Catatan 14: Membangun Kebiasaan Kita

Benarkah mengubah kebiasaan itu sangat sulit? Beberapa waktu yang lalu, saya membaca sebuah tulisan di Forbes tentang cara mengubah sebuah kebiasaan seorang manusia. Sebuah cara yang unik dilakukan seorang kenamaan Amerika yang telah berhasil membangun banyak kebiasaan positif didalam hidupnya: Benyamin Franklin.

***

Sekitar tiga ratus tahun yang lalu, Benjamin Franklin pernah mencoba melakukan pendekatan tentang cara mengubah sebuah kebiasaan (habit). Sebagai seseorang yang ingin menjadi orang yang lebih baik dalam berbagai karakter, Franklin membuat daftar tigabelas habit yang ingin dia capai, dan kemudian dia tuliskan kedalam sebuah kertas dengan penjelasan yang singkat ditiap habit tersebut. Dia tahu, bahwa menguasai habit tersebut akan membuat perubahan positif didalam hidupnya.

Dimulai dari daftar paling atas, Franklin menghabiskan waktu satu minggu untuk mengaplikasikan satu habit yang ingin dia bentuk. Saat bangun dipagi hari, dia berpikir keras bagaimana cara menjalani satu habit baru itu sepanjang hari. Saat siang, dia melihat kembali daftar kertasnya sebagai pengingat. Saat malam, dia menghitung kembali berapa kali dia gagal dan jatuh kembali pada kebiasaan lama.

Pertama kali, Franklin sangat terkejut melihat betapa “rusak” habit lamanya. Tetapi dia terus melakukan setiap daftar habit barunya dalam tiga belas minggu secara berulang dan akhirnya dapat benar-benar bias membangun karakter barunya dalam waktu tahunan. Sebagai hasilnya, dia menyebutkan dalam buku autobiografinya bahwa perubahan lebih baik itu pasti bisa dicapai dan dia dapat melakukan perubahan-perubahan lebih besar lagi.

Franklin mungkin lebih dikenal sebagai Founding Father dari Amerika Serikat. Tapi Franklin sebenarnya juga ahli Polymath, penulis, pelukis, politisi, musician, kritikus, cendikiawan fisika, aktivis sipil, negarawan, dan diplomat. Walaupun tidak pernah menjadi presiden, Benjamin Franklin telah berjasa buat negaranya. Sampai sekarang, Benjamin Franklin masih bisa kita lihat gambarnya pada lembaran uang seratus dolar Amerika.

***

Jujur, cerita diatas tidak mengindikasikan bahwa saya adalah seorang yang pro pada Amerika dengan segala intrik dan konspirasinya. Hehe. Tapi saya ingin berbagi kepada kawan-kawan bahwa kita harus belajar pada orang-orang luar biasa di dunia ini. Salah satunya adalah Benjamin Franklin. Dalam satu masa hidupnya, Franklin telah menghasilkan berbagai macam karya yang berguna buat orang lain.

Kalau kita melihat cerita diatas, setidaknya ada tiga hal yang dilakukan oleh Franklin untuk membangun kebiasaan barunya: komitmen pada habit baru, bentuk satu habit di satu waktu, dan tuliskan dalam sebuah reminder.

Cukup singkat sepertinya bukan? Tapi tidak semua dari kita berhasil melakukannya. Ada banyak dari kita yang ingin menjadi lebih baik didalam hidupnya, tapi tidak mendefinisikan dengan jelas apa parameter didalam hidup. Habit suka membaca kah? Habit membangun jaringan kah? Habit berbicara didepan umumkah? Habit untuk lebih bersabar kah? atau habit-habit lainnya. Habit terbentuk dari sebuah kebiasaan. Kalau tidak pernah mendefinisikannya, kita tidak akan pernah memulainya. Dan kalau tidak pernah memulainya, mana mungkin kita akan mendapatkan sebuah habit baru yang membuat kehidupan kita lebih baik.

Dan jika kita telah menentukan habit-habit baru apa saja yang ingin kita capai, lakukan secara perlahan dan jangan diborong semua sekaligus. Habit yang kuat berasal dari konsistensi dalam bertindak. Dan konsistensi butuh sebuah pembiasaan Kita tidak akan bisa langsung melahap semua daftar habit yang kita inginkan sekaligus dalam waktu yang sangat singkat karena akan membuat kita jadi tidak fokus. Franklin pun menghabiskan satu minggu untuk membangun satu habit baru dengan evaluasi setiap harinya.

Jangan lupa, siapkan selalu buku yang mencatat tentang daftar habit baru kita. Percayalah, memvisualisasikan berbagai impian atau apapun yang kita inginkan akan “lebih” melecut semangat kita untuk mengejarnya dibandingkan hanya sekedar diingat didalam pikiran. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s