imagesKurangnya pengetahuan mengenai jenis-jenis perusahaan migas sering membuat fresh graduate (secara tidak sadar) hanya terfokus untuk mengejar karir di perusahaan migas yang memang paling sulit dimasuki, yaitu jenis KKKS , padahal sebenarnya banyak jenis perusahaan Oil Gas lain yang relatif lebih mudah dimasuki dan memberi remunerasi cukup baik serta bisa menjadi batu loncatan menuju karir di KKPS (bila mau) saat telah menjadi senior melalui jalur “experienced”, atau bekerja di luar negeri.

Memahami jenis-jenis perusahaan migas akan berpengaruh besar terhadap STRATEGI yang dibuat untuk memburu karir Oil & Gas kerena lebih mengetahui PETA karir bidang migas secara keseluruhan, bukan hanya di KKKS saja seperti yang umum terjadi dan menjadi langkah awal upaya peningkatan kompetensi guna memenuhi persyaratan atas posisi yang akan dilamar.

Berdasarkan kegiatannya, perusahaan Oil & Gas di klasifikasikan menjadi :

Oil Company (PSC)/Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS)

Yaitu perusahaan yang memiliki Production Sharing Contract (PSC) dengan pemerintah, sering disebut juga KKKS. Perusahaan jenis ini memiliki hak pengelolaan ,explorasi dan exploitasi minyak & gas suatu blok minyak di wilayah Indonesia dan memproduksi minyak mentah/gas tersebut menjadi bahan bakar, pelumas, LPG dll.
Contoh: SHELL, CHEVRON, TOTAL E&P, CONOCOPHILIPS, EXXON,ENI, VICO, HESS, PETROCHINA, INPEX
Jurusan yang cocok: Teknik perminyakan, teknik geofisika, teknik geologi, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia

Exploration Company

Exploration Company melakukan kegiatan penyelidikan atas suatu kawasan yang diperkirakan memiliki kandungan minyak dengan melakukan berbagai metode survey geologi & geofisika(seismic,resistivity,gravity,magnetic,magnetotellu rik) untuk memetakan struktur permukaan bawah bumi dalam upaya lebih memastikan adanya cadangan minyak/gas di bawah permukaan:
Contoh : Western Geco(SLB), FUGRO, FAIRFIELD, Elnusa
Jurusan yang cocok: Teknik perminyakan, teknik geofisika, teknik geologi, teknik geodesi

Drilling Company

Setelah tahap survey (explorasi) memastikan terdapat kandungan minyak di area tersebut, perusahaan jenis Drilling Company akan melakukan pengeboran (drilling) untuk mengeluarkan kandungan minyak tersebut ke atas permukaan bumi.
Contoh : TRANSOCEAN (DEEPWATER), APEXINDO
Jurusan yang cocok: Teknik perminyakan, teknik mesin, teknik elektro, teknik kelautan

Oil Service Company

Perusahaan ini bekerja bersama Drilling Company saat pengeboran berlangsung dan memberikan layanan Cementing, Mud Logging, Vertical Drilling, Directional Drilling, dan Horizontal Drilling.
Contoh : SCHLUMBERGER, HALIBURTON, BAKER HUGHER, GEOSERVICES, WEATHERFORD, WELLTEKINDO, BBS, ELNUSA WELL SERVICES
Jurusan yang cocok: Semua jurusan teknik berpeluang masuk di perusahaan ini

Survey Company

Perusahaan ini bekerja bersama Drilling Company saat pengeboran berlangsung dan memberikan layanan Seismic Survey, Rig Move, Laying PipeLine, Hydrography survey.
Contoh : Fugro, Seascape, Elnusa, Pageo
Jurusan yang cocok: Teknik geologi, teknik geofisika, teknik kelautan

Engineering (only) Company

Setelah sebuah ladang minyak dinyatakan siap untuk di exploitasi, maka Oil Company (PSC) akan meminta Engineering Company untuk mendesain fasilitas pengambilan minyak dan proses produksi minyak / gas (misal Jacket Platform) dari kawasan tersebut).
Contoh : AMEC, Singgar Mulia, WOODGROUP, KBR, REKAYASA INDUSTRI
Jurusan yang cocok: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro

Procurement & Construction (only) Company

Perusahaan ini memiliki kegiatan utama pada Procurement & Construction, kegiatan engineering yang ada dalam perusahaan ini biasanya hanya untuk membackup analysis dalam phase Construction seperti desain rangka pengangkat (spreader bar), perkuatan kapal pembawa dll.
Misal : Gunanusa, Thiess, Kalirayasari, Meindo
Jurusan yang cocok: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro

Catatan : Sehubungan bentuk kontrak kerja proyek Oil & Gas berupa paket EPC -Engineering Procurement & Construction (maksudnya ruang lingkup pekerjaan mulai dari desain, pengadaan peralatan dan pembangunan dalam satu kontrak) , perusahan Engineering (E) sering bermitra (join venture) dengan perusahaan PC/EPC untuk melaksanakan paket proyek EPC tersebut. Dalam banyak proyek, tidak tertutup kemungkinan bagian Procurement dilaksanakan oleh perusahaan perusahaan Engineering

Engineering,Procurement & Construction Company

Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan EPC karena memiliki divisi yang lengkap dari mulai Engineering, Procurement hingga Construction. Terkadang perusahaan ini juga merangkap sebagai Installator yang memasang Jacket Platform ini di tengah laut.
Contoh : MC DERMOTT, SAIPEM, NISCONI, Technip, IKPT, JGC
Jurusan yang cocok: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro

Installation Company

Perusahaan ini memberikan layanan untuk membawa konstruksi Jacket Platform tersebut dengan kapal pembawa (barge)yang mereka miliki/sewa dan memasangnya di tengah laut.
Contoh : DMB, Merlasakti
Jurusan yang cocok: Teknik Sipil, Teknik Kelautan

Inspection Company

Perusahaan ini memberikan layanan pemeriksaaan beberapa jenis pekerjaan kontraktor yang mengharuskan diadakan pengujian oleh pihak ketiga, misal pengelasan, prosedur pemasangan Jacket Platform di laut dll.
Contoh : Noble Denton, Indospec, Biro Klasifikasi Indonesia
Jurusan yang cocok: Teknik Sipil, Teknik Kelautan

Equipment Vendoor Company

Perusahaan ini menyuplai mesin & peralatan instrumen, electrical dll kepada perusahaan EPC yang memiliki kewenangan untuk memilih mesin/peralatan sesuai dengan spesifikasi yang diminta pada phase desain, atau mensuplai Oil Company (PSC) saat fasilitas Oil & Gas tersebut telah beroperasi.
Contoh : BINDER (supplier pipe support), Siemen, Sempec Indonesia, GE Electric
Jurusan yang cocok: Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Fisika

Supplier Company Lain-Lain

Banyak perusahaan yang memberikan jasa layanan lain untuk menunjang kegiatan oil gas, misalnya jasa penyewaan helikopter hingga perusahaan penyedia catering bagi karyawan Oil & Gas yang bekerja di tengah laut. Contoh : Indocater, Pangansari Utama (Catering), AIT (Helicopter)

source : kaskus dengan beberapa tambahan nama perusahaan

diambil dari blog: http://msudarman.wordpress.com/2011/11/11/jenis-jenis-perusahaan-oil-gas/ dan juga beberapa tambahan dari saya sendiri.

***

bagi kawan-kawan yang ingin bertanya lebih dalam tentang dunia perminyakan, bisa menaruh komentar di tulisan ini atau juga bisa follow saya di twitter: @ryanalfiannoor

294 thoughts on “Macam-Macam Perusahaan Migas

  1. Bang, saya mmang msih mahasiswa bru jrusan fisika d UI. Tpi klu d UI sndri fisikanya itu luas. Nnti smster 5 kta d sruh milih slah stu dri 6 pminatn yg ada, slh stunya geofisika. Nah rncanya sya nnti mau milih pminatn geofisika. Karena sya brcta-cita jdi praktisi d dunia petroleum. Tpi nnti ktka sya tmat, gelar sarjna saya ttap Ssi, bkan ST. Nah, sya tkut kmi d nmr 2 kn d bnding ank2 teknik geofisika dlm hal mncri krja. Mnurut abang sya msih pnya pluang gk untuk msuk oil company?
    Saya pengennya sih msuk prsahaan KKKS-nya, sprti Chevron, Total, Exxon, dll.
    Oh ya, saya sih tipe orng yg pngen ngejar ilmu dan nilai tinggi, mdah2an trcpai, saya trgetkn IP 3.7-3.8. Tpi mslahnya sya blum trlalu mnat untk ikt organisasi d kmpus. Krna sya tkut nnti kuliah sya trganggu. Pdahal denger2 dri orng2, ktanya klu d prushaan mnyak ksaran IP yg dtrima sktar 3.3-3.5 aj tpi mreka jga prhatiin CV kta dlm keg. organisasi. Sya tkut sya slah taget dlm prkuliahan nnti. Ngjar IP trlalu tinggi, tpi organisasinya gk ad… Atau ngjar IP ckup aj (ttp bgus, sktr 3.4) tpi organisasinya bnyak.

    Mhon srannya ya bang, spaya sya bsa buat planning dri skrng.
    Thx

    1. Alex, maaf ya saya baru balas sekarang.
      Sebenarnya kalau mau bekerja didunia teknik perminyakan itu gak harus teknik perminyakan/geologi/geofisika. Asalkan kita mengerti logika engineer yang berkaitan dengan dunia perminyakan…maka kita bisa masuk dunia perminyakan. Pengalaman saya internship di Chevron, mentor saya adalah seorang lulusan fisika yang menjadi drilling engineer. Jadi gak ada alasan untuk mengatakan bahwa kamu tidak punya peluang masuk.

      Tapi ingat…Kita harus tetap punya STRATEGI. Saya menyarankan kamu ikut proyek2 dosen yang berkaitan dengan dunia perminyakan, dan bangun relasi dengan orang2 perminyakan dari sana. Dari hal itu, kamu bisa jadikan pendongkrak interest perusahaan pada kemampuan dan pengalaman itu buat kamu.

      Nah mengenai prestasi, antara akademik dan organisasi..hmm..sebenarnya itu self assesment (evaluasi diri) kita masing2 saja. Kamu yang tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kelemahan diri. Kalau saya sarankan, kita harus tetap aktif di organisasi yang berkaitan dengan cita-cita kita. Organisasi bisa mengajarkan kita tentang arti teamwork, integrity, public speaking, dll yang tidak kita dapatkan dikelas kita. Tapi…Kita juga harus bisa mengejar achievement dalam bidang akademik kita. Singkat katanya: SEIMBANG. Saya juga pernah aktif di organisasi himpunan, unit, dan jadi mentri di BEM, tapi Tuhan tetap mengizinkan saya mendapatkan predikat cum laude sewaktu lulus. Kamu juga pasti bisa Alex.. Semangat ya..

      Feel free aja kalau ada yang mau didiskusikan lagi..

  2. mas,saya msh sekolah di STM jurusan Elektro, kalau saya mau kerja di perminyakan,kuliah saya harus ngambil jurusan apa ya? kalau jurusan elektro masih nyambung gk ke perminyakan?
    (mohon jawabannya)
    terimakasih.

    1. kalau mau yang pasti kerja di dunia minyak, kamu bisa ambil jurusan teknik perminyakan, geologi, atau teknik geofisika. IMHO..

    1. wa’alaykumsalam.
      pertanyaan ini sama seperti kita bertanya: apa hubungan karet dengan mobil? memang secara langsung kelihatannya tidak ada hubungannya. Tapi kita tahu bahwa karet yang telah diolah menjadi sebuah padatan yang dibentuk ban akan dipakai supaya mobil bisa berjalan.

      Dunia perminyakan yang kompleks tentu memerlukan hukum2 dasar yang mensupport perkembangan ilmunya. Nah, salah satunya adalah hukum termodinamika 1,2,3. Seorang engineer yang baik adalah seorang ahli/profesional yang tidak hanya tau mengenai “how”, tetapi juga “what” dari apa yang dikerjakannya. Pengetahuan dasar mengenai ilmu perminyakan akan membuat seorang engineer dapat berpikir lebih kritis dan logis dalam mengembangkan pemikirannya.🙂

  3. mas..sy lulusa s1 teknik elektro tahun 2004, skrg bekerj di perusahaan minyak sawit..mhon strateginya bisa masuk kerja ke sub kontraktor PSC migas..apa harus menunggu job vacansy dari perusahaan atau bisa langsung menawarkan diri…
    Kira2 keahlian teknis elektrical mana yg umum dipakai di perminyakan..biar bs dipersiapkan belajarnya..tks

    1. silakan menunggu job vacancy nya mas imran.
      Kalau bidang elektrikal, biasanya bisa masuk departemen maintenance khususnya dibidang instrumentasi dan engineering komputer..

  4. sepertinya perminyaan itu identik dgn org” teknik. soalnya setiap kali saya liat all oil’s vacancies membutuhkan org” teknik. nah saya mau tanya tentang kesempatan untuk org” sosial seperti menejemen. peluangnya bagaimana? seperti apa? besarkah?

    1. ada kok.. tapi karena perusahan migas adalah perusahaan engineering maka wajar jika banyak orang teknik yang diterimanya.

      tapi jangan khawatir, ada peluang juga kok buat orang-orang manajemen. jangan lupa selalu pantau situs pekerjaan di media online kan banyak mas. Semoga sukses..

  5. assalamualaikum bang ryan
    saya Rosandy Pratama dr STT MIGAS
    saya mw tnya nih ma abang , emm saya kan lgi belajar2 ttg drilling engineering n insyallah kdepanx saya fokuskan ksna walaupun keliatanx sngat susah,hehehe yg saya mw
    tanyakan tu haruskah seorang drilling engineering menguasai penuh ttg materi2 drilling sperti yg qt ketahui sperti Rotary Drilling Operations,Rheology of Drilling and Completion Fluids, Mud System ,Cementing, Oil Field Tubulars and Hydraulics ,Drilling System Pressure Loss Calculations ,Drilling System Bit & Nozzles, Introduction to Well Control, Directional Drilling
    dan masih bnyak lgi materi2x
    apakah hrus seorang drilling engineering menguasai penuh smua materi tu,,?
    apakah smua materi tu cuman sbgai basic sbgai drilling engineering dlm menggeluti pkerjaanx,,?
    smoga bang ryan bisa membukakan pikiran saya untuk semangat belajar lbih baik lgi
    amin ya robb

  6. assalamualaikum kak ryan.. saya cici dari Biologi MIPA.. saya sgt ingin skali kelak bisa bekerja di per. migas kak…
    yg ingin saya tanyakan, bisakah anak biologi kerja di perusahaan migas? dan kalau bisa, kerja di bagian apa kak?
    terimakasih sebelumnya kak..🙂

    1. wa’alaykumsalam Cici..
      Kalau cici mau bekerja di perusahaan migas sebenarnya bisa dibagian bioremidiasi atau bagian microbial enhance oil recovery (MEOR). Untuk mengetahui lebih detil tentang ini, kamu bisa baca di situs ini:
      http://id.wikipedia.org/wiki/Bioremediasi ==> tentang bioremidiasi
      http://en.wikipedia.org/wiki/Microbial_enhanced_oil_recovery ==> tentang MEOR

      Saya sarankan, saat kamu mengambil TA, kamu fokus mengambil topik diantara kedua hal itu dan lakukan riset disalah satu perusahaan migas yang ada di Indonesia. Dengan demikian, paling enggak kamu bakal tahu gimana gambaran bagaimana dan apa yang kamu kerjakan jika kamu nanti tertarik berkarir didunia perminyakan..

  7. permisi bang…
    mau tanya
    sya andre,masih siswa sma jurusan ips…
    apa ips bisa masuk teknik perminyakan?
    kalo ga bisa,jurusan apa yg nantinya kerja di bidang perminyakan? tolong saranya bang
    makasih bang…

  8. permisi bang…
    mau tanya
    sya andre,masih siswa sma jurusan ips…
    apa ips bisa masuk teknik perminyakan?
    kalo ga bisa,jurusan apa yg nantinya kerja di bidang perminyakan? tolong saranya bang
    makasih bang.

    1. kamu pingin kerja diperminyakan atau masuk kuliah teknik perminyakan? kalau pingin kerja diperminyakan, sebenarnya gak harus selalu masuk teknik perminyakan.

      Teknik Elektro dan Teknik Mesin juga dibutuhkan diperusahaan minyak kok (service company). teknik sipil dibutuhkan di departemen heavy equipment. Biologi dan Health bisa masuk departemen HSE. Teknik kimia bisa masuk departemen operation. Teknik industri bisa masuk departemen SCM. Akuntansi bisa masuk departemen finance.

      Terkadang kunci sukses supaya masuk teknik perminyakan bukan pada jurusan kita itu sendiri. Terkadang kunci sukses bisa muncul saat kita punya jaringan di perusahaan migas, pernah punya pengalaman Kerja Praktek di perusahaan migas, atau kadang juga bisa karena kita dianggap punya potensi untuk masuk disana…

  9. mau tanya,, apakah memungkinkan kita bekerja di oil ini tapi pindah2 bagian, sesuai dengan yang dijelaskan..
    misal beberapa tahun kerja di bagian service, kmdian pindah ke EPC, atau yang lainnya?

    1. bisa aja mas. selama mas punya kompetensi atau pengalaman buat mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan, mas pasti punya peluang.

  10. Salam kenal,
    saya baru thu klu di migas itu ternyata bnyk jenis nya..
    sya mau mint advice ny neh,klu dri jurusan tambang mau masuk ke migas dr mna y masuk ny dr jnis migas yg disebutkn diatas,tp saya blum ada pengalaman di migas?
    apakah klu mau masuk ke migas harus puny sertifikat dlu kah??
    thank you

    1. bisa aja mas. mas di bagian mana saat diperusahaan tambang? kalau mas masuk pada core business nya sebagai seorang reservoir engineering dan production engineering agak susah, soalnya butuh basic petroleum science yang bagus. Tapi kalau masuk sektor supporting department mungkin bisa.

      Kalau mau masuk ke core business nya, mas lebih baik banyak ikut training terlebih dahulu. Di Indonesia sudah banyak lembaga training yang menyediakan training Petroleum Engineering for non Petroleum Engineer. Silakan diikuti terlebih dahulu supaya mas dapat gambarannya.

    2. Terima kasih kak atas saran nya,,
      kak minta alamatnya atau website trainning petroleum engineer dong???
      oh iya kak klu microsoft project atau primavera itu gmn ya di dunia migas??
      soalnya ada teman yg kasi saran ambil training tsb..

      thanks kak

  11. assalamu’alaikum pak ryan..
    ini saya bety mahasiswi teknik perminyakan stt migas balikpapan,,
    pak saya mau tanya nih,,
    mungkin tidak ya “gas cap drive” itu terbentuk dari oil…
    dan untuk “heavy oil” itu memungkinkan tidak pada kondisi saturated dan undersaturated?
    trimakasi pak..
    wassalam…

    1. wa’alaykumsalam..
      kalau drive mechanism yang berasal dari oil namanya “solution gas drive”. “Gas cap drive” itu murni berasal dari gas cap yang ada di puncak antiklin reservoir.

      Untuk heavy oil/light oil sebenarnya itu adalah istilah besar kecilnya derajat API-nya. Kalau heavy oil SG nya besar/ API nya kecil, kalau light oil SG nya kecil/ API nya besar. Sebenarnya bisa saja dalam keadaan saturated atau undersaturated. Hanya saja, heavy oil itu lebih banyak komposisi C6+nya (asphaltic)..

  12. Assalamaalaikum,,,
    Kak Ryan,, maa’af kak sebelumnya saya mau tanya..?? dsini kebetulan skripsi sya tentang migas kak… Nah yg ingin sya tanyakan dsini macam2 prusahaan migas yg telah dikuasai oleh prusahaan asing itu ada brpa ya kak? dan apa saja nama2 prusahaannya tersebut? Trimakasih kak… smoga jwaban ka2k dpt byk mmbntu sya… Wassalam… ^_^

  13. ass. wr rb.
    saya mau tanya kalau mau kuliah di perminyakan.
    saya harus kuliah di mana ya ??
    dan apakah terjamin kerja

  14. oh ya.. mas
    sya mau nanya, sya khan lulusan smk jurusan tkj ( teknik Komputer & jaringan)
    nah, gimna klo nantinya sya mau lanjut kuliah ngambil teknik perminyakan?
    karna berhubung saya menggemari dan suka dunia perminyakan… gmna ya mas ?

    1. mas mau kerja di perusahaan migas mas?
      saya rasa tidak perlu harus masuk teknik perminyakan lagi. Perusahaan migas juga punya departemen ICT dan Technical Petro Data Management yang notabene butuh orang2 dengan basic ilmu komputer.

      Coba kalau ada kesempatan cari lowongannya di jobstreet atau via mulut ke mulut mas. Semoga sukses.

      1. ass.wr.wb.
        maaf ryan mas cmn mau menambahkan sedikit.
        betul kata mas ryan ga perlu masuk teknik perminyakan.,bagi tmn yang lulusan SMA atau sederajat cukup belajar sedikit tetang sofware desain,
        seperti: autocad,PDMS atau tekla,
        karena di dunia perminyakan mash kurang sekali buat desainer tau drafter..khususnya buat struktur dan piping (pipa).

        terimakash

      2. tambahan lagi..sering2 untuk membuka situs lowongan di internet mas. Karena sekarang pemilihan kandidat karyawan telah melalui online..hehe..

      3. amin… iya betul sekali.. sya ingin masuk kerja dalam perusahaan migas mas, tpi gmna caranya utk bisa masuk di perusahaan migas?… sebab berdasarkan realitas lapangan kerja yg ada di bpp utk jurusan teknik komputer itu sangat terbatas… & bisa saja kemungkinan di perusahaan migas itu sendiri juga terbatas… apakah betul mas?..

        terima kasih🙂

  15. Ass. Wr. Wb.
    Mas, saya mungkin lulusan manajemen konsentrasi marketing.. Apa lulusan itu bisa masuk dlm industri migas.??
    Klo bisa biasanya yg paling bnyk dibutuhkan utk posisi apa.??
    Bagaimana seleksi utk masuk perusahaan migas.??
    Terima kasih..

  16. ass. wr. wb.
    mas, mau nanya.. klo lulusan manajemen konsentrasi marketing,,
    kemungkinan yang paling banyak dibutuhkan di posisi apa dlm perusahaan migas.??
    bagaimana proses seleksi dlm memasuki perusahaan migas tersebut.??

  17. amin… iya betul sekali.. sya ingin masuk kerja dalam perusahaan migas mas, tpi gmna caranya utk bisa masuk di perusahaan migas?… sebab berdasarkan realitas lapangan kerja yg ada di bpp utk jurusan teknik komputer itu sangat terbatas… & bisa saja kemungkinan di perusahaan migas itu sendiri juga terbatas… apakah betul mas?..

  18. Reblogged this on sulaimanqimo and commented:
    tapi apakah itu akan menjamin mas, sebab sekarang banyak kasus kriminal melalui via online…
    okelah klo begitu sya akan coba lagi… maksh banyak ya mas atas bantuan dan sarannya…
    kalau nantinya saya bertanya lagi tolong direply ya mas…🙂

  19. Assalammualaikum pak ryan
    Saya kuliah ngambil safety ,apakah ada lowongan buat safety di perusahaan migas ?

  20. Assalamualaikum kak. Saya kuliah di fkm, rencana mau ambil peminatan K3 dan saya perempuan. Apakah perusahaan migas menerima ahli k3 wanita dan freshgraduate? Lalu apa peranan wanita k3 di perusahaan migas? Rate gajinya kisaran brp kak?

      1. Assalamualaikum kak. Saya kuliah di fkm, rencana mau ambil peminatan K3 dan saya perempuan. Apakah perusahaan migas menerima ahli k3 wanita dan freshgraduate? Lalu apa peranan wanita k3 di perusahaan migas? Rate gajinya kisaran brp kak?

  21. assalamualaikum ryan,perkenalkan gw aryo elektro (subjur kendali/control) itb 06
    ad yg pgn gw tanyain nih..,butuh pencerahan..
    gw tertarik untuk mengarahkan karir gw ke fungsional/specialist (bukan struktural)

    sebenerny gw kalo mw apply ke oil n gas [production sharing contract (PSC)] company apakah ad lowongan bwt control engineer?jika ada job desc-nya seperti apa ya sehari2 kerjany?
    apakah akan ditempatkan di field or office?

    selain control/instrument engineer, elektro (bs arus kuat atau arus lemah) itu bs melamar jd engineer apa lg ya di oil PSC company tsb?& job desc-nya ngapain aj?

    sorry ngerepotin😦 ,really2 need pencerahan agan ryan,,

  22. assalamualaikum mas, saya mahasiswa elektronika instrumentasi dari kampus dibawah naungan BATAN,
    mau nanya nih mas, jenis perusahaan migas mana yang cocok sesuai bidang saya. kalau mau nyari yg pekerjaan role on-off bagian apa ya?
    terimakasih

  23. assalamualaikum mas..

    saya mau tanya,,sekarang saya kerja di perusahaan kelapa sawit, posisi saya sebagai staf corporate social responsibility and corp.communication..apakah saya bisa nyebrang ke perusahaan minyak,, dan background kuliah saya ilmu komunikasi jurusan public relations..mohon pencerahanyaa ya mas..

    1. tepat sekali. tentu bisa masuk mas.. karena perusahaan migas pasti butuh instruments, controls, dan electrical engineer di departemen maintenance dan engineering & construction..🙂

  24. asalamualaikum mas bro
    saya qori..saya kuliah di jurusan teknik informatika
    mas saya sebagai salah satu anak bangsa yg kaya akan migas nya ini,ingin sekali terjun di dunia migas tersebut
    menjadi pengusaha di bidang tersebut
    apa kh bisa mas?
    saran nya yg detail y mas bro..hihihi
    please

    1. pertanyaan mas ini tentang menjadi pengusahanya ya,bukan karyawannya ya?
      Hmm.. mungkin mas bisa melihat beberapa biografi orang2 yang telah lalang melintang dalam usaha migas seperti biografi Rockafeller (Standard Oil), Erle Halliburton (Halliburton), Arifin Panigoro (Medco), Aburizal Bakrie (EMP), Ermin Nasution (Welltekindo/Prowell). Silakan mas nanti cari kira2 dimana kekuatan bidang mas bisa masuk dalam usaha perminyakan, maka disana pasti terdapat peluang..

      Semoga sukses mas,.

  25. bang tanya dong..aku jurusan teknik informatika..pengen banget masuk ke dunia minyak seperti di atas..nah yg saya pertanyakan,apakah ada yg membutuhkan untuk jurusan teknik informatika dan apa saja contoh perusahaan tersebut..terima kasih sebelumnya..sukses buat abang.

    1. perusahaan oil company pasti juga membutuhkan ahli IT. terutama bidang IT dan juga manajemen database. Silakan dicoba mas langsung kesana. Oil Company itu seperti Chevron, total, vico, pertamina, conoco philips, dll. Cari lowongannya di jobstreet/jobsDB atau langsung ke websitenya..

      SEmoga sukses mas..

      1. terima kasih sangat bang atas pencerahan yg berharga ini…sukses selalu buat abang..🙂

  26. mas,…mo tnya sy krj sbgai safety officer slma 2th di perusahaan non perminyakan,skrg aku lulus sertifikasi AK3 Migas, utk menyesuaikan sertifikasi yg tlh aku dptkan, apa saja yg hrs dilakukan safety man jika dpt kerjaan diperusahaan migas ?

    1. dicoba aja mas. Mas coba kontak temen2 mas yang ada di industri migas saat ini. pengalaman dua tahun ini, saya rasa bisa jadi nilai plus mas jika mau apply ke perusahaan migas. Semoga sukses.

  27. Asslm,,, Mas saya mo tanya sekalian minta saranya,,, saya lulusan D-3 teknik kimia, sekarang sudah bekerja selama 5 tahun sebagai field operator FCCU pada salah satu unit pengolahan migas BUMN, saya merasa terjebak dengan rutinitas statis dan tidk ada pengembangan ilmu yang saya dapat lebih lanjut atau secara signifakan, dan saya berencana melamar ke perusahaan migas asing khususnya yg ada diluar indo(timteng). mengingat salary yang didapat diluar juga lumayan besar. mohon saran dan persiapan apa saja yang harus saya lakukan dalam mengambil keputusan ini.

  28. dear om ryan,

    saya kebetulan mendapat kesempatan bekerja di Fairfield Indonesia, saya bukan ulusan tehnik ataupun yang berhubungan dengan perminyakan, jika mempunyai masukan untuk saya, berapakah gaji yang harus saya minta untuk bekerja di perusahaan tersebut, pengalaman saya pernah bekerja di dunia il and gas selama setahun lebih dan saat ini saya menjadi sales engineer untuk perusahaan sub-con manufactur dan pertambangan

    1. wedeh…saya belum om2 mas..

      kalau pengalaman mas masih sekitar satu tahun mungkin masih bisa dikatakan fresh graduate kan ya.. Nah untuk fresh graduate, biasanya setiap perusahaan sudah punya “nominal” mereka masing2. Terutama multinational company. Tapi jika ditanya saat interview, sebaiknya mas menjawab bahwa mas yakin perusahaan yang mas apply tersebut sudah punya standarnya. Jadi tidak usah menyebut angka. Mas coba yakinkan interviewer bahwa mas akan kerja profesional untuk perusahaan dan pantas mendapatkan nilai standarnya. Usually, it will bigger than your salary prior..

      Ini adalah saran saya mas. Tapi kalau mau nyebut angka, mungkin bisa berekspetasi 1,5 kali lipat dari gaji mas sekarang. Semoga sukses..

  29. mas ryan, terima kasih saran nya, sekedar info, saya dulu bekerja di PT.Post Energy sekitar 1 tahun 5 bulan, itu adalah oil and gas services, sekarang saya bekerja sebagai sales engineer di perusahaan Sub-Con manufactur dan pertambangan, saya sudah tahap presentasi dalam inggris di Fairfield, dan tinggal tahap nego gaji, saya akan minta salary sesuai saran mas ryan, semoga saya bisa diterima dan mungkin suatu waktu karena pekerjaan akan mempertemukan kita..sukses mas ryan..

    1. sip..mantap mas.. tapi jangan terlalu kaku ya mas dengan tetap jaga bargaining diri..semoga sukses wawancaranya..

    1. sebenarnya bisa mas.. Tapi mungkin mas harus berkompetisi dulu dengan lulusan kampus lainnya. Saran saya, kita coba apply kesemua perusahaan migas indonesia. Mas bisa cari diberbagai situs seperti jobstreet, jobsID, petromindo.com, lowonganmigas.com, dll.. Coba cari si sub pekerjaan yang berkaitan dengan migas. Jangan pandang perusahaannya, coba tekuni ilmu dan pengalaman disana…

      Kalau mas sudah punya pengalaman dengan rentang keilmuan yang luas dan tahun yang lama, peluang mas masuk perusahaan migas besar akan semakin terbuka lebar.

  30. Kak, yang mau saya tanyakan,
    1. untuk kimia murni bisa bekerja di perusahaan oil and gas? dan bagian apa?
    2. untuk di bidang oil and gas sendiri kan kerjanya gak dilapangan, kan juga ada yang di office, nah yang saya tanyakan untuk bekerja di office-nya dibutuhkan lukusan dari jurusan apa aja? dan PTN manakah yg memiliki peluang besar di oil and gas?

    1. 1. untuk kimia murni bisa bekerja di perusahaan oil and gas? dan bagian apa?
      jawab: bisa kok. biasanya di laboratorium atau dibagian rehabilitasi lahan pasca pengeboran..

      2. untuk di bidang oil and gas sendiri kan kerjanya gak dilapangan, kan juga ada yang di office, nah yang saya tanyakan untuk bekerja di office-nya dibutuhkan lukusan dari jurusan apa aja? dan PTN manakah yg memiliki peluang besar di oil and gas?
      jawab: wah Cyntia, pertanyaannya agak luas banget.. sebenarnya semua jurusan bisa masuk ke industri migas sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan background pendidikan masing2 orang. PTN yang berpeluang masuk didunia oil dan migas, yang pasti adalah PTN yang punya jurusan Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Geologi sebagai core dari bisnis industri migas..

      1. wah…maksud pertanyaannya gimana ya?.. saya agak susah jawabnya. Yang pasti, harus dimatchingkan dengan kebutuhan perusahaan jg mbak. sering2 saja membuka networking pada kawan2 sekitar, dan juga media yang menyediakan info tentang lowongan kerja di industri migas. Hehe..

        semoga sukses ..🙂

  31. Info di blognya membantu banget kak ryan…
    kalo boleh sharing nih , saya mahasiswa teknik pertambangan semester 8, rencananya mau ambil judul penelitian di perusahaan migas, tapi sepertinya matakuliah yg ada di jurusan saya gak terlalu sesuai dengan migas , mungkin kakak bisa kasih saran , kira-kira bidang apa yang memungkinkan untuk jurusan “pertambangan” seperti saya

    1. Mita, setiap jurusan kan sudah punya prospek karirnya masing2.. Sebenarnya teknik pertambangan itu sama bagusnya dengan teknik perminyakan loh, hanya beda background ilmu.

      Kalau saran saya, coba ambil TA yang berkaitan dengan tambang aja.. Kan lebih dekat dengan bidang keilmuan dan bisa lebih mendalami jurusan Mita lagi.

      Kalau mau kedunia migas, tampaknya Mita harus mengikuti dulu beberapa mata kuliah di teknik perminyakan supaya catch up dengan jurusan TM.. Gmana?.. semoga sukses ya..

  32. mas apakah nanti di tanya kita sma mengambil jurusan ipa/ips? apakah lulusan ipa lebih mempunyai peluang besar dari pada ips untuk masuk perusahaan minyak?

    1. Yang ditanya bukan jurusan ipa atau ipsnya.. tapi background keilmuan mas.. apakah pernah belajar kuliah tentang migas atau punya pengalaman didunia migas.

      Peluang ipa atau ips masuk perusahaan minyak juga tidak ada korelasi langsung sebenarnya. Bergantung dari perencanaan dari orang itu sendiri. background IPA tentu lebih ke engineering department.. Kalau IPS bisa lebih ke supporting department.

  33. Mas ryan, mohon tanya mas saya jurusan teknik pertambangan, bisa nggak ya berkarir di dunia migas ? nanti pas proses seleksinya kan rata2 pasti yg di ambil dari jurusan terkait seperti perminyakan, geologi, geofisika, geodesi, apakah ada kemungkinan ikut terseleksi untuk jurusan teknik pertambangan ? apakah ada spesifikasi tertentu mas ? makasih mas, mohon jawabannya🙂

    1. kalau pertambangan itu kan fokusnya kedunia tambang batu bara dan mineral kan ya..jadi mungkin agak kurang cocok dan sayang aja kalau masuk perminyakan. Disamping kompetisi masuk kedunia migas akan lebih ketat, tentu juga ilmu pertambangan berbeda dengan ilmu perminyakan.

      Kenapa mau masuk di minyak? tambang itu bagus loh. sama dengan migas.. bahkan terkadang bisa jadi lebih oke ditambang daripada minyak kalau sudah kerja dilapangan.🙂

  34. bang saya mau tanya, Untuk geodesi bisa gak masuk ke oil company? lalu setau saya juga survey company geodesi amat cocok buat masuk disitu hehe. makasih!

    1. bisa…masuk ke survey company.. ada banyak kok kawan dan senior saya yang berkarir di industri migas lewat survey company..

      1. jadi gd bisa juga kerja di perusahaan kayak chevron dan conoco?? Kalau teknik lingkungan gimana bang?

  35. kalau teknik elektro kan ada 4 pembagiannya, yg paling cocok dengan perusahaan migas yg mana? konsentrasi kendali, elektronika, komputer, atau power?

    1. wah sebenarnya saya kurang tahu ya.. Yang pasti biasanya di migas itu orang elektro masuk ke bagian instrumentasi. Mungkin lebih dekat ke kendali kali ya (?). Selain itu biasanya ada banyak lulusan teknik elektro juga masuk ke service company semacam halliburton dan schlumberger. Dan gak terlalu ngaruh apapun konsentrasi mu.

  36. assalamu’alaikum.wr.wb, saya mau nanya nih….. saya dari SMP sangat suka dengan elektro dan pembuatan robot. saya berminat di teknik elektro…. saya lihat teknik elektro ada 4 pembagiannya yakni, kendali, elektronika, power, telecomunication diantara keempat pilihan ini yg paling sesuai untuk perusahaan migas yg mana mas? tolong pencerahannya mas:)

    1. wah sebenarnya saya kurang tahu ya.. Yang pasti biasanya di migas itu orang elektro masuk ke bagian instrumentasi. Mungkin lebih dekat ke kendali kali ya (?). Selain itu biasanya ada banyak lulusan teknik elektro juga masuk ke service company semacam halliburton dan schlumberger. Dan gak terlalu ngaruh apapun konsentrasi mu.

  37. Salam kenal mas ryan, Sharing yang sangat bagus..

    perkenalkan mas, saya kurniawan sedang menjalani S2 Teknik Mesin di UI. Saya sangat berminat masuk O&G company baik itu OC ataupun SC karena tak bisa dipungkiri memang idaman bagi semua fresh graduate engineering.
    Saya telah membaca beberapa postingan di blog ini ttg gambaran jobs migas dan sangat tertarik.

    Bisakah mas memberi saran untuk saya agar dapat masuk ke OC atau SC, jika ternyata nantinya setelah lulus saya gagal tembus langsung ke salah satu company tsb apakah ada jalan lain sperti byk yang bilang numpang dulu di salah satu EPC company, dan kalau memang benar bisa jadi batu loncatan, kira2 EPC company apa yang recommended utk saya dengan back ground Mech. Engineering, peminatan Energy conversion.

    Dan satu lagi mas, apakah nanti ada perbedaan untuk lulusan fresh graduate S1 dan S2 d dlm salah satu perusahaan minyak, dengar2 lulusan S2 fresh lebih ada keuntungan di BUMN, benarkan demikian?
    mohon masukannya mas..
    trima kasih..
    salam

    1. salam kenal mas kurniawan.

      sebenarnya peluang mas untuk masuk ke perusahaan migas adalah bergantung dari lowongan kerja itu sendiri. Tapi dengan gelar S2 yang akan mas dapat, saya rasa itu akan menjadi nilai ++ buat perusahaan buat melirik mas. Kalau boleh saran, mungkin dari sekarang mas bisa belajar tentang dunia migas itu seperti apa processing nya. Akan lebih baik lagi jika mas bisa mengikuti event2 paper migas atau membuat tesis yang berkaitan dengan proses dunia migas yang sesuai dengan background mas.

      keuntungan yang dimaksud keuntungan apa ya mas? mungkin bisa lebih spesifik..Hehe..

  38. trimakasih sarannya mas, bisa menjadi pertimbangan saya kedepannya.
    maksutnya dalam hal percepatan karir di perusahaan untuk lulusan S2..
    terus adakah informasi ttg perusahaan2 EPC yg outstanding dan gambaran pekerjaannya yang sesuai dengan back ground saya dari mechanical, seandainya saya nanti mesti menggali pengalaman dulu di EPC company?

    1. mungkin bisa dicoba rekayasa engineering, IKPT, singgar mulia, atau saipem (made in italy yang terakhir ini….)..
      sukses ya mas buat karirnya. silakan kalau ada lagi yang mau didiskusikan..

  39. saya mau nanya lagi nih… saya lihat di lowongan2 perusahaan seperti di oil company, schlumberger dsb mereka jarang menyediakan lowongan untuk fresh graduate, jadi kalau mau nyari kerjanya nanti gimana mas? apakah ada link dengan kampus2 kayak itb?

    1. biasanya schlumberger akan mengadakan hiring di kampus-kampus tertentu semacam ITB, UI, UGM, ITS, dll. Dan biasanya para lulusan non kampus itu juga boleh daftar kok. Peluangnya sama untuk bisa masuk kesana. Saya sarankan, mas untuk bisa mengikuti website karir dari kampus2 tersebut:
      ITB => http://karir.itb.ac.id/
      UI => http://cdc.ui.ac.id/
      UGM => http://ecc.ft.ugm.ac.id/
      ITS => http://sac.its.ac.id/

      untuk melihat bagaimana tes dari schlumberger, bisa dilihat tulisan saya yang ini:
      https://ryanalfiannoor.wordpress.com/2011/05/24/tentang-tes-schlumberger/

      1. ada banyak dikampus2.. jadi sering2 aja cari informasi di situs karir kampus tersebut dan baca selebaran2 nya..

  40. assalamu’alaikum mas…. saya lihat lowongan2 perusahaan oil company, oil service dsb jarang menyediakan lwongan untuk fresh graduate. apakah mereka merekrut fresh graduate dari kampus2 seperti itb?

  41. ka saya mau tanya lulusan teknik lingkungan apa bisa masuk perusahaan migas? ditempatkan di bagian apa aja ka? terima kasih..

    1. bisa kok.. dibagian environmental engineering (HSE department) atau di bagian water treatment, atau dibagian bioremediasi tanah..

  42. Mau tanya mas kalo jurusan teknik geodesi biasa y di tempatkan di bagian apa kalo di perusahaan migas dan apakah sangat di butuhkan atau tidak

    Terima kasih

    1. dibutuhkan dong untuk survei lapangan sebelum kegiatan eksplorasi dilakukan. kita harus tahu topografi daerah itu. Kemudian di offshore juga dibutuhkan untuk survey dibawah laut juga. so don’t hesitate to join oil industry…:)

  43. MAS RIAN KNPA KIMIA MURNI JARANG DIPAKE DI DUNIA INDUSTRI ?
    KADANG KITA YANG BERSAL DARI KIMIA MURNI MERASA TERINTIMIDASI DENGAN LULUSAN T.KIMIA?

    1. hmm,, let me explain my humble opinion,

      pada dasarnya jurusan kimia memang lebih dijuruskan pada yang namanya sebuah riset/scientist yang menghasilkan sebuah teori/paper/sesuatu yang bermanfaat untuk dunia engineering. tolong koreksi saya jika salah…

      Jika memang mau masuk industri, jangan salahkan jurusannya. tapi lebih baik kita men-challenge diri kita sendiri supaya bisa menyamai spesifikasi dari jurusan teknik. gak sedikit orang yang jurusannya ipa murni yang sukses lebih dari jurusan yang lain. kuncinya adalah melakukan yang terbaik, kerja keras, dan kerja cerdas.

      Ayo semangat..

    1. Nanti saya jabarkan di tulisan sendiri ya.. Kalau teknik otomasi dan mekatronika mungkin bisa saya generalisasi sebagai teknik mesin bukan ya? kalau teknik mesin bisa masuk ke departemen maintenance.. tunggu tulisan lengkapnya,,

  44. Assaalam
    permisi mas,, saya mahasiswa geologi,,,kebanyakan perusahaan migas dan tambang mencari fresh graduate untuk dunia kerja,,, tapi apakah ada mas,,oil/gas/mine company yang mau memperkerjakan mahasiswa geologi baik yang mengikat maupun tidak, mas ? untuk mencari peengalaman, itung itung bisa bayar uang kuliah mas,,hehe
    makasih sebelumnya . . .

    1. saran saya.. mungkin agung bisa ikut proyek yang dilakukan oleh dosen tempat agung berada. Jika langsung masuk perusahaan, agak susah karena mereka jarang sekali menerima mahasiswa sebagai karyawan..

  45. mas mau tnya,,saya mahasiswa smster 7,,sya dari jur teknik pengelasan n saya pnya sertifikat welding inspector,,apakah ad peluang masuk d perusahaan migas??kalau ada lbh baik saya ngambl di perusahaan yg jenisny apa??mkasi

    1. bisa sekali mas.. mas sangat dibutuhkan dilapangan khususnya didepartemen operation. Setiap hari kita pasti ada pekerjaan untuk tie-in pipa pipa baru pada pipa yang sudah existing. Biasanya jarang ada perusahaan migas yang langsung merekrut welding inspector. tapi ada perusahaan pihak ketiga yang punya kontrak dengan perusahaan migas. Misalnya:
      – PT. Tribuana
      – PT. Ceria
      – PT. Karenindo
      – dll
      Saya lupa nama lengkap perusahaannya. Tapi secara opportunity, rizal punya peluang buat berkontribusi didunia migas. semoga sukses.

  46. Bang, mau tanya. Kalau peluang kerja utk lulusan D3 Teknik Perminyakan bagaimana ya? Apakah sama dengan yg lulusan S1 teknik perminyakan? Apa saja yg hrs dipersiapkan oleh lulusan D3 tek.perminyakan agar dpt bersaing dgn lulusan lainnua? Terimakasih bang🙂

    1. Bisa dibilang sama, bisa dibilang tidak. Dalam kasus tertentu, ada perusahaan yang biasanya cukup mencari lulusan D3 saja buat bekerja diperusahannya, baru kemudian di develop dilapangan dan disekolahkan lagi oleh perusahaan tersebut (enak kan? hehe). biasanya perusahaan ini adalah service company seperti schlumberger, halliburton, baker hughes, dll.

      Dalam kasus yang lainnya, jurusan D3 agak sulit masuk kedalam departemen engineering secara langsung karena harus bersaing dengan lulusan S1. Selain titel lulusan, pengalaman kita juga dihargai oleh perusahaan, jadi jangan sia2kan peluang masuk dunia migas walaupun perusahaannya tidak terlalu populer karena bisa jadi, suatu saat pengalaman kita bekerja diperusahaan itu bakal membuat kita jadi lebih punya bargaining position ketika mencoba masuk ke perusahaan yang lebih besar.

  47. Bagus banget ni artikelnya mas bro,,
    mau tanya nih saya skrg kelas 12 sma, kalo lulusan T.industri bisa masuk ke bidang perminyakan ??
    di bidang apa aja ?? butuh pencerahan

  48. Oh gitu ya mas.. Terima kasih info nya
    Kalau saya kerja sambil kuliah, jadi ambil kuliah yg kelas karyawan
    Nah setelah lulus kuliah itu apa saya bisa untuk ke perusahaan minyak.? Kan sudah punya gelar dan pengalaman kerja
    Tapi saya masih belum tau, kuliah yg untuk kelas karyawan itu D3 atau S1.?
    Terima kasih sekali.

  49. Salam kenal mas, saya punya anak baru lulus jurusan meteorologi ITB karena di Indonesia lulusan itu sulit mencari kerja akhirnya ia kuliah lagi di program magister geofisika UI, ibu mau tanya apakah setelah lulus dari situ masih sulit juga cari kerjaan ? lalu dimana peluang kerja nya , terima kasih sebelumnya dari seorang ibu yang sedih mendapatkan anaknya sulit mendapat kerja karena jurusan s1 jurusan meteorologi.

    1. Ibu Wilda.. Sebenarnya jurusan meteorologi itu adalah jurusan yang bagus. apalagi masuk di ITB. Saya serius.. tapi memang sangat disayangkan saat ini orang2 yang ahli dalam keilmuan ini kurang dilirik, padahal kalau diluar negeri sana banyak sekali yang bisa berkembang menjadi orang yang penting.

      Kalau sudah masuk jurusan geofisika, sebenarnya peluangnya akan menjadi lebih besar bu terutama untuk masuk kedalam dunia perminyakan…apalagi sudah bergelar master. Saya rasa networking UI sudah cukup baik dan tentu akan banyak vacancy yang terbuka buat anaknya.

      Jangan lupa berdoa ibu buat kesuksesan anaknya….Karena doa ibu sangat dekat dengan terkabulnya doa. Saya juga masih sering minta didoakan ibu saya.

      Semoga sukses bu…

    1. Bisa mas. Tapi saya lebih menyarankan mas untuk ambil kuliah D3/S1 terlebih dahulu.. Mengapa? karena mas memiliki kompetitor yang memiliki jenjang pendidikan yang berbeda.

      Jika mas ingin langsung melamar di perusahaan migas, mas bisa memulai menjadi operator lapangan migas(field operator) . Biasanya beberapa perusahaan membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK.

  50. mas, saya mau tanya. Saya baru saja fresh graduate dari jurusan fisika eksplorasi geofisika. Saya sangat antusias dengan dunia perminyakan oil and gas. Terutama dalam bidang pipping dan/ atau valve. Apakah kira2 ilmu geofisika yang saya dapat bisa bermanfaat di bidiang yang saya minati yaitu pipping?
    Oh iya, saya juga pernah ikut sekolah drafter di bidang pipping. Lalu posisi apa yang cocok dengan minat dan kemampuan saya pada perusahaan oil and gas?
    Terima kasih

    1. Kalau saran saya, mas harus memilih apakah mas mau menjadi seorang geophysicist atau menjadi ahli dibidang pipping dan valve. Dua hal tadi adalah dunia yang sangat berbeda, dan saya rasa mas tahu tentang itu. Satu ilmu bawah permukaan, dan yang satu lagi lebih banyak dipermukaan. Tapi tidak ada yang merugikan diantara keduanya karena sama2 bagus kok,,

      mudah2an bisa membantu mas

  51. Assalamualaikum
    Mas, mau tanya, Saya fresh graduate lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat dan seorang wanita, apakah saya bisa masuk ke perusahaan migas dan ditempatkan di bagian apa ?? lalu bgmana prospek kesempatan berkarir wanita dlm perusahaan migas mnurut mas sendiri krn sy krg mndpatkan info ttg ini ??
    Terimakasih.

  52. assalamualaikum mas,
    mau tanya nih, saya mahasiswa d3 jurusan tek. perminyakan akamigas balongan, sekarang sedang menempuh semester 3, untuk masalah kerja praktek,saya ingin kerja praktek di perusahaan lokal yang berada di daerah jawa, bisa tolong diberikan referensi nya ? karena sampai saat ini belum mendapatkan info yang memadai. Kemudian jika mas mempunyai info list perusahaan migas nasional/internasional yang sedang menerima kerja praktek untuk bulan juli-september tahun 2014 mohon di sharing juga mas.
    Wassalamualaikum…

      1. selamat malam,
        terimakasih mas telah berkenan menjawab pertanyaan saya🙂 dan terimakasih pula atas informasi yang diberikan, sangat bermanfaat. jadi untuk KP kita langsung menghubungi pihak perusahaan ya mas?

  53. Assalamu ‘alaikum Mas Ryan,
    Salam kenal Mas,

    Saya mempunyai pengalaman sebagai sales engineer di perusahaan supplier migas (2 tahun) dan pernah di bidang procurement di perusahaan non migas selama 5 tahun. Apakah saya masih berpeluang untuk bergabung di K3S?langkah2 apa saja yang harus saya lakukan agar saya dapat diterima di sana. Posisi apa saja yang harus saya ambil mengingat pengalaman saya, kalau melihat dari benang merahnya lama di SCM, sementara saya adalah lulusan teknik mesin.
    Mohon arahan serta pencerahannya, Mas Ryan.

    Salam,

    1. Wa’alaykumsalam mas Fandi.

      Kebanyakan perusahaan akan merekrut karyawan berdasarkan pengalaman dan background keilmuannya. Jika mas sudah lama di SCM, maka jangan ragu untuk masuk lebih dalam ke dunia SCM lagi. Pengalaman saya, petroleum engineer ditempat saya ada yang berasal dari teknik kimia,VP Human Resource perusahaan saya adalah geologist, dan VP operation saya adalah seorang mantan VP SCM. Jadi semakin tinggi karir kita, maka pengalaman kita semakin diperhitungkan dibandingkan background keilmuan kita. semoga bermanfaat.

  54. Mas saya ingin tanya, saya mahasiswa dari stmt trisakti dengan jursan manajemen transportasi udara dan skrang saya sdang mnjalankan pkl di bandara halim, nah yg saya msalahkan saya ingin sekali nanti nya bkerja di sbuah prusahaan perminyakan baik untuk pngobroran, equipment atau pun logisti perminyakan nah yg saya tanya. Apa kah saya bisa tuk bkerja di sbuah prusahan sperti itu? Tpi saya di ajarkan tentang logistik, pengiriman barang

    1. Jika berada pada posisi meiliya sekarang, sebenarnya agak susah jika mengaitkannya langsung pada pekerjaan diperusahaan migas. Tapi..jika mau berkarir didunia migas, mungkin bisa memulai dari service company terlebih dahulu. Biasanya perusahaan tersebut selalu membuka lowongan pekerjaan untuk semua jurusan. Disana biasanya akan di training kembali, bahkan bisa sampai keluar negeri. Dengan pengalaman dari service company, nanti akan bisa dibawa buat berkarir di perusahaan oil and gas..

  55. Kak dri tdi kubaca yg msuk k prusahaan migas itu teknik fisika, kimia, elektro,.dll apa teknik kelautan mmiliki peluang kecil msuk k migas,klu memang iya prusahaan apa yg cocok buat teknik kelautan??

    1. wah ada dong… teknik kelautan sangat dibutuhkan dalam konstruksi platform di operasi offshore. Ada banyak alumni teknik kelautan yang telah berkiprah disana loh…

  56. Selamat siang mas ryan.
    Saya lulusan sma dan awam soal migas.
    Jika ingin ikut pelatihan migas di salah satu lembaga training di bagian migas. Kira2 program apa yg harus saya ambil pertama kali?
    Trims

    1. pengetahuan tentang migas mas. tentang reservoir, drilling, dan produksi terutama.. ada banyak bahan di internet yang bisa dibaca sebagai tambahan pengetahuan disamping mengikuti lembaga training.

  57. mas,saya seorang mahasiswa teknik mesin, sedang kuliah semester 7,saya mau nanya kira2 untuk bekerja di migas apa aja yang perlu dipersiapkan selain dari ilmu d perkuliahan,

    1. Jika masih memungkinkan, ini tips2 dari saya:
      – belajar bahasa inggris ==> gak mesti ikut courses, tapi bisa lewat melatih conversation
      – aktif dalam seminar atau kegiatan organisasi yang berkaitan dengan kegiatan migas
      – mulai sekarang, coba aktif membuka website2 perusahaan migas atau forum2 migas.

      Semoga sukses dan bisa berkarir dalam industri migas ya..

  58. mas saya ambil jrrusan teknik induatri skrg saya smester 5.
    kira2 stelah saya lulus apkah masih bnyak peluang bagi lulusan sarjana teknik industri .. d msa/th yg akan datang ..
    mhon jwbane ..

    mturnwun ..

  59. Bapak saya mau tanya
    jika seorang dengan buta warna parsial ( masih bisa bedakan warna, tapi gagal tes isihara )
    bagian oil gas mankah yang cocok atau bisa di kerjakan,
    termakasih atas balasannya lewat email

    1. kemungkinan kalau buta warna parsial, masih bisa bekerja dilapangan tapi tetap bergantung pada kebijakan perusahaan itu sendiri.
      Tapi jika mas memilih untuk bekerja di kantor, rasanya tidak akan terlalu dipermasalahkan mas..

  60. saya sudah 3 tahun sebagai mechanic all unit di mining. apakah bisa masuk ke chevron?
    dan kalau masuk kira2 ditempatkan di posisi apa?
    history saya SMK OTOMOTIF saja?
    sekian trima kasih

    1. ya bisa mas. asal memenuhi requirement dari perusahaan chevronnya. Masuk kedalam tim maintenance.
      Tapi kalau saya bisa usul, saya usulkan untuk mengambil kuliah juga. Karena saat ini, persaingan kerja didunia migas sangat ketat sekali mas..

  61. Salam sejahtera mas,
    saya mau nanya kalo kerja di perusahaan penunjang migas semacam alloy mas (oilfield services & manufactur) gitu sama kelasnya ga sih dibanding kerja di oil company (pengeboran hulu dan hilir). Apa jika kita kerja disitu akan dipandang punya pengalaman bekerja di perusahaan migas? mohon penjelasannya. Terimakasih.

    1. pengalaman bukan dilihat dari lama waktunya saja, tapi tergantung juga pengalaman apa saja. Karena pekerjaan migas bukan saja butuh kompetensi tapi juga keahlian yang beresiko tinggi. Ada baiknya jika kita mau mengetahui sejauh mana kapasitas kita, kita menargetkan mengikuti interview dua kali setahun..walau kita belum berencana untuk pindah..

  62. assalamualikum mas…
    saya aris dari teknik sipil undip semarang semester 7. mau tanya saya sangat berminat masuk oil company seperti SHELL, CHEVRON, TOTAL E&P, CONOCOPHILIPS, EXXON,ENI, VICO, HESS, PETROCHINA, INPEX tetapi jurusan yg cocok tdk ada teknik sipil.
    apa saya tetap bisa mendaftarnya mas ? dan peluang bisa sampai wawancara tetap terbuka ?
    mohon petunjuknya ya mas… terima kasih😀

  63. mas, saya mau nanya niyh, klo dr teknik sipil mw masuk migas harus punya sertifikasi apa yah? klo di riau untuk umum lembaga pelatihan nya ada dimana? sblmnya berpengalaman di dunia sipil 15th ada keahlian di surveyor, baja dan berpengalaman sbg QC di bbrp proyek konstruksi besar, tp ga py pengalaman di dunia migas atw sejenisnya, ada peluang kah untuk itu? makasiy sblmnya mas🙂

  64. Mas ryan mau tanya,untuk posisi sales drilling tools di halliburton prospeknya gmn? Gaji yg dtawarkan brp?dan apakah bagus untuk karir hingga pengsiun?

  65. Yth.Mas Ryan. Saya mahasiswa akhir dr pendidikan Biologi. tetapi saya tertarik dengan pekerjaan di perusahaan perminyakan. Kira2 saya berpeluang di perusahaan perminyakan tidak ? dengan basic pendidikan ?🙂
    mohon rekomendasinya. trims

    1. bisa mbak. di dunia migas saat ini dikembangkan enhance oil recovery menggunakan bakteri. Nah disini temen2 biologi bisa sgt berperan besar dalam menentukan bakteri yang cocok.

      Saya sarankan sejak sekarang kalau bisa mengambil tugas akhir tentang Enhance Oil Recovery.

      sedikit referensi:
      http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-amaliayuni-26659&q=MEOR

      http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-s2-1998-huntoronim-1847&q=MEOR

      http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-s2-1998-huntoro-1747&q=MEOR

      semoga bermanfaat..

  66. Pagi mas,
    Bagi info dong mengenai perkapalan & mengenai minyak mentah atau ada rekomendasi buat saya berupa buku panduan, ahli dibidang tsb atau lainnya ųg berhubungan krn saya baru kerja sbg surveyor..

    Terima kasih sebelumnya

    Salam,

      1. Assalamulaikum bang Rian, perkenalkan saya Dwi Okky Saputra, mahasiswa semester 1 Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya Angkatan 2013/2014. Saya mau bertanya, kenapa sih oil and gas company itu ketika melakukan suatu rekrutmen kebanyakan kualifikasi persyaratan yg dibutuhkan teknik perminyakan, elektro, mesin, kimia, sipil, geologi, geofisika, dll daripada teknik pertambangan? Terus, jarang sekali saya liat perusahaan migas membuka lowongan dgn kualifikasi persyaratan lulusan untuk semua jurusan, apalagi teknik pertambangan, kenapa seperti itu? Dan jikanya saya lulus dr teknik pertambangan, besarkah peluang saya untuk kerja di perusahaan migas? Terima kasih, wassalamualaikum.wr.wb

      2. wa’alaykumsalam dwiokky,
        kalau dipetakan, ilmu teknik perminyakan dan teknik pertambangan adalah ilmu inti dalam pengambilan sumber daya di bumi ini. sangat berbeda dengan teknik elektro, mesin, kimia, sipil, geologi, geofisika, dll (yang dwi sebutkan diatas) adalah ilmu supporting. Ilmu teknik pertambangan bukan ilmu supporting dari teknik perminyakan. begitu pula sebaliknya. Kalau ilmu teknik pertambangan memang difokuskan pada penambangan batubara dan mineral (bukan diperuntukan bukan buat perminyakan).

        ngebet banget sama industri perminyakan ya? kalau mau coba, coba lowongan field engineer service company (schlumberger, weatherford, halliburton, dll). Biasanya mereka buka untuk semua jurusan. Tapi sebenarnya sayang aja ilmu tambangnya jadi gak dipakai.

  67. Mas kira2 untuk posisi sales engineer migas brp salarynya?untuk prospek kedepan hingga pensiun apakah bisa dijadikan tumpuan?salam..

    1. perusahaan migas memiliki standar renumerasi yang sangat baik mas apalagi kita punya performance yang bagus. jadi kalau mau dijadikan tumpuan buat pensiun, saya rasa akan tetap bisa. saya tidak punya data kalau posisi sales engieer. Tapi intinya gini, semakin jauh dari core business oil maka bisa jadi salarynya akan berbeda. saya tidak tahu berapa pasrtinya. Tapi overall tetap oke mas.

  68. mas, saya mau nanya niyh, klo dr teknik
    sipil mw masuk migas harus punya
    sertifikasi apa yah? klo di riau untuk
    umum lembaga pelatihan nya ada
    dimana? sblmnya berpengalaman di dunia
    sipil 15th ada keahlian di surveyor, baja
    dan berpengalaman sbg QC di bbrp proyek
    konstruksi besar, tp ga py pengalaman di
    dunia migas atw sejenisnya, ada peluang
    kah untuk itu? makasiy sblmnya mas

    1. tetap bisa mas. mungkin cocok masuk ke departemen project atau supply chain management. Walaupun disini adalah dunia migas, tetapi secara business flow nya gak akan berbeda di bisnis konstruksi, mungkin hanya akan ada penyesuaian2 sesuai dengan bisnis oil sendiri.

  69. Selamat pagi, mas ryanalfiannoor.
    Ada beberpa hal yg ingin saya tanyakan. Kalau PT. Radiant Utama itu berarti masuk ke jenis perusahaan apa ya? Kalo saya baca di website nya, Radiant itu melayani di segmen bisnis seperti Inspeksi dan Sertifikasi, Layanan Dukungan Teknis, Konstruksi, Layanan Offshore dan beberapa pengembangan energi termasuk Oil dan Gas Konsesi, geothermal dan Mini hidro.

    Nah yang ingin saya tanyakan, kalo lulusan teknik kimia, kira-kira jobdesc nya apa ya di perusahaan seperti itu? apakah sama seperti job desc di pertamina dan sejenisnya? saya masih fresh graduate, jd blum terlalu paham dgn jenis perusahaan yg berhubungan dgn oil and gas.

    Terima kasih banyak atas jawabannya..

    Salam hangat

    1. sebenarnya… kalau kita mau melihat pekerjaan kita bagaimana, maka kita harus melihat apa job role-nya. tak peduli kita background jurusannya apa..kita harus tetap mengerjakan pekerjaan sesuai dengan job role kita disana.kalau mas mengatakan PT radiant bekerja dalam bidang dukungan teknis dan konstruksi, maka pekerjaan mas gak akan jauh2 dari core business dari perusahaan itu sendiri.

      Kalau di Oil company, maka teknik kimia biasanya akan menjadi surface facility engineer.

  70. asalamualaikuum mas ryan.
    mas saya sekarng kuliah di jurusan teknik kimia politeknik lhouksemawe,dan jika tamat gelar saya A.md,,,apakah nanti jika saya telah jadi fresh graduate saya bisa bekerja seperti mas…dan di mana penempatannya,…??? karna di mata kuliah saya banyak membahas tentang mekanika fluida,termodinamika,unit operasi dan banyak tentang refining oil and gas,,bahkan cara pengelasan pun dijarkan mas

    1. Bisa…sangat-sangat bisa. Penempatannya bergantung tempat mas bekerja nanti. role pekerjaan mas bisa menjadi seorang facility engineer. Mas mau kerjanya dimana?

  71. mas saya sekarang masih SMA kelas 3, pengennya nanti ngelajutin di STEM cepu. nah saya itu bingung sebenernya kalau masuk situ apa harus udah bekerja dulu atau lulus SMA bisa langsung masuk. mohon pencerahannya karena udah cari dari sana sini masih rancu infonya. sekolah pertambangan yang ikatan kerja itu apa aja ya?

    1. wah keren nih sudah punya target kedepan. sebenarnya yang paling baik menurut saya adalah punya pengalaman atau kuliah dulu karena saat ini kita bersaing dengan banyak orang yang punya kompetensi buat pekerjaan yang kita incar. Kita gak bisa hanya berharap pada keberuntungan saja..hehe..

      Untuk yang ada ikatan kerja itu misalnya ini: kerjasama PNJ dan LNG academy Badak (http://joetrizilo.files.wordpress.com/2013/06/announcement.jpeg)

  72. Assalamu’alaikum kak,
    saya astriid sekarang kuliah di jurusan mekatronika di PENS. saya mau tanya departemen-departemen di migas itu apa aja y mas? terus departemen yang kira-kira cocok dengan jurusan saya itu yang mana. rencana saya kerja praktek di PLN. tapi keilihatannya saya juga tertarik di migas.
    terima kasih kak sebelumnya…..

  73. asalamualaikum……….. maaf kak manu tanya ni
    aku pinging kerja praktik di oil and gas tapi aku masih bingungung mau di divisi mana aku kerja praktiknya sebenarnya di oil and gas itu divisinya apa aja ya ?
    selain itu menurut kakak kalau saya dari jurusan fisika saya kerja prakteknya di bagian apa ya?

    1. kalau jurusan fisika mungkin agak susah jika langsung mau terjun ke dunia migas. mungkin yang bisa dilakukan adalah dengan sering2 mengikuti kegiatan seminar tentang migas terlebih dahulu. Jika ada kesempatan, kamu bisa ambil tugas akhir yang berkaitan dengan migas. karena kamu jurusan fisika, mungkin akan lebih dekat tugas akhir yang kamu ambil jika berkaitan dengan jurusan geofisika.

  74. asalamualaikum..,
    mau nanya nich, saya mau masuk kuliah tp bingung antara 3 jurusan antar tgeologi, pertmbangan dan perminyakan itu saran anda yg paling bagus yang mana???

  75. assalamualaikum bang, saya muchtarom..
    saya S1 teknik industri, dan pernah bkerja di Dunia pengeboran migas dan sampai sekarang masih bekerja di salah satu Rig yg ada diindonesia.. begini mas, saya sudah pernah ambil sertivikat Mud School dan rencana mau nglamar2 di perusahaan mud services.. cuma kendalanya saya cumatau beberapa aja perusahaan yg bergerak dlm bdang Mud.. kl boleh saya minta tolong sama abang untuk bantu carikan perusahaan2 tersebut, dan maaf bang kira2 di awal blan taun dpan banyak ndak yah yg bukalowongan..
    atas informasinya saya ucapkan terimakasih,
    wassalamualaikum wr. wb

  76. hi mas, saya ingin sekali bekerja di perushaan oil & gas,

    saya skrg bekerja di IT service company sudah 3 tahun. dulu kuliah jurusan marketing. saya sering mencari2 lowongan di chevron tp sayangnya tdk pernah ada utk jurusan marketing. adanya teknik yg pastinya saya tdk bs apply. apa saya perlu sekolah lg mengambil jurusan teknik mas? tp umur saya sudah hampir 30, kalau sekolah lg apa dilihat sbg fresh graduate lg? apa masih bs masuk ya? kalau saya ikut kursus2 mendalami IT apa bs masuk oil & gas ya mas?

    mohon pencerahannya, terimakasih..

    1. kalau sudah ada background dan pengalaman harusnya tidak dihitung lagi menjadi fresh graduate mas. Mas coba buka di http://www.chevron.formycareer.com/ yang bagian experienced.. Kalau mas mau mengikuti kursus IT dulu justru akan menambah added value buat mas juga menurut saya. dan mas akhirnya juga bisa masuk dunia IT nya Chevron.

  77. salam abang ryan
    saya dari teknik elektro ITT bandung, selain IP TINGGI, pasti nya ada pengaruh UNIVERSITAS dan AKREDITASI JURUSAN itu sendiri agar mudah diterima di perusaahaan. misalnya ada orang yang memiliki ketiga point diatas. maksudnya univ. ternama, akre. A dan ip 3,5 misalnya ,tetapi tidak memiliki skill di bidang service company . dan misalnya, saya punya skill di bidang itu dan point ke tiga diatas kurang meyakinkan. saya juga pernah berincang kepada yang sudah berpengalaman di bidang dunia kerja, yang dibutuhkan itu adalah univ. dan akreditasi jurusannya supaya bisa masuk ke perusahaan itu . di pikiran saya , mengapa tidak skill yang di butuhkan? . apa lagi seperti di perusahaan migas sendiri. nah, yang saya tanya bang, bagaimana saya bisa bersaing dengan orang yang memiliki univ. yang ternama , akre. yang bagus sedang kan saya kedua point tersebut kurang baik. dan megapa juga skill kurang di butuhkan ?

    maaf sebelumnya, pertanyaan saya kurang berbobot.

    1. disederhanakan saja ya. Perusahaan pasti membutuhkan orang-orang yang memiliki potensi buat dikembangkan, punya background yang sesuai, dan tentu saja loyal kepada perusahaan. as long as your compentence and background is matching with objective of company, maka gak akan menutup kemungkinan buat arion untuk dapat masuk ke dunia migas. Teknik elektro adalah jurusan yang cukup banyak juga masuk ke service company.

      Tentu kalau kamu punya IP dan dari universitas tertentu akan jadi added value buat perusahaan, tapi tidak jadi faktor dominan. Berusahalah semaksimal mungkin saat wawancara untuk “menjual” potensi atau pengalaman yang kamu punya, dan yang dapat dikaitkan dengan tujuan perusahaan. Semoga bermanfaat.

  78. Permisi mas, mau nanya kalo daru jurusan ips mau masuk ke migas bisa apa tidak yaa?
    Sebelumnya terimakasih atas jawabannya

  79. kak kita kira kalo mau ambil skripsi yang berhubungan dengan pekerjaan field engineer apa aja ya contonya ??. saya jurusan teknik industri dan tema untuk skripsi itu bebas mau mengarah ke teknik mesin/ elektro/sipil /kimia asal berhubungan dengan optimasi dan juga bisa mengarah ke manajemen
    terima kasih

    1. mungkin bisa membahas tentang evaluasi pengaruh kinerja wellwork and well intervention terhadap kepuasan karyawan dan target perusahaan. kayaknya itu bagus buat dibahas…

  80. hallo bang ryan..
    saya mau nanya kalo di migas lebih membutuhkan teknik elektro konsentrasi arus kuat atau arus lemah?

    (mohon jawabannya)
    terima kasih..

    1. Teknik elektro dibutuhkan untuk memperbaiki saluran listrik yang berkaitan dengan power generator buat kompressor, alat2 surface facility, dan penerangan camp. Kira2 itu masuk arus kuat atau arus lemah ya?.. yang pasti deskripsi kerjanya seperti itu..

  81. assalamualaikum wr wb
    salam dari kota bunga
    mas ryan saya adalah mahasiswa S-1 geofisika dengan backround mipa. mau nanya nih mas, tadi kan udah dijelaskan panjang lebar gimana bisa masuk oil company. salah satu yang saya noted tadi adalah ipk yang berkisar 3,3-3,5 pengalaman kerja. hal pertama yang dilihat sebagai penilaian awal oil company buat ngerekrut pekerja itu apa mas?
    kan saya pernah dengar dari salah satu alumni saya kalau perusahaan oil company itu lebih suka menarik orang yang bertipikal “hardworker dan teamworker” dibandingkan dengan orang yang jago tapi tidak “hardworker dan teamworker”, benarkah itu? mohon pencerahannya
    mohon penjelasannya, terima kasih mas ryan🙂

    1. wa’alaykumsalam wrwb..salam kembali dari kota bandung..
      penilaian awal oil company buat ngerekrut pekerja itu adalah IPK, softskill, hardskillnya..bergantung pada saat wawancaranya, disana kemampuan afism akan diuji.
      Benar sekali, bagaimanapun juga pasti perusahaan lebih memilih orang yang bertipe “hardowrker dan teamworker”. Mengapa? kalau orang tipe demikian masih bisa dididik lebih cepat untuk jago. semoga sukses ya..

  82. kang, saya D3 teknik sipil di polban, ada saran jika saya ingin magang di offshore ? apa saja yang harus saya tinjau dan perusahaan mana saja yang kira-kira cocok untuk disiplin keilmuan saya ?

    1. kalau pertanyaannya apa yang cocok untuk disiplin keilmuan saya, justru menurut saya untuk offshore lebih cenderung banyak diperlukan teknik kelautan saat ini. Apakah di jurusan sipil Ainul juga mempelajari bangunan dan struktur yang berhubungan dengan laut. Jika memang iya, artinya memang cocok buat magang di offshore. Ainul bisa mencoba di Pertamina ONWJ, Pertamina WMO, Chevron, Conoco Philips, PetroChina, CNOOC, dll di departemen keahlian konstruksi bangunan dilaut.

  83. Assalamualaikum Bang Ryan.
    Saya lulusan S1 teknik geodesi. Pernah internship di Pertamina EP Region Jawa. Beberapa kali pernah mengerjakan proyek settlement and plumbness TBBM milik Pertamina juga. Mohon infonya bang kalo misal ada lowongan di bidang migas. Terima kasih banyak

    1. wa’alaykumsalam wrwb anggoro,

      Untuk mencari lowongan kerja di perminyakan, anggoro bisa mengikuti perkembangan beritanya di:
      1. website company yg menjadi perhatian suami mbak. Biasanya mbak tinggal searching website perusahaannya, dan cari bagian “job vacancy” nya. Setiap ada lowongan di perusahaan tersebut, pasti akan dimunculkan disana.
      2. Coba ikuti perkembangan berita disini: http://lowongankerjamigas.com/ atau http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=718772006
      biasanya disana lengkap juga infonya.
      3. Coba ikuti perkembangan lowongan kerja di http://jobstreet.co.id/ juga mbak. Disana cari minat lowongan suami Anda di dunia migas. semoga membantu.

  84. mas mau tanya klau saya lulusa PR D1, ap[akah ada lowongan untuk di dunia perminyakan, dan mohon pengarahanya,, trimakasih mas

  85. assalamualaikum.. Mas saya mau nanya, kira-kira persiapan khusus yang harus kita persiapkan sewaktu SMA untuk masuk teknik perminyakan apayah? supaya nantinya ketika saya telah berada dalam lingkup perminyakan saya tdak seperti orang baru maksudnya dasar materi apa yang mesti saya dalami terlebih dahulu untuk menunjjang materi2 selanjutnya. dan persyaratan khusus apa yg ada ketika saya mau mencoba melamar diperusahaan yg ada diluar negri? Mohon maaf mas bnyak nanya.. wassalam

    1. saat ini perusahaan migas sudah menomorsatukan safety dan SOP yang ketat pada setiap pekerjaannya. Asalkan kita bekerja sesuai dengan SOP yang ada, harusnya hal-hal yang tidak diinginkan terkait safety, bisa diminimalkan..

  86. Aku punya Pengalman 5 thn di bidang migas… On/offshore.
    Dan skrang aku kerja di perusahaan oil and gas di malaysia ,..!! Mau nanya?
    Senang ssah g ya mas kalau mau apply kerja di indonesia, sedangkan llusan ku hnya SMA..!!! D lihat dr bnyk nya lowongan kerja migas, Requirment nya D1 Sampai S1.

    1. wah mas Rafsan, kalau sudah pengalaman 5 tahun pasti akan sangat dipertimbangkan mas. Tapi kalau boleh memberi saran mas, sebaiknya mas tetap ambil kuliah S1 mas agar proses dan karir mas makin cemerlang kedepannya. semakin kesini lulusan D1 dan S1 semakin banyak mas tentu akan semakin kompetitif untuk berkarir di perminyakan. semoga sukses selalu.

  87. assalamualaikum mas.
    saya mahasiswa ilmu kelautan, kira2 di butuhkan atau tidak sarjana ilmu kelautan di Pertambangan atau migas? dan kalo boleh tau di bagian mananya ya? karena yang saya liat, hanya Teknik Kelautan saja yang banyak di butuhkan. Terima Kasih.

    1. wa’alaykumsalam wrwb.

      sarjana teknik kelautan dibutuhkan untuk membangun platform di offshore. Eh ini Ardiriski mahasiswa teknik kelautan atau ilmu kelautan ya?

  88. assalamualaikum mas.
    saya sekarang kelas 12 rencanannya mau masuk teknik perminyakan UP*.sekarang” ini saya mulai rajin searching lowongan pekerjaan TM di indonesia tetapi hasilnya sangat sedikit dan perusaan jarang yang mengetumakan Fresh gaduate kebanyakan mengtutamakan yang berpengalaman dan lulusan luar negeri.yang mau saya tanyakan apakah prospek lulusan Teknik perminyakan di Indonesia pada 6 tahun kedepan masih cerah mas?
    dan apakah setelah kita lulus S1 TM di indonesia bisa mencari pekerjaan ke luar negeri? dan apakah saya harus belajar b.arab dulu di indonesia?
    Terima kasih

    1. wa’alaykumsalam.
      wah mantap mau masuk teknik perminyakan ya. secara sederhana, peluang buat lulusan TM indonesia itu masih bagus kok buat didalam ataupun diluar negeri. kalau mau apply keluar negeri, ada baiknya mulai sekarang conversation dalam bahasa inggris diperlancar karena dunia kerja butuh bahasa tersebut.

  89. malam mas,saya mahasiswa teknik geologi trisakti semester 6.. rencananya saya mau coba internship karena saya kira pengalaman akan membantu.. kira-kira yang saya harus persiapkan dan lakukan agar bisa magang itu harus apa aja ya mas?dan menurut mas perusahaan yang recommended apa aja?thanks sebelumnya

  90. assalamualikum mas,saya seorang mahasiswa teknik mesin,saya ingin sekali bekerja di perusahaan minyak tetapi saya menderita buta warna parsial,dan saya melihat info secra online kbanyakan tdk mw mnrima seorang yg mndrita buta warna,apakah mimpi saya untuk kerja di perusahaan minyak telah pupus

    1. wa’alaykumsalam. saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini. sebenarnya saya lebih menyarankan lebih baik dicoba dulu meng apply daripada tidak. Bisa jadi standar perusahaan yang satu akan berbeda dengan perusahaan yang lain. jadi problem buta warna parsial bisa jadi masih dalam taraf kewajaran dalam sebuah perusahaan. semoga sukses angga.

  91. Aslm..mas =) saya mahsiswi jurusan s1 tekhnik kimia,dulu sma nya kimia analis,
    Pernah jugakuliah di pengolahan migas,cuma ga selese d3 nya,krn ga banyak wanita ditaruh di rig atau didikuar kantor.temen temenku akhirnya,masuknya ke bank,bank,beberapa ada yg jdi laborat gtu.masih banyak ga ya,perusahaan yg nerima lulusan sma kimia gtu,dlm masa cuti s1 tekhnik kimia juga mas ??? Pengen nya jdi laborat,atau kerja di rig begitu.makasih sebelumnya

    1. kalau lulusan SMA mungkin agak susah mbak karena saat ini lulusan D3 pun sudah banyak. mungkin kalau saya boleh saran, selesaikan dulu kuliah yang mbak jalani saat ini lalu mulai berkarir didunia migas.

  92. Assalmualaikum mas ryan. Saya mahasiswi semester 2 S1 Teknik Geofisika Univ.Lampung yg mau saya tanyakan kalau bekerja di perusahaan migas untuk perempuan biasanya ditempatkan dibagian apa ya ? Maaf klo kurang berbobot. Wassalamualaikum.

    1. Assalamualaikum mas ryan..
      Saya lulusan Pendidikan Bahasa Inggris dan menyukai bisnis, apakah saya akan memiliki peluang untuk apply dan berkarir di perusahaan migas? Trimakasih🙂

      1. bisa mas. tapi mungkin akan sulit untuk masuk ke divisi core businessnya. Tapi biasanya lulusan pendidikan bahasa inggris bisa jadi supporting team untuk mendidik para operator lapangan migas untuk bisa berbahasa inggris. tentu gaji mas akan disesuaikan kembali dengan standar perusahaan migas.

  93. permisi mas, mau nanya, klo jurusan teknik industri bisa bekerja di posisi apa saja selain SCM/procurement dalam perusahaan migas? thx !

    1. bisa saja sebenarnya mas. tapi mas harus memiliki kemampuan lebih untuk pindah dari divisi SCM tersebut. biasanya perusahaan selalu membuka opsi karyawan untuk berkembang ke berbagai divisi. melalui opsi itu, cobalah diskusi dengan supervisor kita bahwa kita mau pindah kedivisi yang lain. Tentu anda jelaskan juga kemauan keras mau belajar dan akan mengikuti training/pendidikan yang mendukung karir di divisi barunya.

  94. terimakasih mas ryan, blog ini memuat informasi lebih. Sy dr Geologi Unpad, salam kenal ya mas. Kalau berkesempatan tolong share jg informasi ttg Perusahan tambang (minning) / batubara biar rekan2 di Indonesia terbuka wawasannya. Salam hangat. Sukses dan semoga bisa berjumpa di lapangan…

  95. Assalamualaikum..
    Mohon bantuannyan,saya mau ikut pelatihan migas di cepu tapi saya bingung memilih jurusan dan saya belum tau jelas tentang perminyakan.. Mohon bantuannya.

  96. Assalamualaikum..
    Saya lulusan S1 managemen perpajakan,saya mau ikut pelatihan migas di cepu dan saya masih bingung untuk mengambil jurusan apa? Dan langkah2 apa saja yang harus saya ambil di awal? Mohon sekali bantuannya mas ryan…

    Terima kasih.

    1. seandainya disana ada tentang manajemen migas, mungkin bagusnya masuk ke manajemen migas saja mas karena basicnya tidak terlalu teknikal dan kalau terjun kedunia migas kembali mas bisa masuk ke divisi financenya. Step awal yang saya sarankan adalah mulailah dari tujuan dari mas mau bagaimana. Mas mau berkarir sebagai apa ya..

    1. saya rasa agak susah. bukan berarti tidak ada peluang. tapi saya jarang melihat lulusan planologi bekerja diperusahaan migas, kecuali mereka keluar dari jalur keilmuan mereka..

  97. Haloo mas yaan,, makasi tulisannya sangat informatif.. mas aku nanya dong, aku kan lulusan tekim tp sayanganya dari pekerjaan pertama sampai sekarang sudah 3 kali pindah kerja 3 tahun ini aku bukan sebagai engineer tp lebih ke marketing sebagai business development, sekarang ini aku sedang bekerja di engineering konsultan sebagai proposal engineer. Kalau aku mau coba ke oil company, kira-kira lebih tepatnya aku ngelamar sebagai apa ya? sebenernya sih aku masih pengen nyoba jadi engineer, kira-kira si COMPANY itu bakal ngeliat background pendidikan atau pengalaman kerja ya?.. kalau mas yan ada saran dan masukan, terima kasih..

    1. tentu mereka akan melihat background pendidikan dan pengalaman. saya rasa pengalaman mbak bisa jadi nilai point plus untuk mbak jika mau mendaftar sebagai engineer.

      Coba bekerja di oil and gas company. Dan pastikan mbak berada pada posisi di construction and engineering. Tentu disana mbak akan banyak berkaitan dengan proyek dan bisa tahu persis mana vendor2 yang sesuai spesifikasi perusahaan mbak selanjutnya karena pengalaman mbak sebelumnya.

  98. hai mas rian ,, saya mau tanya donk suami saya lulusan SMK Jurusan Pariwisata , tetapi saat ini sedang berkerja di perusahaan Kontraktor total di Balikpapan ,, suami saya sudah berkerja selama dua tahun ini menangani MSA , GD(Gas Detector) , kalibrasi dan apa lah itu .. sekarang ingin resign dari perusahaan dan ingin mengikuti training , apa mas bisa advice sebaiknya mngikuti training apa agar menjadi lebih baik lagi mas karena suami ingin penghasilannya dapat bertambah …

  99. Assalamualaikum mas Ryan, salam kenal..
    saya Andi, mas. Saya mau curhat sedikit nih, dan mohon sarannya untuk saya..
    saya saat ini berusia 25 tahun, pendidikan terakhir D3, tapi D3 yang tidak ada kaitan dengan teknik sama sekali. Jurusan saya saat kuliah memang kurang populer, saya jadi kesulitan mencari kerja skrg.
    nah, saya berpikir untuk “banting stir” dan terjun ke industri migas, dan posisi yang saya incar adalah piping drafter..

    yang saya mau tanya, apkah ada peluang bagi saya untuk masuk ke industri migas? sedangkan saya tidak punya background teknik sama sekali. saya hanya berencana untuk ikut kursus piping drafting dan mencari sertifikat sbg modal melamar nanti. apakah perusahaan2 yang saya lamar nanti berminat dengan saya yang cuma bermodal sertifikat?

    mungkin itu saja yang ingin saya sampaikan. mohon saran, jawaban, serta bimbingannya ya mas..

    terima kasih,

    1. mas bisa mencoba untuk memulai karir di perusahaan EPC misalnya di Succofindo, Rekin, Saipem, dll. Disana pasti dibutuhkan seorang piping drafter. Setelah menimba pengalaman disana, mas bisa masuk perusahaan migas dibagian Engineering and Construction. Kebanyakan perusahaan migas itu mencari pegawai yang sudah berpengalaman terlebih dahulu.

      1. coba perkuat dengan mengikuti training dan sertifikasi yang berkaitan dengan perusahaan migas yang mau dicoba..

  100. Mas, terima kasih sebelumnya nhe.
    Mau bertanya jika lulusan smk saja jurusan teknik mesin bisa masuk di perusahaan oil and gas, sperti Schlumberger, utk test prakteknya seputaran apa ya mas ?
    Mohon penjelasan dan sharingnya ya mas.
    Terima kasih.

  101. Mas Ryan salam kenal sebelumnya.
    Mas utk lulusan smk mesin saja tetapi berpengalaman di bidang heavy equipment melamar di perusahaan minyak seperti Schlumberger.
    Sudah ikut test pertama atau psikotest lulus.
    Next call ikut lagi test praktek.
    Pertanyaan saya utk test praktek tsb seputaran apa ya mas Ryan ?
    Terima kasih.

  102. mas saya lulusan D3 PR . apakah perusahaan migas itu tetap menggunakan PR dlm perusahaannya?? klo iya berapa kisaran salary nya?? thx

    1. iya perusahaan migas menggunakan PR. coba saja dimulai dari dua kali gaji UMR mas. biasanya perusahaan akan merasionalisasikannya.

  103. asalamualaikum, mas ryan salam kenal
    saya wildan berusia 15 tahun, cita” saya mau jadi pegawai pertambangan, mau tanya rekomendasi perusahaan yang bagus apa ? IPK minimal berapa ? TOEFL minimal berapa ?,btw saya pingin mendirikan perusahaan migas sendiri, ya mudah”an indonesia punya banyak perusahaan migas hehehe, sekian terimakasih
    wassalam

    1. waalaykumsalam wrwb. bisa di Freeport, Antam, Newmont, KPC, dll. Toefl kalau bisa sudah 500an keatas (setara dengan 60an iBT). Ya semoga berhasil ya..

  104. Mau tanya, kan saya punya pacar kerja di shumblerger,dia kemarin ud selesai untuk traning di France dan sekarang kerja stay di shumblerger Iraq.. jika ingin pindah ke shumblerger Indonesia gimana ya caranya? Moon di bantu.thanks🙂

    1. Biasanya harus nunggu dulu beberapa tahun agar nantinya ditempatkan kembali di Indonesia. Kalau masih baru agak susah langsung ditempatkan di Indonesia.

      Biasanya para engineer SLB lebih suka diluar negeri karna gajinya besar.

      1. Kak, saya camaba tahun 2014 ini. Lagi dilema besar nih kak hehe. Aku ada dua pilihan di univ berbeda dan jurusannya pun berbeda. Aku pingin banget kerja di perusahaan migas kak. Di satu sisi aku diterima di PTN jurusannya Kimia murni. Dan disisi lain aku ada cadangan PTS dg jurusan Teknik Kimia. Jadi gimana kak? Kalau aku ambil Kimia murni, apakah aku bisa kerja di perusahaan migas? Mohon balasannya ya kak☺

      2. Saya sarankan untuk ambil teknik kimia kalau mau peluangnya lebih besar untuk masuk dunia migas.

  105. Mas ryan saya mau tanya dong, saya baru aja mas keterima di teknik lingkungan UI tapi di jurusan yg cocok itu ga ada teknik lingkungan sama sekali. Lulusan teknik lingkungan ada kesempatan kerja di migas ga mas?saya sebenarnya masih terdaftar sebagai mahasiswa agribisnis di salah satu univ negeri di malang tetapi kalo tekling bisa ke perusahaan migas pengen sayakarena ternyata setelah ikut beberapa seminar saya nyantol di perusahaan migas, mohon pencerahannya mas haha mumpung baru mau semester 3 nih ga sayang2 banget lepasnya. Thanks🙂

    1. kalau kamu masuk teknik lingkungan kamu bisa berkarir dibidang Health, Safety, and Environment (HSE) department. Jadi pasti peluang teknik lingkungan masih besar untuk masuk industri migas.

  106. Assalamualaikum mas,
    Saya mahasiswi university of malaya(malaysia) jurusan geologi. Skrg saya mau masuk semester 5 dan biasanya nnti setelah semester 6 kami akan mulai magang. Untuk pelajar indonesia yg di malaysia biasanya mengalami kesulitan untuk mencari tmpt magang, kalo di malaysia kami gabakalan kebagian tempat, sedangkan di Indonesia sendiri (biasanya) harus punya kenalan baru bisa dipercepat antrian magangnya. Dan biasanya di website juga info untuk magang kurang jelas. Kira2 mas punya link gak untuk saya biar bisa magang nanti? Bisa dibalas di email mas? (ditaelisa_03@yahoo.com)

    1. Kalau coba di petronas gak bisa yaa? Memang benar untuk KP di Indonesia hrs apply satu2 jg keperusahaan tersebut, apalagi kalau ada orang dalam/kenalan. Bisa lebih cepat.

      Cara lainnya mungkin kamu bisa belerja sama dengan IATMI, IAGI, SPE, IPA, atau organisasi migas pelajar lainnya di Indonesia. Disana kamu akan mendapat networking yg bagus. Kalau boleh tau di kampus mana ya disana?

  107. bang apa bisa lulusan Teknik geodesi masuk perminyakan? dan kalo bisa apa kiat2 nya agar bisa bekerja di luar negeri kayak di timur tengah

    1. Bisa. Asal punya pengalaman, bahasa inggrisnya lancar, apalagi udah bergelar master, kerja diluar negeri ba lebih muda fajar.

  108. Salam kenal, saya enno mahasiswa FKM dari Univ. Lambung Mangkurat Banjarmasin.. Mau nanya ap jurusan FKM bisa bekerja di SKK Migas ?? karena saya minat bekerja di perusahaan.. Mohon responnya. Thanks

  109. mas,saya mo tanya
    tugas seorang assten operator biasanya apa,ya?
    kemarin saya mendapatkan invitation interview salah satu oil service company,,

  110. Assalamu’alaikum mas… saya mutiara jurusan teknik kimia sekarang sudah masuk semester 5 dan ingin mencari tempat untuk KL. Jujur sebenernya saya tertarik sekali di bidang migas tp dr pihak kampus pelajaran lebih menjurus ke petrokimia, karet, dan pelaatik mas. Sedangkan untuk ilmu ttg migasnya cuma sedikit.. nah jd saya agak bingung untuk memilih perusahaan untuk saya KL.. sarannya gmn ya mas? Terima kasih🙂

  111. Salam bang,, tulisan yang abang buat sangat menarik dan bermanfaat. Saya ingin bertanya, apakah perbedaan antara perusahaan eksplorasi dan survey? Apakah lulusan Perminyakan dapat bergabung dikeduanya? Yang saya tahu untuk perminyakan lebih khusus ke eksploitasi, lalu di posisi dan jobdesk seperti apa yang berkaitan dgn lulusan perminyakan untuk perusahaan service eksplorasi dan survey?

    1. lulusan perminyakan itu biasanya masuk ke perusahaan eksplorasi dan eksploitasi. Selain itu, lulusan perminyakan bisa juga kerja di service eksplorasi.

  112. Salam.
    Bg Ryan saya dari Duri, Riau 17 tahun. Ada bnyak yg mau Khasybi tanyakan bg. Tapi alangkah baiknya di sosial media aja.
    Karena dsini macet2 bg.
    Abg ada BBM atau Line gt gak. Kalau ada tulis ya bg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s