Kiat Masuk Teknik Perminyakan

  1. Mkn kesini,mkn bnyk temen2 sma yg nanya ttg gimana masuk jurusan petroleum engineering. Sy twit-in ya biar bs dibaca lbh bnyk org :) #petro
  2. Petroleum engineering adlh jurusan teknik favorit bkn hanya diindonesia tapi jg didunia. ilmunya sampai saat ini msh trus berkembang. #petro
  3. Jurusan perminyakan menjanjikan karir dgn gaji yang (sangat) besar dan kesempatan berkeliling dunia. Mungkin ini yg buat jd favorit #petro
  4. PT negri jurusan minyak ada di ITB, UIR. Diswasta di UPN, Trisakti, akamigas balongan, akamigas palembang, dan stt migas balikpapan #petro
  5. Sebagaimana jurusan lainnya, syarat masuk jurusan minyak adlh dgn mengikuti ujian bersama (SNMPTN) atau ujian mandiri masing2 kampus. #petro
  6. Semua info ujian bersama atau mandiri itu bs kawan2 searching langsung via internet. Kunjungi website kampusnya, dan cari jadwalnya. #petro
  7. Gmn strategi lulus ujiannya? Sy bs katakan bhw g ada strategi yg saklek karna tiap orang punya strategi masing2 sesuai cara mereka. #petro
  8. Yg saya tahu syarat sukses ujian 90% adalah persiapan kt. Persiapan tiap mata pelajaran yg diujikan,persiapan mental, dan doa #petro
  9. Persiapan mata pelajaran bs belajar mandiri, ikut bimbel, atau beli buku master yg dijual didepan kampus atau bukunya bob foster #petro
  10. Gak ada kata lain selain latihan..dan latihan ujian… Sampai hari H ujian tiba. Latihan membuat kt terbiasa dan akan menghemat waktu #petro
  11. Persiapan mental adlh mempersiapkan diri bhw diri kt akan bersaing dgn ribuan orang yg ingin masuk jurusan yg sama dengan kita #petro
  12. Spy mental kt siap. Kt harus pastikan bhw kt memang pantas ada dijurusan itu.Ingat kembali prestasi2 kt yg bs nambah kekuatan mental #petro
  13. Kalau lupa, g yakin ada, atw blm ada prestasi. Maka jadikan momentum ujian ini jd momentum pertamamu untuk berprestasi. #petro
  14. Lanjut twit kemarin. Yg terakhir adlh doa. Berdoalah kepada Tuhan sebelum, saat, dan setelah ujian #petro
  15. Dalam kesehariannya, ilmu perminyakan adlh kombinasi matematika ,fisika,dan kimia. #petro
  16. Imu perminyakan diterapkan dalam teori yg lbh detil lg: reservoir,drilling, production. Dilapangan ilmunya diterapkan dlm operation #petro
  17. Jd..jika ada temen2 sma yg nanya bs gak setelah lulus lngsng bekerja di industri migas? Sy jwb bisa. Tp bekerja di operation lapangan #petro
  18. Bs jadi operator (sma/smk), asisten engineer (smk), technician (smk). Lowongan bs ditemukan di poster sekolah atau dikoran. #petro
  19. Tp jk kawan2 punya kesempatan, maka sgt direkomendasikan untuk kuliah dulu. Saat ini demand ahli perminyakan msh besar #petro
  20. Kalaupun memilih lngsng bekerja, sy tetap menyarankan tuk mengambil kuliah ekstensi perminyakan. Bbrp kampus tlah menyediakannya #petro
  21. Terakhir..ilmu & bisnis perminyakan trus berkembang: shale gas,heavy oil, geotermal, oil sand, dll. Msh bnyk peluang yg bs dipelajari #petro

Sumber: @ryanalfiannoor

19 thoughts on “Kiat Masuk Teknik Perminyakan

  1. Assalamu’alaikum. Mas Ryan salam kenal, salam kenal saya M Handis Maulana mahasiswa teknik perminyakan Trisakti sem.5 dan saya juga Board member SPE Trisakti University Student Chapter. Saya suka sekali baca artikel2 di blog mas ini, maaf mas saya mau tanya.. apa sebelumnya mas pernah menjadi speaker dlm sebuah seminar yg bertema ttg perminyakan? terima ksh..mohon dibalas ya🙂

    1. Wa’alaykumsalam Handis..

      Maaf baru balas ya. wah saya sudah sering mengisi ke beberapa kampus Handis dengan tema perminyakan, tema organisasi, dan tema social movement. Kenapa Handis? Mau mengundang kah? :p heeehe

  2. Assalamualaikum, ka.
    Saya mau bertanya, saya alumni salah satu SMA d Kalteng tahun 2013. Saya sangat berminat utk masuk teknik perminyakan ITB, dan kesempatan tahun ini hanya melalui SBMPTN, dari SMA saya belum ada yang kuliah di ITB dan nilai saya tidak terlalu tinggi jk dbanding mereka dari jawa wlaupun saya slalu juara kelas tapi tidak juara umum.
    1. Gimana ya ka peluang saya di terima di ITB ?
    2. Saya mau mencoba di UPN juga sekitar Februari ini, dan misal saya bisa diterima di UPN, lalu saya sudah bayar daftar ulang lalu saya mengikiti SBMPTN n misal diterima di ITB, n ambil yg ITB apa bisa diambil lagi ka uang daftar ulang tadi ??

    Maaf ka terlalu banyak, mohon dibalas ya ka, terimakasih.

  3. Mas mau nanyak ni , kalau pelajaran matematika di perminyakan yg paling banyak tentang apa ? Begitu juga kimia dan fisika , mohon info , trimakasih

    1. Ini saya ambil dari situs university texas at austin:

      The technical curriculum contains the following elements:
      1. A combination of college-level mathematics and basic sciences (some with experimental work) that includes mathematics through differential equations, probability and statistics, physics, chemistry, and geology

      2. Engineering topics that develop a working knowledge of fluid mechanics, strength of materials, transport phenomena, material properties, phase behavior, and thermodynamics

      1. Ilham, in simple word…perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

        perminyakan => learn how to calculate reservoir reserve, drilling, and lifting gas and oil.
        geologi => learn how to identify where oil and gas reservoir place.

  4. Malam Mas Ryan, saya Nadine. Mau tanya apakah OC/SC membuka lowongan senior secretary? Kalo ada lowongan secretary di OC biasanya tes nya apa saja mas? Kalo di perusahaan mas rate salary untuk secretary itu sekitar brp mas? really need ur info please… thx before mas.

    1. bisa mbak. tapi untuk senior secretary biasanya seperti jabatan karir perusahaan mbak, walaupun gak semua di hire secara permanen. info tentang rate salary biasanya mbak bisa dapatkan dengan membuat akun linkedin dan saling berinterkasi dengan para secretary perusahaan migas mbak. prediksi saya bisa lebih dari 10 jutaan.

  5. selamat malam kak,saya smp kelas 1 di jakarta.rencana saya ingin melanjutkan ke smk perminykan,apakah dijakarta ada smk perminyakan?mohon informasinya

  6. salam bang ryan. kenalkan saya asad mahasiswa semester satu di Technische Universitaet Clausthal Jerman. jurusan petroleum Engineering. saya mau nanya mas. apa mas ryan punya info untuk lowongan kerja di chevron atau exxon. saya mau setelah lulus nanti (6 semester) sya ingin lansung bisa terjun ke lapangan untuk kerja. mohon info cara cara lamaran kerja mas. baik di dalam maupun luar negeri…:)

    1. kalau chevron indonesia bisa di cek disini: http://www.careers.chevronindonesia.com/
      kalau exxon indonesia bisa di cek disini: https://sjobs.brassring.com/1033/asp/tg/cim_home.asp?partnerid=6961&siteid=5421

      sifat rekrutmen di industri migas itu adalah evergreen. Jadi sewaktu2 bisa saja kita dipanggil untuk diproses aplikasi lamaran kerja kita. jadi kita harus siap ketika waktu itu tiba, semoga membantu.

      saya rasa berkarir diluar negeri juga oke loh. di abu dhabi dan qatar banyak lowongannya.

  7. assalamualaikum mas,
    saya masih kelas 3 sma dan insya allah akan mengikuti UN tahun ini,saya sangat berminat dengan teknik perminyakan ini tp masih bingung pilih universitas yang mana,menurut abang universitas yang paling ideal untuk saya itu dimana? trims

  8. Selamat sore bang. Saya ingin tanya, apakah kuliah dibidang perminyakan itu sesulit dari kata” orang? Dan lebih banyak kepake fisika, kimia ato mat sih kalo jurusan ini?

    1. Lebih banyak fisika dan matematika. Liat tulisan saya kembali yg berjudul “Mau Tau tentang Teknik Perminyakan?”. Digambarkan kan disana.

Leave a Reply

