Perbandingan Gaji Fresh Graduate

Buat teman-teman SMA yang menyenangi dunia teknik dan ingin masuk kedalam universitas yang diimpikannya, tentu pertanyaan “mau pilih jurusan apa ya?” menjadi momok utama di masa-masa masuk ke era kampus. Ada banyak orang yang mengatakan, pemilihan jurusan harus didasarkan pada cita-cita, diskusi orang tua, kesesuaian tempat tinggal bekerja dimasa depan, dan penghasilan.

Berikut ini saya snapshot perbandingan gaji fresh graduate dari kampus teknik ITB yang mungkin bisa kawan-kawan jadikan SALAH SATU (bukan paling utama loh ya) dalam mencari informasi berapa penghasilan yang didapatkan oleh seorang lulusan teknik. Grafik dibawah saya dapatkan dari situs karir.itb.ac.id dan merupakan output dari hasil kuesioner pertanyaan dimana angkatan 2006 (asumsi lulus kuliah adalah tahun 2011) yang menjadi objeknya.

Semoga bermanfaat buat teman-teman SMA yang membutuhkan informasinya.

Sumber: http://karir.itb.ac.id/tracerstudy/uploads/REPORT_TRACER_STUDY_2013_ALUMNI_2006.pdf

15 thoughts on “Perbandingan Gaji Fresh Graduate

  1. Mas ak mau brtanya,, apa yang menyebabkan gajih seorang Geologist dengan gajih seorang yang lulus dari teknik pertambangan ataupun teknik Perminyakan kecil,,, padhal Minyak dan Tambang mulai melkuakan pekerjaan mreka, setelah Geologist menemukan sumbernya…Ada yang bilang kuncinya Geologi dulu.

    Trus mas d oerusahaan minyak sendiri apa Geologi hanya berperan bila ada proyek saja atu tidak? Terimakasih ^^

    1. setau saya gajinya tidak terlalu berbeda kok mas. mungkin kita harus membandingkannya pada orang yang tahun pengalamannya sama seperti kita. harusnya sih gak terlalu jauh berbeda. Geologist pasti berperan disetiap perusahaan migas karena dari merekalah kita bisa memodelkan sebuah reservoir dan menentukan titik pengeboran yang paling optimum.

  2. enak banget gaji gede tanpa bersentuhan dg konflik masyarakat, nggak kayak kami gaji cuman 1,9 jeti harus berhadapan dg warga…… aduh…..

  3. mas saya pingin banget kerja di migas karena kata kakak kelas saya yg di perminyakan gajinya langssung tinggi seperti di atas, makanya saya pingin perminyakan tapi nyantolnya di elektro ini mas, kalau di perusahaan minyak gajinya dibanding lulusan perminyakan bedah jauh ya mas? terus kalo mau lebih mudah diterima di migas ambil arus lemah apa kuat(tenaga listrik) mas?

    1. yang saya tau, di Indonesia ini gaji tertinggi adalah konsultan bisnis dan profesionnal oil and gas. Nanti kalau kamu lulus, kamu coba saja service company semacam Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes, dll. Biasanya mereka buka untuk all engineering.

  4. bang tanya, rata2 pekerjaan yang membuat gaji lulusan teknik elektro lebih tinggi dari lulusan teknik mesin apa ya? padahal peluang kerja d OIL N GAS yg gaji nya terkenal gede, teknik mesin lbh brpeluang menurut requirement nya.

  5. Mau langsung gede ya jadi pilot apa pelaut perwira. Co pilot lion 15 sd 21 ane pelaut perwira muda di pertamina 17 sd 24. No hoax semua terbayar dengan masa muda mereka dididik di asrama. Kuliah masih enak tugas bisa rembukan. Peace no offense.

    1. jangan salah, itu gaji fresh graduate lho, belum lagi kalo udah jadi senior officer, saudara saya jadi head officer di perusaahan pertambangan gajinya 40 jt belum termasuk tunjangan, no offense😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s