Mau Tau Tentang Teknik Perminyakan?

Seiring dengan banyaknya kawan-kawan SMA yang tertarik pada dunia perminyakan, dalam tulisan ini saya mau berbagi tentang dunia perminyakan. Apa itu teknik perminyakan? Teknik perminyakan dalam bahasa inggris dikenal sebagai petroleum engineering. Kalau boleh saya ambil pengertian petroleum engineering dari Universitas Teknik Texas disebutkan sebagai berikut:

Petroleum engineering is the practical application of the basic and physical sciences of mathematics, geology, physics, and chemistry and all of the engineering sciences to the discovery, development, and production, and transportation of petroleum.

Kalau boleh saya artikan dalam bahasa Indonesia versi saya, teknik perminyakan adalah aplikasi lapangan dari fisika, matematika, geologi, kimia, dan berbagai ilmu lainnya untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, hingga mendistribusikan minyak dan gas yang ada didalam bumi.

Supaya kawan-kawan lebih terbayang tentang apa yang dipelajari dari teknik perminyakan, dibawah ini saya membuat matriks sederhana tentang apa saja yang akan kawan-kawan pelajari jika tertarik untuk melanjutkan kuliah di teknik perminyakan.

Matrix Petroleum Engineering

Secara sederhana, terlihat bahwa ilmu fisika dan matematika sangat mendominasi di teknik perminyakan. Untuk itu, jika ada pertanyaan ilmu apa saja yang harus dikuasai di teknik perminyakan, maka jawabannya kawan-kawan harus punya basic ilmu fisika dan matematika yang baik agar dapat menjalani kuliah dengan baik.

Walaupun sistem pendidikan Indonesia mensyaratkan penjurusan IPA, IPS, Bahasa, ataupun SMK setelah memasuki masa SMP, tetapi tidak pernah ada larangan untuk lulusan non-IPA buat masuk teknik perminyakan. Jadi jangan takut buat kawan-kawan semua yang benar-benar tertarik untuk masuk jurusan ini. Tapi syaratnya kawan-kawan harus bersiap kembali mempelajari ilmu fisika dan matematika lebih dalam lagi.

Buat kawan-kawan yang tertarik, setidaknya ada lima kampus yang saya ketahui telah membuka jurusan teknik perminyakan. Sebagai gambaran umum, saya lampirkan beberapa kampusnya:

ITB (baca: http://snmptn.itb.ac.id/nas-t-2.htm):
Uang masuk ==> 55 juta
Biaya Semester ==> 7.5 juta + 750 ribu/sks

UPN (baca: http://www.upnyk.ac.id/main/?mod=beritastatis&nid=27):
Uang masuk ==> 14-16.5 juta
Biaya Semester ==> 1,8-2 juta + 150 ribu/sks

Unisakti (baca: http://online.trisakti.ac.id/pmbonline/SppTa20122013.pdf):
Uang masuk ==> 24-30 juta
Biaya Semester ==> 6.5 juta + 200 ribu/sks

STT Migas Balikpapan (info brosur):
Uang masuk ==> 15 juta
Biaya Semester ==> 3 juta (include paket sks dalam satu semester)

Universitas Islam Riau
Uang masuk ==> 7.5 juta
Biaya Semester ==> 700 ribu per sks.

Demikian info yang bisa saya sampaikan, semoga berguna buat semua yang berminat. Silakan buat kawan-kawan yang ingin sharing tulisan saya ini ke tempat lain dengan tetap mencantumkan sumber aslinya. Saya membuka diskusi jika ada pertanyaan disini. Semoga sukses buat kawan-kawan yang sudah meniatkan dirinya untuk masuk teknik perminyakan ya.🙂 []

250 thoughts on “Mau Tau Tentang Teknik Perminyakan?

    1. Wah maaf ya.. Soalnya saya menuliskan berdasarkan apa yang saya tahu dan fahami. Monggo di share disini jika ada infonya..🙂

      1. Selamat pagi mas Ryan, salam kenal,🙂 saya berniat tahun ini mau masuk teknik perminyakan stt migas bpp, tapi saya dari jurusan IPS, saya bingung ttg apa yg harus saya pelajari untuk materi tesnya khususnya fisika, kimia dan matematika…:( mohon pencerahan dan advisenya mas…Thanks before…;)

      2. coba pelajari buku-buku saku Kimia, Fisika, dan Matematika untuk refresh dan belajar cara cepat untuk menjawab soal. Ada banyak dijual ditoko buku dengan berbagai penerbit kok. Kalau ada kenalan di STT Migas lebih bagus, jadi bisa minta referensi soal dari mereka sekalian.

        Kedua, ketika bayu memang tertarik pada teknik perminyakan, maka konsekuensinya kita akan terjun pada dunia teknik yang tentu berbeda dengan dunia IPS. ada hitungan2nya yang pasti. Jadi mungkin bayu harus coba mengakselerasi diri supaya bisa beradaptasi pada dunia teknik. Semoga sukses ya..

      3. ass mas ryan..
        Apakah ketika kita masuk di tehnik perminyakan akan belajar kembali pelajaran fisika sedangkan saya bukan jurusan ipa mhon sarannya.. Wss

  1. assalamualaikum mas ryan !
    kenapa di universitas islam riau belum ada juga info nya mas ? padahal saya ingin masuk teknik perminyakan di universitas itu,sementara saya ingin mengetahiu segalanya tentang itu apa kah mas ryan tahu tentang universitas itu ? terimaksih

    1. assalamuaalaikum mas yudi. sekedar informasi untuk UIR jurusan teknik perminyakan, untuk uang masuknya = Rp.7.500.000 dan 70 rbu/sksnya. jadi kalau minat silahkan daftar aja ke UIR. terima kasih

      1. waalaikumsalam.saya berminat di UiR kapan pendaftaranya,saya butuh info lebih lengkap pak.terimakasih

  2. ada saran lain gak mas, soalnya saya belum bisa beli bukunya ke toko buku, karena saya masih dilokasi kerja nih, seminggu kemudian baru bisa ke balikpapan, ??:(:(

  3. kalau aku boleh tanya,, aku lulusan dari sekolah yang emang dari awal sekolahnya ga mengikuti pemerintah, jadi ga ikut UN, dan sebagainya apalagi jurusan kaya IPA/IPS ,, tapi bisa ga ya untuk masuk teknik perminyakan,, dapet info dari temen ku sih UPNVJ (jakarta) bagus,, cuma belum survey si,, sama ada kisi2 soalnya ga? menurut min gimana baiknya dan makasih..

    1. kalau ada sertifikat yang menyatakan setara..harusnya tidak apa-apa dan bisa dipakai.. UPN juga bagus kok teknik perminyakannya..

  4. hallo mas ryan kalo mau kuliah tapi di luar negeri itu yang paling terkenal dengan perminyakan itu di universitas mana mas? namanya apa and dmna? masalanya nih saya lulusan ipa mas bingungmau nyari universitas di luar yang bagus apa..thanks before

    1. setiap kita yang punya background perminyakan pasti punya peluang buat masuk perusahaan migas (D3 juga termasuk). Siapa bilang akamigas balongan pada belum tau? di perusahaan saya dan diperusahaan lainnya ada banyak kok operator yang dari akamigas balongan. Semoga sukses ya..

  5. Mas , saya lulusan tahun ini
    Saya sudah dapat perminyakan di upn , tapi saya jua ikut sbmptn di itb , mnrut anda lebih baik upn atau itb ?
    Dari segi biaya udah jauh banget mahalan itb
    Perminyakan terbaik di indonesia apa ?
    Bisa di urutkan dari yng terbaik univnya ?

    1. pertama2 saya harus katakan bahwa setiap kampus memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2. kampus itb, dosen2nya terkenal karena riset dan jurnal ilmiah yang dipublikasikan setiap tahunnya, mahasiswanya pun dilirik berbagai perusahaan minyak kelas dunia. kampus upn, terkenal dengan alumninya yang loyal pada perusahaan tempat dia bekerja.

      Tidak ada yang pernah mengurutkan univ perminyakan terbaik di Indonesia. Tapi kalau menurut saya, tentu kampus itb adalah yang terbaik..hehe.. selain jurusan kampusnya, kultur dari kampus itb akan membentuk kedewasaan karakter siswa menjadi mahasiswa seutuhnya. Untuk kampus2nya sudah saya tuliskan beberapa informasinya ditulisan saya ya.

      Semoga mendapatkan pilihan terbaiknya huda..

  6. Mas tanya. Apakah lulusan perminyakan pertambangan itu kerjanya dilapangannya?

    Ada gak kerjanya di office? Contohnya apa?
    Mohon info secepatnya

  7. Berarti pada intinya lulusan teknik perminyakan atau geofisika itb itu bisa milih kerja di lapangan atau di ofice nya, cuma yang membedakan itu gajinya saja. Gt ta kak? Lantas tugas /jobdis dari office nya itu apa?

    Sistem kerjanya itu kontrak?
    Mohon penjelasannya kak, soalnya lagi bingung keterima fttm itb jadi di masuki atau tidak. Soalnya saya bekum ada info karirnya.😦
    tolong d jawb secepatnya ya kak.🙂

    1. Betul mas. Kalau tugas di office tentu biasanya lebih pada sisi engineeringnya. Misalkan pembuatan planning untuk develpoment sebuah sumur bagaimana, membuat evaluasi hasil pekerjaan lapangan dll. Kalau di field, lebih pada fungsi operational dan supervisory.

      Kalau sistem kerja, bisa kontrak dan bisa juga permanent bergantung kebutuhan perusahaan. kalaupun berstatus kontrak, sampai saat ini yang saya tahu Indonesia masih banyak kekurangan ahli dibidang migas, makanya seseorang kontraktor biasanya akan selalu dapat job. Selesai job diperusahaan ini lanjut lagi keperusahaan berikutnya.

      Sukses Rifai atas pilihannya.

  8. Kak aku mau nanya ???
    aku mau bgt msk fttm itb teknik perminyakannya🙂
    tp katanya d.itb satu thn fakultas dlu yaa thn ke-2 baru ke jurusan ???
    Berarti blm tentulah yg d.terima d.fttm semuanya teknik perminyakan ???

    1. Iya, di ITB kita masuk fakultas dulu setahun baru masuk jurusan TM. Enak kok….Cakrawala berpikir kita jadi lebih lebar karna kita akan belajar banyak hal, dan yang pasti kita akan kenal banyak teman karena diawali masuk fakultas dulu. Tentu akan berbeda jika kita masuk jurusan langsung, peluang kita mendapat banyak teman akan berkurang.

      setiap jurusan punya kuota sendiri2 yang didasarkan pada minat, bakat, dan nilai akademik. jadi gak mungkin semuanya bisa masuk minyak WIna..tapi gak usah takut, masuk teknik geofisika atau geologi (FITB) juga bisa masuk ke dunia migas kok.. cuma beda tugas aja.

      Semoga sukses ya.

      1. Ya Amin ya allah
        Tp msh ada yg mau saya tanyain ni kak…..
        Saya sebenarnya baru aja udh keterima di TM stt migas balikpapan, cuma saya msh mau menggapai itb yg mau saya tanyain bagus itb atau stt migas ?

        Disisi lain TM itb itu institut negeri trus udh lama bgt kn terkenal dg bagusnya itu,…
        Trus di sisi lain migas itu swasta tp siapa juga yg gk tau bpp itu kota minyak trus ada sekolah minyak udh lumayan kali yaa ??

        Jd bisa dikasi pencerahanlah ke saya kak bagus itb atau migasnya trus apa sebabnya ???

  9. Kak saya mau tanya. Apakah cewek boleh bekerja di perusahaan minyak dan kata kakak saya perusahaan minyak itu gaji nya ada sampai 50jt/bln, apakah benar? Dan ada waktu off nya?

    1. Iya Zatira.. Bisa sampai segitu kok, tapi bergantung jobdesc, lokasi, dan experience.. Ada yang sejak awal kerja dapatnya segitu tapi lokasinya jauh dari kota dan waktu offnya sebentar. Sebagaimana yang pernah saya sampaikan, waktu off itu beragam. ada yang 2 minggu off, 5 minggu off, 1 bulan off, dan 6 bulan baru off. Lagi-lagi balik lagi bergantung posisi pekerjaannya. Kalau kerja dikantor, pulangnya setiap hari kok.🙂

      1. Kak tapi kira” pekerjaan apa yg bagus saya ambil dengan gaji sebesar itu dan harus mendalami bagian apa?#terimakasih:)

  10. mas kalo kuliah di akamigas palembang enak nggak ya ?
    untuk lowongan kerja tamat dari kuliah disitu besar ngga kemungkinan kerjanya ?
    mohon bantuannya

    1. asalkan ada lowongan pasti bisa kerja terlepas kita dari kampus manapun. Saran saya, saat kuliah jangan hanya kuliah-pulang saja. Coba ikut organisasi, kenalan sama alumni, kembangkan jaringan, ikut event2 kampus atau lomba. Jadi ada banyak hal yang bisa kita bawa saat kita telah masuk kedalam dunia kerja. InsyaAllah pasti bisa sukses kalau kita berusaha keras..:)

    1. tergantung kampusnya, tergantung orangnya. Ada orang yang bisa lulus 3,5 tahun ada yang lulus 6 tahun. kalau kampus biasanya memberikan batas kuliah mahasiswa adalah 6-7 tahun. Tapi saran saya, sebaiknya dalam era kompetisi saat ini kalau bisa lulus tepat waktu atau paling lama 5 tahun..

  11. kak, saya mau tanya kalo perbedaan D3 dengan S1 perminyakan sangat signifikan dalam pembagian kerjanya? menurut anda lebih baik pilih D3 tknik prminyakan dengan akreditasi B atau masuk S1 tp belum terakreditasi

    1. lebih baik tetap memilih S1. Karena saya berpikir kita tidak hanya melihat dari sisi akreditasinya, tapi juga lingkup ilmu yang dipelajari. Pada dasarnya alumni D3 dan S1 didesain berbeda tujuan kelulusannya. Sebenarnya saat ini saya juga punya banyak temen D3 yang kerja di service company, tapi sekarang sudah pada lanjut ngambil S1 semuanya.

      Kalau saudara sendiri lebih prefer kemana?

      1. kalau saya lebih prefer ke S1 nya tapi ya teknik perminyakan swasta yang terjangkau cukup jarang (pendidikan S1).menurut anda lulusan teknik perminyakan sangat banyak kah saingannya sehingga dapat muncul pengangguran dr sarjana perminyakan tsb?

        kalau saya ambil D3 lalu lanjut S1 nya dimna ya? apakah prosesnya jd lebih lama dan rumit ketimbang yang langsung ambil S1?

  12. kak,saya rizki.
    siswa kelas 3 SMA jurusan IPA

    aq pengen banget masuk FTTM ITB perminyakan…
    1.bagaimana cara untuk tembus teknik perminyakan (apakah lebih banyak tergantung tes,nilai rapor,nilai UN/STTB atau akreditasi sekolah (akreditasi sekolah ku B) dan prestasi lainnya)

    kak emang bener juga tergantung pada alumni SMA q, yang IPK nya bagus diperguruan tinggi ITB tersebut, padahal alumni SMA aq belum ada satupun yang kuliah di ITB soalnya sekolah aq baru (8 tahun).

    jadi apa ada.Peluang masuk teknik perminyakan…. ITB kak ?
    MOHON pencerahannya

    1. 1. ada beberapa cara. dengan menggunakan jalur undangan atau jalur tes masuk. Jika menggunakan jalur undangan, maka nilai rapor pasti sangat menentukan. Saya tidak bisa bilang berapa nilai rapor yang bisa lolos. Semua bergantung posisi dan nilai paralel disekolah itu sendiri. Nanti kalau sudah ada info lebih lanjut saya beritahu ya. Kalau melalui jalur tes masuk, sederhananya adalah lolos dari tes tersebut. Kemanapun rizki mau mencoba, pasti harus masuk lewat ujian masuknya kan? ada tes masuk mandiri atau tes spmb. Saat ini sudah banyak buku yang berisikan tentang contoh2 soal tes masuk atau spmb sejak beberapa puluh tahun yang lalu hingga sekarang.

      pasti ada peluang rizki buat masuk perminyakan. Harus percaya diri dong. Saya juga dulu dari balikpapan, dan blm banyak alumni sma saya (sman 1 balikpapan) gak yang masuk itb. Pertama coba jalur undangan terlebih dahulu, jika masih belum berhasil, coba jalur tes masuknya. Berusaha keras, cerdas, dan ikhlas. Mudah2an tuhan memuluskan jalan rizki masuk itb ya.

      silakan jika ada yang mau didiskusikan lagi rizki..

  13. Yah gagal deh jd maba fttm itb thn ini aku kak tp yaudahlah msh ada thn dpn,,… Tapi
    Kak aku mau nanya lg,…
    Kalau di stt migas bpp
    bagus jurusan teknik perminyakannya doang,…
    Atau bagus teknik perminyakan konsentrasi teknik industri migasnya yaaa,…
    Apasih bedanya ???
    Tolong kasih pencerahannya kak ?

    1. Ayo semangat Wina…

      kalau teknik perminyakan di STT Balikpapan akreditasinya masih dibawah ITB. Tapi bukan berarti jelek. Ada banyak lulusannya yang bekerja di industri besar migas indonesia. Cobalah jadi yang terbaik disana Wina, saya pernah jadi dosen disana dan saya rasa peluang buat jadi terbaiknya sangat besar sekali…

  14. Iya itu mmg sangat nyata kak antara itb dan migas akreditasinya bisa dikatakan 3:1,…
    Tp di migas saya diterima di teknik perminyakan konsentrasi teknik industri migas,
    walaupun bnyk yg bilang udh keren dan bagus,
    tp saya rasa msh bagus itb,,,
    wlaupun udh jd maba di migas,..
    Apakah saya msh pnya peluang utk masuk itb thn depan kak dg persiapan dr sekarang ???
    Dan apakah mungkin alumni dari smansa tenggarong kyak saya bisa menembus itb ?
    Udh 2 tes saya lalui gagal msk itb dri snmptn smpai sbmptn,..

  15. halo pak saya mau bertanya selain ITB yg AKREDITASI nya A
    kampus mana lagi ya pak yg AKREDITASI nya A untuk TEKNIK PERMINYAKAN?

    1. belum ada lagi andika.. trisakti dan upn masih akreditasi B.
      Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh lagi akreditasi itu ketika andika berkarir. Asalkan andika bersungguh2 belajar dan bekerja pasti bisa sukses berkarir didunia perminyakan. Yuk semangat..

    1. maksud pertanyaannya bagaimana reiza? saya kurang mengerti. Bisa coba diulangi kembali dengan bahasa yang lebih detil. Hehe..

  16. Assalamualaikum kak,mau tanya
    Kan saya mau ambil teknik perminyakan,apakah kita mesti menghapal unsur kimia beserta nomor atom,titik didih,titik lebur dan massa atom?
    Berhubung saya baru masuk sma,jadi belum ada belajar tentang kimia
    Terima kasih atas jawaban dan kalau bisa pencerahannya kak

    1. wa’alaykumsalam annisa.

      Sebagaimana tulisan saya diatas, sebenarnya teknik perminyakan itu lebih berat belajar fisika dan matematika. Kimianya malah jarang.Coba liat di diagram kimiannya. hanya sedikit kan?.. Jadi saran saya, coba perkuat belajar fisika terutama dibidang fluida dan gas ideal. Kemudian, kalau belajar matematika, mungkin bisa dipelajari lebih dalam tentang pengenalan limit, differensial, dan integral..

      semoga bermanfaat.

  17. PING ! mau tanya gan, kalau petrokimia prospek nya gimana ?
    apa benar ini turunan dr teknik kimia yah ? mksd ny klw kita masuk t.kimia kita bisa ambil spesifikasi jurusan ini atau gimana ?

    univ mana aj yg ad petrokimia nya ?

    thx bgt gan, d antos jawabana🙂

    1. petro kimia dimana nih?
      Saya lebih familiar dengan teknik kimia. Dan memang diteknik kimia akan belajar tentang dunia migas juga.
      Kalau mau tau lebih detil sebenarnya bisa dicari disini: http://www.carikampus.com/

      Tapi secara umum, kampus utama Indonesia yang ada jurusan teknik kimianya:
      – UI
      – ITB
      – ITS
      – UGM

      semoga membantu ya..

  18. maaf mas mau tanya
    saya lulus tahun 2014 ntar Insy Allah
    sya pngen msuk fttm or elektro ITB sbenernya
    tapi di lihat dr nilai raport, gak trllu wow lah
    2014 porsi SNMPTN 60% y klo gak slah
    peluang saya gimana y ?
    mhon bimbingannya mas🙂

    1. Jendra…kamu hebat karna kamu sudah punya target yang jelas mau kuliah jurusan apa dan di kampus mana. Gak semua pemuda bisa punya perencanaan matang.

      Saran saya seperti ini:
      1. Jangan menyerah sampai titik darah penghabisan. Maksudnya, manfaatkan waktu yang ada buat memaksimalkan nilai raport jendra. Pada akhirnya, gak ada ruginya juga loh.. Paling enggak bisa jadi catatan prestasi tersendiri dan buat persiapan UAN juga. Nah, setelah itu pasrahkan semua pada tuhan dan coba gunakan snmptn jalur undangan.

      2. persiapkan snmptn jalur tes/USM. saya juga waktu itu pake jalur ini kok (snmptn jalur tes), dan alhamdulillah masuk. Kuncinya adalah sering2 latihan. Kamu gak perlu jadi yang terhebat saat mengerjakan ujian, tapi kamu harus bisa mencapai standar nilai yang telah kamu targetkan selama latihan2.

      Kalau ditanya peluang masuknya gimana, sebenarnya peluangmu sama anak2 lainnya juga besar kok. Tinggal kita usaha yang keras, dan juga jangan lupa berdoa. Sukses ya mencapai impian kuliahnya..

  19. Assalamualaikum. Kak, saya murid kelas 3 sma jurusan ipa. Saya pengen sekali masuk jurusan perminyakan, tapi saya masih ragu dengan kemampuan saya. Jadi dari apa yg sudah saya baca diatas pelajaran yg perlu diperkuatkan fisika sama matematika, bisa jelaskan lebih detail materi apa yg paling perlu diperkuat lagi untuk bisa masuk ke fttm. Lalu diantara fisika sama matematika mana yg lebih banyak dipelajari kak? Makasih sebelumnya kak.

    1. Dita, saran saya adalah pertama kamu harus lulus dulu masuk teknik perminyakan. sebenarnya ketika nanti sudah masuk teknik perminyakan… kita akan belajar lagi tentang fisika (mekanika fluida, termodinamika, dll), matematika (kalkulus), dan kimia. Kalau saya boleh saran lagi… coba perkuat matematika.🙂

  20. Hi kak
    Saya siswi kelas 3 dari SMA 1 Pekanbaru, Riau
    Mau nanya nih..
    Kalo boleh tau dulu rata2 nilai fisika sama matematika kakak dirapor berapa ya ?
    pengen tau banget buat motivasi kak, soalnya aku pengen banget masuk FTTM Perminyakan ITB, itu uda impian sejak SD, hehe semoga tahun depan aku keterima ya..

    1. haduh saya sudah lupa… Mungkin sekitar 7-8.. Saya yakin Yuliana bisa lebih dari saya.
      Motivasi saya masuk FTTM ITB adalah saya suka dengan dunia energi dan suatu saat saya mau bikin perusahaan minyak sendiri dan jadi mentri ESDM Indonesia.🙂
      Amin.. Ayo berjuang yang keras dan ikhlas mulai saat ini..

      1. hmm.. sebenarnya kalau para alumni teknik perminyakan, biasanya bergabung menjadi satu dibawah naungan organisasi IATMI dan IPA. Disana berkumpul alumni ITB, Trisakti, UPN, dll. mungkin mas bisa lihat detil alumni TM trisakti dari websitenya langsung mas: http://www.trisakti.ac.id/ftke/

  21. Kak
    kalo di akamigas cepu,biaya per semesternya lumayan tinggi bagi saya
    apakah ada bantuan bagi yang kurang mampu seperti saya ?

  22. oya bang, saya lulusan tahun lalu , lulus dri smk (jurusan sya elektonika) sya di rekrut oleh Thiess n berprofesi sbgai teknisi electrical, tpi sekitar 2 bln yg lalu sya resign n mau beralih ke dunia Oil and Gas.
    sya ad kepikiran mau kuliah di ITB tapi biayanya besar skali, abang ada saran ga?

    1. dengan semakin banyaknya lulusan dari berbagai kampus di indonesia, saya melihat bahwa mas akan cukup sulit untuk berkarir di dunia migas ketika hanya mengandalkan titel smk dari mas. saya menyarankan, coba ambil D3 teknik mesin terlebih dahulu di politeknik yang sudah terbiasa direkrut oleh perusahaan service company. Saya menyarankan untuk mulai berkarir di service company terlebih dahulu, timba pengalaman, sambil melanjutkan kuliah S1.

      Yang saya tahu ada beberapa kampus yang bagus di bandung *karena saya agak lama dibandung…hehe…* biasanya service company merekrut karyawannya dari Politeknik Bandung dan Politeknik Manufaktur Bandung. Dua kampus ini disenangi oleh service company.

      Tapi mohon maaf, saya kurang tahu kalau yang di politeknik kota lainnya. Nanti akan saya update ketika ada kabar terbaru.

  23. bang ryan saya tamatan SMK jurusan tehnik mesin produksi kira2 cocok gak ya masuk fakultas perminyakan,planing mau daftar di UIR tapi gak tau gelombang pendaftaran nya saya buka situs ny udah di hacked,saya juga udah tamat 4 tahun tpi baru ada kesempatan kuliah sekrang kira2 bisa masih nyambung ngak ya klo kul ambil bidang perminyakan itu

    1. Mas Fajrin, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri kita untuk terus jadi lebih baik. saya sudah tanyakan kepada kawan2 di UIR, jika ada info nanti akan saya kabarkan lagi via comment saya yang ini. Ayo mas yang semangat menuntut ilmunya….

  24. assalamualaikum kak.saya mau nanya nih,saya kan anak SMA jurusan IPA (masih kelas 10)pingin masuk kuliah perminyakan.dan PT ayah saya menyediakan beasiswa,apabila saya rank 1-5 di kelas dr kelas 1-3,kuliah dibayar oleh PT.tapi,saya ada di sekolah unggulan dan masuk kelas unggulan.saya takut apabila saya tdk bisa rank1.di daerah saya,SMA dikit.itupun unggulan semua.saya tdk mau msk SMA swasta.kalo saya pindah ke smk milih jurusan mekatronika,apakah sya bisa masuk perminyakan?
    mohon di bantu apabila ada saran.

    1. waalaykumsalam..

      Rof, “diatas langit masih ada langit”. Kamu jangan cepat menyerah ketika berada pada kondisi yang tidak nyaman, seperti berada dikelas unggulan seperti saat ini. Yang pertama kamu harus yakin bahwa kamu bisa menjadi salah satu orang yang bisa mendapatkan ranking 1-5 dikelasmu. Jangan pikirkan hal2 aneh yang sebenarnya Tuhan sudah mengaturnya, misal gimana nanti kalau gak dapat ranking terus gak dapat beasiswa. DI kampus itu ada banyak beasiswa kok.. tinggal usaha kamu saja yang mau berusaha buat bisa masuk teknik perminyakan.

      Kalau kamu yakin bisa, kamu akan mendapatkan energi positif dan kamu akan lebih semangat mengejar impianmu. Kuliah diteknik perminyakan itu gak mudah loh, karena banyak yang mau kesana. Kalau kamu bisa unggul dikelasnmu, berarti otomatis kepercayaan dirimu bisa naik juga ketika kamu mau masuk teknik perminyakan. Itu saran dari saya…

      Tapi jika kamu mau masuk SMK sebenarnya tidak apa-apa juga. Tapi tetap saja peluang kamu buat masuk teknik perminyakan tidak akan berubah, karena kamu harus bersaing dengan kawan2 yang sama ketika kamu berada di kelas unggulan seperti saat ini. Yang terpenting adalah “follow your heart and believe”

  25. Assalamualaikum ..
    Blognya sangat bermanfaat..

    Kak sy mau tnya.. sy mhsswi t.prminyakan akamigas balongan, kalo dari d3 mau lanjut s1, di indonesia dmn ya kak?? Mhn pncerahanny… mksh..

  26. Assalamualaikum kk Ryan.
    saya Yusuf dri MAN 1 Batam.
    minta kunci sukses utk masuk di teknik perminyakan ITB dan saran”nya dong kk.
    kbetulan saya telah mengikuti olimpiade MTK sampai tingkat Nasional 2 kali.
    apakah peluang saya msuk d teknik perminyakan besar kk?
    trima kasih kk.
    Waalaikumussalam..

    1. wa’alaykumsalam wrwb..

      setiap orang pasti memiliki kesempatan yang sama untuk masuk ITB. Nah untuk memperbesar kesempatan kita buat masuk kampus tersebut, tentu kita harus memiliki nilai2 lebih sehingga kita berbeda dengan yang lainnya.

      nah yang yusuf lakukan tentu akan menjadi nilai lebih jika juga mengikuti seleksi dijalur yang benar. usahakan yusuf bisa masuk jalur snmptn undangan. Untuk kunci sukses kuliahnya nanti akan saya sharing di tulisan yang berbeda ya..

  27. kak, kalo matematiknya emg harus bener2 kuat ya?soalnya kalo saya matematiknya ya biasa2 aja…kalo kakak dlu gimana matematiknya???

    1. sebenarnya parameter kuat atau tidak adalah bergantung dari kemampuan kita mengembangkan pengetahuan kita sendiri kok.. gak ada patokan yang pasti. kalau dulu, saya merasa bahwa kemampuan matematika saya masih perlu terus dikembangkan dan terus dikembangkan. saya sering merasa haus pada ilmu pengetahuan. hehe..

      kalau baca tulisan saya diatas, sebenarnya ilmu perminyakan itu kombinasi dari berbagai disiplin dari ilmu pengetahuan. semoga sukses ya..🙂

  28. kak saya dinda sma kelas 3 IPA saya pingiin banget masuk teknik perminyakan ITB.
    tapi saya takut banyak sekali yang pingin masuk sana, ada saran kak?

    dulu kakak waktu di sma termasuk anak yang sering dapet rangking atau tidak?

    1. loh kenapa takut dinda? bukankah dinda punya kesempatan yang sama dengan mereka semua. Yang pertama, adalah tanamkan motivasi dalam diri dinda kalau memang ingin benar2 masuk ke teknik perminyakan. baca pengalaman saya disini ya:
      https://ryanalfiannoor.wordpress.com/2011/11/19/catatan-6-jangan-mau-jadi-yang-tersisih/

      alhamdulillah waktu sma sempat dapat ranking. Tapi sebenarnya itu bukan jadi faktor yang utama juga dinda. Yang penting usaha kita pasti akan berjalan bersama dengan semakin dekatnya impian kita. Terus berusaha keras dan cerdas. InsyaAllah pasti akan bisa dinda raih mimpi2nya. ditunggu ya di teknik perminyakan ITB (eh saya sudah lulus ya..hehe)

  29. Assalamu;alaikum mas Ryan, saya Nisa kelas 2 SMA jurusan IPA
    Universitas perminyakan yang bagus di Indonesia dimana?
    soal masuk ke universitasnya kayak gimana? mohon bimbingannya mas

    1. Wa’alaykumsalam. tentu yang paling bagus sebenarnya masuk ITB sampai saat ini. tapi bukan berarti kampus lainnya bukan kampus yang baik loh ya..

      Nanti akan saya tuliskan ya lebih detilnya cara masuk keuniversitasnya. Hehe..

    1. Silakan baca di media2 nasional ya mas.. tapi setau saya ini yang bagus:
      1. Institut Teknologi Bandung
      2. Universitas Gadjah Mada
      3. Universitas Indonesia
      4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
      5. Universitas Diponegoro

    1. macam2 mas.. yang pasti kemampuan berpikir secara logika dan daya ingat mu akan sangat membantu jika ingin masuk kedalam jurusan geologi.

  30. Assallammualaikum.wr.wb.
    Ka dulu waktu di SMA ikut OSIS tidak? apakah mengikuti organisasi OSIS mempengaruhi untuk masuk perguruan tinggi atau pekerjaan?

    1. iya saya aktif.. itu membantu, tapi sifatnya adalah faktor pendukung. Yang paling utama untuk bisa masuk ke perguruan tinggi adalah kemampuan akademis kita..

      Nah kalau masuk pekerjaan, maka faktor aktif berorganisasi akan sangat membantu karena menjadi faktor yang cukup diperhitungkan selain hasil akademis..

  31. Saya kagum dengan kakak bisa membagi waktu sangat baik hingga kakak bisa masuk ke perguruan tinggi yang terfavorit dan yang kuotanya sangat terbatas itu. Motivasi apa yang selalu ada di pikiran kakak?
    Jabatan apa yang kaka dapatkan saat menjabat sebagai pengurus osis?

    1. motivasi saya sebenarnya adalah ingin membuat sebuah perubahan chandra, seminimal2nya untuk keluarga saya sendiri dan sebesar2nya bisa membuat perubahan buat bangsa dan negara. Karna saya sudah nyemplung didunia peminyakan, maka saya ingin menjadi salah satu anak bangsa terbaik yang dimiliki Indonesia. hehe. memang terkesan terlalu besar mimpinya, tapi bukankah sesuatu yang besar selalu berawal dari mimpi.. setiap bangun pagi, saya selalu berikhtiar dan mencoba menanamkan dalam pikiran saya bahwa hari ini saya harus bisa lebih baik daripada hari kemarin…

      dulu waktu sma, sih jadi ketua seksi salah satu bidang kok.. gak terlalu banyak yang besar. waktu saya kuliah baru pernah diamanahi jadi ketua organisasi..

      1. sumpah saya merinding membaca motivasi abang ryn..
        dan mau berbagi.. menyempaatkan waktu untuk membalas pertanyaankita.
        saya sandi kelas 12 dari samarinda,
        insyaAllah saya akan lanjut ke stt migas bpp.
        saya mau tanya.
        saya sangat bingung memilh jurusan untuk kuliah.
        ingin masuk teknik dan masuk migas.
        saya dari jurusan teknik komputer jaringan.
        ada masukan mungkin bang?

  32. halo mas ryan, saya kelas 3 sma jurusan ipa. dari kelas 1 sampai 3 awal saya sangat mengabaikan pelajaran major ipa, karena saya masuk ipa hanya agar banyak dapat pilihan jurusan perkuliahan.. dan saya sudah menetapkan akan masuk komunikasi/hukum.

    namun skg saya berubah pikiran karena saya berada di jurusan ipa mengapa tdk mengambil jurusan yg major ipa jg, karena saya jg melihat prospek untuk kedepan-nya skg menjanjikan.

    permasalahanya saya sama sekali acuh terhadap pelajaran ipa, dan saya jg tdk pernah mau mempelajari matematika, fisika dan kimia, karena banyak berhitungnya. (perkalian pun saya tak hafal) adakah saran dr mas ryan agar saya bisa memperbaiki ketinggalan saya utk dpt masuk kedalam dunia perminyakan? haruskah saya mengulang semua pelajaran saya dr kelas 1? atau hanya mempelajari pelajaran yg di spesifikasikan utk perminyakan? mohon di balas ya mas, terimakasih :))

    1. Dana…orang-orang dengan latar belakang IPS juga bisa masuk kok ke perminyakan. Kamu tidak usah memaksakan diri untuk masuk kedalam dunia yang tidak kamu sukai. Jika kamu mau masuk komunikasi/hukum maka tekunilah dan jadi yang terbaik dibidangmu. Industri migas juga perlu orang-orang jurusan komunikasi dan hukum untuk departemen legal and commercial. Jadi gak selalu mesti orang-orang teknik.

      Lebih detilnya mungkin bisa baca yang ini:
      https://ryanalfiannoor.wordpress.com/2013/10/20/peta-karir-dunia-perminyakan/

      semoga bermanfaat.

  33. kak, sy mau tanya
    sya kls 3 SMA, klo mw di terima di FTTM nya ITb itu nilai rata2 matematika,fisika n kimianya itu, standarnya harus brap? soalnya target sy mw tembus lewat jalur SMPTN, Insya Allah.(amin) hehe..
    mohon jawabanya kak, trims..🙂

    1. wah saya kurang mengetahui dengan pasti info terkininya Dwi. Mungkin kamu bisa bertanya pada kawan2/ lembaga bimbingan yang sudah memiliki data-data yang akurat mengenai hal yang kamu tanyakan. Kalau dari saya, usahakan saja yang terbaik supaya kamu bisa masuk FTTM. saya doakan. Semoga bermanfaat.

    2. tidak ada standard pasti. artinya kamu dapat nilai rata2 95 di raport bukan jaminan kamu masuk, dan jika rata-rata di raport cuma 75 bukan jaminan juga bahwa kamu tidak masuk. lihat aja track record alumni sma mu yang masuk fttm, rata2nya berapa, prestasinya apa.

  34. Halo,kak mau tanya nii,ak llulusan taun ini,anak smk mesin smarang,kira2 apa saja yg harus dperkuat dalam nempuh tes ITB,pengennya masuk Fakultas Teknik mesin dan dirgantara?
    Mhon dblar ya kak.tengkyu

    1. wah saya minta maaf nih, untuk pertanyaan yang terlalu mendetail seperti ini saya gak update lagi. Yang pasti info tentang tes ITB biasanya kamu bisa dapatkan diberbagai media anak ITB atau lembaga bimbingan. Mungkin situs ini bisa membantu:
      http://akumasukitb.com/

  35. Assalamualaikum…
    mas ryan saya mau tanya, rencana saya mau masuk di UPN Yogyakarta, kalau masuk jurusan teknik perminyakan tetapi dari jurusan teknik gambar bangunan gmn mas ryan ?

    Lalu tes masuknya kan ada wawancara, nah itu dengan bahasa inggris atau tidak mas ?

    1. wa’alaykumsalam wr.wb.
      Ya bisa dong kalau lintas jurusan. Tapi saya kurang tahu sistem di UPN yogyakarta. Mungkin bisa ditanyakan di TU departemen yang bersangkutan. semoga bermanfaat dan semoga bisa masuk teknik perminyakan..

  36. ka , saya pengen kerja di perusahaan minyak tp saya kuliah di jurusan teknik fisika , kalau bisa kerja di minyak kira2 di bagian apa ya ? setau saya jadi instrument engineer , benarkah seperti itu ? terima kasih ka ryan .

    1. antara UPN dan Trisakti sebenarnya sama bagusnya kok. Tinggal kita lebih prefer di jogja atau di jakarta. hehe.
      mungkin pertimbangan biaya bisa jadi concern alvin dalam menentukan kampusnya juga. estimasi biaya sudah saya sebutkan ditulisan diatas..

  37. ka mau tanya katanya ada yang bilang kalo teknik perminyakan sm teknik pertambangan itu minimal 8th . Bener gak yah ?

  38. Salam kenal mas,,,
    saya lulusan teknik industri ui, saya ingin melanjutkan studi s2 saya antara geofisika atau petroleum di itb.
    yang ingin saya tanyakan dengan basic s1 saya teknik industri apakah saya bisa melanjutkan s2 geofisika atau petroleum?
    lalu apakah perusahaan migas akan mengagap saya tetap sebagai lulusan teknik industri dan tidak melihat saya sebagai profesional dibidang geofisika atau petroleum dibidang migas setelah saya lulus s2?

    terima kasih

    1. bisa mas. tapi konsekuensinya mas harus belajar ilmu yang mungkin akan berbeda basic ilmunya dibandingkan saat masih S1.
      tentu saja saat mau masuk perusahaan, perusahaan tersebut akan melihat kompetensi terakhir anda which is berada pada s2 geofisika atau petroleum.
      Saya memandang justru adanya background industri dan petroleum diwaktu yang berbeda akan jadi nilai tambah anda ketika anda mau mendaftar kesebuah perusahaan. Terkadang engineer perminyakan juga harus punya basic untuk mengerti apa itu supply chain, mencari metode efektif untuk produksi optimal.

      semoga sukses mas.

  39. kak, saya siswa MAN Pangkep di Sul-Sel.
    insya Allah tahun depan daftar PTN.
    saya si sangat suka dengan hal2 sprt perminyakan, tp blum ada alumni yang masuk ke ITB. possiblity_nya bisa nggak kak ?. apalagi FT perminyakan jadi nominasi kedua peminat terbanyak di indonesia walaupun langka. bisa nggak dijelasin ka’persyaratannya spy bisa lulus ? *amin

    1. tidak seperti mau masuk S2, untuk masuk S1, gak ada syarat yang khusus haedar. Asalkan kamu bisa lolos ujian masuk snmptn dan masih memenuhi quota nya… kamu bisa masuk ke ft perminyakan. Nah yang harus dipikirkan adalah bagaimana supaya bisa dapat nilai snmptn yang sesuai dengan quota masuk perminyakan? tunggu tulisan saya berikutnya ya..

  40. Kak saya mau tanya, menurut kk, buta warna parsial susah gak dalam menjalani perkuliahan di teknik perminyakkan ? soalnya ada teman saya yang juga mahasiswa perminyakkan, bilang bisa karena ada kawannya di satu fakultas *nama Perguruan Tinggi sengaja gk saya sebut* yang juga ngambil perminyakkan tapi parsial, dan ada juga teman saya yang bilang enggak bisa, dan ada juga yang bilang agak susah, ketiga teman saya ini sama” bergelut dalam di Teknik Perminyakkan…

    Mohon pencerahannya ya kak, lagi bantu cari info buat adek sepupu saya yang ternyata parsial, *saya sendiri merupakan mahasiswa di fakultas Kedokteran gigi*… buta warna parsial itu kurang mampu membedakan beberapa warna tertentu *dapat diketahui setelah test buta warna*, tapi mereka tetap bisa melihat dunia yang berwarna kok, cuman kadang salah dalam menyebutkan sebagian kecil warna…

    oh iya, selain itu, jurusan apa saja diluar teknik perminyakkan yang bisa bekerja di dunia oil and gas ?

    terima kasih, mohon dijawab ya kak…🙂

  41. Kk aku bru kelas 2 SMA jurusan IPA. Aku memiliki impian untuk masuk ITB dan ngambil jurusan teknik perminyakan. Aku mau nanya kak, klo cewek prospek kerjanya bagus nggak kak?

    1. bagus kok. sekarang perbedaan cewek dan cowok gak dipermasalahkan lagi. Jika pekerjaan itu bisa dikerjakan oleh kedua jenis kelamin tadi, maka gak ada masalah jika cewek yang ngambil peran itu jika memang dia kompeten..

  42. assalamualaikum
    salam kenal bang..
    saya mau nanya kalo dari universitas kurang terkenal apa masih bisa buat masuk dunia perminyakan?
    terus apakah usia jg d batasi?
    saya jurusan teknik mesin D3 insyaallah lulus tahun depan.. mohon doanya..
    trimakasih sebelumnya.

    1. Wa’alaykumsalam wrwb..salam kenal juga.
      Kalau usia, nampaknya dibatasi mas. karena pihak perusahaan juga mencari seseorang di pekerjaan sesuai dengan umurnya.
      Tidak mungkin akan memberikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan umurnya kan mas. Hehe.

    1. lumayan.. susah2 gampang. persiapannya harus matang. apalagi sekarang udah jadi jurusan yang favorit bgt di indonesia

    1. beasiswa minyak untuk apa ya? untuk kuliah?
      kalau perusahaan minyak yang getol kasih beasiswa di kampus adalah TOTAL, yang saya tahu dia merekrut peraih beasiswanya lewat seleksi kampus.
      Tapi terlepas dari itu semua, rasanya setiap kampus punya banyak donatur beasiswanya sendiri2. tinggal kita mau berusaha atau tidak. semangat putri..

    1. bergantung demand dari kompetensi kita. kalau jurusan kuliah kita dekat dunia perminyakan, saya rasa pada akhirnya pasti akan dapat. Yang bikin cepat atau lambat adalah kemauan kita buat berusaha mencari vacancy yang ada dan luasnya networking kita. Mas Aji, ini jurusan apa ya kalau boleh tau..

  43. Salam kenal kak saya
    dr sma1 bpp juga nih .
    Saya mau nanya kak ,
    dulu kakak masuk
    perminyakan itb jalur
    undangan atau
    tertulis ? Terus kalo
    lewat jalur undangan
    rata” nilai rapotnya
    kakak dulu berapa ya ?
    Trus jurusan teknik
    kimia bisa gak bekerja
    di bidang migas ?
    Spesifiknya gimana nih
    kak ?
    Mohon dibantu yah kak. Makasih🙂

    1. normalnya 4 tahun, tapi kalau mau cepet 3.5 tahun juga bisa.. tapi ada juga yang sampai 5-6 tahun. semua bergantung pada diri kita sendiri hehe.
      Saat ini teknik perminyakan ITB hampir 20%nya udah cewek kok. so, you will not alone silverayendi🙂

  44. bang ryan.
    saya mau tanya nih, buat anak lulusan d3 mesin kira2 ada peluang gak sih buat ke perminyakan.?
    kira2 kompetensi/keahlian khusus apa yang dibutuhkan anak2 mesin buat ke perminyakan bang?
    Terima kasih bang.

  45. mw nanya’ nie ..
    menurut abang gmana prospek jurusan geofisika ??
    ap msih bsar pluangnya untuk d trima di perusahaan Migas ??
    and gmna dgn gaji.y ??

    hehehehe,

  46. Apa kabar bang?
    Mau tanya nih,misalkan saya kuliah di STT Migas,apakah cukup besar kesempatan saya malang-melintang di dunia perminyakan?dan kalau saya ingin kuliah di itb jurusan perminyakan,apakah ada subsidi untuk keluarga dgn ekonomi lemah sedangkan nilai rapot saya semasa SMA jurusan IPS bisa di bilang pas pasan?tlg bls bang,saya ingin sekali orang tua saya tenang di masa tua nya!

    1. bukankah irul sudah kuliah di STT Migas ya? saya rasa itu sudah cukup buat jadi bekal melanjutkan karir didunia perminyakan. Tapi kalau memang mau masuk teknik perminyakan itb sebenarnya peluangnya juga masih terbuka lebar. Semua bergantung pada usaha Irul sendiri. Masuk ITB tentu akan bersaing dengan anak2 dari daerah lain yang tentu juga akan berusaha keras buat masuk ITB.

      Kalau kamu sudah masuk ITB, maka kamu akan menemukan beasiswa yang BANYAK sekali. Tinggal apply dan berusaha memenuhi requirement nya aja..

  47. Halo kak , saya bayu saya sekarang kelas 3 SMA muhammadiyah 2 yk dari jurusan IPS saya berniat sekali Dijurusan ini kak saya juga berniat keiinginan masuk di UPN . Menurut kk apakah IPS bisa masuk di jurusan T.minyak , geologi dan pertambangan ? Diantara ketiga jurusan ini saya berminat sekali . Dan apa perbedaan geologi dan minyak /pertambangan disaat pekerjaan nanti ? Terimakasih kak .

    1. bisa tinggal ikut tes snpmtn atau ujian mandirinya de. silakan baca komentar2 saya diatas ya. sudah pernah dijawab bandawa.

  48. Kak, kalo saya sekarang lg kuliah di jurusan akun, tp saya jg tertarik jurusan perminyakan. sy mw minta saran, lb baik lngsng kul 2 jurusan atau fokus satu2 yah? ato ap lbh baik S1 akun br S2 perminyakan ya? Trims

    1. saran saya, mas Indra coba hitung2an dulu kemampuan mas Indra sampai dimana untuk mencapai kemampuan dibidangnya secara maksimal. Kalau memang mas sanggup untuk melakukan dua jurusan sekaligus dan maksimal hasilnya, kenapa tidak? semua balik ke diri mas lagi. Kalau misalnya mas memang tertarik pada dunia migas, sebenarnya mas pun bisa berkarir di dunia migas dengan posisi mas sendiri sebagai seorang akuntan akhirnya. Selanjutnya, mas juga bisa masuk S2 perminyakan untuk memperdalam keilmuan mas yang telah disesuaikan dengan apa yang akan mas lakukan dipekerjaan nanti.

      Tetapi jika mas tertarik menjadi seorang engineer perminyakan, maka akan lebih baik jika mas sejak S1 sudah mengambil teknik perminyakan. terima kasih.

  49. dari disiplin ilmu fisika (fmipa) adakah peluang untuk terjun ke dunia migas kak ? dulu saya gagal masuk FTTM ITB dan sekarang berada di di disiplin ilmu fisika ugm. saya lebih banyak belajar sendiri kak.

    1. berdasarkan pengalaman temen saya, bisa dolin. Nanti kamu ambil subjurusan geofisika saja dan kalau bisa ikut proyek dosen yang berkaitan dengan dunia migas.

  50. Penjelasan lainnya tentang masing2 ilmu d pelajari, ada nggak bang? Masalahnya kalau cuman gambar, nggak jelas

  51. Kak, saya mau nanya nih. Saya sangat bingung, saya mempunyai 2 pilihan, di univ. trisakti jurusan geologi atau di stt migas balikpapan. Kalau menurut kakak, peluang kerja yang lebih besar dimana yah kak? Setahu kakak, kalo kualitas di stt migas balikpapan gmna yah kak? Bagus ga?
    Mohon balasannya ya kak.

    1. saya rasa dilihat dulu akreditasinya tiap kampus tersebut gimana. kalau gak salah, trisakti lbh bagus akreditasinya karena jurusannya sudah lama berdiri duluan dibandingkan dengan stt migas.

  52. Assalamualaikum.
    Mas ryan saya mau tanya nih,saya kan jurusan RPL (rekayasa perangkat lunak) dan saya berniat untuk melanjutkan ke jurusan teknik perminyakan tapi saya bingung mau masuk ke universitas mana ? tapi bagaimana dengan universitas islam riau dengar2 dia hanya terakreditasi C ? apakah itu bagus ? dan alumni2 dari sana apakah sukses berkarir diluar ?

    1. kak..
      saya kan baru lulus tes di teknik perminyakan upn veteran jogja, nah saya mau tanya kak..
      tips dapet ipk diatas 3,5 itu apa ya kak buat jurusan teknik perminyakan…
      biar mudah cari kerja nantinya..

      1. tipsnya nanti akan saya tuliskan di bagian lain ya.saya mau menuliskannya lebih detil.

  53. Assalamu’alaikum kak Ryan,
    aku baru kelas 11 nih. Aku bingung mau masuk PTN mana terus juga takut engga diterima. Sebenernya sih pengennya masuk FTTM ITB, tapi kayaknya passing gradenya tinggi bgt udah gitu peminatnya banyak sedangkan ITB hanya menerima beberapa siswa. Biayanya juga besar. Menurut kakak gimana fakultas itu?

    oya kakak lulusan mana ya? terus masuk kakak masuk PTN lewat jalur undangan atau test?

    1. Wa’alaykumsalam wrwb.
      Leni, untuk mendapatkan hal yang besar, harus dengan effort yang besar. fakultas FTTM ITB adalah salah satu fakultas terbaik yang dimiliki Indonesia. Jadi jika memang mau ke ITB maka berjuanglah sebaik-baiknya. Dan kamu harus percaya bahwa kamu BISA. saya lulusan teknik perminyakan itb pakai jalur tes biasa Leny..

  54. kak aku baru kelas 10 nih. aku dari smp mau banget masuk FTTM ITB. tapi aku pesimis banget mau masuk sana. soalnya kan peminatnya banyak banget. dan aku gapinter pinter banget. apalagi b.ing nya. b.ing di perminyakan kepake juga ga kak? makasih sebelumnya:)

    1. harus optimis dong. kamu masih punya waktu yang banyak untuk mempersiapkannya. Bahasa inggris PASTI terpakai dalam industri migas. kamu akan bekerja dengan para expatriat yang pasti akan menggunakan bahasa inggris dalam kesehariannya

  55. Assalammualaikum ka, sy melin kls 3 sma jurusan ipa. Ka stt migas bpp itu masuknya ada lwat jalur undangan ga? Ato cuman tes tertulis aja?

    1. waalaykumsalam.
      kira2 sederhananya seperti ini mas.
      dikantor ==> engineering, administratif, hubungan vendor dan pemerintahan
      dilapangan ==> operasional, maintenance, HSE, E&C, dan eksternal.

    1. biasanya, kalau lulusan S1 buat masuk perusahaan itu sudah ada standarnya. Posisinya tentu bagian finance.

  56. Sebetulnya cita2 saya ingin masuk perminyakan, dan sedang mengajukan jalur undangan di PTN, sampai saat ini saya belum menentukan jurusanya, karena dilema jurusan saat ini dan cita2 saya. apakah bisa saya masuk perminyakan melalui jalur ini? dan peluang tertingginya melalui jalur apa?
    Tolong dijawab pertanyaan2 yang diatas ya, butuh buanget. makasih banyak

    1. semua bergantung kembali pada kemauan dan usaha Andri. Apakah usaha saat ini udah bisa dikatakan “pantas” untuk masuk perminyakan? karena gak ada sesuatu yang enak didapat dengan mudah, mau tidak mau kamu harus berusaha terlebih dahulu. Peluang di semua ujian itu sama saja. Tapi ada yang bilang soal di jalur undangan lebih susah daripada yang snmptn loh. selamat berjuang.

    2. lah emang belum sampe batas ya? FYI kalo snmptn untuk jurusan teknik perminyakan hanya ada di ITB(FTTM), dan kamu harus berjuang lagi satu tahun di FTTM untuk bisa masuk teknik perminyakan

  57. kak saya mau nanya, saya baca dari salah satu sumber di internet, katanya kalalau mau masuk teknik perminyakan, mata harus normal kak. bener gak tuh?

      1. Saya bimbang kak antara teknik kimia dengan teknik perminyakan. Kalo boleh tau penerapan kimianya lebih kompleks di perminyakan atau di tekim kak? Keduanya sama2 harus mempelajari fisika,kimia,mtk si hehe

    1. Normal disini maksudnya tidak buta warna total atau buta warna parsial. dari snmptn.ac.id kok
      kalo minus, plus, silindris, masih boleh kok

  58. Bang ryan saya mau nnya dkit ni, kalau nama kampus tdk begitu terkenal tapi sdh berdiri puluhan tahun, kira2 peluang lulusannya di dunia kerja gmana ya?
    saya sdah ktrima di salah satu PTS di Yogya jurusan T.geologi, mohon pendapatnya bang, thx…

    1. Gak masalah. selama kita mau berjuang dan melebarkan jaringan keberbagai perkumpulan profesional migas maka kita pasti bisa sukses. Yang penting jangan sia2kan waktu kita dikampus tanpa mengembangkan diri kita secara maksimal.

  59. Assalamualaikum kak Ryan ..
    Tahun ini rencana saya mau masuk Uir T.Perminyakan ,, ada saran dan masukan.a gak kak ?

  60. bang, saya mau ambil jurusan tek. perminyakan di stt migas balikpapan. tetapi, apakah lulusan di stt migas balikpapan menjanjikan? dan mudah dalam mencari pekerjaan? dan perusahaan mana saja yg memungkinkan untuk lulusan tek.perminyakan stt migas balikpapan?

    1. saya tidak memiliki data yang lengkap tentang stt migas balikpapan. Tapi yang saya tahu ada lulusan dari sana yang bisa masuk berbagai perusahaan MNC yang bagus kok..

      1. Pa rian, saya murid bpk dulu di stt migas bpp. Nah saya lagi penasaran sama software log pemboran2 maka itu saya mau nanya dimana link utk download software sprti itu dimana ya ? Thx

      2. Halo Desti, software log pemboran itu ada banyak. Tapi mungkin agak susah kalau mau mencari versi gratisan downloadnya. Tapi mungkin kamu bisa coba share dan request permintaanmu di egpet.net

  61. bang, kira2 gaji di dunia kerja nanti lebih tinggi lulusan teknik geologi atau dari teknik perminykan ya?, karena saya bngung ingin memilih jurusan yang mana.

  62. ka, aku kan sekolah di jurusan kimia industri. tapi entah kenapa aku minat bgt ke jurusan perminyakan. Kira-kira kimia industri ke perminyakan nyambung ga kak?

  63. ass… mas ryan saya mala,.,,. rencananya thun dpan sesudh lulus Sma sya pengen ke tekhnik perminyakan ttpi slain universitas diatas apkh ada unvrsitas yg lain….?

    1. masih ada. Kalau tidak salah universitas Proklamasi 45 jogjakarta. tapi saya belum tau banyak info tentang kampus tersebut.

  64. Pak Ryan, saya lulusan s1 mesin, mau tanya bisa tidak ambil s2 perminyakan di ITB???? karena saya ingin sekali jadi drilling engineering. mohon dengan sangat penjelasannya, supaya saya tidak galau tingkat dewa… terimakasih sebelumnya.

    1. Bisa pak. SIlakan buka website tm.itb.ac.id untuk mendapatkan info lebih detilnya. semua jurusan engineering/science bisa masuk S2 teknik perminyakan itb asalkan lulus tes seleksinya.

  65. kak ryan. saya damar anak kelas 3 SMA jurusan IPA.
    begini,saya mau tanya. kalau mau masuk jurusan perminyakan emang kalau berkaca mata ga boleh ya??soalnya waktu itu banyak orang yang bilang kalau berkaca mata itu ga bisa bekerja di teknik perminyakan.. tolong berikan pencerahannya?? trima kasih🙂

  66. Assalamualaikum kak sy mau tanya, brdsrkan comment yg saya baca di atas mtk nya harus kuat salah satunya di limit, smntr saya lemah bgt di limit kira2 bs ga ya msk perminyakan, tq:)

    1. Ya kamu melihatnya harus dr big picturenya. Matematika belajar ttg limit, differensial, integral lipat, dll. G menguasai salah satunya adalah wajar. Tp memahami secara menyeluruh jauh lbh baik. Mengerti g ya maksud saya? Hehe..

  67. Assalamualaikum, mas mau tanya nih sekarang saya masih SMA kelas12 jurusan IPS ada niat buat ngelanjutin di perminyakan, nah kan katanya basic materinya itu fisika, kimia, dan matematika. Sedangkan saya ga mahir pelajaran itu . Mohon sarannya yaa agar saya bisa ngelanjutin ke perminyakan

    1. mau tidak mau kamu harus berusaha supaya bisa berkompetisi dengan temen2 yang ada di ipa. Coba ikut bimbingan belajar dan belajar mandiri dirumah. Tidak akan sebuah hasil yang manis tanpa usaha keras🙂

      Semoga sukses.

  68. Assalamualaikum mas, mau tanya
    Saya sekarang kuliah jurusan teknik kimia UII, seberapa besar peluang saya bisa diterima kerja di perminyakan?
    Apa benar ketika melamar pekerjaan, universitas negeri lebih diutamakan dibanding universitas swasta? Mohon balasannya terimakasih mas Ryan, semoga sukses selalu🙂

    1. Waalaykumsalam ava. Tekkim punya peluang untuk menjadi Facility engineer. Dalam proses wawancara, perusahaan akan melihat ava secara personal, bukan lagi almamater ava. Jadi perkuat keilmuan tekkim nya dan perbanyak network.

  69. assalamualaikum mas ryan, mau konsultasi ni. saya lulusan bahasa mandarin dengan basic bahasa bukan dari ipa dan sekarang menjadi penerjemah lapangan (industri baja). saat ini saya ingin mengambil teknik perminyakan di up45 jogja karena disana yg ada program perkuliahan karyawan. menurut anda bagaimana dengan rencana saya ini? ada saran dan masukan yang bisa diberikan? sebelum dan sesudahnya saya. ucapkan terima kasih.

    1. bisa mbak tika. tapi mbak harus punya effort besar buat masuk dunia teknik. Mbak pasti faham maksud saya kan. UP45 jogja juga bagus kok. ada karyawan saya yang berasal dari sana dan kerjanya sudah oke sampai saat ini.

  70. Assalamualaikum mas ryan. Sekarang saya udah kelas 3, saya berminat masuk STT Migas di balikpapan. Kalau boleh saya tau apa ada jalur undangan atau tidak ya mas??

  71. Mas saya anak ips ingin masuk teknik komputer di politeknik caltex riau,bisa atau tidak ea mas.?
    Tlong bantuan nya mas.

  72. bang saya dari jurusan Teknik kompuer jaringan.
    pinginnya lanjut ke universitas di jawa,tapi orang tua saya sangat mengkhawatirkan soal biaya? apa yg harus saya lakukan?
    pinginnya masuk its.
    dan saya akan daftar ke stt migas bpp dulu.
    saya agak kurang percaya diri bang.
    orang tua saya urang mengerti pendidikan.
    alhamdulillah saya jg berprestasi slama di sekolah..

    1. nah justru lewat prestasi itulah kamu akan lebih mudah buat dapat beasiswa. di ITS dan ITB itu ada banyak sekali beasiswa bertebaran. tinggal kamu cobain satu-satu sampai dapat yang cocok. saya dulu kuliah di ITB juga tanpa biaya orang tua. saya dapat beasiswa full dari Tanoto Foundation.

    1. bisa. tapi effort belajar kamu lebih besar. kamu harus memahami kembali dunia teknik yang biasanya kamu belajar tentang sumber daya manusia dan sistem menjadi belajar tentang fisika dan kimia alam. sudah siap?🙂

      1. Tapi saya udah punya basic di bagian kimia sama fisika mas.. untuk jurusan industri dan perminyakan itu ada hubungan nya ga mas? Kalau misal untuk ngambil s2 perminyakan tetap bisa kan mas?

        Makasih mas

  73. Slamat siang mas ryan
    Saya mau tanya ni, untuk s1 teknik perminyakan di Universitas stt migas balikpapan arahnya ke bagian mana mas, apakah s1-nya ngarah ke pengeborannya atau pengolahannya…

  74. Mas saya mau tanya?
    untuk s1 teknik perminyakan biasanya mengarah kemana ya mas, apakah ke pengeborannya atau pengolahannya….

  75. Assalamualaikum..
    Pak saya mau tanya, peluang kerja lulusan dri teknik perminyakan dengan akreditas C contoh nya Up45 Jogja itu kurang di lirik oleh perusahaan atau gimana ya pak, karena saya baca komen2 tidak ada yg membahas tntang up45 jogja..
    Terimakasih..

    1. Salah satu karyawan ditempat rekan saya ada anak UP45. Tunjukan yang terbaik dari dirimu. Pasti akan ada jalan tidak peduli asal muasal kampusMu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s