Catatan 11: Yang Dipandang Sebelah Mata

never give upAda yang bilang, hal yang paling tidak diinginkan oleh manusia didunia ini adalah dipandang sebelah mata. Kebanyakan orang sangat takut dipandang remeh orang lain karena sangat memalukan. Dilain sisi, ada banyak orang pula yang seringkali secara tidak sadar memandang sebelah mata orang lain ketika merasa kedudukan dirinya lebih tinggi.

Ya begitulah kenyataannya. Konon, memang seringkali seseorang diniliai dari keadaan dirinya saat itu. Keadaan itu bisa berupa tingkat kekayaan, asal suku, intelejensia, nama keluarga, atau bahkan sebuah jabatan. Tapi benarkah demikan?

Jika kita merujuk pada takdir Tuhan, setiap manusia pasti lahir dalam keadaan yang sangat beragam. Pasti akan ada seseorang yang lahir dalam keadaan miskin, ada seseorang yang lahir dari orang tua yang kaya, ada yang punya kekurangan, dan ada yang punya kelebihan. Apakah Tuhan memang mendesain bahwa pasti ada manusia yang dipandang sebelah mata?

Kalau saja Tuhan mau, tentu dia akan melakukannya. Tapi, nyatanya tidak sama sekali. Allah mendesain sedemikian hingga setiap manusia punya track record memulai kehidupannya dan Dia memberikan keleluasaan buat manusia untuk mengubahnya. Makanya, jangan heran ketika kita melihat ada orang yang tadinya biasa-biasa saja menjadi luar biasa, atau sebaliknya, yang tadinya luar biasa menjadi biasa-biasa saja sekarang. Berbagai kisah orang berpengaruh didunia ini telah jadi bukti yang nyata.

Tidak ada sesuatu dalam semesta ini yang permanen. Semuanya pasti akan terus berubah. Tidak ada yang terus-terusan berada dibawah ataupun diatas. Hidup ini juga seperti roda kehidupan, kadang diatas dan kadang dibawah, jadi kita jangan berlama-lama bersedih ketika berada diposisi bawah atau terlena karena posisi diatas. Karena setiap posisi punya waktunya. Ketahanan mental dan kemampuan kita lah yang akan menentukan apakah waktu berputar roda hidup kita akan cepat atau lambat.

Kawan-kawan, lebih baik kita selalu berprasangka positif dan mengambil hal yang terbaik dalam hidup kita. Jika ada banyak hal buruk disekitar kita, cari yang terbaik diantara yang terburuk itu. Kata Umar Bin Khattab, waktu itu ibarat pedang, jika kita lama-lama berada pada posisi bersedih atau terlena, maka tunggu saatnya waktu akan menebas kita.

Bersegeralah untuk berubah, karena kehidupan kita tidak akan berubah jika hanya diam berharap semuanya menjadi lebih baik. Saya percaya setiap usaha manusia itu pasti akan dibalas oleh Tuhan sesuai kadarnya. Ketika kerja kita sudah maksimal, Tuhan pasti tidak akan ragu untuk memberikan apa yang kita perjuangkan.

Selamat berjuang kawan. Tuhan pasti akan membalas segala usaha terbaik kita semua. Jaga ketahanan mental dan asah terus kemampuan agar kita bisa jadi yang terbaik. Jangan pernah berhenti untuk menegakkan kepala kita. Tunjukan pada dunia bahwa kita bukan orang yang bisa dipandang sebelah mata.[]

2 thoughts on “Catatan 11: Yang Dipandang Sebelah Mata

  1. Sepakat, kita boleh merasa sedih, tapi untuk terpuruk itu adalah kesia-siaan. karna Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum jika dia tidak merubah keadaan pada dirinya sendiri🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s