Retire Young, Retire Rich #kutipan

Saya habis membaca buku Robert Kiyosaki yang berjudul “Retire Young, Retire Rich” yang kurang lebih artinya Pensiun Muda, Pensiun Kaya.  Buku ini bercerita tentang perencanaan pensiun muda seseorang dan merencanakan kekayaan finansialnya sendiri. Ada beberapa kata-kata penting dari dirinya yang ingin saya  sampaikan disini. Kepada yang ingin lebih tahu detil penjelasan dari kata kutipan saya dibawah ini, silakan baca sendiri bukunya ya. Semoga bermanfaat. []

“keuntunganmu dihasilkan ketika kamu membeli, bukan ketika kamu menjual.”

“salah satu sebab orang kaya menjadi semakin kaya adalah karena setelah kamu menemukan formula untuk menjadi kaya, makin mudah untuk menjadi kaya. jika kamu belum pernah menemukan formulanya, menjadi kaya selalu kelihatan sulit dan tetap miskin seolah-olah alamiah.”

“semakin besar jaringan, semakin ekonomis kekuatannya.”

“bukan tugas bos anda untuk menjadikan anda kaya. tugas bos anda adalah membayar anda atas apa yang anda kerjakan, dan merupakan tugas anda untuk menjadikan diri anda kaya di rumah dan dalam waktu luang anda.”

“jika anda ingin pensiun muda dan pensiun kaya, anda perlu bekerja lebih keras dan lebih cepat. uang anda harus melakukan hal yang sama. membiarkan uang anda menganggur di satu tempat adalah seperti memperhatikan tumpukan daun-dau kering musim gugur, menunggu percikan api … percikan api yang akan mengubah daun-daun itu menjadi api unggun.”

“uangmu harus seperti anjing pemburu burung. ia membantumu mencari burung, menangkap burung, kemudian pergi dan menangkap burung lagi untukmu. uang sebagian besar orang bertingkah laku seperti burung yang hanya terbang menjauh.”

“kalau anda bisa bekerja dengan orang yang berbeda anda bisa menjadi kaya melampaui impian anda yang terliar.”

“ada perbedaan yang sangat besar antara karyawan dengan wiraswasta tidak peduli dari industri mana mereka berasal.”

“kalau anda ingin pensiun semuda dan sekaya mungkin, anda perlu memikirkan dunia tanpa gaji. jika dalam realitas, konteks, atau pola pikir anda, anda membutuhkan gaji, kemungkinan anda untuk pensiun muda dan pensiun kaya tipis. ayah kaya sering berkata. orang yang butuh gaji adalah budak uang. kalau kamu ingin bebas kamu tidak boleh butuh gaji atau pekerjaan.”

“saya bekerja untuk membangun aset, yang dilakukan oleh orang kuadran B, atau bekerja keras untuk memperoleh aset, yang dilakukan oleh orang kuadran I. setelah saya memiliki aset, kemudian aset itu bekerja keras untuk memberikan uang kepada saya… tetapi saya tidak akan bekerja hanya untuk uang. saya harus mempunyai aset. itulah sebabnya saya hanya bekerja untuk membangun atau membeli aset… aset yang pada gilirannya akan membuat saya semakin kaya, sementara kerjanya makin sedikit. itulah yang dilakukan orang kaya, sementara orang miskin dan golongan menengah bekerja keras untuk uang lalu membeli liabilitas bukannya berinvestasi di aset.”

“jangan memboroskan waktu dengan berusaha melarikan diri dari perlombaan tikus dengan berinvestasi dalam investasi orang banyak. bangunlah bisnis anda dan berinvestasilah dalam investasi orang kaya… orang-orang yang berinvestasi karena mempunyai masalah kelebihan uang. jangan ber- investasi seperti orang yang kekurangan uang… karena mereka keku- rangan uang, mereka berharap memperoleh uang dari investasi mereka. orang-orang itu tidak pernah mendapat investasi yang terbaik. inves- tasi terbaik hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang kelebihan uang.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s