Mengapa Gaji Karyawan Migas Besar?

Setelah membahas besar gaji seorang karyawan perminyakan pada tulisan sebelumnya, kali ini saya ingin membahas tentang penjabaran sumber dari gaji itu sendiri. Ada yang bilang bahwa gaji karyawan migas itu besar, tapi saya rasa itu relatif. Kendati starting salary untuk bekerja di industri ini besar dibanding industri lainnya, tapi saya rasa dalam rentang waktu tertentu, salary ini bisa jadi terkejar oleh industri lainnya.

Kita perlu tahu bahwa gaji seorang karyawan migas merupakan akumulasi dari beberapa parameter yang dijumlahkan. Apa saja parameter  itu? Nah, supaya memudahkan sahabat untuk memahaminya, saya membuat sebuah matriks pendapatan karyawan migas. Matriks ini saya buat berdasarkan apa yang saya ketahui dan sifatnya sangat subjektif, bisa jadi salah atau benar. Jadi mohon koreksi dan tambahannya bila ada sahabat yang punya informasi lain terkait dengan hal ini. Berikut matriks pendapatan yang saya maksud:

matriks

Sebelum dilanjutkan, buat  sahabat yang belum mengerti apa beda oil company (selanjutnya saya sebut OC) dan service company (selanjutnya saya sebut SC), bisa baca tulisan saya sebelumnya terlebih dahulu. Walaupun tulisan itu tentang peran wanita di industri migas, tapi sahabat akan mendapatkan informasi tentang perbedaan dua company tadi.

Baiklah, secara sederhana, gaji karyawan migas akan semakin membesar jika dia bekerja dilapangan (red: banyak bonusnya dan besar resikonya). Tapi ada beberapa hal yang ingin saya tekankan disini, supaya sahabat (terutama fresh graduate) bisa mulai berhitung-hitung tentang finansialnya dimasa depan.

Basic Salary

Sesuai namanya, parameter basic salary  berarti gaji pokok kita. Seminimal-minimalnya kita bekerja dan tidak mendapatkan bonus, kita pasti akan mendapatkan gaji ini. Perlu diketahui, walaupun  gaji total SC sangat besar dibandingkan dengan gaji OC, tapi faktanya gaji pokok SC lebih kecil daripada gaji OC. Apakah ini bermasalah? Sebenarnya tidak dalam jangka pendek. Tapi jika diukur dalam rentang jangka yang panjang, maka dana pensiun karyawan OC akan lebih besar daripada karyawan SC. Kok bisa? Uang pensiun seorang karyawan (Jamsostek atau DPLK) selalu dihitung dari gaji pokok bukan gaji total.

Staffing Bonus

Sejalan dengan waktu, pasti karir seseorang akan menanjak naik dengan bertambahnya pengalaman. Dalam industri migas (walau gak semua menerapkan), biasanya ada yang namanya Staffing Bonus yang bertambah seiring naiknya karir seseorang. Sebagai ilustrasi, berikut saya lampirkan hirarki karir dari yang junior (paling atas) hingga yang paling super junior…eh…maksud saya paling senior (presiden). Dengan sendirinya, semakin tinggi karir seseorang akan mendapatkan staffing bonus lebih besar.

strata

Yearly Bonus

Jumlah bonus tahunan biasanya sama dengan jumlah gaji pokok atau lebih bergantung dari performa seseorang. Bonus ini terhitung diluar Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan perusahaan. Jadi gaji karyawan migas (dan saya kira juga di industri lainnya) dalam satu tahun gajinya bisa lebih dari dua belas kali. Sampai saat ini, saya mendapati bahwa ada perusahaan yang membayar karyawannya 14-20 kali gaji selama satu tahun.

Reward Job Bonus

Bonus ini biasaya diberikan kepada seseorang yang telah memberikan suatu terobosan/ metode baru yang efektif dan efisien sehingga menghasilkan penghematan pada biaya operasi perusahaan OC maupun SC. Selain mendapatkan bonus, karya orang-orang ini biasanya akan didokumentasikan dalam Jurnal Teknologi Minyak dan Gas Bumi (JTMGB) dari IATMI atau bahkan Paper Society of Petroleum Engineers (SPE). Dokumentasi ini adalah bentuk apresiasi sebuah perkembangan ilmu dan diharapkan bisa jadi bahan pembelajaran buat perusahaan lainnya.

Field Compensation

Jika seorang karyawan OC bekerja dilapangan, biasanya akan mendapatkan gaji kompensasi yang tidak akan didapatkan oleh karyawan yang bekerja di kantor. Besarnya kompensasi ini dihitung dari persentase dari gaji pokok. Bisa 10-50 persen bergantung kebijakan perusahaan. Kalau istilah dosen saya, kompensasi lapangan itu adalah biaya kita karena “kesepian” dilapangan.  Karena bekerja dilapangan sangat beresiko tinggi, tentu tidak salah jika perusahaan mengkompensasinya lebih daripada orang yang bekerja dikantor.

Zone Bonus

Sedikit berbeda dengan Field Compensation, Zone Bonus adalah bonus yang terhitung berdasarkan dilapangan mana kita ditempatkan. Semakin jauh dari pemukiman, maka akan semakin besar bonusnya. Bonus karyawan yang bekerja di onshore akan berbeda dengan yang bekerja di offshore. Bonus karyawan yang bekerja ditempat aman tentu pasti akan berbeda dengan daerah konflik. Nilai bonusnya kira-kira mungkin bisa 10-50 persen dari gaji pokok.

Daily Compensation

Di SC, setiap harinya karyawan akan mendapatkan kompensasi harian. Jadi semakin lama seseorang bekerja dilapangan, maka semakin banyak pula kompensasi yang akan orang itu dapatkan. Saya bisa katakan bahwa jadwal karyawan SC adalah tidak bisa dipastikan. Terkadang bisa seseorang punya masa kerja 2 minggu, tapi bisa juga punya masa kerja 2 bulan. Selalu dinamis dan harus siap dipanggil kelapangan jika sedang waktunya off. Suka tantangan? silakan coba masuk SC kalau ingin merasakan sensasinya…hehe..

Attempt Job Bonus dan Additional Job Compensation

Setiap karyawan SC selesai melakukan pekerjaan yang diminta oleh OC pasti akan mendapatkan bonus lagi. Besarnya berbeda-beda bergantung pada tingkat kesulitan dan lamanya pekerjaan. Setelah pekerjaan selesai, biasanya keberhasilan pada pekerjaan tertentu akan membuat karyawan tersebut mendapatkan bonus lagi (additional job compensation). Nilai bonus ini besarnya beberapa persen (2-5%) dari biaya pekerjaan itu. Jadi andaikata ada pekerjaan lapangan yang selesai dengan harga 5000 dollar, maka karyawan akan mendapatkan tambahan bonus sebesar 100-250 dollar. Lumayan kan itu? kalau pekerjaan itu dilakukan setiap hari..apa gak gede banget tambahan bonusnya..Hehe..

 ***

Demikian tulisan ini saya buat. Semoga bisa membantu dan menjawab keingintahuan sahabat tentang gaji karyawan migas di Indonesia. Lain kali, kita bahas buat gaji luar negeri ya. Doakan ada kesempatan untuk jadi pengusaha migas negeri ini atau berkarir didunia perminyakan internasional ya. Amin.[]

 

122 thoughts on “Mengapa Gaji Karyawan Migas Besar?

    1. tentu bisa mas.. mas mungkin bisa mencoba di departemen IT (Information Technology) atau departemen yang mengurus komputerisasi data base perminyakan perusahaan tersebut.

      1. Siang mas.
        Saya tamatan D1, selama ini bekerja di percetakan, pengetikan, dan berhubungan dengan adm perusahaan.

        Saya sudah pengalaman kerja kontraktor, sekitar 5 tahunan lebih, bagian adm, buat surat, RAB, dan lain-lain, apakah saya bisa kerja di perusahaan Migas, ya mungkin Staff Adm.

        Mohon info..

        Iwan
        Umur 30 th.

        Hp. 0838 7580 6337
        Email : solutionsmart010@gmail.com

      2. silakan mendaftarkan diri mas ke http://www.jobstreet.com, jobsDB.com, atau petromindo.com
        disana ada banyak infonya mas..

        tapi akan lebih menguntungkan jika mas punya relasi/kawan yang saat ini telah bekerja didunia perminyakan, infonya akan lebih cepat. semoga sukses..

    1. Bisa.. Dibagian financial department. Yang penting kita mengetahui core business minyak itu apa, dan bagaimana cara bekerjanya..

  1. saya masih kelas X SMA. Saya berminat masuk jurusan bidang perminyakan. Tapi saya masih gelap tentang bidang itu. Saya belum tahu, dan bingung tentang apa yang harus saya persiapkan dari sekarang. Kira-kira menurut ka Ryan, apa saja yang harus saya persiapkan dari sekarang (SMA)? Pelajaran apa yang mesti saya kuasai dengan baik? Mohon sarannya ka. Terima kasih.

    1. Kamu sekarang SMA kelas X jadi untuk kemigas yang harus diperkuat mata pelajaran jurusan IPA sperti Fisika,kimia dan matematika dan juga sekarang bahasa inggris sangat diperlukan karena dimigas kebanyakan istilah pakai bahasa inggris. Saya kira begitu dulu yang bisa saya infokan.. Oh ya saya juga sekarang kerja salah satu perusahaan migas BUMN di Indonesia.

      1. betul kak natalius, perkuat Fisika, Kimia dan Bahas Inggris. Kalau matematika kurang dipakai.

  2. Kebetulan sekali mas, saya kemarin di interview oleh Perusahaan SC PT. Intertek.. dan sepertinya dia puas dgn saya.. saya bagian inspeksi Kapal cargo (sampling minyak mentah) di kilang minyak pertamina, kemudian di oper ke pertamina sampel tsb utk dianalisa kualitasnya..
    saya jurusan kimia UIN Jakarta, kira2 berapa gaji yg harus saya minta yah? ktnya gaji minimal sektor migas itu 7jt…
    kalo saya minta 10jt normal ga mas? tlg jawabanya yah.. ke syahad.ms@gmail.com atau fesbuk http://www.facebook.com/shd1899 secepatnya.. syukron

    1. sudah pengalaman berapa lama mas? kalau misalnya sudah lebih dari 5 tahun mungkin bisa dicoba. tapi kalau misalnya belum, coba tawarkan gaji dengan besar 1,5 dari gaji mas yang sekarang.

      Tapi biasanya,gaji fresh graduate di industri migas aja bisa berkisar dari 7-13 juta mas bergantung background ilmu dan jenis pekerjaannya. Jadi mas lah yang bisa menentukan positioning mas sendiri mau mengajukan gaji berapa. Hehe..

      Semoga sukses mas..

      1. masih freshgraduate mas umur masih 23th.. bagian lapangan, inspektor kapal kargo pertamina..

        mas rata2 testimoni orang yg kerja diperminyakan itu kok pd ga kuat pressure, adaptasi dan jauh dari keluarga…

        saya suka traveling, utk adaptasi dan jauh dari keluarga saya masih bisa tahan.. kalo yg under pressure itu bisa lebih dijabarkan mas seperti apa pressure di ranah perminyakan ini? sampai mreka rela ninggalin gaji besar seperti itu?

    1. kalau syahad kerja dilapangan, apalagi di service company… syahad akan kerja dengan orang2 yang heterogen, ada ekpatriatnya juga. Bayangkan mas kerja pagi2 sampai malam. Terus kalau ada panggilan dari klien di malam hari, kamu harus memenuhinya.

      Biasanya jadwalnya 2-5 minggu dilapangan dan libur 1-2 minggu. dalam waktu libur pun harus mau tetap standby dikantor, dan kalau ada panggilan kelapangan harus merelakan liburnya. Kalau kamu masih single, mungkin kamu mau2 aja. Mungkin kalau ada orang yang sudah berkeluarga, mikir2 dulu.

      Dan, kalau kamu pernah lihat film barat..gimana cara mereka kalau sudah emosi keorang lain.. begitu juga kalau kamu punya atasan yang sedang marah2 kekamu kalau misal ada masalah dilapangan. Mungkin ada sumpah serapah yang akan dia ucapkan ke kamu. Itu kan sangat jauh dari kultur orang timur yang notabene tetap menjaga kesopanan walaupun marah.. Hehe…

      Tapi itu terjadi kalau bekerja di service company semacam schlumberger, halliburton, baker hughes, weatherford, dll..Gaji besar, resiko besar..

      1. hmm… saya juga bingung mas nentuin gajina, kyknya saya coba di range 7-10jt dl…

        oh jadi seperti itu gambaranya…
        bsk saya interview step 2, kl diterima impian saya buat jalan2 keliling indo tercapai nih, dan pintu buat saya keliling dunia…pengen bangeet ke raja ampat, kta HRD nya saya nanti juga di tempatin di LNG TANGGUH Papua, kira2 bisa ga ya mas nyambi ke raja ampat pas ada proyek gt .. Ya Allah ga nyangka..
        terima kasih mas…

  3. Kalau s1 fisika murni. Mo kerja perminyakan di bidang/departemen apa ya? Trus peminatan yg dipilih di fisika murni itu geofisika, ilmu material, atau instrumentasi untuk penunjangnya? Apa harus s2 dulu?

    1. wah kalau saat ini mungkin agak susah mencari bidang kecocokan dengan fisika murni. Saya rasa dengan mengambil bidang geofisika dapat membantu menambah kompetensi kita supaya bisa terjun kedunia migas. Ambil S2 akan lebih baik lagi karna akan menguatkan CV mu saat mendaftar keperusahaan..

  4. saya lulusan s1 hukum apakah bisa daftar di perminyakan?

    ipk 2.95 toefl 375

    PengalamanOrganisasi

    No NamaOrganisasi Jabatan
    1 OrganisasiSiswaSekolah SLTP Bendahara
    2 IkatanPenggalang Garuda Anggota
    3 OrganisasiSiswaSekolah SLTA MentriOlahraga
    4 Pramuka SLTA WakilKetua
    5 DewanKwartir Ranting Kab.Blora Ketua
    6 Unit Bantu PertolonganPramuka ( SAR ) Anggota
    7 HMPS FakultasHukum Humas
    8 BEM FakultasHukum Humas
    9 BEM Universitas MentriAdvokasi
    10 UKM Musik Bendahara
    11 UKM Paduansuaramahasiswa WakilKetua
    12 UKM Teater DivisiPerkusi
    13 KarangTaruna RW Bendahara

    PengalamanKerja
    No PengalamanKerja
    1 Event Invitasi Bola Basket Se-karesidenan Semarang
    2 Event Bloodcare
    3 Event Gatsby Dance Competition
    4 Event SampoernaHijauVolly
    5 Event SampoernaHijau Fest
    6 Event SuaraMerdeka
    7 Event Wawasan
    8 Event Car Free Day
    9 Event Lee KumKee
    10 Event Frisian Flag
    11 EventDancow
    12 Event Counterpaint
    13 Event HP Venera
    14 Event Bank BRI
    15 PT.Columbindo
    16 Event Pandanaran Festival
    17 Event UOB
    18 Event Jambore music campus 2013 Se-Jawa
    19 Event dulcolax
    20 Event Pocari Sweat
    21 Event Fiesta Seafood
    22 Event midnite Sale Carefour

    1. bisa mas.Mas bisa coba buka beberapa situs perusahaan migas yang mungkin mas tertarik. mas bisa masuk Legal Department.

    1. wah kalau baru masuk kampus, masih bergantung nilai irsyad apakah memenuhi syarat dari jurusan perminyakan tersebut. Kalau sudah kuliah disana, berarti irsyad harus ikut tes ujian mandiri atau spmb lagi kekampus yang ada jurusan teknik perminyakannya. Gak bisa langsung pindah kampus langsung. Jadi harus mengulang dari awal lagi. Kira-kira begitu irsyad. semoga bermanfaat ya.

  5. mas ryan yang terhormat,nih aku mau tanya –> aku lulusan s1 ( fisika pendidikan dan fisika murni ) kira-kira aku bisa kerja didunia perminyakan tidak ya? dengan ipk >3.00 dan TOEFL 550, soalnya aku mau survived dulu sebelum jadi dosen ., E-mail olik_91@yahoo.com

    1. bisa mas. mas bisa mulai berkarir didunia service oil company.. coba cari peluangnya diberbagai perusahaan semacam schlumberger, halliburton, baker, dll..

  6. Kalau ditinjau ada gak sih bidang yang beririsan antara teknik perminyakan dengan teknik geodesi??
    Dan, apakah teknik geodesi punya peluang di perusahaan seperti chevron atau BP yang memang membutuhkan keahlian teknik geodesi secara nyata?? Terima kasih bang!! Mohon dijawab😀

    1. maksudnya buat pertanyaan kedua itu, apakah ada posisi untuk teknik geodesi di chevron atau BP yang emang butuh keahlian geodesi? hehe maaf bang

    1. cocok di operation sebagai surveyor sebelum kegiatan pengeboran dilakukan.. kalau sudah ada pengalaman kerja, maka umur bukan terlalu menjadi masalah..

      1. bergantung pengalaman dan positioning perusahaan mas tempati itu sendiri..semakin besar perusahaannya dan tingkat kesulitan/resiko pekerjaannya, akan semakin tinggi..

    1. bisa dua2nya.. bergantung kompetensi dan kesempatan..hehe..tapi most of all seimbanglah, orang SCM biasanya diperlukan di office dan juga dilapangan..

    1. nanti saya ceritakan ya.. prospek kerjanya sangat cerah, karena sampai saat ini teknik perminyakan memiliki alumni yang dibayar mahal dan sangat dibutuhkan untuk negara2 yang sumber daya alam minyak dan gas nya banyak.. Selain itu, jurusan perminyakan juga jadi jurusan terfavorit beberapa tahun lalu, biasanya selalu masuk 5 besar jurusan paling diminati.

      yuk masuk dunia perminyakan…

  7. misi mas, untuk geodesi apakah cuma dibutuhkan saat tahap persiapan proyek atau bisa terlibat juga? dan kalau terlibat di bagian apa? terima kasih

    1. Yap betul mas. geodesi selalu ikut pada persiapan proyek pemboran… Dan satu kegiatan pemboran pun sudah sangat lama sekali persiapannya, dan kegiatan pemboran selalu ada. Jadi saya pikir sudah banyak pekerjaannya disana.. hehe. semoga membantu..

  8. Haii mas🙂
    Maaf saya mau tanya, kiranya mas bersedia membantu🙂
    Saya seorang mahasiswa jurusan Teknik Sipil di ITS, saya bingung milih penjurusan yg cocok buat ilmu yg sekiranya paling terpakai di perusahaan perminyakan, yaitu : Struktur (baja dan beton), Geoteknik (tanah dan survey), Hidrologi (air), Manajemen Konstruksi
    Mohon pencerahannya mas ?🙂

    1. sebelumnya silakan baca tulisan saya yang ini ya mas supaya lebih detil:
      https://ryanalfiannoor.wordpress.com/2013/10/20/peta-karir-dunia-perminyakan/

      untuk jurusan james, saya rasa semua ilmunya bakal bisa terpakai tetapi bergantung pada kebutuhan perusahaan itu sendiri. Tetapi saya rasa jurusan geoteknik akan lebih baik james ambil karena akan mendukung sekali ketika james nanti berkarir di dunia migas sejak di lapangan. Lapangan pasti membutuhkan ahli geoteknik untuk keselamatan kerja saat operasi dan pemboran. Semoga bermanfaat.

  9. aslmkm mas mau tanya..
    aq lulusan smk doang. kmren cba nglamar d TDWilliamson, pnh dnger ga mas..
    pngalaman kerjaa dah 6 tahun,, kmren smpet dinterview n dtanyain gaji.. aq ga brani jawab, tpi si interviewer ttep maksa nyebutin nominal.. aq sebutin lah 10-13 jta.. gaji dperusahaan lama aq 9jtaan,, trus dy tanya klo aq gaji kmu sesuai dengan perusahaan lama gimana,, aq jawab iya mas,, soalnya aq bngung bget wktu itu mana posi2 masih kerja d lpangan pula pas interview lwat tlp.. menurut mas gimana? thanx

    1. hbis ini msih ada tahap interview lgi dpertemukan dngan pihak manajer,, menurut profil mas TDWilliamson itu sperti aapa mas? spertinya ikut d service company..

    2. waalaykumsalam wrwb..
      Dalam ilmu wawancara sebenarnya itu adalah teknik untuk bernegosiasi. Dalam hal sehari2, biasanya orang pindah perusahaan karna menginginkan gaji yang lebih baik. Tapi disisi perusahaan tempat mas apply, tentu jg ingin menekan budget gaji mas seefisien mungkin, Nah kalau saran saya, sebenarnya ada baiknya mas ketemu langsung.. tapi kalau tidak bisa, maka ada baiknya mas meminta lebih sesuai dengan perkiraan yang mas inginkan. Kalau mas yakin bahwa mas memang pantas untuk digaji lebih, jangan takut untuk diungkapkan mas..

      semoga membantu..

      1. O iya mas maaf mau tnya hal paling mendasar bgt.. Klo kirim application itu bbagusnya ditulis di email langsung, trus attach cv apa lngsung attach aja applicationx sma cv dlam bentuk format doc atau pdf?

  10. mas,bisa d jelaskan bedanya oil company ma service company.
    kul d tej minyak biasanya brapa tahun mas.?.trima kasih

  11. mas kl blh tau untuk karyawan offshore yg misalnya udh 10 thn kerja msk pd grade yg ke brp?apakah bs lama2 ditarik ke level diatas offshore ?

    1. dalam industri perminyakan, tidak ada yang sifat nya kaku. Semua hal bisa didiskusikan tergantung dengan volume perusahaan kita nanti. Bisa saja gaji kita diatas offshore saat ini, tapi balik lagi sesuai dengan kemampuan dan experience kita kah, memenuhi requirement dari perusahaankah.

  12. Dear Mas ryan..

    mohon infonya perihal :

    1. Untuk gaji dengan level Staf dan Supervisor pada bidang Cost Controller di Tambang Batu Bara penempatan kalimantan Timur Update nya berapa ya saat ini?

    2. Fasiltas, dan Benefit yang didapat Per Bulan, Quartal, Semester, Tahunan seperti apa, dan berapa yang di berikan perusahaan saat ini ?

    Saya sangat mengaharapakan informasinya saat ini.

    Mohon bantuannya mas rya, dan para teman – teman Senior yang bekerja di Pertambangan Batu bara

    Indonesia.

    Terima kasih.,

    Albara Maulana.,

    1. wah saya mohon maaf mas belum menemukan informasi tentang hal ini. In case, saya dapatkan infonya, akan saya sharing kesemuanya.

      mohon maaf.🙂

      1. Mohon dibantu ya mas ryan.,

        Karena tanggal 28 Nopember ini saya akan mengikuti wawancara. Saat ini saya bingung karena belum

        mengetahui range salary industri tambang batu bara wilayah kaltim. Khususnya pada saat memasuki

        percakapan paket gaji dan benefit yang diberikan Perusahaan kepada Karyawan nya.

        Sekali lagi mohon informasinya mas.

        Terima kasih.

  13. Assalamualaikum,wr,wb

    Dear Mas, kalau mau lihat info loker perminyakan terlengkap di mana y,, saya lulusan DIII Teknik Pengolahan Minyak dan Gas Bumi,dan pengalaman satu tahun di PT. Arun LNG, dan sering juga saya bertanya, tapi belum ada jawaban di blog lain..Mohon infonya, kalau bisa di sms y mas 082220025000

    Terima Kasih mas, Salam Kenal

  14. Mas saya baru lulus S1 Teknik Informatika di salah satu PTS tp belum mempunyai pengalaman kerja yg banyak. Tp saya niat bergabung di perusahaan migas. Bekal dan kemampuan apa yg harus saya persiapkan dan dibagian apa nantinya kalo dari bidang IT tp saya dr SMK Otomotif. mohon pencerahannya mas, terimakasih..

    1. coba baca di link2 perusahaan yang membutuhkan IT engineer. biasanya mereka bakal menyediakan pre requirementnya disana.

  15. permisi mas mau nanya..
    saya rizky, klo untuk lulusan s1 teknik mesin bisa masuk perusahaan migas dibagian apa ya mas? dan brp jumlah gaji yg di dpt ?
    kebetulan saya masih semester 3, jd untuk persiapan ilmu apa saja yg harus saya perdalami? thx mas😀

  16. mas, dari teknik pertambangan bisa masuk ke dunia perminyakan gak??
    saya basic perminyakan sudah diplajarin dari semester 5 sampai akhir kuliah.
    apa saja yang perlu dipersiapkan dari pribadi saya mas??
    serta kalau bisa bergabung, kira-kira di bagian mana y mas??
    terima kasih.

    1. kalau dunia pertambangan sebenarnya agak berbeda ilmunya dibanding dengan dunia migas. Tapi dalam bbrpa kasus, ada anak tambang yang masuk kedalam industri minyak. Yang harus dipersiapkan adalah softskill, hardskill, dan pengetahuan migas. Kamu bisa mulai berkarir didunia migas lewat service company seperti schlumberger, halliburton, baker huges, dll..

  17. Assalamualaikum,wr,wb

    Halo mas,saya sekarang lg kuliah jurusan teknik elektro baru semester 4 konsentrasi arus lemah/instrumentasi,kalo di perusahaan migas masuk bagian mana ya kerjaannya nanti? kata teman2 saya klo elektro di perusahaan migas yg dibutuhin lebih ke arus kuat/listrik. Jadi sempet bimbang milih konsentrasi mas, Itu peluangnya gmn mas antara elektro arus lemah dan arus kuat ? apakah sama saja, atau kita nantinya diharuskan memiliiki skill yg sama antara arus kuat dan arus lemah tergantung bidang pekerjaan yang didapat nantinya.
    terima kasih mas

    1. Wa’alaykumsalam Rio,

      sebenarnya apapun konsentrasi ilmu rio nanti, tetap saja perusahaan akan mengenal Rio sebagai lulusan teknik elektro. perusahaan akan melihat rio dari berbagai aspek, aspek personality, aspek soft skill, dan aspek hard skill. walaupun nantinya rio menguasai arus lemah/kuat, pada akhirnya perusahaan akan menilai rio secara utuh melalui aspek2 tadi. Saya tetap menyarankan rio untuk mengetahui paling enggak bagaimana perusahaan migas itu berjalan dan apa peran lulusan elektro disana. Jadi jangan takut dan ragu untuk mendalami ilmu yang kamu sukai. Jangan sampai pekerjaan membelenggumu untuk merealisasikan apa yang jadi mimpimu.

  18. mas saya sekarang msih du2k di kelas x sma.. dan saya ingin sekali melanjutkan kuliah ke perminyakan dan gas.. apkh setlah lu2s kuliah nanti saya bisa bekerja di prusahaan luar negri? dan klo bisa tlong ksh tau hal ap yg harus sya persiapkan mas..

  19. Mas, saya dapat panggilan interview dari kontraktor Tambang batu bara untuk penempatan di PT. Trubaindo atau PT. Mandiri (keduanya di kalimantan) sebagai logistic leader. Saya hanya lulusan SMU IPA dengan pengalaman bekerja di manufacturing selama 9 tahun. yang ingin saya tanyakan kira2 berapa gajinya, karena untuk negosiasi saya merasa tidak punya pengalaman di kontraktor tambang?
    mohon pencerahannya.. terima kasih…

    1. paling simple adalah negosiasikan gaji anda lebih besar dari gaji anda saat ini. Jika nilainya masih berada dibawah gaji level fresh graduate, maka patokan gaji fresh graduate bisa jadi referensi mas. Tapi jika sudah diatas level fresh graduate, anda mungkin bisa pasang harga 1,2-1,5x dari gaji Anda yang pertama. semoga sukses mas.

  20. Mau bertanya mas… Saya Lulusan SMA, apakah bisa masuk di dunia migas. Pengalaman saya Rigger yang biasa Support pertamina hulu energi, dan Total EP, Petronas Carigali.
    Pertanyaanya, apakah saya bisa masuk di Driller Rig…

    Terimah kasih.

  21. Mau bertanya mas… Saya Lulusan SMA, apakah bisa masuk di dunia migas. Pengalaman saya Rigger yang biasa Support pertamina hulu energi, dan Total EP, Petronas Carigali.
    Pertanyaanya, apakah pengalaman saya sudah bisa masuk di Driller Rig…

    Terimah kasih.

  22. Terimakasih atas penjelasan tentang gaji di prusahaan migas , ya khususnya Migas BUMN . Saya Revi Galih H.K. Mahasiswa angkatan 2012 Jurusan Teknik Industri . Kalau menurut saya selain besar gaji di tentukan dari jabatan dan kinerja, yang menentukan besar kecilnya gaji karyawan di migas BUMN itu juga dikarenakan tingkat keuntungan perusahaan Migas BUMN itu sendiri , karena keuntungan jauh sekali kebagian melalui persenannya dengan PEMERINTAH ! Keuntungan pada BUMN indonesia ini hanya memegang 8% pada pasar migas di Inonesia , sisanya dipegang perusahaan Migas dari negara lain, tidak ada pengelola / manajemen yg baik di internal nya . Lalu yang lebih digeramkannnn , 90% keuntungan perusahaan Migas BUMN ini wajib diserahkan ke PEMERINTAH ! Dan hanya 10% yang dapat di gunakan Perusahaan tersebut . Jauh berbanding terbalik dengan perusahaan Milik Malaysia .Ya yang diharapkan semakin lama semakin bisa dibenahi dari struktur pengelolaan Pemerintahannya maupun di dalam perusahaannya , karena saya juga sangat sangat sangat berminat berkarir di industri Migas . Mari kita sama sama benahi agar bisa maju menuju gerakan yang lebih baik !

    1. Jika tertarik pada dunia ekonomi migas, maka kamu bisa memulai membaca buku-bukunya agar lebih jelas🙂

  23. Mas Ryan, saya lulusan S1 kependidikan (Guru) SD. Apakah saya bisa pindah haluan bekerja di perminyakan. IP saya 3.37.
    Mohon dikasih gambaran untuk saya. Trm ksh. From Dhayatz As

    1. apakah sudah ada pengalaman sebelumnya mas? saya rasa agak sulit mengingat backgroundnya agak jauh dari background yang dibutuhkan didunia migas. Kalau mau masuk dunia migas, mungkin mas bisa ambil beberapa sertifikasi atau training yang berkaitan dengan dunia migas dulu sebagai modal.

  24. Mas, saya tamatan d1 hospitality. Apa bisa sy melamar sebagai messman di offshore. Saya sdh punya pengalaman kerja di darat dan di kapal pesiar dgn background yg saya punya. Kira2 gaji seorang messman bera
    a ya mas di offshore.

    TKS

    1. kalau sudah pengalaman peluang untuk posisi itu akan menjadi lebih besar. coba saja minta gaji 2 kali lipat dari gaji pada perusahaan sebelumnya pak. Kemudian nanti pasti perusahaan itu akan merasionalisasikannya.

  25. Misi kak mohon infonya, saya msh kls 3 SMA prodi IPS klo mau masuk dunia pertambangan ada peluang gak ya kak?
    Dan dibagian apa? Saya msh bingung menentukan untuk bsk kuliah.

    1. kalau nanti kuliah berkaitan dengan sosial, kamu bisa berkarir dibagian finance, HR, eksternal, dan general affair.

      1. Contoh yg berkaitan dgn sosial apa kak?
        Klo fak management peluang msuk pertambangan bsr/kcl kak?
        Mksh sebelumnya

  26. Mas, saya baru masuk kuliah di STEM AKAMIGAS CEPU, program D4 Teknik Produksi Migas, prospek kedepannya gimana mas, soalnya kebanyakan yg dibutuhkan kok sarjana teknik perminyakan

    1. Setelah lulus D4 saya sarankan coba apply ke service company dan cobalah bangun karir disana. Setelah dirasa cukup, lanjutkan kuliah S1 dan berkarirlah di perusahaan oil and gas nya.

  27. Assalamu’alaikum pak. Klo lulusan FMIPA Kimia dapat bekerja di migas kah ? Klo bisa biasanya dibagian apa ya kerjanya ? Dan gaji pertama itu biasanya berapa pak ? Terimakasih

  28. Bang Ryan saya seorang teknisi di alat berat memiliki pengalaman 6 tahun di dunia teknik. Tapi berijazahkan tamatan SMK
    Apa bisa saya berkarir di dunia migah
    Mohon sarannya bang

    1. Sudah punya sertifikasi untuk alat berat? Dicoba saja mas. Biasanya perusahaan migas pasti perlu lifter. Tp biasanya kontraktor.

      1. Sudah mas saya memiliki sertifikasi utk Hydraulic dan electrical
        Mohon petunjuknya mas perusahaan kontraktor di migas mas

      2. Oh ya mas mohon saran ni mas Ryan. Latar Pendidikan saya kan cuma tamatan SMA tapi punya pengalam di teknisi alat berat selama 6 thn mohon sarannya mas klo saya ambil kuliah seharusnya ambil jurusan apa?
        Terima kasih sebelumnya atas saran mas Ryan

  29. mas,kalau untuk fresh graduate itu biasanya akreditasi jurusan terlalu di perhitungkan tidak sih untuk masuk ke perusahaan migas? saya teknik geologi

  30. Oh ya mas mohon saran ni mas Ryan. Latar Pendidikan saya kan cuma tamatan SMA tapi punya pengalam di teknisi alat berat selama 6 thn mohon sarannya mas klo saya ambil kuliah seharusnya ambil jurusan apa? Agar dapat berkarir di Dunia Migas
    Terima kasih sebelumnya atas saran mas Ryan

  31. Saya tamatan smk, saya sudah mempunyai sertifikasi rigger akan tetapi saya belum ada pengalamn di offshore, saya sudah mengirim cv keberbagai perusahaan akan tetapi sulit di terima alasannya harus mempunyai pengalaman min 3thn di offshore. Kira apa yang harus saya lakukan agar dapat masuk ke offshore mohon petunjuknya.

    1. biasanya harus punya koneksi pada orang-orang yang telah bekerja di offshore mas. Apakah mas sudah pernah nyoba untuk membuat akun di jobstreet, jobsDB, atau sejenisnya untuk mempermudah mas mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang mas inginkan?

  32. dear Admin.
    mohon sarannya, saya alumni teknik sipil. 3 tahun lahun saya lulusnya. 2.5 tahun saya bekerja di salah satu kontraktor BUMN sebgai quality control. saat ini say bekerja di konsultan asing dalam bidang infrastruktur sebagai cost engineer. dan saat ini saya mengambil kursus piping engineer di oil institute. kira kira saya bisa ndak yah berkerja di perusahaan service compani atau oil company? saya memutuskan ambil kursus piping engineer karena ingin kerja di perusahaan oil and gas. tapi saya tidak tahu dari mana harus memulainya. mohon saran dan arahannya.

    best regards.

  33. Mas Ryan, saya gi cari2 info gaji engineer di PT Badak Bontang.
    Boleh share dung mas kalo punya info brp THP tahunan terbaru 2014 disana & dari brp kali gaji…
    biru toganya familiar nih, salam ganesha

  34. D4 Stem Akamigas cepu ada Teknik pemboran, teknik produksi migas, dan geothermal. Menurut mas ryan mana yg lbh bagus?

Leave a Reply

