Pojok Cerita 1 – PI ONWJ

Bulan Januari ini, terdapat hal yang penting terjadi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Tepat pada tanggal 18 Januari 2017 lalu, kontrak baru PI ONWJ resmi ditandatangani oleh pihak Pertamina dan SKK Migas. Tentunya ini menjadi satu langkah kedepan untuk menyambut pelaksanaan Participating Interest (PI) pada wilayah kerja (WK) Offshore Northwest Java (ONWJ).

jonan

Perjalanan mempersiapkan PI WK ONWJ bukanlah perkara muda. Ada berbagai kondisi dinamis yang kami alami sejak kami -khususnya saya- dilantik pada April 2015 lalu. Mulai dari dasar hukum yang belum ada diawal proses, pemegang saham harus pemerintah 100%, membagi porsi PI kepada setiap kabupaten kota secara adil, tidak boleh mengalihkan dan menjaminkan PI, dan hal lainnya. Dari sudut pandang daerah, hal ini tentu akan menjadi faktor pengaman dalam bisnis. Namun dalam sudut pandang seorang pebisnis, bisa dikatakan PI tidak diminati karena batasan-batasan tersebut.

Namun demikian, adanya Permen ESDM No. 37 Tahun 2016 telah mengubah segalanya. Segala modal yang dibiayakan akan ditalangi oleh kontraktor, dan TANPA BUNGA. Mau ditimbang dari sisi manapun, ini adalah rezeki nomplok buat daerah -dalam hal ini adalah JAWA BARAT-.

Bagaimanapun juga, proses PI ONWJ masih belum selesai. Masih ada proses-proses formal legal yang harus dilakukan sampai nanti akhirnya Jawa Barat mendapatkan PI-nya melalui BUMD Migas Hulu Jabar. Belum lagi aturan baru Gross Split yang akan diaplikasikan dalam kontrak baru ONWJ. Tentu hitungan-hitungannya akan berbeda lagi. Tapi Gubernur Jawa Barat sudah tegas mengatakan bahwa KAMI SIAP.

Jawa Barat Siap.jpeg

Semoga langkah kami dimudahkan. Demi Jawa Barat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s