Baguskah Memulai Karir pada Perusahaan Kecil?

big_small_company

Ada saatnya ketika kita harus memilih. Saat kita sampai di fase pendidikan kuliah, di fase pernikahan, atau bahkan di fase karir kita sampai disuatu titik dimana kita harus memilih. Tidak salah jika dikatakan bahwa fase-fase kehidupan kita selalu dipenuhi dengan keharusan untuk memilih satu dari banyak pilihan.

Sejak tahun 2013, saya memilih untuk berhenti pada salah satu perusahaan migas besar Indonesia dan mulai mencari pengalaman baru membangun perusahaan migas yang lebih kecil. Tentu tidak sedikit kawan saya dan senior saya di perusahaan saya yang mewanti-wanti saya agar menimbang kembali hal tersebut. Dengan keyakinan dan tekat untuk mengejar passion, akhirnya saya membuat keputusan bulat untuk resign dari perusahaan besar tersebut dan memulai fase kehidupan baru ditempat yang baru.

Tiga tahun berlalu, Alhamdulillah saya mendapatkan banyak pembelajaran yang sangat berarti dalam pilihan hidup saya. Pengalaman yang saya dapatkan sewaktu bekerja pada perusahaan lama sangat berguna pada perusahaan yang saya bangun. Produksi meningkat, biaya produksi menurun, terjadinya transfer knowledge, sistem yang lebih rapi, dan beberapa hal lainnya. Walaupun demikian masih terdapat juga permasalahan seperti gesekan sosial, premanisme, tekanan politik, yang turut mewarnai menjadikan saya lebih dewasa.

Selanjutnya, tidak jarang banyak pertanyaan kepada saya, “Baguskah Memulai Karir pada Perusahaan Kecil?”, hal ini adalah pertanyaan mendasar dan bukan sekedar pertanyaan teknis menurut saya. Untuk merespon pertanyaan ini, saya akan coba jawab dalam beberapa poin.

  1. Apa yang kamu kejar dalam bekerja?

Jika kamu adalah lulusan kuliah baru (fresh graduate) dan mengejar “gaji yang tinggi” maka lupakan saja pilihan karir pada perusahaan kecil! Mengapa? Karena perusahaan kecil tentu memiliki pertimbangan yang besar dalam biaya operasional. Selamanya kamu tidak akan pernah puas jika nantinya kamu membandingkan gajimu dengan gaji kawan-kawanmu diperusahaan besar. Namun jika kamu mengejar “pembelajaran”, maka perusahaan kecil adalah perusahaan yang tepat untuk belajar. Mengapa? Karena dalam perusahaan kecil kamu akan mudah sekali mempelajari banyak hal termasuk didalamnya proses teknis hingga proses bagaimana komersialisasi pengembangan bisnis sebuah perusahaan berjalan.

  1. Bisakah saya naik jabatan lebih cepat pada perusahaan kecil?

Tidak juga. Walaupun dari segi struktur organisasi, level posisi dari perusahaan kecil lebih cepat tapi tidak secara otomatis juga membuat kamu naik jabatan lebih cepat. Perusahaan kecil tetaplah perusahaan. “The company must delivers a profit” . Sepandai-pandainya nilai kamu waktu kuliah, serapih-rapihnya pekerjaan kamu dikantor, atau sebaik-baiknya kamu pada atasan kamu, tetapi jika kamu tidak memberikan nilai tambah atau profit pada perusahaan, maka karir kamu akan cenderung stagnan atau lambat. Maka dari itu, cobalah terus menggali potensi terbaikmu untuk memajukan perusahaan.

  1. Bagaimana cara membuat perubahan besar di Perusahaan Kecil?

Menurut saya, waktu yang paling tepat untuk melakukan perubahan besar di perusahaan kecil adalah dimana saat kamu bisa mendapatkan posisi “pengendali” pada perusahaan tersebut. Dengan posisi pengendali, maka kamu punya power untuk mengarahkan dan mengubah perusahaan sesuai dengan visi yang telah ditetapkan perusahaan untuk dirimu. Posisi “pengendali” ini tentu baru bisa kamu dapatkan melalui pengalaman dan capaian-capaian kamu di masa sebelumnya.

  1. Jika ada pilihan bekerja di Perusahaan Besar atau Kecil, mana yang harus saya pilih?

Saya menyarankan untuk memilih bekerja di Perusahaan Besar hingga waktu tertentu. Mengapa? Karena perusahaan besar menawarkan sebuah pembelajaran besar tentang sistem dan pengembangan bisnis yang terbukti membuat perusahaan itu menjadi besar. Ambil pelajaran yang banyak dari perusahaan tersebut, hingga suatu saat kamu merasa cukup maka kamu dapat berhenti dan memilih untuk dapat melakukan perubahan besar di perusahaan Kecil atau membangun perusahaanmu sendiri.

  1. Bagaimana jika tak ada pilihan lain lagi selain berkarir di Perusahaan Kecil?

Tidak ada alasan untuk tidak berbuat yang terbaik. Walaupun kamu memulai karir di perusahaan kecil. Coba baca buku terkait pengembangan dirimu pada perusahaan tempat kamu bekerja, belajar pada mentor-mentor yang dapat membimbing kamu menjadi lebih baik, ikuti training yang dapat meningkatkan kapasitas profesionalisme dirimu. Bukan tidak mungkin bekal-bekal tersebut akan menjadikan dirimu menjadi agent of change pada perusahaan tempat kamu berada.

**

Kira-kira demikian apa yang bisa saya sampaikan. Perlu diingat, yang saya maksud perusahaan kecil ini adalah perusahaan yang baru berdiri namun memiliki visi untuk menjadi perusahaan besar. Jadi jangan dianggap perusahaan kecil yang saya maksud adalah perusahaan yang stagnan tanpa ada inovasi didalamnya.[]

Leave a Reply

