Catatan 8: Andai Kita Seperti Midas

Konon didalam cerita Yunani kuno,  pernah hidup seorang Raja bernama Midas. Midas dianugerahi sebuah kekuatan untuk mengubah setiap yang disentuhnya menjadi emas. Midas sangat senang karena kekayaannya akan terus bertambah. Namun kesenangannya ternyata tidak bertahan lama. Segala makanan dan minumannya berubah menjadi emas. Bahkan, putrinya yang sangat dia cintai, pada akhirnya harus menjadi emas karena secara tidak sengaja ia sentuh. Dan cerita ini pun berakhir dengan kesedihan.

Kawan-kawan sekalian, seringkali kita mengingini sebuah kisah hidup yang terus berjalan mulus-mulus saja seperti seorang Midas. Setiap pekerjaan kita bisa selesai dengan instan, setiap rencana kita dapat berjalan tanpa halangan, dan setiap mimpi yang kita harapkan dapat terwujud dengan mudah. Wah apa jadinya ya jika ada manusia yang bisa benar-benar seperti itu?

Tapi….ternyata Tuhan tidak men-setting hidup kita menjadi mudah. Masa depan dibuat menjadi sebuah misteri. Tuhan telah mengatur kehidupan kita sedemikian rupa, sehingga kita diharuskan untuk menjemput rezeki kita, jodoh kita, dan kematian kita dengan berbagai pilihan jalan yang tidak kita ketahui. Akhirnya, kita harus mencari tahu sendiri serta berusaha melakukan yang terbaik untuk menggapai apa yang telah ditetapkan Tuhan kepada kita.

Memang, kita tidak bisa meminta pada Tuhan tentang titik tempat kita memulai hidup. Kita tidak bisa memilih akan menjadi seorang anak Jendral, anak Presiden, anak Pengusaha, anak Petani, anak Pemulung, atau pilihan lainnya. Tapi kita diberi pilihan oleh Tuhan untuk memutuskan jalan mana yang akan kita tempuh untuk menuju rezeki, jodoh, dan kematian kita. Kita bebas memilih jalannya.

Namun seperti layaknya peta, jalan menuju tujuan hidup juga harus memiliki arah: Mana arah kanan, mana arah kiri, mana arah atas, dan mana arah bawah. Singkat kata, ada banyak jalan menuju sebuah tujuan. Bisa dari arah kanan dan arah kiri atau dari arah atas dan arah bawah. Tapi yang pasti, tiap jalan punya rintangannya masing-masing.

Kita tidak bisa memilih semua jalan untuk mencapai hal-hal yang telah ditentukan Tuhan. Kita hanya bisa fokus pada salah satu jalan. Dengan kekuatan fokus ini, semua potensi kita akan terkumpul menjadi satu, lalu menjelma menjadi kepercayaan diri yang mantap dan energi yang dahsyat. Terlalu lama memutuskan pilihan jalan hidup akan merugikan diri kita sendiri.

Bagi orang yang percaya bahwa rezeki dan jodoh telah ditentukan oleh Tuhan, ia pasti sadar bahwa setiap manusia telah memiliki porsinya masing-masing dan tidak akan tertukar atau diambil oleh orang lain. Kepercayaan pada janji Tuhan ini membangun faktor konstruktif untuk berjuang pada apa yang dia harapkan dan impikan.

Ada banyak hal yang tidak dapat diungkap oleh sesuatu yang instan. Hal tersebut adalah “pengalaman”. Pengalaman hanya bisa didapat dalam sebuah proses yang benar. Pengalaman membuat seseorang belajar dari kesalahan, sekaligus menjadi faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Jika ingin mengetahui bagaimana seseorang sukses menapaki tujuan hidupnya, maka perhatikanlah bagaimana mereka berproses dan meniti berbagai kisah pengalamannya. Satu benang merah yang akan kita dapatkan adalah ternyata tidak semua proses yang mereka lalui itu mudah. Tidak semua pengalaman manis pula harus mereka rasakan. Hidup mereka ternyata juga sama seperti kita. Kadang senang dan kadang juga sedih. Walaupun demikian, mereka tetap konsisten menjalani semua yang mereka yakini sebagai jalan menuju tujuan hidup mereka.

Masihkah kita terus berandai-andai menjadi seorang Midas yang mendapatkan segala sesuatunya dengan instan? Yuk……Bagi yang belum tau mau kemana tujuan hidupnya, segera tetapkan. Bagi yang sudah tahu tujuan hidupnya, segera cari arah dan jalannya. Bagi yang sudah tahu arah dan jalannya, segeralah bergerak dan konsisten. Waktu kita terlalu singkat jika hanya sekedar terus berandai-andai. []

4 thoughts on “Catatan 8: Andai Kita Seperti Midas

      1. moment to legalitas dalam intelektual dalam berkembang para penerus bangsa .keep spirit and inovatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s