi itu lahir dari teknik pertambangan. Jd harusnya keilmuan metalurgi itu cocoknya digunakan untuk bekerja di pertambangan.

      Tp kalau pertanyaannya bs bekerja diperusahaan migas/enggak ya saya jawab bisa. Coba apply ke service company aja. Biasanya buka buat semua jurusan.

  2. kak kalo lulusan teknik perminyakan ITB,biasanya kita lulus usaha nyari kerja sendiri atau kita udah ada perusahaan yang merekrut kita ??
    trus apakah universitas juga membantu kita dlm mencari kerja ?kan mungkin ITB udah punya link-link perusahaan minyak di dlm negeri maupun luar negeri banyak.trimakasih

    1. ada beberapa yang seperti itu. Tapi gak langsung, minimal di wawancara ulang kembali.
      Universitas pada dasarnya akan membantu dalam bentuk event2 job fair setiap setelah wisuda dilaksanakan.

    1. tidak ada perbedaan dengan laki-laki Lia. Sama semua. Jadi memang perlu siap2 mental karena tidak dibedakan antara pekerjaan laki-laki dan wanita. Tapi perusahaan pasti akan selalu mempertimbangkan pemosisian wanita di lapangan sesuai dengan kemampuan mereka.

      Jangan takut. Pengalaman saya dilapangan, ada banyak kok ceweknya..

      1. kak, kalau wanita lulusan d3 teknik konversi energi dari politeknik, kemungkinannya gimana ?

  3. mas rian aku mau nanya dong, aku minat masuk teknik perminyakan tp disisi lain hobby ku berbahasa inggris yg mmg lebih disarankan masuk jurusan sastra inggris, tp apa bisa lulusan jurusan sastra inggris masuk ke teknik perminyakan? mohon sarannya:D

    1. Nah, sebenarnya hal ini bergantung pada passion hidup dari soraya sendiri. Saran saya, jangan sekali-kali melakukan suatu hal yang bertentangan dengan apa yang kita senangi/kuasai. Nanti kita sendiri rugi. Just an advice. Soalnya ada banyak kawan2 saya yang ternyata akhirnya memilih jurusan yang lain karena tidak sesuai dengan apa yang menjadi passionnya. Hehe..

      Kalau ditanya apakah ada peluang sastra inggris yang bisa yang masuk industri minyak, maka saya akan bilang mungkin ada dan mungkin tidak. Karena soraya akan berhadapan dengan orang lain yang mungkin memiliki background teknik perminyakan yang lebih dekat dengan industri migas. Mungkin hal yang membantu soraya untuk bisa masuk migas adalah experience dan network di industri migas nanti.

      Kalau memang mau memang memiliki passion di bidang perminyakan, seperti saya..hehe.., saya sarankan masuk teknik perminyakan aja. Bahasa inggris adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan di industri migas. Malah saya pikir akan menjadi nilai plus buat soraya ketika nanti mulai berkarir. Engineer dengan bahasa inggris yang oke.

      Semoga membantu ya.

  4. Kebanyakan yng masuk di perusahaan exon mobile itu lulusan sarjana,saya mw tanya apakah yng lulusan SMA juga ada peluang untuk bergabung dalam perusahaan exon mobile?

  5. kak kalau cewek ngambil jurusan teknik pertambangan,itu cocok gak ?
    trus prospek krja dri teknik prtambangan apa kak ?
    makasi sebelumnya ya kak.

  6. oh ya mas, tambahan buat komennya mba soraya… klo misalkan hooby yg kita miliki ada 2 sastra inggris dan ekonomi itu gmna ya..?
    karna betul kata mba soraya tdi sya lebih cenderung minat ingin masuk migas itu gmna ya ?… tolong pencerhaannya ya mas

  7. saya masih kelas X SMA ka, saya berminat masuk jurusan bidang perminyakan, tapi saya masih gelap tentang bidang itu. Kira-kira apa yang mesti saya persiapkan dari sekarang ka? Mata pelajaran apa yang mesti saya kuasai? Mohon sarannya ka. Terima kasih

  8. saya kelas 12 ,rencana mau ngambil jurusan perminyakan.kira kira susah ga masuk jurusan perminyakan?sedangkan fisika,kimia,matematika saya di sma biasa aja,ga jago jago bgt.dan kira kira universitas mana yg ada teknik perminyakannya tetapi gampang masuknya?kalo itb kan susah.thanks

  9. kak, apa ada kiat-kiat untuk bisa masuk fttm itb lewat jalur sbmptn? karena nilai saya turun di semester 3 (kelas XI smt 1), jadi agak sedikit pesimis bisa menembus jalur undangan (SNMPTN) tahun depan. mohon sarannya🙂

  10. Kak ryan saya mau nanya ???
    Saya anak kaltim bru lulus SMA, dan udh keterima d.teknik perminyakan konsetrasi tek industri migas di stt migas balikpapan,
    tp sbenernya saya galau saya mau.a ke fttm itb tp ikut snmptn saya gk lulus ;(, baru ikut sbmptn lg => trus saya mau tanyakan lebih baik stt migas atau itb ???

    1. saya menyarankan untuk mencoba dulu ke ITB dulu, karena secara bargaining position dan akreditasi ITB lebih bagus. Ayo berusaha dulu Wina jangan menyerah… Memang masuk ITB itu susah, makanya ITB mungkin hanya menerima orang2 yang bersungguh2 ingin masuk kesana..

      Kalau sudah berusaha.. serahkan semua pada Tuhan semuanya, karena Dia yang tau tempat terbaik buat kita. Tuhan itu sesuai dengan persangkaan dan usaha mahluknya loh… Jadi kalau kita sudah belajar keras, tentu Tuhan tidak akan menyia-nyiakannya. Semoga sukses ya.

      Selamat berjuang di SBMPTN..

  11. Kak ryan saya mau nanya ???
    Saya anak kaltim bru lulus SMA, dan udh keterima d.teknik perminyakan konsetrasi tek industri migas di stt migas balikpapan,
    tp sbenernya saya galau saya mau.a ke fttm itb tp ikut snmptn saya gk lulus ;(, baru ikut sbmptn lg => trus saya mau tanyakan lebih baik stt migas atau itb ???
    Mohon pencerahannya ???

  12. Assalamu’alaikum kak,,,,
    kak, kalo yang masuk ke dunia kerja di perminyakan itu fisiknya dilihat apa enggak?? seperti tinggi badan, soalnya saya pengen banget masuk ke dunia kerja ini, soalnya kalau memang tinggi badan di lihat saya minder soalnya saya termasuk golongan pendek, sekarang saya sudah masuk di teknik Fisika ITS,
    Maksih kak jawabannya🙂

    1. Waalaykumsalam Kharisma.

      Mengenai kesehatan, yang paling penting adalah kesehatan jasmani dan rohaninya. Misal: gak buta warna, gak punya sakit jantung, kolesterol tinggi, etc. Nah mengenai tinggi badan gak terlalu dipermasalahkan sama sekali. Ada loh vice president perusahaan migas yang gak terlalu besar badannya. Yang penting kerjanya bagus dan loyal pada perusahaan. Ayo semangat mengejar cita-citanya ya..🙂

  13. ka saya mau tanya nih, cita2 saya kan pengen masuk di perminyakan jd drilling enginer, tp gg ada univ yg nerima saya d t.perminyakan.. Sekarang saya masuk t.industri, bisa g ka join di perusahaan migas

    1. hmm.. sebenarnya jurusan teknik industri juga berpeluang bisa masuk perusahaan migas. bisa masuk departemen HRD atau SCM. saran saya, sejak sekarang, perluas pergaulan bukan hanya teman di teknik industri juga, tapi juga kawan2 di teknik perminyakan, sejak sekarang coba pelajari bagaimana bisnis migas itu berjalan, kemudian yang terakhir, jangan lupa ikuti event2 yang berkaitan dengan industri migas.

      mudah2an bisa memperluas cakrawala berpikir levi. Semoga sukses levi….

  14. kak berarti kalo cewek mau ambil teknik perminyakan ngga masalah kan? Kalo di luar negeri universitas yang bagus dalam major ini apa ya? Aku anak aksel dan otomatis jurusan ipa, masih sedikit bingung buat ambil jurusan. Soalnya aku juga pengen kerja di deplu tapi setelah liat-liat tentang teknik perminyakan, sepertinya bagus😀

    1. gak masalah. di era globalisasi ini, perbedaan gender tidak menjadi batas untuk berkarir dalam bidang yang dulunya hanya dipegang oleh pria. mau kuliah diluar negeri? ada banyak sih.

      timur tengah: petroleum institute, KFUPM
      eropa: NTNU, Stavanger University, Imperial College, TU Delft, IFP France, Claustal University
      amerika: Tulsa, TAMU, Stanford, Colorado School of Mines
      Asia: ITB, UPN, Trisakti, Univ. Islam Riau, Universiti Teknik Petronas
      Rusia: Kuban State University of Technology

      semoga membantu ya..

    1. wah banyak riri.. bisa jadi engineer HSE, petroleum engineer, field engineer, semua bisa kok, bahkan CEO pertamina juga wanita..saat ini, dengan kemajuan teknologi memudahkan banyak pekerjaan, sehingga lama-kelamaan tidak masalah lagi gender..

      ayo semangat riri, yuk terjun didunia perminyakan..

  15. kalau mau ke fttm kira-kira prestasi medali perunggu OSN bidang matematika kira-kira seberapa pengaruhnya kak? sebab kalau ngeliat pendaftarnya yang tahun ini mencapai 7 ribu lebih jelas makin ketat persaingannya…mohon informasinya kak sekarang saya kelas 12 .

    1. hmmm.. saya rasa prestasi medali OSN pasti jadi perhatian buat kampus. Bintang mau masuk jurusan apa? biasanya kalau ada anak2 olimpiade dan mau masuk FMIPA, biasanya jalurnya sangat DIPERMUDAH. Seriusan loh…

  16. Hallo Ryan, saya Toya.
    Saat ini saya kuliah di jurusan hubungan internasional.
    Mohon infonya apakah lulusan hubungan internasional bisa bekerja di perusahaan migas? Kalau iya bisa bekerja di bagian apa? Terimakasih

    1. Hal0…. Lulusan HI sebenarnya bisa masuk ke migas. Tapi saya rasa agak “banting setir”. Kenapa? karena dunia migas pasti nantinya akan berbeda dengan dunia HI. Biasanya orang2 HI bisa masuk kedalam departemen General Affair dan Eksternal. silakan jika ada yang mau ditanyakan lagi.

  17. assalamualikum kak ryan , saya widya dan saat ini saya kuliah di univ. negeri mengambil jurusan kimia murni .. yang saya tanyakan apakah ada prospek ny jurusan itu di perminyakan ? saya masih bingung dengan prospek ke depan🙂 tolong dibalas🙂 apa saja bidang pekerjaanny .. terima kasih

    1. waalaykumsalam wrwb.

      Bisa sekali mbak. Biasanya jurusan kimia bisa masuk ke sub departemen HSE dibagian bioremidiasi atau departemen laboratorium sebagai chemist engineer. Kalau mau berpikir sedikit out of the box, sebenarnya widi juga bisa masuk kedunia engineering dan lapangan banget, tapi mulai berkarirnya di service company (schlumberger, halliburton, baker hughes, dll) sebagai field engineer.

      semoga membantu..

  18. Salam kenall… dulu….kak mo tanya yg udh pakarnya nieh….saya ank S1 teknik kimia, pengennya saya meneruskan lagi ke S2 teknik kimia, tapi kebimbangan saya……apa banyak lowongan pekerjaan bagi perempuan khususnya teknik kimia, cz sering saya liat teknik kimia banyak di peruntukkan bt cowok, apa saya hrs pindah alih S2 manajemen teknik? Thanks bt tanggapannya🙂

    1. mbak faith.. sebenarnya saat ini tidak ada lagi batasan antara cowok dan cewek untuk berkarir sesuai dengan batasan2nya. Selama mbak profesional, maka mbak pasti bisa bersaing dengan para pria2nya.

      Menurut saya, ada baiknya mbak buat kita semua untuk memahami kembali pertanyaan “Mau jadi apa kita?” saat ini. Karena jawaban itu akan mengurangi kebimbangan mbak untuk memilih jurusan.

      semoga sukses..

  19. kalau sekarang Bang Rian kerja dmn? trus bagian apa? lagi nyari tempat kerja praktik nih Bang… mau nyari tempat KP tapi gak ada pandanga dan gak ada relasi sama sekali… Terima kasih

    1. saya berkarir di vico indonesia dibagian production engineering. Untuk mencari tempat praktik, silakan lihat terlebih dahulu tulisan saya yang ini:
      https://ryanalfiannoor.wordpress.com/2011/02/06/kiat-praktis-kerja-praktek-di-perusahaan-minyak/
      https://ryanalfiannoor.wordpress.com/2012/03/28/kiat-sukses-kerja-praktek-di-perusahaan-minyak/

      pertama2, kalau boleh tahu, rijal ini jurusan apa dan kampusnya apa ya? karena kerja praktik kan harus related juga terhadap jurusan yang kita ambil…

      1. owh,,, perminyakan ITB tahun ke-3 skrng Bang… minat juga nih Bang di Vico untuk KP. kata senior kemaren soalnya bisa bener2 tahu lapangan.

  20. Salam kenal kak ryan. Saya sekarang kelas 11 saya tertarik sekali terjun dalam dunia perminyakan. Kira-kira untuk kedepannya fokus untuk masuk perminyakan apa saja strateginya kak ? soalnya saya ingin sekali bisa kerja di Chevron

    1. Nanti akan saya tuliskan pada tulisan tersendiri ya..Hehe.. Secara singkat, untuk masuk dunia perminyakan tentu kita harus tahu bagaimana dunia perminyakan secara umum dan khususnya. Mungkin ummu bisa lihat tulisan2 saya yang lain yang berkaitan dengan migas terlebih dahulu.

      kalau bener2 tertarik masuk dunia perminyakan, saya sarankan untuk masuk teknik perminyakan saja. Biar lebih fokus dan langsung ke core business nya…Hehe..

    1. sama2 bagus kok. akreditasinya sudah oke. Dan peluangnya adalah sama buat masuk perusahaan migas. Yang terpenting kita kompeten dan kemampuan kita matching dengan kebutuhan perusahaan..

  21. Kk Ryan mau nanya nih
    Kalo kerja di perminyakan penghasilannya gmn? Sama penghasilan dokter spesialis kandungan bagusan mn ya? Saya masih galau nih tentang jurusan yg bakal sy ambil kalo udh lulus SMA nanti
    Terimakasih

  22. Dear Mr. Rian,

    Saya ingin menanyakan untuk adik sy yg sudah bekerja di Exxon. Beliau sudah bekerja kurang lebih 2 tahun, tetapi salarynya hanya 6 jutaan. Apakah perlu mencari perusahaan lain?

    Info: adik saya lulusan stem migas cepu.

    1. munngkin harus disesuaikan juga dengan posisi kita masing2 di industri migas. coba perbandingkan dengan perusahaan lain. Setahu saya, untuk pekerjaan menjadi operator, gajinya seharusnya bisa sampai 8-10 juta perbulan..

  23. Mas Ryan, blognya bagus sekali, saya suka semua tulisannya. Saya cewek SMK Geologi Pertambangan, saya pengen ambil Geofisika & harapannya bisa lanjut bekerja di perusahaan migas. Tapi sepertinya susah sekali ya mas untuk bisa masuk geofisika, melihat peluang kerjanya yg sangat bagus dan peminatnya yg sekarang2 ini lagi banyak. Kalau goefisika UPN sm UGM bagaimana perbandingannya mas?

    1. setahu saya akreditasi ugm adalah A dan upn adalah B. Jadi secara akreditasi ugm lebih bagus. tapi secara overall keduanya bagus dan punya peluang sama di perusahaan migas.

      Tapi saran saya coba dulu yang UGM melalui tes yang ada. Jika tidak, coba UPN melalui media tes2 yang ada. Dari segi biaya mungkin UGM akan lebih murah daripada UPN.

    1. Bisa mas. tapi mungkin mas harus berjuang banget karena kompetisi antar lulusan smk yang lain mas.
      Beberapa perusahaan membuka opsi untuk lulusan smk.

  24. Mas Ryan….saya berniat memasukkan anak saya (wanita) ke kuliah perminyakan….kira-kira fakultas apa ya yg cocok untuk wanita, anak saya sekarang kelas 3 sma IPA mas….terimakasih sebelumnya

    1. kuliah yang cocok: teknik perminyakan, teknik geofisika, geologi (kalau suka dengan pekerjaan lapangan) Pak..Semua jurusan ini udah pasti related terhadap dunia industri perminyakan.

    1. bagus kok menurut saya. asalkan kamu mau berusaha bersungguh-sungguh, pasti kamu bisa meraih mimpi2mu. semoga sukses.

  25. ka,sy kls2 smp mau tnya kalok mau kerjanya di kantor ngawasin target kyak bu evita itu gimana?? sdngkn mtk ama fisika sy lemah apa bisa masuk ? trus kalok mau ke t.perminyakan apa harus k jurusan
    ipa->geologi->t.perminyakan ??

    1. wah anisa, pertama saya apresiasi karena kamu sudah punya cita2 yang keren banget meskipun masih kelas dua smp. Kalau mau jadi ibu evita, mulai sekarang fahami dunia minyak dan gas sejak dini. baca2 info ringan tentang isu terknini migas indonesia dan dunia. gak usah yang berat2 dulu. Ibu evita dulunya juga masuk IPB dulu kok waktu kuliah, terus baru masuk kuliah yang berkaitan dengan minyak di ITB dan Jerman. Jadi saran saya, temukan terlebih dahulu passion terdalam Anisa apa. dan biarkan passion itu yang akan menjadi bahan bakar semangat nisa untuk menggapai cita-cita.

    1. Mas ryan saya ingin bekerja di sektor oil and gas. Mungkin di officenya karena saya perempuan. Saya akan mengikuti tes tulis dan berminat ke itb. Berarti kan ke fttm. Tapi fttm itu kan banyak banget peminatnya jadi saya kurang pede juga daftar ke sana. Jadi saya putuskan utk daftar……

      Untuk PTN :
      1. Fitb itb
      2. Teknik geologi unpad

      Untuk PTS :
      Perminyakan trisakti

      Apakah pilihan saya ini sudah tepat? Makasih mas Ryan😀

  26. bagaimana dengan prospek kerja mahasiswa yang kuliah di tempat yang swasta, seperti akamigas balongan kak ? apa prospek kerjanya juga sama dengan mahasiswa yang berasal dari PTN

    1. Ya sama. almamater sebenarnya mempengaruhi, tapi kemampuan dan attitude kitalah yang menentukan apakah kita akan sukses didunia kerja atau tidak.

  27. izin bertanya kak kalau kerja d teknik perminyakan itu besar kemungkinan bertemu degn keluarga berapa persen??

    1. pasti ada. tapi kalau bekerja dilapangan mungkin bisa ketemu dengan keluarga setiap 2 minggu sekali, setiap 6 minggu sekali, atau bisa juga 8 minggu sekali. Bergantung pada posisi dan pekerjaan kita juga.

      Tapi kalau kerja di kantor, kita bisa pulang ke rumah setiap hari.

  28. Kak mau tanya, basic saya S1 di Geofisika jika ingin melanjutkan S2 di ITB,sebaiknya memilih Teknik geofisika (dengan sub prodi geofisika perminyakan) atau Teknik perminyakan krn saya ingin bekerja di perusahaan OnG.saya lebih cenderung mnyukai untuk mengerjakan data-data daripada di lapangan, akn tetapi ketika saya kerja praktek saya prnah mndengar jk t. perminyakn akn lebih mudah masuk krn mnguasai praktik di lapangan juga saya jd bingung.. mohon sharenya, terimakasih Kak..

    1. sebenarnya kedua jurusan itu udah menunjang karir kamu kedepannya didunia migas. tinggal pastikan bahwa yang kamu pilih nanti akan sesuai dengan passionmu dan impianmu dimasa depan🙂

  29. Mau nanya , kalau ngambil teknik perminyakan, nanti bsa kerja d office bagian perminyakan? Kalau bsa jadi apa? Gimana sh kiatkiatnya biar bsa d tempatin d office? Apa ada jurusan khusus saat kuliah yg d ambil? Trims.

    1. bisa jadi reservoir engineer, drilling engineer, atau production engineer. Dalam dunia perminyakan, pasti suatu saat kamu pasti diminta untuk ke lapangan untuk visit/ penugasan. Tapi sejak awal wawancara kamu bisa request untuk minta ditempatkan dikantor.

      Beberapa kampus, misalnya UPN memiliki subjurusan kuliah reservoir, drilling, dan production sebagai fokus pembelajaran. Tapi kalau di ITB dan trisakti tidak ada.

  30. Kak mau nanya kalau lulusan teknik mesin bisa kerja di pertambangan gak? kalau cewek teknik mesin kerjanya di bagian apa ?

    1. bisa. tidak ada pembedaan gender di dunia pertambangan saat ini. hehe. cewek dan cowok dapat kesempatan yang sama buat berkembang di industri tambang dan migas. kalau teknik mesin biasanya masuk ke bagian maintenance.

  31. Kak.. mau nanya.. kalau perguruan tinggi jurusa teknik informatika S1, untuk cewek berpeluang bs masuk ndak ya.. umur sy 22tahun saat ini, masuk 23 tahun…

    1. bisa saja. masih bisa bersaing dengan para fresh graduate lainnya. malah pengalaman kerja kt ditempat lain bisa jadi kekuatan buat kita sendiri.

      1. untuk mencapai tujuan, harus dengan usaha keras. semua jalur yang memungkinkan kita buat masuk dicoba saja.

Leave a Reply

