Tidak sedikit banyak mahasiswa yang bertanya di ask.fm atau di twitter saya secara langsung yang intinya adalah tentang bagaimana prospek jurusan anu di industri migas. Jujur, saya bingung harus menjawab apa. Saya tidak bisa menjawabnya secara kuantitatif karena saya tidak tahu metode perhitungannya seperti apa. Saya pun juga bingung ketika saya harus menjawabnya secara kualitatif, karena saya sering mendapatkan pertanyaan yang sama sehingga terjadi pengulangan jawaban.

Baru-baru ini saya mendapatkan hal bagus dan bisa memberikan gambaran tentang persebaran profesional migas Indonesia dari berbagai kampus Indonesia. Iseng-iseng saya menggunakan fitur dari linkedin disini, Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan dari kawan-kawan yang sangat berminat untuk masuk ke industri migas.

Jadi melalui hal tersebut, kita dapat mengetahui persebaran para alumni kampus Indonesia berdasarkan tempat dia bekerja, perusahaan dia bekerja, dan bidang apa dia bekerja di industri migas. Dengan demikian, kita dapat mengetahui dengan mudah persebaran secara statistik setiap kampus di Indonesia secara menyeluruh.

Jadi kalau misalkan ada yang bertanya, seberapa banyak alumni kampus X bekerja di Indonesia? Perusahaan apa saja? dan bidang apa saja? semoga statistik yang dibuat oleh linkedin ini dapat membantu kawan-kawan sekalian untuk mengobati rasa penasaran terhadap dunia migas Indonesia dan dunia.

Sebagai contoh awal, berikut ini saya tampilkan grafik persebaran dari alumni kampus saya sendiri yang telah berkecimpung di industri migas, Institut Teknologi Bandung (ITB). Jika dilihat gambar, tedapat tiga kolom dimana kolom satu menjelaskan tentang lokasi tempat para alumni sekarang bekerja, kolom kedua menjelaskan statistik nama perusahaannya, dan kolom ketiga menjelaskan bidang pekerjaannya. (klik gambarnya untuk memperbesar)

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

ITB

Selanjutnya, terlampir statistik persebaran untuk alumni kampus lainnya. Saya melampirkan statistik alumni Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Trisakti, dan Universitas Indonesia (UI) yang kini berkarir didunia migas di Indonesia dan dunia.

UNIVERSITAS GAJAH MADA

UGM

UNIVERSITAS PADJAJARAN

Unpad

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL

UPN

UNIVERSITAS TRISAKTI

Trisakti

UNIVERSITAS INDONESIA

UI

Sekian tulisan saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk semua teman-teman yang membutuhkannya ya. Jika ada permintaan untuk kampus lainnya, silakan menuliskan komentarnya ditulisan ini ya. []

Leave a Reply

